Peluang Usaha Sewa Truk

Semua kegiatan bisa Anda jadikan sebagai sumber penghasilan. Barang yang Anda miliki di rumah juga bisa dijadikan sebagai investasi. Contohnya saja misalkan Anda memiliki truck yang mungkin tidak terpakai bisa Anda sewakan ke yang membutuhkan seperti orang pengangkut barang dan lain sebagainya. Tetapi sebelum memulai usaha Anda tentu harus menentukan konsep yang akan dijalankan, harus merancang semua prosedur agar usaha Anda selalu maju dan banyak yang membutuhkan. Persiapan apa saja yang dibutuhkan sebelum memulai usaha penyewaan truck? Mari simak bersama ulasan berikut ini.

Peluang Usaha Sewa Truk
sumber : cargonesia.com

Persiapan Awal Usaha

  • Target Konsumen

Anda tidak perlu risau lagi karena akan ada banyak orang yang membutuhkan jasa Anda terutama bagi orang yang memiliki pekerjaan mengangkut barang dengan jumlah yang besar. Tetapi selain sebagai kendaraan pengangkut barang, truck juga bisa dijadikan sebagai kendaraan antar jemput bagi orang yang sedang melakukan acara yang melibatkan banyak orang. Mengapa tidak menggunakan bus? Mungkin bus lebih memakan banyak biaya penyewaan dibandingkan truck.

  • Strategi Pemasaran

Anda bisa memasarkan usaha Anda melalui banner atau promosi secara online karena bisa Anda lihat sekarang banyak orang yang menggunakan media sosial untuk mengeksplore segala berita. Jika Anda memasarkan usaha Anda di media sosial tentu akan ada banyak orang yang melihat bukan?

  • Tempat Strategis

Tempat strategis untuk usaha ini bisa dibilang tidak terlalu penting, yang terpenting yaitu lahan yang luas untuk tempat parkir truck.

Analisa Pengeluaran Modal Usaha Awal

Objek terpenting dalam usaha ini yaitu truck. Berapa modal awal yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha ini? Untuk membeli truck bisa mengeluarkan modal Rp 50.000.000 sedangkan biaya lain seperti, karyawan,  biaya pencucian truck atau biaya perbaikan mungkin kalau ada masalah pada kendaraan. Katakan saja keseluruhan memakan biaya Rp 53.000.000.

Modal Awal
Truk50.000.000
Total Modal Awal50.000.000
Pengeluaran Bulanan
Karyawan 1 orang1.500.000
Biaya Perawatan Lain-lain1.500.000
Total Pengeluaran Bulanan3.000.000

Pendapatan Anda per Penyewaan

Misalkan Anda menarget harga penyewaan Rp 500.000 per hari dan Anda mampu melayani 3 pelanggan di hari yang berbeda dengan waktu penyewaan masing-masing 3 hari. Maka penghasilan Anda yaitu :

3 hari x Rp 500.000 = Rp 1.500.000

Rp 1.500.000 x 3 pelanggan = Rp 4.500.000

Maka dalam 1 bulan, jika bisa mendapatkan pelanggan 15 orang dengan total waktu sewa 25 hari maka keuntungan dalam sebulan adalah Rp 1.500.000 x 25 = Rp. 37.500.000. Dan untuk membayar biaya pengeluaran perbulan 1.5 juta, maka mendapatkan keuntungan bersih sebesar 36.000.000.

Jadi untuk mengembalikan modal awal pembelian truk Rp. 50 juta dengan keuntungan 36 juta perbulan dapat balik modal di bulan ke 2.

Analisa SWOT

Strenght (kekuatan) :

  • Banyak orang yang membutuhkan jasa Anda untuk suatu kepentingan yang melibatkan banyak orang atau barang yang berat sehingga membutuhkan kendaraan besar untuuk mengangkutnya.

Weakness (kelemahan) :

  • Truck memiliki bak terbuka, tidak seperti bus. Selain itu truck juga tidak memiliki kursi untuk tempat duduk orang kecuali di bagian depan. Ada kelemahan lain juga jika truck sampai naik di ketinggian tentu belum bisa menjamin sampai ke atas.

Opportunity (peluang) :

  • Biaya penyewaan yang cukup banyak sehingga bisa menghasilkan pendapatan yang bisa diandalkan untuk mencukupi kebutuhan Anda dan keluarga Anda.

Treath (ancaman) :

  • Banyak kendaraan besar lain yang memiliki fasilitas lebih nyaman dibandingkan truck sehingga Anda harus lebih pandai dalam hal perdagangan. Dalam dunia bisnis tentu banyak sekali pesaing yang juga membuka usaha yang sama.

Tips Menghemat Uang Modal Usaha

Sudah saya jelaskan tadi bahwa untuk membuka usaha penyewaan truck membutuhkan biaya yang cukup banyak lalu bagaimana cara menghemat uang? Caranya yaitu dengan menarget pengeluaran adalah dengan membeli truk dengan harga murah. Kemudian tidak mempekerjakan karyawan terlebih dahulu jika Anda sanggup menjalankannya sendiri.

[Total: 0    Average: 0/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Yudha Pratama

Just a simple guy work for fun as Content & Copywriter. Graphic designer, Sketcher. Editor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *