6 Tips Menjalankan Usaha Jualan Bakso Keliling Paling Laku

Peluang Usaha Bakso Keliling bisa dikatakan masih sangat bagus di tahun ini. Karena banyak orang membutuhkan makanan yang tidak perlu keluar rumah. Sehingga potensi ini harus dilihat sebagai peluang usaha yang bagus bagi orang berjiwa bisnis.

Untuk melengkapi tekad Anda berjualan bakso keliling pakai motor, berikut ini ada pengetahuan tentang managemen dan analisis yang harus dipelajari.

Jenis usaha bakso antara lain : bisnis bakso kemasan, bakso keliling pakai motor paling laris ini, bakso daging, bakso urat, dan bakso ikan .

1. Persiapan Awal

– Pelaku Bisnis

Pelaku bisnis tidak ditentukan, siapa saja yang niat dan benar-benar mau melakukan bisnis ini silahkan saja mencoba. Bisnis bakso keliling ini bisa dijalankan oleh siapa saja bagi yang membutuhkan pekerjaan.

– Target Konsumen

Anda tidak perlu lagi bingung memikirkan target konsumen, karena Anda berjualan bakso keliling di beberapa tempat, dengan demikian usaha Anda akan cepat membuahkan hasil karena banyak orang yang melihat dagangan Anda.

– Promosi

Jika Anda berjualan bakso keliling, saya rasa Anda tidak memerlukan promosi karena tentu akan ada banyak orang yang nantinya mengenal usaha Anda.

Peluang Usaha Bakso Keliling
sumber : edorusyanto.wordpress.com

2. Perkiraan Modal Awal

PeralatanHarga
GerobakRp 1.500.000
Daging ayam/sapiRp 235.000
MieRp 50.000
MangkokRp 280.000
PanciRp 243.000
Saos dan kecapRp 30.000
Gas LPGRp 78.000
Alat tambahan lainnyaRp 53.000
Total modalRp 2.469.000

3. Perhitungan Pendapatan

Anda bisa mematok harga sesuai pasaran contohnya saja, Anda menjual bakso Rp 10.000 per mangkok, misalkan Anda mampu menjual bakso sampai dengan 95 mangkok, maka pendapatan Anda per bulan yaitu :

95 mangkok x Rp 10.000 = Rp 950.000

Rp 950.000 x 14 hari = Rp 13.300.000

4. Perhitungan keuntungan

Totap pendapatan – Biaya pengeluaran

Rp 13.300.000 – Rp 2.469.000 = Rp 10.831.000

 5. Resep Membuat Bakso Kenyal dan Enak

Bahan yang dibutuhkan :

– 500 gram daging ayam atau sapi tanpa lemak dan otot

– 2 sendok teh garam dapur

– 1 sendok makan bawang merah dan bawang putih goreng, lalu dihaluskan

– 1 butir putih telor

– 1 sendok teh gula pasir

– 1 sendok teh merica bubuk

– 100 gram tepung tapioka

– ½ sendok teh perasan baking powder (opsional)

– 150 gram es batu, kemudian hancurkan

Cara pembuatan :

1. Potong daging dengan ukuran kecil-kecil supaya mudah dihaluskan, kemudian giling daging sampai halus dengan menambahkan bawang putih dan bawang merah goreng dan tambahkan seddikit es batu.

2. Selanjutnya, masukkan garam secukupnya lalu digiling kembali hingga terlihat kesat dan kenyal.

3. Kemudian masukkan gula pasir, merica bubuk, tepung tapioka, putih telur dan baking powder kemudian giling lagi hingga halus dan tambahkan sedikit es batu. Jaga gilingan daging agar tetap dingin lalu di pindahkan ke wadah.

4. Saat membulatkan bakso nanti, masukkan ke air yang panas tetapi tidak mendidih dan disarankan menggunakan api yang kecil saja, mengapa demikian? Untuk menjaga bakso agar tidak keriput saat diangkat dan mencegah bakso mengembang terlalu cepat, karena demikian di dalam bakso belum matang jika api terlalu besar dan airnya mendidih.

5. Setelah selesai membulatkan, besarkan sedikit api dan jangan di tutup agar bakso terasa kenyal. siapkan air dingin atau air es di dalam wadah, kemudian masukkan bakso tersebut ke dalam air dingin. Jika sudah dingin lalu tiriskan bakso tersebut.

6. Analisa SWOT

Strenght (kelebihan) : Usaha bakso keliling mudah dilakukan dan cara pembuatan bakso juga bisa dibilang sangat simple dan sederhana.

Weakness (kelemahan) : Diperlukan fisik yang tidak mudah lemah, karena Anda tentu harus berjalan sembari mendorong gerobak keliling ke beberapa tempat.

Opportunity (peluang) : Bakso bukan makanan yang asing lagi, karena semua orang juga pasti menyukai bakso ini. Terlebih lagi Anda membuka usaha bakso dengan berkeliling ke berbagai tempat. Dengan demikian penghasilan Anda akan lumayan banyak dan bisa diandalkan.

Treath (resiko) : Bakso tidak bisa bertahan lama hingga berhari-hari, dengan demikian bakso yang Anda produksi harus benar-benar laku dalam seharian, agar tidak mubadzir.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini bisa dibilang cukup murah, dengan demikian Anda yang memiliki banyak uang tetapi tidak terpakai untuk modal, sebaiknya simpan uang tersebut baik-baik untuk kebutuhan penting lainnya nanti.

[Total: 0    Average: 0/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Irfan Raditya

Mereka (Orang tua) #WORKINGSOHARD supaya saya menjadi orang luar biasa. That's why i'm so FU*KIN WEIRD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *