Press "Enter" to skip to content

7 Tempat Wisata di Mandailing Natal, Tujuan Akhir Pekan yang Ideal

Luna Kidia 0

Daerah kabupaten ini berada di Sumatera Utara, dan berbatasan langsung dengan Sumatera Barat. Madina, singkatan dari Mandailing Natal, memiliki ibu kotak yang tak jauh dari kota Medan, yaitu Panyabungan. Banyak sekali tempat wisata di Mandailing Natal yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Berikut adalah ulasannya.

1. Kawah Gunung Sorik Marapi

Tempat Wisata di Mandailing Natal Kawah Gunung Sorik Marapi

Gunung Sorik Marapi berada di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG). Pemandangan gunung ini masih didominasi oleh hutan lebat dan semak belukar. Sepanjang trek menuju puncak juga cukup terjal, dan sangat menantang.

Akses menuju Desa Sibanggor Julu ini sangat mudah sekali. Dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat ataupun dua. Tetapi untuk mencapai puncak dan melihat kawah, maka pendaki harus menempuh perjalanan sekitar 7 kilometer yaitu selama 5 jam. Lelah perjalanan akan terbayar dengan melihat keindahan di puncak gunung.

Agar pendakian berjalan dengan lancar, para pendaki dapat menggunakan guide penduduk lokal dengan mengeluarkan biaya Rp 250.000,00 – Rp 350.000,00.

2. Bukit Muhasabah

Tempat Wisata di Mandailing Natal bukit muhasabah mandailing natal

Bukit ini terletak di daerah Sipaga-paga, Panyabungan. Puncak bukitnya akan menyuguhkan pemandangan kota Panyabungan, Gunung Sorik Marapi, lekukan Sungai Batang Gadis serta suasana jalanan Sumatera yang melintas di kota Panyabungan.

Semua dapat dinikmati dengan suasana bukit yang sangat eksitik. Dipenuhi oleh bebatuan yang unik. Apalagi jika Anda mengunjunginya pada saat matahari terbenam atau terbit, panorama alam yang indah akan membuat hati takjub terhadap ciptaan Tuhan.

Baca juga :

5 Tempat Wisata di Deli Serdang yang Jadi Ikon dan Kebanggaan Deli

Pengunjung banyak yang menyamakan keindahan di Bukit Muhasabah ini dengan Victoria Peak Hongkong. Karena di siang hari akan terlihat lukisan alam dengan aneka warna dan indah, sedangkan pada malam hari akan terlihat pemandangan kota dengan kerlip lampu penerangan yang juga tak kalah indah dengan pesona di siang hari.

3. Pulau Tamang

wisata Pulau Tamang mandailing natal

Pulau ini terletak di penghujung pantai Kabupaten Madina. Memiliki garis pantai tidak lebih dari lima kilometer dan luas 166,6 Hektar. Pulau Tamang memiliki penduduk sekitar dua ratus kepala keluarga, sehingga kebersihannya cukup terjaga.

Keindahan alam di Pulau Tamang ini telah banyak dikenal oleh masyarakat Sumatera Utara. Pesona laut biru di sekeliling pulau akan dapat menghilangkan lelah. Anda juga dapat singgah di mercusuar  dan berkeliling pulau dengan menggunakan perahu penduduk atau berjalan kaki.

Artikel Terkait :

6 Tempat Wisata di Asahan Ini Akan Membuat Kamu Tercengang

Bahkan jika ingin berenang atau membawa perlengkapan diving, bisa saja dilakukan dengan hati-hati, karena laut di sekitar pulau ini cukup dalam. Banyak sekali spot menarik yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk berfoto bersama keluarga.

Belum ada pengelolaan khusus bagi pengunjung pulau, sehingga belum ada penginapan jika ingin bermalam. Namun beberapa penduduk biasanya bersedia untuk menerima tamu untuk menikmati keindahan malam di Pulau Tamang.

4. Pulau Unggeh dan Pantai Sikara-kara

wisata Pulau Unggeh dan Pantai Sikara-kara

Kedua tempat ini merupakan satu paket objek wisata yang sangat indah di Kecamatan Natal. Di pulau ini terdapat banyak sekali jenis unggas atau burung, sehingga disebut Unggeh (bahasa daerah untuk unggas).

Pulau Unggeh dan Pantai Sikara-kara ini belum dikelola dengan optimal oleh pemerintah ataupun masyarakat sekitar. Masih minim fasilitas umum. Namun keindahan pantai dengan hamparan pasir putih dan keragaman faunanya akan dapat menjadi menjadi tempat yang menarik untuk disinggahi.

6 Langkah Mudah Membangun Bisnis Rental Mobil di Tempat Wisata

Untuk mencapai pulau, Anda dapat menggunakan perahu nelayan dengan tarif yang bisa dibicarakan terlebih dahulu. Lalu sempatkanlah untuk menikmati suasana matahari terbenam. Langit jingga akan sangat indah dengan banyaknya burung yang terbang di atas air laut yang biru.

5. Pantai Natal

wisata pantai natal mandailing natal

Destinasi wisata selanjutnya yang paling sering dikunjungi adalah Pantai Natal. Lokasi pantai terletak di Kecamatan Natal dengan panjang 170 kilometer, sehingga termasuk pantai terpanjang di Madina. Dibutuhkan waktu sekitar 4 jam dari Panyabungan menuju Pantai Natal.

Di sepanjang pinggir pantai terdapat barisan pohon cemara dan juga hamparan pasir yang luas. Pada beberapa bagian terdapat hutan bakau yang berjarak sekitar 50-150 meter dari pinggir pantai.

Peluang Usaha Jasa Rental Motor di Tempat Wisata Paling Menguntungkan

Para pengunjung dapat bermain air atau berenang di sekitar pantai, karena omnak di Pantai Natal tidak terlalu besar. Beberapa penduduk menyediakan penyewaan ban dan juga membuka warung atau rumah makan dengan beragam makanan serta minuman.

Aktivitas nelayan juga dapat dilihat ketika berada di pantai. Jika beruntung, pengunjung dapat menikmati ikan segar yang dibeli langsung dari nelayan. Anda dapat menyewa perahu pada nelayan dengan biaya dan memancing di laut atau sekadar berkeliling mengitari pantai.

6. Pantai Badu Badaun

Wisata Pantai Badu Badaun Mandailing Natal

Pantai Batu Badaun berada di Desa Sikapas,  Kecamatan Muara Batang Gadis. Menjadi tempat mendaratnya para nelayan, sehingga aktivitas perikanannya sering dijumpai. Pengunjung dapat membeli langsung hasil laut kepada para nelayan.

Garis pantainya cukup luas dan memiliki pemandangan yang sangat mempesona. Pantai ini juga terkenal dengan kekayaan ikannya, tak heran banyak penduduk sekitar yang menjadikannya sebagai titik datang dan pergi untuk mencari ikan.

Semoga ulasan tempat wisata di Mandailing Natal  ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin berkunjung ke Sumatera Utara. Banyak spot alam menarik untuk dieksplorasi dan dijadikan sebagai ikon agar Mandailing Natal dapat lebih dikenal lagi di kalangan wisatawan domestik ataupun asing.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *