Press "Enter" to skip to content

Peluang Usaha Toko Buah Segar

Ahmad Salim 0

Last updated on Februari 17, 2019

Peluang Usaha Toko Buah Segar apakah masih bisa diandalkan keuntungannya di tahun ini? berapa modal awal dan pendapatan perbulannya? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan ini silahkan simak analisa usahanya berikut ini.

Peluang Usaha Toko Buah Segar
sumber : Tribunnews.com

Rincian modal awal usaha

Sebelum anda memulai usaha ini, tentu yang harus anda ketahui terlebih dahulu andalah rincian mengenai modal awal dan juga biaya operasional hal itu tentu saja agar dapat menjadi gambaran untuk anda yang ingin memulai usaha ini.

NoModal awal untuk membeli barang inventasi usaha Harga
1Rak untuk tempat meletakkan buah segarRp 5.500.000
2Timbangan buahRp 350.000
3 Etalase untuk bagian depanRp 1.500.000
4Meja dan kursiRp 400.000
5Barang lainnya yang menunjang usahaRp 3.000.000
Total biaya untuk membeli barang inventasi usaha Rp 10.750.000

 

NoBiaya yang harus anda keluarkan per bulan usaha Harga
1Modal awal untuk pembelian buah segarRp 8.500.000
2Sewa lahan atau sewa ruko untuk usahaRp 800.000
3Air dan listrikRp 200.000
4Upah untuk 1 orang karyawanRp 700.000
5Biaya lain lain yang tak terdugaRp 200.000
Total biaya yang anda keluarkan per bulan untuk usaha toko buahRp 10.400.000

Perhitungan Keuntungan

Untuk memulai berjualan buah segar selain rincian yang anda harus ketahui, keuntungan yang akan anda dapatkan juga Pelu anda ketahui agar anda mendapatkan gambaran mengenai berapa banyak keuntungan yang akan anda dapatkan, karena membangun usaha tentunya hal yang terpenting adalah keuntungan yang didapat.

Untuk itu jika anda ingin mengetahui keuntungan yang didapat sebelumnya ada harus mempunyai pendapatan perbulan. Karena usaha buah memiliki harga yang berbeda beda tergantung pada macam buahnya, maka jika kita asumsikan dalam satu hari Anda mendapatkan pendapatan sebanyak Rp 475.000 maka dalam satu bulan pendapatan kotor yang anda dapatkan adalah Rp 14.250.000.

Jika pendapatan sudah diketahui untuk menghitung keuntungan adalah pendapatan kotor tersebut dikurangi dengan biaya yang harus anda keluarkan per bulan, Rp 14.250.000 – Rp 10.400.000 = Rp 3.750.000. Dengan keuntungan yang anda dapatkan tersebut, maka hanya dalam waktu 3 bulan saja biaya untuk membeli barang inventasi sudah tertutupi.

Analisa SWOT

  • Strength ( kekuatan ) : Dengan menjual buah segar, anda tidak sengaja sudah ikut berpartisipasi dalam menjaga pola hidup sehat dengan cara memakan buah, usaha dengan akal kecil tidak membutuhkan tenaga tambahan karena usaha ini cukup sederhana.
  • Weakness ( Kelemahan ) : Karena yang anda jual adalah buah maka buah akan cepat membusuk terlebih lagi jika buah segar yang anda beli sudah sangat matang, selain itu ada juga kelemahan usaha toko buah lainnya seperti sulit mendapat pasokan buah jika buah tersebut sedang tidak musim.
  • Opportunity ( peluang ) : Buah adalah salah satu makanan yang banyak orang yang menyukainya baik anak – anak, remaja hingga dewasa, laki-laki maupun perempuan. Maka dari itu usaha ini memiliki banyak target.
  • Threats ( ancaman ) : Jika musim kemarau panjang, beberapa buah sulit didapat, selain itu tentu saja pesaing di bidang usaha sama semakin banyak.

Cara menghemat modal awal

  • Tenaga kerja : Karena usaha ini sederhana maka untuk menghemat modal awal anda tidak perlu membutuhkan tenaga kerja lagi.
  • Ruko : Jika anda menghemat modal anda tidak perlu menyewa ruko karna akan memperbanyak biaya yang dikeluarkan. Anda dapat menggunakan dengan membuat gerobak atau outlet kecil.
  • Modal awal : Agar modal awal anda dapat menghemat, maka beli buah segar anda kepada pengepul buah agar harga lebih murah.

 

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *