5 Tips Menjalankan Usaha Ternak Ikan Hias Beromset 45Juta Sebulan

Ikan hias adalah ikan yang dipelihara dengan tujuan bukan untuk dikonsumsi melainkan dipelihara karena kecintaan/ hobi atau untuk memperindah ruangan atau taman/kolam ikan. Ikan hias sendiri ada yang berhabitat di air tawar maupun di laut.

Ikan hias banyak jenisnya, di antaranya: ikan hias louhan, koi, koki, cupang, oscar, gourami, german blue fish, guppy, komet, dan lainnya. Ikan hias memiliki daya tarik tersendiri, meskipun harganya terbilang cukup tinggi namun peminatnya kian meningkat.

Peluang Usaha Ikan Hias
sumber : wartabahari.com

 Contoh rincian modal awal usaha

  1. Investasi peralatan
PeralatanHarga
Kolam pemeliharaanRp.  4000.000
AkuariumRp.  3000.000
Sewa tempat/tahunRp.  5000.000
JaringRp.    180.000
Tabung oksigenRp.  1.300.000
Pompa airRp.     500.000
Selang dan wadahRp.     130.000
Penyaring kotoranRp.       70.000
Peralatan tambahan lainnyaRp.     100.000
TotalRp. 14.280.000
  1. Biaya operasional per bulan
Jenis biayaHarga
Biaya tetapRp.    2.500.000
Biaya tidak tetap/variabelRp.  3.500.000
TotalRp.  6.000.000
  1. Pendapatan per bulan

Misalkan ada 3 jenis ikan yang dijual yaitu ikan hias koi, arwana, dan cupang. Dari ketiganya diperoleh pendapatan penjualan per bulan = Rp. 25.000.000

Menghitung keuntungan usaha

Cara menghitung keuntungan/laba yaitu:

Laba = Total pendapatan – Total biaya

= Rp. 25.000.000 – Rp. 6.000.000   = Rp.   19.000.000

Selain itu pelaku usaha ikan hias bisa dijalankan semua orang.  Oleh karenanya, peluang berjualan ikan hias terbilang menguntungkan dan kian banyak diminati pelaku usaha . Lalu bagaimana agar memaksimalkan keuntungan berjualan ikan hias, berikut peluang usaha berjualan ikan hias beradasarkan analisanya. 

4. Analisis SWOT

  1. Strength (kekuatan) : Ikan hias banyak dicari karena menarik untuk dijadikan peliharaan dan perawatan yang cukup mudah, potensi lahan masih luas, serta teknik budidaya yang relative mudah.
  2. Weakness (kelemahan): Kondisi ikan yang tergantung pada cara perawatan dan pemeliharaan yang baik.
  3. Opportunity (peluang): Usaha yang mudah dijalani oleh setiap kalangan tanpa keharusan keahlian yang mumpuni serta modal yang besar karena modal awal dapat disesuaikan serta dapat dijadikan usaha sampingan.
  4. Threats (ancaman): Persaingan dibidang sama semakin ketat mengingat mudahnya masuk ke usaha tersenut, kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi dan dapat menentukan kondisi ikan, serta harga pakan yang tidak stabil.

5. Persiapan awal dan cara untuk menghemat modal usaha 

  1. Menetukan jenis ikan hias dan target konsumen

Dalam memulai jualan ikan hias, hal pertama yang perlu diperhatikan  ialah menentukan jenis ikan hias apa yang akan dijadikan usaha. Setelah menentukan jenis ikan hias, selanjutnya kita dapat menentukan target konsumen.

Konsumen bisa mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dari kalangan menengah hingga kalangan atas. Untuk menghemat modal usaha awal, sebaiknya menjual ikan dengan harga yang murah-murah terlebih dahulu.

  1. Peralatan usaha

Peralatan usaha merupakan hal yang sangat penting demi kelancaran usaha. Peralatan dan perlengkapan ikan hias di antaranya: akuarium, kolam pemeliharaan, jaring, pompa air, selang dan wadah, penyaring kotoran, tabung oksigen, terpal, dan timba hingga aksesoris untuk mempercantik akuarium.

Jika modal berasa sangat besar, untuk menghematnya Anda tidak perlu menyetok perlengkapan dan peralatan banyak, yang penting peralatan komplit.

  1. Lokasi usaha

Lokasi untuk jual ikan hias sebaiknya berada di tempat yang strategis atau di tempat yang banyak dilalui oleh banyak orang. Selain lokasi yang strategis, tempat usaha juga harus dibuat semenarik mungkin sehingga akan menarik minat konsumen untuk mengunjunginya.

Dan untuk menghemat modalnya Anda harus mencari kios atau ruko dengan harga sewa yang murah, tapi tetap mencari lokasi yang strategis untuk berjualan.

[Total: 1    Average: 5/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Irfan Raditya

Mereka (Orang tua) #WORKINGSOHARD supaya saya menjadi orang luar biasa. That's why i'm so FU*KIN WEIRD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *