Syarat Pengajuan Pinjaman Uang Lewat OK OCE

OK OCE atau One Kecamatan One Center for Entrepreneurship merupakan salah satu program andalan pemerintah DKI Jakarta. Program OK OCE ini merupakan program pemerintah DKI yang bertujuan mengembangkan dan memajukan perekonomian masyarakat melalui UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Melalui program pinjaman modal OK OCE tanpa jaminan bagi pebisnis pemula. Pinjaman uang lewat OK OCE diberikan oleh pemerintah DKI kepada member group OK OCE. Setelah melalui sejumlah tahap pendaftaran dan pengajuan modal, pelaku usaha pun akan mendapatkan pinjaman uang guna mengembangkan usaha yang telah dirintis.

Pinjaman Modal OK OCE Tanpa Jaminan (lsisi.id)

 

Selain itu, keunggulan dari pinjaman modal dari OK OCE adalah tidak diperlukannya jaminan atau agunan berupa barang atau aset berharga. Hanya dengan memenuhi sejumlah persyaratan saja.

Masyarakat sebagai pelaku usaha bisa mendapatkan pinjaman modal dari program OK OCE. Dengan demikian, diharapkan masyarakat akan lebih terbantu dan lebih terpacu dalam mengembangkan usaha yang dirintisnya. Dengan demikian, secara tidak langsung, pemerintah DKI Jakarta bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Besaran Pinjaman Modal OK OCE

Dalam program OK OCE ini, pemerintah DKI Jakarta tidak secara langsung memberikan modal kepada masyarakat pelaku usaha. Namun, pemerintah DKI hanya memfasilitasi dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bisa mengajukan pinjaman modal ke Bank DKI.

Pada program pinjaman uang lewat OK OCE ini, pemerintah DKI menjalin kerjasama dengan Bank DKI untuk bisa memberikan modal kepada masyarakat. Jika pada umumnya masyarakat harus memenuhi sejumlah persyaratan yang rumit dalam mengajukan pinjaman, melalui program OK OCE ini masyarakat dapat mengajukan pinjaman dengan mudah.

Setiap masyarakat atau setiap badan usaha dapat mengajukan pinjaman modal kepada Bank DKI dengan maksimal sebesar Rp 10 juta. Pinjaman dana tersebut bisa digunakan oleh masyarakat pelaku usaha untuk lebih mengembangkan bisnis yang telah dibangunnya.

Selain itu, pemerintah juga akan terus memantau usaha masyarakat, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Proses Pengajuan Pinjaman Dana dari OK OCE

Untuk bisa mendapatkan pinjaman uang lewat OK OCE, masyarakat harus memenuhi sejumlah persyaratan yang dapat dikatakan relatif mudah. Tanpa harus mengajukan jaminan atau agunan berupa barang atau aset berharga, masyarakat bisa mengajukan pinjaman modal.

Meskipun demikian, pengajuan pinjaman modal OK OCE dari masyarakat harus melalui proses yang telah ditentukan oleh pemerintah DKI dan program OK OCE. Adapun proses pengajuan pinjaman modal dalam program OK OCE adalah sebagai berikut:

1. Mendaftarkan Diri atau Badan Usaha pada Program OK OCE

Sebelum mengajukan pinjaman modal usaha, masyarakat atau badan usaha harus mendaftar pada program OK OCE yang telah dicanangkan oleh pemerintah DKI.

2. Mengikuti Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan

Melalui program OK OCE, pemerintah DKI akan melaksanakan pelatihan kewirausahaan yang wajib diikuti oleh seluruh anggota OK OCE. Masyarakat dan badan usaha akan mendapatkan berbagai pelatihan kewirausahaan sebagai bekal ketika merintis bisnis atau usahanya mendatang.

Baca juga :

Binis Kedai Susu Sapi Murni Modal Peluang Usaha Martabak Aneka Rasa

3. Mengikuti Kegiatan Pendampingan

Setelah mendapatkan pelatihan kewirausahaan, masyarakat dan badan usaha juga harus mengikuti kegiatan pendampingan yang diberikan oleh program OK OCE. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk memastikan masyarakat bisa merintis dan membangun usahanya dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti.

Dengan adanya pendampingan, apabila masyarakat mendapatkan kendala, maka pihak OK OCE siap membantu.

4. Pengajuan Izin Usaha

Setelah masyarakat dan badan usaha bisa berhasil membangun usaha, maka masyarakat harus mengajukan izin usaha kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PMPTSP DKI Jakarta. Dengan demikian, usaha dari masyarakat bisa terdaftar dan mendapatkan izin dari pemerintah DKI.

5. Pemasaran Produk Usaha

Tidak hanya itu, pemerintah melalui program OK OCE juga akan membantu masyarakat dan badan usaha yang telah mendapatkan izin dari Dinas PMPTSP DKI dalam memasarkan produk usahanya. Produk-produk yang telah dihasilkan oleh usaha masyarakat kemudian bisa dipasarkan dan mendapatkan keuntungan.

6. Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan

Tidak tanggung-tanggung, pemerintah DKI juga memberikan pelatihan penyusunan laporan keuangan usaha kepada masyarakat dan badan usaha. Pelatihan ini bertujuan agar masyarakat bisa menyusun laporan keuangan usaha yang dirintisnya kepada pelaksana OK OCE secara berkala.

Baca juga :

Peluang Usaha Ikan Asap Usaha Budidaya Ikan Nila

Tujuan lainnya adalah agar pemerintah bisa terus memantau perekonomian usaha masyarakat dan memberikan bantuan apabila usaha masyarakat dinilai terkendala.

7. Pengajuan Pinjaman Modal Program OK OCE

Setelah bisnis bisa berjalan, mendapatkan keuntungan, dan bisa melaporkan hasil keuangan, maka masyarakat bisa melakukan pengajuan pinjaman modal kepada OK OCE. Tanpa memerlukan jaminan atau agunan, dengan laporan keuangan dan izin usaha dari Dinas PMPTSP, masyarakat bisa mengajukan pinjaman modal ke Bank DKI.

Pinjaman modal OK OCE ini merupakan salah satu cara bagi masyarakat untuk mendapatkan pinjaman modal dengan mudah, aman, dan menguntungkan. Dengan adanya program OK OCE pula, usaha masyarakat dapat semakin terjamin kelancarannya, sehingga sangat berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat.

[Total: 1    Average: 5/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Achmad Salim

Maaf jika belum bisa memberikan yang terbaik di tahun ini :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *