Peluang Usaha Sewa Rumah Kontrakan

Peluang Usaha Sewa Rumah Kontrakan
sumber : plus.google.com

Salah satu alternative bagi pasangan muda yang belum memiliki rumah dan tidak memiliki biaya untuk membeli rumah yaitu dengan cara menyewa rumah kontrakan. Dengan demikian ini bisa menjadi peluang usaha yang besar untuk tambahan penghasilan sehari-hari Anda.

Peluang Usaha Sewa Rumah Kontrakan
sumber : plus.google.com

Sebelum memulai usaha Anda tentu diharapkan untuk mempersiapkan segala sesuatu agar usaha Anda semakin maju. Apa saja persiapan sebelum memulai usaha penyewaan rumah kontrakan? Simak ulasan berikut ini.

  • Pelaku Usaha

Sebenarnya usaha penyewaan rumah kontrakan bisa dijalankan oleh siapa saja tetapi dengan syarat memiliki rumah lain sebagai investasi. Dalam usaha ini rumah adalah objek utama yang memang harus ada.

  • Target Konsumen

Seperti yang sudah saya singgung tadi bahwa banyak sekali pasangan muda yang belum memiliki biaya tambahan untuk membangun atau membeli rumah baru. Dengan demikian ini menjadi peluang yang besar untuk Anda mendapatkan penghasilan yang cukup banyak.

Advertisement
  • Strategis Pemasaran

Di era modern ini semua dikaitkan dengan media online, Anda bisa mempromosikan usaha Anda melalui akun media sosial seperti instagram, facebook, line dan lain sebagainya. Manfaatkan teknologi sebaik-baiknya ya.

  • Kelengkapan perabotan

Jika Anda ingin menyewakan rumah Anda ke orang yang membutuhkan sebaiknya jangan setengah-setengah. Maksudnya yaitu jika Anda ingin menyewakan rumah sebaiknya beserta perabotannya, selain menarik perhatian, harga penyewaan rumah tentu akan semakin tinggi. Sehingga usaha Anda akan semakin maju bukan?

  1. Analisa Pengeluaran Modal Usaha
RECOMENDED
Peluang Usaha Jus Buah
PeralatanHarga
SofaRp 2.000.000
MejaRp 950.000
TelevisiRp 800.000
Kipas anginRp 500.000
KomporRp 210.000
Dispenser dan GalonRp 210.000
Peralatan tambahan lainRp 3.000.000
Total pengeluaranRp 7.670.000
  1. Penghasilan Yang Anda diperoleh per 12 Bulan

Memang secara keseluruhan antara usaha penyewaan rumah dan usaha kontrakan beda tipis. Perbedaan hanya terletak pada hitungan penghasilan. Jika penghasilan pada usaha penyewaan rumah hitungannya per bulan, sedangkan pada usaha kontrakan rumah hitungannya per tahun. Misalnya saja Anda menarget kontrakan rumah Rp 15.000.000 per tahun . Lantas jika Anda menyediakan 1 rumah untuk dikontrakan maka penghasilan Anda per tahun yaitu :

Rp 15.000.000 x 1 tahun = Rp 15.000.000

  1. Keuntungan Yang Anda Dapatkan

Jika penghasilan yang Anda dapatkan berarti bisa dibilang Anda sudah mendapatkan balik modal. Lantas berapa keuntungan yang Anda peroleh dari hasil usaha penyewaan rumah?

Total pendapatan – Total pengeluaran = Laba

Rp 15.000.000 – Rp 7.670.000 = Rp 7.330.000

Jadi pada tahun pertama Anda akan mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 7.330.000, dan sudah bisa mengembalikan modal awal usaha. Dan untuk tahun ke 2 dan seterusnya Anda bisa mendapatkan keuntungan bersih 15 juta per tahunnya dan bahkan per tahun harga sewa juga bisa naik.

Lalu jika Anda membeli rumah dalam bentuk cicilanpun hasil keuntungan dari sewa kontrakan ini bisa untuk membayar cicilan KPR loh. Jadi misal Anda membeli rumah dengan harga 150 juta, maka Anda dapat membayar rumah tersebut dalam jangka waktu 10 tahun dengan uang hasil dari sewa kontrakan saja.

  1. Analisa SWOT
  • Strenght (kekuatan) :
RECOMENDED
peluang usaha roti bakar

Usaha kontrakan rumah tentu akan sangat menguntungkan karena untuk penyewaannya saja harga umum bisa mencapai jutaan ribu per tahun untuk satu keluarga.

  • Weakness (kelemahan) :

Fasilitas yang disediakan terkadang masih kurang jika untuk tinggal bersama keluarga sehingga mereka yang menyewa rumah Anda akan mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk membeli peralatan yang belum disediakan.

  • Opportunity (peluang) :

Banyak orang yang akan membutuhkan jasa Anda karena zaman sekarang untuk membeli atau membangun rumah relatif lebih mahal.

  • Treath (ancaman) :

Banyak tempat penyewaan untuk tinggal bersama keluarga yang mungkin lebih murah dan lebih nyaman.

  1. Tips Menghemat Uang

Salah satu cara menghemat uang yaitu dengan menarget pengeluaran, Anda  tentu tidak diperbolehkan untuk melebihi dari batas target yang sudah ditentukan dengan cara membelikan perabotan seperlunya dan yang paling penting saja terlebih dahulu.

[Total: 0    Average: 0/5]

Fikky Andika
About Fikky Andika 91 Articles
Hidupku selalu ingin berbagi, suka melakukan hal-hal diluar kewajaran.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*