Peluang usaha toko mainan anak

Semakin lama permintaan akan mainan anak semakin meningkat, hal tersebut yang dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk membuat usaha toko mainan anak.

Peluang usaha toko mainan anak
sumber : sinjotoys.com

Rincian modal awal

Bagi pemula seperti anda tentu saja memerlukan gambaran mengenai rincian modal awal. Berikut ini rincian mengenai barang inventasi dan juga operasional beserta harganya.

NoBiaya untuk membeli barang inventasi usaha Harga
1EtalaseRp 1.800.000
2Modal awal untuk membeli stok mainan anakRp 2.600.000
3Membeli rak lemariRp 5.000.000
Total biaya untuk membeli barang inventasi atau modal awalRp 9.400.000

 

NoBiaya operasional per bulan untuk usahaHarga
1Sewa rukpRp 900.000
2Upah untuk 1 orang karyawanRp 800.000
3HPP barang dagangRp 1.100.000
4Biaya telepon dan listrikRp 300.000
5Plastik kemasanRp 200.000
6Biaya lain lainRp 400.00
Total biaya yang harus anda keluarkan per bulan sebanyakRp 3.700.000

Perhitungan Keuntungan

Jika kita asumsikan dalam satu hari pendapatan yang anda terima sekitar Rp 200.000 perhari. Maka dalam satu bulan Rp 200.000 x 30 hari = Rp 6.000.000 . Setelah pendapatan sudah diketahui, untuk menghitung keuntungan dapat anda ketahui dengan cara pendapatan per bulan Rp 6.000.000 – biaya harus anda keluarkan per bulan Rp 3.700.000 = Rp 2.300.000.

Maka untuk mengembalikan modal awal Rp 9.400.000 dengan keuntungan per bulan Rp 2.300.000, membutuhkan waktu 4 bulan.

Analisa SWOT

Strenght (Kekuatan) : Kekuatan dari usaha ini jika pelayanan yang diberikan untuk konsumen ramah, selain itu toko mainan anak membaik berbagai macam mainan anak yang memiliki tema edukatif.

Weakness (Kelemahan) : Mainan semakin tahun semakin baru, jadi harus sering update stok barang yang sedang trend.

Opportunity (peluang) : Masyarakat sekitar yang masih membutuhkan mainan anak untuk kebutuhan anaknya, meningkatnya permintaan akan mainan anak pertahunnya.

Threats (ancaman) : Banyakknya pesaing dibidang sama, batasan uang belanja anak-anak dari orang tua mereka yang tidak stabil.

Persiapan awal dan cara untuk menghemat modal awal usaha 

  1. Menentukan lokasi untuk usaha : Dalam usaha tentunya harus dalam menentukan strategi lokasi usaha dimana usaha tersebut akan dibangun, hal ini tidak terkecuali dengan usaha toko mainan anak. Menentukan lokasi juga dapat menjadi salah satu faktor penting dalam sebuah usaha akan mengalami kemajuan atau bahkan diam ditempat dan perlahan akan mengalami kerugian dan menyebabkan gulung tikar. Hal tersebut tidak tanpa alasan, dengan menantikan lokasi untuk usaha berarti anda sudah menentukan target pasar untuk usaha anda. Untuk memilih lokasi tidak harus berada di pusat kota, Pilihlah tokasi yang tidak jauh dari target utama anda seperti di lingkungan taman kanak-kanak, lingkungan sekitar taman bermain, maupun pasar tradisional.
  2. Memilih mainan anak yang akan di jual : Mainan anak tentu memiliki banyak sekali jenisnya mulai dari bentuk, ukuran hingga harga. Namun perlu anda ingat untuk menghemat modal awal usaha anda harus membeli mainan anak sesuai dengan tren mainan anak saat itu. Hal tersebut jika anda tidak membeli sesuai dengan tren saat itumainan anak anda akan di anggap tidak update atau anak jaman sekarang menyebutnya kudet (kurang update), jika sudah begitu mainan yang anda jual akan sudah terjualnya. Manusia selain itu juga anda harus membeli beberapa mainan lainnya untuk memenuhi stok mainan anak di toko anda. Untuk itu jika anda ingin mengetahui mainan apa yang sedang trend dikalangan anak anak, hal tersebut dapat diketahui dengan cara melakukan riset.
  3. Harga untuk mainan anak : Saingan bidang toko mainan yang semakin banyak ini membuat para pelaku usaha bidang ini harus berfikir keras bagai usaha anda tidak kalah saingan dengan toko lain, setidaknya toko anda tidak mengalami kerugian. Untuk mengatasi hal tersebut anda harus dapat bersaing dengan harga murah. Agar barang yang di jual dapat dijual kembali dengan harga yang murah, sebaiknya membeli mainan anak pada tempat grosir mainan anak karena biasanya harga yang mereka jual lebih murah. Tips ini juga dapat digunakan agar menghemat modal awal usaha.
[Total: 0    Average: 0/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Achmad Salim

Maaf jika belum bisa memberikan yang terbaik di tahun ini :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *