Press "Enter" to skip to content

Peluang Usaha Sewa Sound System

Flirki Andek 0

Seperti yang Anda ketahui bahwa banyak orang yang melakukan hajatan dengan menggunakan sound system bukan? Dengan demikian ini bsia menjadi usaha yang halal dan menarik untuk dijalankan. Tetapi sebelum menjalankan usaha tentu akan ada persiapan yang harus diselesaikan dan dirancang sebelum memulai usaha.

Peluang Usaha Sewa Sound System
sumber : sewasound.id

Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum menjalankan usaha? Mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

  • Target Konsumen

Anda tidak perlu susah payah lagi mencari target konsumen, karena semua orang hajatan pasti membutuhkan sound system dan Anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk menawarkan jasa Anda.

  • Strategi Promosi

Di era modern ini tentu banyak sekali orang yang sudah memiliki akun media sosial sehingga Anda bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai media promosi secara online tentu akan ada banyak orang yang melihat.

  • Karyawan Usaha

Untuk usaha penyewaan sound system tentu akan membutuhkan bantuan orang lain untuk membantu mengangkan barang berat menuju ke lokasi tempat yang menyewa atau tempat hajatan. Tetapi selain hajatan tentu masih ada banyak acara yang membutuhkan sound system seperti pengajian dan lain sebagainya.

  • Target Harga

Anda bisa menarget harga penyewaan sound system sesuai keinginan Anda. Tetapi selain itu juga harus disesuaikan dengan harga pasaran. Umumnya harga penyewaan  sound system kisaran Rp 2.500.000 sampai dengan Rp 3.500.000 tergantung kelengkapan sound system.

  1. Analisa SWOT
PeralatanHarga
Speaker 3 wayRp 750.000
SubwooferRp 1.500.000
Mic cableRp 100.000
WirrelessRp 850.000
Biaya perbaikanRp 500.000
Biaya tambahan lainnyaRp 500.000
Total pengeluaranRp 4.200.000
  1. Pendapatan Anda per Penyewaan

Misalkan Anda menarget harga penyewaan Rp 2.500.000 per hari dan Anda mampu melayani penyewaan 3 acara yang masing-masing menyewa satu hari. Maka penghasilan Anda yaitu :

3 x Rp 2.500.000 = Rp 7.500.000

Jika pendapatan Anda melebihi biaya pengeluaran berarti Anda sudah bisa dibilang mendapatkan balik modal. Tetapi jika Anda mendapatkan penghasilan kurang dari total pengeluaran maka Anda belum bisa dibilang mendapatkan balik modal.

  1. Keuntungan Yang Anda Peroleh

Total pendapatan – Total pengeluaran = Laba

Rp 7.500.000 – Rp 4.200.000 = Rp 3.300.000

Dari perhitungan ini bisa disimpulkan bahawa usaha ini di bulan pertama sudah bisa mengebalikan modal awal peralatan usaha sebesar 4.2 juta dan dibulan pertama juga sudah bisa mendapatkan untung 3,3 juta. Untuk bulan ke 2 dengan asumsi ada 3 acara yang menyewa sound system lagi, maka bulan kedua sudah bisa mendapatkan keuntungan bersih Rp 7.500.000.

  1. Analisa SWOT

Strenght (kekuatan) :

  • Penghasilan yang Anda dapatkan dari usaha penyewaan sound system cukup menggiurkan dan pastinya sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga Anda bukan?

Weakness (kelemahan) :

  • Kelemahan dari usaha ini tentu rawan terhadap kerusakan mungkin bisa dikarenakan hujan lebat yang membasahi kabel atau bagian speaker dengan demikian akan membutuhkan uang untuk memperbaikinya.

Opportunity (peluang) :

  • Banyak sekali orang yang membutuhkan jasa Anda, contohnya saja seperti acara hajatan, pengajian tentu membutuhkan sound system dan yang menarik lagi biaya penyewaan yang cukup besar sehingga membuat Anda mendapatkan penghasilan yang cukup banyak.

Treath (ancaman) :

  • Dalam dunia perdagangan ataupun bisnis semua tentu terdapat halangan dan rintangan. Contohnya saja seperti usaha sound system tentu akan ada orang lain yang akan menjadi saingan Anda.
  1. Tips Menghemat Modal

Untuk menghemat modal awal dari usaha ini, yang paling mudah adalah dengan membatasi belanja peralatan atau perlengkapan yang terlalu mahal. Peralatan yang belum penting juga tidak usah dibeli. Kemudian jika usaha ini masih bisa dijalankan sendiri, maka tidak perlu menyewa atau membayar karyawan.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *