50 Ide Usaha Modal Kecil untuk Pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa

Apakah Anda sekarang ini adalah seorang pelajar SMP, SMA, SMK dan Mahasiswa? Tapi ingin menjalankan sebuah usaha dengan modal kecil untung besar? Jika Anda memiliki jiwa bisnis sejak masa sekolah, maka Anda harus mengembangkannya dari sekarang.

50 ide usaha modal kecil untuk pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa

Ada banyak ide usaha modal kecil untuk pelajar anak sekolahan SMP, SMA, SMK dan Mahasiswa yang bisa dijalankan dengan keuntungan yang cukup besar. Maka dari itu, Anda bisa mencari referensi beberapa usaha yang akan bisa Anda jalankan saat masih sekolah. Tapi sebelum mengetahui apa saja ide bisnis yang bisa dijalankan, simak terlebih dahulu kisah sukses seorang pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa berikut ini.

Kisah Sukses pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa dalam Bisnis

Muhammad Khairul Apriatama Pemilik MIB Fashion

Dikutip dari brilio.net, Muhammad Khairul Apriatama adalah salah satu anak muda yang sukses dalam menjalankan bisnisnya sejak masih menjadi mahasiswa.

Awal usaha dia mencoba membuka usaha Arka Batik Jogja dan MIB Fashion dengan modal tabungan bersama dengan saudaranya di Jogja.

Dan Akhirnya sampai sekarang dia sudah memiliki 4 bisnis sekaligus Arka Batik Jogja dan MIB Fashion yang menjual baju batik dan fashion wanita. Serta Ceritanya Katsu dan Ceritanya Gule untuk bisnis kulinernya.

Yasa Singgih Pemilik Brand Fashion Pria Mens Republic

Dikutip dari liputan6.com, Yasa Singgih mulai mengawali karir bisnisnya sejak usianya 15 tahun menjadi pembawa acara, dan akhisnya di usia 16 tahun dia mulai menjalankan bisnis fashion pria bernama Mens Republic yang sukses di Bogor.

Hingga saat ini dia sudah bisa memasarkan produknya ke seluruh dunia melalui media sosial dan omeset yang didapatkan juga bisa mencapai 1 milyard. Yasa Singgih juga dikenal sebagai Miliarder Muda dari Indonesia yang masih berumur 21 Tahun. Karena Yasa pernah termasuk dalam daftar entrepreneur muda di bawah usia 30 tahun di Asia dari majalah Forbes sebagai di bidang e-commerce dan retail.

Bagaimana, apakah kisah sukses dari 2 anak muda tersebut bisa Anda jadikan motivasi untuk memulai bisnis sejak sekolah atau kuliah? Tidak ada kata tidak bisa untuk siapa saja dalam menjalankan bisnis, jika memiliki jiwa pembisnis yang kuat.

Untuk membantu Anda menemukan ide usaha modal kecil untuk pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa. Kami telah memberikan 50 ideusaha yang mungkin cocok untuk Anda jalankan mulai sekarang.

Bisnis Online

Pertama untuk memberikan ide yang tepat dan paling mudah dijalankan oleh pelajar atau mahasiswa di waktu luang adalah dengan mencoba berbisnis secara online. Kami menyarankan ada 4 bisnis online yang bisa dicoba dengan modal kecil berikut :

Penulis Artikel Freelance

Peluang Usaha Copywriter Penulis Artikel
sumber : adweek.com

Pertama yang dapat dijalankan oleh pelajar dan mahasiswa untuk memulai bisnis online adalah menjadi penulis artikel freelance. Dengan bermodalkan komputer atau laptop dan koneksi internet, serta kemampuan menulis sebuah artikel yang menarik dan unik Anda sudah bisa mencoba mendapatkan uang dari internet.

Untuk yang berniat penjadi seorang penulis artikel freelance, Anda bisa memulai menawarkan jasa di situs projects.co.id, freelancer.co.id dan sribulancer.com dan untuk yang bisa menulis artikel dalam bahasa inggris bisa mencobanya di fiverr.com.

Menjadi Asisten Virtual

Peluang Usaha Asisten Virtual
sumber : hubstaff.com

Hampir sama dengan pekerjaan sebagai penulis artikel freelancer, untuk menjadi asisten virtual online Anda bisa menawarkan jasa di projects.co.id, freelancer.co.id dan sribulancer.com untuk mencari pasar pelanggan di Indonesia dan untuk yang versi luar negeri dengan jangkauan pelanggan lebih luas bisa melalui fiverr.com.

Untuk menjadi asisten virtual Anda harus memiliki beberapa keahlian seperti dalam hal desain grafis, editor foto dan video, programing, animasi, managemen keuangan atau masih banyak keahlian lainnya yang bisa dijual dalam bentuk jasa di internet loh.

Desain Grafis, Pembuatan Logo, Desain Kaos Online

Peluang Usaha Desain Grafis
jos.co.id

Masih membahas bisnis online freelance, jika Anda memiliki kemampuan dalam dunia desain grafis untuk membuat logo, desain kaos, kartu nama, undangan, brosur, poster, pamlfet, banner atau lainnya. Anda bisa memanfaatkan internet untuk menjual jasa Desain Grafis, Pembuatan Logo, Desain Kaos Online tersebut.

Jika Anda bisa memiliki ilmu desain grafis dengan menggunakan aplikasi seperti photoshop dan corel untuk membuat desain kaos, casing HP, desain tas, desain bantal dan lainnya. Anda bisa mulai menjual karya Anda di tees.co.id. Atau jika Anda suka membuat logi bisa mencoba mengikuti kontes logo dunia melalui logocontest.com, 99designs.com, dan designcontest.com.

Online Shop Reseller dan Dropshipping

Peluang Usaha Online Shop
sumber : doofinder.com

Untuk yang terakhir bisnis online yang bisa dikatakan modal kecil dan bahkan tanpa modal yang bisa dijalankan oleh pelajar smp, sma dan mahasiswa. Kami menyarankan Anda untuk mencoba membuka Bisnis Online Shop Reseller dan Dropshipping.

Jika Anda berniat menjadi reseller dan dropshipping, yang pertama harus dilakukan adalah mengetahui trend pasar produk yang paling laris saat ini. Sehingga ketika Anda menjual barang dari supplier bisa cepat laku dan untung juga lebih besar. Untuk mencari suppliner untuk barang reseller dan dropshipping Anda bisa mencarinya melalui market place seperti tokopedia.com, bukalapak.com atau shopee.co.id.

Bisnis Kuliner

Selanjutnya ada bisnis yang juga minim modal dan bisa untung besar dijalankan oleh pelajar dan mahasiswa adalah berbisnis kuliner. Berikut ini beberapa ide yang bisa Anda coba :

Cilok Daging Ayam

Peluang Usaha Cilok Daging Ayam
sumber : youtube.com

Pertama untuk Anda yang mencari ide bisnis kuliner yang bisa dijalankan pelajar dan mahasiswa adalah membuka usaha cilok daging ayam.  Usaha satu ini bisa dikatakan membutuhkan modal yang kecil, tanpa harus membutuhkan modal bank pada awal usahanya.

Jika Anda masih duduk di bangkus SMP, SMA atau SMK, Anda bisa menjual ke teman-teman sekolah dengan membuatnya dirumah terlebih dahulu dan membawanya ke sekolah untuk ditawarkan ke teman sekelas dan satu sekolah. Untuk mahaiswa yang mungkin memiliki modal lebih bisa menitipkan di kantin kampus, atau menyewa tempat untuk berjualan disekitar kampus untuk berjualan cilok daging ayam.

Es Krim

Peluang Usaha Es Krim Rumahan
sumber : mesineskrim.co

Peluang usaha es krim ternyata bisa dijalankan siapa saja, karena usaha satu ini tidak membutuhkan modal besar. Jika Anda memiliki tabungan 1 juta atau 2 juta sudah bisa memulai usaha ini. Cara penjualan juga mudah bisa dititipkan di kantin sekolah, atau kantin kampus.

Selain itu, jika Anda memiliki modal lebih untuk menyewa tempat yang murah, maka bisa mencoba berjualan kecil-kecilan untuk berjualan es krim. Untuk per cup atau gelas es krim bisa dijual dengan harga 5 ribu sampai 10 ribu.

Bisnis Yoghurt

Peluang Usaha Bisnis Yoghurt
sumber : infobudayaindonesia.com

Selain berjualan es krim yang mudah dan modal juga kecil, pelajar dan mahasiswa juga dapat mencoba b bisnis yoghurt.  Bisnis ini bisa dimulai dengan modal 1 juta sampai 2 juta saja, dengan cara pemasaran di titipkan di warung, kantin atau di tawarkan ke teman sekolah dan teman kuliah.

Apabila Anda ingin bisnis ini berjalan lebih bagus, maka Anda harus menyewa tempat di dekat sekolah atau kampus. Sehingga konsumen yang membeli bisa lebih luas dan juga orang diluar sekolah dan kampus juga bisa membelinya. Harga yoghurt per cup atau kemasan bisa dijual 2 ribu sampai 10 ribu.

Jus Buah

PELUANG USAHA JUS BUAH
sumber : Tribunnews.com

Kemudian Ada ide bisnis modal kecil untuk mahasiswa yang memanfaatkan waktu luang di luar jam kuliah untuk berjualan dan membuka usaha jus buah kecil-kecilan. Anda bisa mulai berjualan dari tempat kost atau di dekat kampus.

Untuk modal awal usaha ini juga bisa sangat minimal, dengan modal kurang dari 5 juta. Anda sudah bisa membeli gerobak jualan, blender dan aneka buah-buahan serta cup jusnya.

Rempeyek

PELUANG USAHA REMPEYEK
sumber : olx.co.id

Kalau Anda tidak bisa berjualan dengan menyewa tempat, maka membuka usaha jualan rempeyek bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi untuk pelajar dan mahasiswa usaha ini sangat minim modal, cara berjualan bisa menitipkan rempeyek dalam bentuk kemasan di warung dan kantin sekolah atau kampus.

Untuk per kemasan rempeyek bisa dijual dengan harga 5 ribu sampai 15 ribu tergantung isi dan juga rasa rempeyeknya.

Egg Roll atau Sosis Telur

Peluang Usaha Egg Roll atau Sosis Telur
sumber : ramesia.com

Jika mencari ide usaha yang minim modal dan bisa untung lumayan untuk pelajar dan mahasiswa, maka berjualan eggroll atau sosis telur bisa menjadi pilihan tepat. Setelah pulang kuliah atau sepulang sekolah Anda bisa berjualan egg roll atau sosis telur dengan menyewa tempat di pinggir jalan atau depan mini market dengan pengunjung yang ramai.

Harga jual egg roll atau sosis telur per satuannya bisa mulai dari 2 ribu sampai 15 ribu tergantung ukuran dan porsinya.

Gorengan

Peluang Usaha Gorengan
sumber : dfooddiary.wordpress.com

Untuk yang ingin mencoba bisnis dengan modal kecil untuk pelajar dan mahasiswa, Anda harus mencoba berjualan gorengan. Ini adalah salah satu bisnis kuliner yang murah dan sangat mudah menjualnya, karena pastinya banyak orang suka makan gorengan sebagai cemilan ataupun pelengkap makan.

Anda bisa membawa gorengan sudah matang dan dibawa ke sekolah atau kampus untuk dijual dikelas, ataupun dititipkan di kantin. Harga per gorengan bisa 500 sampai 2000.

Nugget Ayam

Peluang Usaha Nugget Ayam

Untuk memulai bisnis kecil dari usia sekolah atau kuliah, Anda bisa mencoba membuka usaha nugget ayam. Untuk menghemat modal awal, Anda bisa membuat nugget ayam, karena resep untuk membuatnya sangat mudah dan praktis, serta bahan untuk nugget ayam juga sangat murah.

Jika Anda ingin membuka usaha satu ini dibutuhkan modal sekitar 1 juta sampai 3 juta tergantung dari berapa banyak nugget yang akan diproduksi. Selain itu nugget juga merupakan makanan yang bisa awet lama disimpan difrezer. Jadi Anda tidak khawatir nugget cepat basi ketika tidak laku.

Es Dawet

Peluang Usaha Es Dawet
sumber : idntimes.com

Selain kuliner dalam bentuk masakan atau cemilan, bagi Anda yang tidak pandai mengolah makanan bisa mencoba membuka usaha es dawet. Berjualan es dawet juga ternyata bisa menguntungkan bagi pelajar atau mahasiswa, karena per cup atau gelas bisa dijual dengan harga 5 ribu sampai 10 ribu.

Jika sehari ada 50 cup terjual, maka pendapatan per hari bisa 250 ribu sampai 500 ribu. Keuntungan yang cukup bagus bagi pelajar atau mahasiswa yang ingin memulai bisnis modal kecil.

Nasi Kuning

Peluang Usaha Nasi Kuning
sumber : cookpad.com

Jika Anda bisa menjual nasi kuning untuk sarapan pagi teman teman sekolah atau teman kampus ternyata pendapatan per hari bisa cukup untuk menambah uang jajan atau tabungan loh. Jika saja harga jual per porsi 5 ribu dan sehari bisa laku 20 porsi maka pendapatan Anda bisa 100 ribu per hari.

Jualan Es Coklat

Peluang Usaha Es Coklat
sumber : kompasiana.com

Satu lagi bisnis kuliner berjualan es coklat, karena bisnis ini sangat mudah dijalankan dan modalnya juga relatif kecil. Modal utama yang cukup mahal adalah ketika menyewa tampat, membeli grobak atau stand untuk berjualannya. Untuk harga jual dari es coklat aneka rasa dan varian biasa dijual dengan harga 10 ribu sampai 20 ribu per cup loh.

Bawang Goreng

Peluang Usaha Bawang Goreng
sumber : pinterest.com

Jika Anda sedang mencari usaha yang dijalankan dari rumah atau home industry dan juga bisa dijalankan oleh pelajar atau mahasiswa, bisnis bawang goreng kemasan sangat cocok untuk dijalankan. Untuk harga per kemasan bawang goreng bisa 15 ribu sampai 60 ribu per kemasan tergantung berat isinya. Untuk pemasarannya bisa melalui media online lewat facebook, instagram dan market place seperti tokopedia.com, bukalapak.com atau shopee.com.

Fried Chicken

Peluang Usaha Fried Chicken
sumber : kitchme.com

Fried Chicken juga bisa dicoba dijual dalam bentuk jual per kemasan, nasi kotak atau jual per satuan. Jadi ketika Anda memulai bisnis fried chicken, Anda bisa menjual sepulang sekolah atau kuliah dengan menyewa tempat di pinggir salan, depan mini market atau kios kecil. Tapi usahakan untuk mencari tempat sewa dengan harga murah.

Opak Singkong

Peluang Usaha Opak Singkong
sumber : tokopedia.com

Opak singkong adalah salah satu bisnis kuliner yang mudah dijalankan dari rumah, salah satu keuntungan dari bisnis ini adalah modal awal yang murah dan bisa dijalankan oleh pelajar atau mahasiswa. Untuk itu Anda harus belajar dari berbagai resep masakan melalui majalah makanan, buku resep atau resep masakan secara online.

Jika sudah bisa membuat opak singkong, hitung pengeluaran untuk membeli bahan untuk menentukan harga jual per kemasannya.

Roti bakar

peluang usaha roti bakar
sumber : Tribunnews.com

Untuk usaha atau bisnis kuliner yang bisa dijalankan oleh pelajar atau mahasiswa di malam hari adalah membuka bisnis roti bakar. Berjualan roti bakar modal yang cukup besar adalah membeli gerobak, perlengkapan masak dan bahan membuat roti bakar. Serta yang terpenting ketika menjalankan usaha ini harus bisa mencari tempat berjualan yang tepat dan ramai. Sehingga penjualan dari usaha roti bakar bisa cepat laris.

Nasi Goreng

Peluang Usaha Nasi Goreng
sumber : smallconomic.wordpress.com

Selain berjualan roti bakar di malam hari, usaha nasi goreng di jual di malam hari untuk mendapatkan konsumen yang mencari makanan di luar saat malam hari sangatlah tepat. Apalagi usaha ini bisa dijalankan dengan modal awal kurang dari 5 juta. Jadi Anda bisa mencoba menjual dengan harga 10 ribu sampai 15 ribu per porsi tergantung dari menunya.

Onde-onde

Peluang Usaha Onde-onde
sumber : youtube.com

Berjualan makanan yang mudah dari rumah dan bisa dititip-titipkan di warung dan kantin adalah usaha onde-onde. Jika Anda sudah memiliki alat masak yang lengkap di dapur rumah, maka berjualan onde-onde dengan bahan yang murah bisa dimulai dari modal kurang dari 1 juta loh.

Jadi bagi pelajar atau mahasiswa yang ingin memulai bisnis ini dari modal kecil juga bias. Untuk pendapatan bisa dijual 1 onde-ondenya dengan harga 1 ribu atau 2 ribu.

Nasi Kotak

Peluang Usaha Nasi Kotak
sumber : tokopedia.com

Usaha berjualan nasi kotak adalah salah satu jenis bisnis kuliner yang paling laku dijual jika Anda memiliki banyak teman di sekolah atau kampus. Selain berjualan ke teman, Anda juga bisa menawarkan ke guru, dosen atau juga pihak kampus atau sekolah ketika akan mengadakan acara yang membutuhkan konsumsi bisa memesan nasi kotak pada usaha yang Anda jalankan.

Nugget Ikan

Peluang Usaha Nugget Ikan
sumber : Selerasa.com

Selain berjualan nugget ayam, Anda juga bisa memulai usaha nugget ikan untuk dijual sebagia frozen food. Untuk membuat nugget ikan bahannya sangat mudah, ada banyak resep di internet, Anda hanya perlu mencobanya satu per satu sampai mendapatkan resep yang tepat dengan rasa yang enak dan lezat. Sehingga ketika berjualan akan banyak orang membeli nugget ikan yang Anda jual.

Gado Gado

Peluang Usaha Gado Gado
sumber : Bangka.Tribunnews.com

Kemudian usaha di bidang kuliner lainnya yang bisa dijalankan dengan modal kecil adalah berjualan gado-gado. Selain modal kecil cara membuat gado-gado juga tidak perlu peralatan memasak yang mahal, dengan alat masak yang ada di rumah saja, sudah bisa memulai usaha satu ini.

Usaha berjualan gado-gado bisa memulai dijual di dekat kampus atau sekolah, atau memulai berjualan sepulang sekolah dan kuliah di rumah. Harga per porsi gado-gado bisa 10 ribu sampai 15 ribu.

Otak Otak Ikan

Peluang Usaha Otak Otak Ikan
sumber : kaskus.id

Otak otak ikan adalah salah satu makanan atau cemilan yang banyak orang suka, selain itu untuk membuat otak otak bahannya juga sangat murah dan juga dapat disimpan tahan lama. Jadi Anda tidak perlu khawatir otak-otak tidak laku akan basi, jika di simpan di freezer otak-otak bisa tahan sampai 1 bulan.

Untuk harga kemasan bisa jual dengan harga 5 ribu sampai 15 ribu tergantung porsi dan isi per kemasannya. Jadi saat Anda membuka bisnis berjualan otak-otak ikan jika laku 50 kemasan maka sehari bisa mendapat omset 250 ribu sampai 750 ribu.

Sosis Bakar Serba 2000

Peluang Usaha sosis bakar
sumber : seputarmalang.com

Untuk bisnis kuliner untuk pelajar SMP, SMA atau mahasiswa yang mudah adalah usaha sosis bakar serba 2000. Saat berjualan kuliner satu ini agar mudah laku maka Anda harus mencari tempat yang ramai untuk tempat sewanya.

Modal usaha satu ini bisa diminimalisir 5 juta sudah termasuk gerobak jualan, kompor, alat masak dan bahan sosis serta bumbu-bumbunya.

Makaroni Goreng

Peluang Usaha Makaroni Goreng
sumber : tokopedia.com

Cemilan yang enak dan gurih serta renyah dan banyak disukai remaja dan semua kalangan adalah makaroni goreng. Ide bisnis makaroni goreng, sangatlah cocok untu pelajar dan mahasiswa yang ingin memulai bisnis kuliner. Apalagi sekarang anak muda bisa lebih mudah memasarkan makaroni goreng aneka rasa dan level pedas secara online melalui media facebook, twitter, instagram dan market place.

Siomay

Peluang Usaha Siomay
sumber : iwanavi.com

Siomay adalah salah satu makanan yang disukai oleh segala usia, dari muda sampai tua. Karena itu jika Anda memulai usaha berjualan siomay, Anda bisa memulai dengan modal kecil terlebih dahulu. Jualah dengan harga murah 1 ribu per satuannya, pasarkan pada teman sekelas, teman kampus atau juga bisa dititip-titipkan di warung dan kantin sekolah dan kampus.

Nasi Bakar

Peluang Usaha Nasi Bakar
sumber : tokopedia.com

Nasi bakar bisa menjadi bisnis kuliner alternatif yang bisa dibuat oleh mahasiswa atau pelajar SMP dan SMA saat memulai usaha dengan modal kecil. Usaha nasi bakar bisa Anda buat di pagi hari sebelum pergi ke sekolah atua ke kampus, lalu di bawa untuk ditawarkan pada teman-teman untuk menu sarapan pagi atau juga bisa dititpkan ke warung atau kantin.

Susu Murni

Peluang Usaha Susu Murni
sumber : tokopedia.com

Terakhir untuk berjualan modal kecil lainnya adalah berjualan susu murni. Usaha satu ini sangat cocok untuk dijalankan pelajar atau mahasiswa, karena pengolahannya sangat mudah dan tidak perlu membutuhkan keahlian memasak kusus. Anda hanya perlu menambahkan rasa dan sedikit gula sebelum di kemas untuk dijual per kemasan atau per cup dengan harga 5 ribu sampai 10 ribu.

Bisnis Budidaya dan Ternak

Jika Anda adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang suka dalam bidang budidaya dan ternak, maka Anda bisa jadikan hobi ini sebagai bisnis yang menguntungkan. Berikut ini ada beberapa bisnis budidaya dan ternak yang bisa dicoba.

Ternak Ikan Nila di Kolam Terpal

Peluang Usaha Ikan Nila
sumber : mitalom.com

Pertama Anda bisa mencoba membuat kolam terpal untuk mencoba ternak ikan nila. Untuk awal usaha ini, Anda tidak perlu membeli bibit ikan nila yang terlalu banyak dan buat 1 kolam terpal terlebih dahulu. Ketika sudah berjalan dan lancar menghasilkan, barulah Anda memperbanyak bibit ikan nila dan kolam terpalnya.

Analisa singkat untuk ternak ikan nila di kolam terpal sebagai berikut :

  • Modal Awal : 5 juta sampai 10 juta
  • Pengeluaran bulanan : 2 juta sampai 7 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 5 juta sampai 10 juta

Budidaya Jangkrik untuk Pakan Burung

peluang usaha jangkrik
sumber : SentraBudidaya.com

Kedua Anda bisa mencoba budidaya jangkring untuk pakan burung, jika Anda sekarang mungkin memelihara burung untuk hobi dan sering membeli jangkrik sebagai pakan burung. Maka sekarang saatnya Anda membudidayakan jangkrik sendiri di rumah untuk dijadikan bisnis yang sangat menguntungkan.

Analisa singkat untuk usaha budidaya jangkrik untuk pakan burung sebagai berikut :

  • Modal Awal : 3 juta sampai 7 juta
  • Pengeluaran bulanan : 2 juta sampai 7 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 5 juta sampai 9 juta

Ulat Jerman

Peluang Usaha Ulat Jerman
sumber : tokopedia.com

Selain jangkrik sebagai pakan burung, ada satu jenis ulat bernama ulat jerman yang juga sangat potensial untuk dijual. Anda harus melihat bahwa bisnis ulat jerman sangatlah menguntungkan, modal awal usaha ini juga kecil serta pemasarannya sangatlah mudah.

Analisa singkat untuk usaha ulat jerman sebagai berikut :

  • Modal Awal : 1 juta sampai 5 juta
  • Pengeluaran bulanan : 2 juta sampai 6 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 5 juta sampai 8 juta

Budidaya Ulat Hongkong

Peluang Usaha Budidaya Ulat Hongkong
sumber : Tribunnews.com

Ada satu lagi nih yang masih berhubungan dengan pakan burung, salah satunya adalah ulat hongkong. Saat menjalankan budidaya ulat hongkong sangatlah mudah dan juga modalnya tidak terlalu besar dan bisa dijalankan oleh pelajar atau mahasiswa dari rumah saja loh.

Analisa singkat untuk usaha budidaya ulat hongkong sebagai berikut :

  • Modal Awal : 1 juta sampai 3 juta
  • Pengeluaran bulanan : 2 juta sampai 4 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 8 juta sampai 10 juta

Budidaya Maggot Pakan Ternak

analisa usaha maggot kalkulasi bisnis ternak maggot budidaya maggot dengan em4 harga maggot per kg harga maggot per kg 2018 analisa usaha budidaya maggot bsf budidaya maggot di malang budidaya maggot dengan limbah sayuran
sumber : faunadanflora.com

Terakhir budidaya untuk pakan burung yang laris manis dan pemasaran mudah adalah budidaya maggot pakan ternak. Jadi Anda sebagai mahasiswa atau pelajar bisa menjalankan usaha budidaya ini dengan sangat mudah tanpa menggung proses belajar di sekolah dan dikampus. Pemasaran bisa langsung ke konsumen atau dijual ke toko pakan burung atau ternak.

Analisa singkat untuk usaha budidaya maggot pakan ternak sebagai berikut :

  • Modal Awal : 1 juta sampai 2 juta
  • Pengeluaran bulanan : 2 juta sampai 4 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 5 juta sampai 9 juta

Ternak Ayam Joper

Peluang Usaha Ternak Ayam Joper
sumber : nasaorganiksumedang.blogspot.com

Ada juga bisnis yang mudah dijalankan oleh pelajar dan mahasiswa yang hobi memelihara ayam bisa mencoba ternak ayam joper. Apalagi jika di daerah Anda masih belum banyak memelihara dan ternak ayam ini maka potensi penjualan akan lebih bagus.

Analisa singkat untuk usaha ternak ayam joper sebagai berikut :

  • Modal Awal : 5 juta sampai 10 juta
  • Pengeluaran bulanan : 3 juta sampai 9 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 6 juta sampai 14 juta

Ayam Bangkok

Peluang usaha ayam Bangkok
sumber : Freddogknits.blogspot.com

Selain ayam joper, harga ayam yang mahal untuk diternak adalah ayam Bangkok. Jadi ketika Anda ingin membangun usaha ternak Bangkok dari rumah, terutama untuk pelajar atau mahasiswa. Maka usaha ini sangat cocok dijalankan. Harga ayam Bangkok bisa mencapai 80 ribu sampai 250 ribu per ekor, jadi potensi pendapatan akan menjanjikan untuk dijalankan.

Analisa singkat untuk usaha ternak ayam bangkok sebagai berikut :

  • Modal Awal : 5 juta sampai 10 juta
  • Pengeluaran bulanan : 3 juta sampai 9 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 6 juta sampai 14 juta

Budidaya Ikan Gurame

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gurame
sumber : pertanianku.com

Bagi Anda yang suka dengan ternak dan budidaya di bidang perikanan, maka budidaya ikan gurame juga sangat menguntungkan loh. Usaha satu ini juga bisa dijalankan oleh segala usia, asalkan bisa menyiapkan modal dan juga memahami proses pemeriharaan yang tepat. Harga pasaran rata-rata sekarang per Kg Ikan gurame bisa 35 ribu sampai 50 ribu.

Analisa singkat untuk usaha budidaya ikan gurame sebagai berikut :

  • Modal Awal : 7 juta sampai 10 juta
  • Pengeluaran bulanan : 8 juta sampai 10 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 11 juta sampai 15 juta

Ternak Ikan Patin

Peluang Usaha Ternak Ikan Patin
sumber : trubus.id

Selain ikan gurame untuk diternak, ikan lain yang dapat dengan mudah dipelihara dan dijual adalah ikan patin. Sehingga ketika Anda mencoba untuk ternak ikan patin, tidak akan bingung bagaimana cara menjualnya. Karena Anda bisa datang ke pasar untuk menjualnya atau dijual langsung ke konsumen.

Analisa singkat untuk usaha ternak ikan patin sebagai berikut :

  • Modal Awal : 6 juta sampai 8 juta
  • Pengeluaran bulanan : 3 juta sampai 5 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 8 juta sampai 10 juta

Lele Sangkuriang

Peluang Usaha Lele Sangkuriang
sumber : kabartani.com

Lalu ada ternak ikan yang harganya per kg juga lumayan, yaitu lele sangkuriang.  Ketika menjalankan usaha ternak lele sangkuriang, Anda bisa menjual ikannya per KG dengan harga 25 ribu sampai 50 ribu. Jadi ini merupakan salah satu jenis ikan dengan harga yang cukup mahal dan juga banyak dibutuhkan oleh konsumen setiap hari.

Analisa singkat untuk usaha ternak lele sangkuriang sebagai berikut :

  • Modal Awal : 2 juta sampai 4 juta
  • Pengeluaran bulanan : 4 juta sampai 5 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 7 juta sampai 15 juta

Bisnis Pertanian

Bisnis pertanian juga sangatlah cocok dijalankan oleh anak pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa, karena usaha ini bisa dijalankan dengan mudah. Apalagi jika berkebun adalah hobi Anda, maka usaha bisnis pertanian bisa lebih menyenangkan.

Budidaya Cabe Merah Hidroponik

Peluang Usaha Budidaya Cabe Merah
sumber : compressimage.toolur.com

Berkebun adalah hal yang sangat menyenangkan, jika Anda memiliki hobi ini. Maka budidaya cabe merah hidroponik bisa menjadi pilihan tepat untuk mencoba usaha modal kecil yang menguntungkan. Apalagi teknik penanaman hidroponik tidak perlu lahan luas, hanya memerlukan media air untuk menanamnya.

Analisa singkat untuk usaha budidaya cabe merah hidroponik sebagai berikut :

  • Modal Awal : 5 juta sampai 8 juta
  • Pengeluaran bulanan : 5 juta sampai 10 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 10 juta sampai 20 juta

Budidaya Jamur Kuping

Peluang Usaha Jamur Kuping
sumber : indojamur.com

Kemudian apakah Anda tahu bahwa jamur kuping sangat mudah untuk dibudidaya? Jika Anda belajar cara budidaya jamur kuping yang sederhana dengan beberapa bahan yang murah, maka menjalankan usaha ini juga sangat menguntungkan. Terutama bagi para pelajar dan mahasiswa yang ingin berbisnis dari rumah.

Analisa singkat untuk usaha budidaya jamur kuping sebagai berikut :

  • Modal Awal : 3 juta sampai 5 juta
  • Pengeluaran bulanan : 2 juta sampai 6 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 10 juta sampai 15 juta

Budidaya Jahe Merah

Peluang Usaha Jahe Merah
sumber : doktersehat.com

Berkebun yang menguntungkan lagi adalah budidaya jahe merah. Dengan mencoba usaha budidaya jahe merah, Anda tidak perlu mengeluarkan modal sampai 10 juta lebih. Sehingga sebagai pelajar atau mahasiswa bisa menjalankan usaha ini. Untuk pemasaran dan tingkat permintaan jahe merah juga cukup tinggi, harga per KG bisa mencapai 12 ribu 20 ribu.

Analisa singkat untuk usaha Budidaya jahe merah sebagai berikut :

  • Modal Awal : 3 juta sampai 5 juta
  • Pengeluaran bulanan : 3 juta sampai 5 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 6 juta sampai 10 juta

Budidaya Jamur Tiram

Peluang Usaha Jamur Tiram
sumber : seruni.id

Selain jamur kuping yang banyak dicari oleh konsumen, jamur tiram juga sangat banyak permintaannya. Jika di daerah tempat tinggal Anda belum ada yang menjalankan usaha satu ini. Maka akan sangat potensial untuk dijalankan, karema modal kecil harga jual per KG bisa 13 ribu sampai 20 ribu.

Analisa singkat untuk usaha budidaya jamur tiram sebagai berikut :

  • Modal Awal : 5 juta sampai 8 juta
  • Pengeluaran bulanan : 5 juta sampai 8 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 9 juta sampai 15 juta

Budidaya Cabe Rawit Dalam Polybag

Peluang Usaha Budidaya Cabe Rawit
sumber : mitalom.com

Kita tahu bersama, cabe rawit adalah salah satu bahan masakan yang paling laris, karena itu jika Anda ingin menjalankan bisnis budidaya cabe rawit dalam polybag. Maka tidak akan takut dan bingung cabe rawit hasil panen tidak laku.  Harga cabai rawit sekarang ini rata-rata di jual kisaran harga 30 ribu sampai 60 ribu per KGnya.

Analisa singkat untuk usaha budidaya cabe rawit sebagai berikut :

  • Modal Awal : 4 juta sampai 5 juta
  • Pengeluaran bulanan : 4 juta sampai 7 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 10 juta sampai 15 juta

Budidaya Kangkung Hidroponik

Peluang Usaha Kangkung Hidroponik
sumber : bibitonline.com

Terakahir ada budidaya sayuran yang sangat laris setiap harinya yaitu kangkung. Untuk mencoba menjalankan usaha budidaya kangkung hidroponik, Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal yang besar atau lebih dari 10 juta. Jadi diawali dengan modal awal 5 juta pun sudah bisa memulainya.

Analisa singkat untuk usaha budidaya kangkung hidroponik sebagai berikut :

  • Modal Awal : 1 juta sampai 2 juta
  • Pengeluaran bulanan : 3 juta sampai 4 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 9 juta sampai 10 juta

Bisnis Lainnya

Terakhir ada beberapa bisnis lain yang bisa dijalankan di bidang fashion, fotografi dan juga kebutuhan sehari-hari, contohnya sebagai berikut ini.

Sablon Kaos Digital dari Rumah

Peluang Usaha Sablon Kaos
sumber : warungkaos.com

Pertama ada bisnis fashion yang bisa dijalankan dari rumah oleh pelajar maupun mahasiswa, yaitu membuka bisnis sablon kaos digital. Usaha satu ini memang membutuhkan modal yang cukup besar, tetapi Anda bisa bekerja sama dengan beberapa teman untuk memulai usahanya.

Analisa singkat untuk usaha sablon kaos digital dari rumah sebagai berikut :

  • Modal Awal : 21 juta
  • Pengeluaran bulanan : 5 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 8 juta sampai 10 juta

Butik Busana Muslim

Peluang Usaha Busana Muslim
sumber : pinkkorset.com

Lalu ada bisnis butik baju muslim rumahan yang bisa dijalankan pelajar atau mahasiswa dengan bentuk kelompok 2 orang atau lebih. Karena modal awal untuk menjalankan usaha ini cukup besar, jadi agar modal per orang lebih sedikit harus dijalankan beberapa orang. Untuk penjualan bisa secara offline atau online melalui media facebook, instagram atau market place seperti shopee.com, tokopedia.com, bukalapak.com atau lainnya.

Analisa singkat untuk usaha ternak ikan nila sebagai berikut :

  • Modal Awal : 14 juta sampai 16 juta
  • Pengeluaran bulanan : 2 juta sampai 5 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 13 juta sampai 20 juta

Video Shooting

Peluang Usaha Video Shooting
sumber : mediashower.com

Lalu ada bisnis yang dimulai dari hobi fotografi yaitu bisnis video shooting. Untuk menjalankan usaha ini, Anda jika belum memiliki modal yang cukup banyak, bisa bekerja sama dengan teman sekelas atau teman dengan memiliki hobi yang sama di dunia fotografi dan cinematic.

Analisa singkat untuk usaha video shooting sebagai berikut :

  • Modal Awal : 24 juta
  • Pengeluaran bulanan : 5 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 5 juta sampai 10 juta

Parfum Minyak Wangi

Peluang Usaha Parfum Minyak Wangi
sumber : tokomabrukperfume.wordpress.com

Terakhir bisnis atau usaha modal kecil yang bisa dijalankan oleh pelajar adalah berjualan parfum minyak wangi. Jika Anda belum bisa membeli peralatan atau perlengkapan untuk membuka usaha parfum minyak wangi untuk dijual ke teman atau secara online, maka di awal usaha bisa membeli parfum dan dijual lagi.

Analisa singkat untuk usaha parfum minyak wangi sebagai berikut :

  • Modal Awal : 4 juta sampai 11 juta
  • Pengeluaran bulanan : 2 juta sampai 6 juta
  • Astimasi pendapatan per bulan : 6 juta sampai 9 juta

Itulah tadi beberapa 50 ide usaha modal kecil untuk pelajar SMP, SMA, SMK dan Mahasiswa dari jenis bisnis online, bisnis kuliner, bisnis ternak dan budidaya, bisnis pertanian, dan beberapa bisnis lainnya. Anda harus menyesuaikan dengan kemampuan modal awal dan kemampuan atau keahlian yang sesuai dengan bakat yang Anda miliki.

tags :
bisnis untuk mahasiswa pemula, contoh bisnis kreatif mahasiswa, contoh bisnis sambil kuliah,bisnis untuk anak sma yang menghasilkan,usaha makanan yang cocok untuk pelajar,peluang usaha di lingkungan kampus,kerja yang cocok untuk anak smp,bisnis untuk anak sma yang menghasilkan,rahasia peluang usaha buat anak sekolahan,cara mendapatkan uang dengan mudah bagi anak smp,bisnis pelajar yang menguntungkan,cara mencari uang ala pelajar,kerja online untuk anak sma,usaha aksesoris anak sekolah,bisnis target anak sekolah,forum bisnis mahasiswa,bisnis untuk mahasiswa pemula,bisnis rumahan untuk mahasiswa,usaha untuk mahasiswa kost,contoh bisnis kreatif mahasiswa,bisnis online untuk mahasiswa,bisnis mahasiswa 2019,usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa,bisnis untuk anak sma yang menghasilkan,cara menambah uang jajan anak sma,rahasia peluang usaha buat anak sekolahan,bisnis anak sekolah tanpa modal,cara mencari uang tambahan untuk anak sma,cara mendapatkan uang dengan mudah bagi anak smp,cara pelajar mendapatkan uang tambahan,bisnis pelajar yang menguntungkan,rahasia peluang usaha buat anak sekolahan,bisnis pelajar yang menguntungkan,bisnis untuk anak sd,usaha kecil kecilan untuk remaja,usaha kecil menguntungkan,cara mencari uang tambahan untuk anak sma,bisnis untuk anak smp yang menguntungkan,usaha kecil di kost,usaha anak kost yang menguntungkan,usaha sampingan anak rantau,usaha kecil menguntungkan,pekerjaan sampingan untuk anak smk,kerja sampingan smk,usaha sampingan untuk pelajar smk,bisnis untuk anak sma yang menghasilkan,rahasia peluang usaha buat anak sekolahan,lowongan kerja sampingan untuk pelajar smk,lowongan pekerjaan sampingan untuk pelajar,peluang usaha yang bisa dikembangkan setelah lulus smk,bisnis pelajar yang menguntungkan,lowongan pekerjaan sampingan untuk pelajar,bisnis untuk anak sma yang menghasilkan,lowongan kerja sampingan untuk pelajar smk,kerja sampingan smk,rahasia peluang usaha buat anak sekolahan,usaha kecil menengah untuk pelajar,usaha makanan yang cocok untuk pelajar,bisnis kecil kecilan untuk anak muda,usaha sampingan anak kuliah,bisnis anak lulusan smk,usaha yang cocok untuk lulusan smk,usaha untuk anak smk,bisnis yang cocok untuk lulusan sma,peluang usaha yang bisa dikembangkan setelah lulus dari smk,usaha untuk anak multimedia,pengusaha sukses lulusan smk,usaha rumahan untuk lulusan sma,macam macam pekerjaan lulusan smk,usaha untuk anak multimedia,gaji anak multimedia,jurusan kuliah untuk anak smk multimedia,pekerjaan multimedia di perusahaan,jurusan kuliah untuk lulusan smk multimedia,lowongan kerja jurusan multimedia,jurusan multimedia kuliah,perusahaan yang menerima jurusan multimedia,bisnis anak remaja,usaha anak muda kreatif,bisnis anak muda yang menjanjikan,bisnis anak muda 2019,bisnis anak muda di jepang,makanan yang paling digemari anak muda,bisnis kuliner kekinian,makanan yang disukai remaja,usaha makanan paling laris saat ini,usaha kuliner yg merakyat,bisnis tanpa modal untuk pengangguran,usaha sampingan anak rantau,usaha sampingan anak kuliah,usaha sampingan di rumah kontrakan,bisnis kue anak kuliahan.

[Total: 0    Average: 0/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Irfan Raditya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *