Peluang Usaha Sewa Alat Pesta

Semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan jasa untuk sewa alat pesta pada jaman sekarang ini mengakibatkan  para pelaku usaha mulai  melirik usaha  ini, walaupun biaya untuk modal awal tentu saja tidak sedikit namun keuntungan yang didapat cukup menggiurkan itu kenapa jika pertahunnya usaha ini semakin meningkat.

Peluang Usaha Sewa Alat Pesta
sumber : wisatabdg.com

Persiapan awal dan tips usaha 

  1. Konsep : Walaupun hanya usaha penyewaan alat pesta namun konsep yang menarik dapat menjadi daya tarik konsumen untuk memilih menyewa alat pesta kepada anda.
  2. Peralatan : Untuk anda yang ingin menghemat modal awal jika anda akan belanja untuk keperluan usaha, sebaiknya hanya membeli peratalan yang penting saja.
  3. Promosi : Gunakan strategi promosi dengan tepat agar banyak yang ingin menyewa alat pesta kepada anda. Untuk menghemat modal awal anda dapat menggunakan media sosial miliki anda untuk mempromosikan usaha rental anda seperti Facebook, Instagram maupun membuat website.

Rincian modal awal

Untuk anda yang mulai tertarik atau sudah tertarik dengan usaha ini berikut adalah sedikit gambaran mengenai rincian modal awal usaha sewa alat pesta

No Barang inventasi atau modal awalHarga
1Sendok, gelas, piring, sound system, mangkuk dan pembelian alat pesta lainnyaRp 10.000.000
Total biaya untuk membeli barang inventasiRp 10.000.000

 

No Biaya yang harus anda keluarkan per bulanHarga satuanJumlah
1Upah untuk 2 orang karyawanRp 600.000Rp 1.100.000
2Sewa kendaraan untuk mengangkut barang inventasi sebanyak 6 kaliRp 60.000Rp 360.0000
4Upah untuk 1 orang karyawan yang bekerja untuk cuci alat pesta sebanyak 3 kaliRp 150.000Rp 450.000
5Biaya lain-lain lain yang biasanya tak terdugaRp 500.000
Total biaya yang harus anda keluarkan per bulanRp 2.410.000

Menghitung keuntungan

Jika ingin memulai sebuah usaha termasuk usaha  yang harus anda ketahui selanjutnya adalah keuntungan yang nanti anda dapatkan. Namun sebelum anda Menghitung keuntungan yang didapat, anda harus tahu berapa banyak pendapatan yang anda peroleh per bulannya.

Maka, jika kita asumsikan bahwa dalam usaha ini dalam 1 bulan terdapat minimal 3 orang yang menyewa peralatan kepada anda dengan tarif yang anda pasang untuk sekali sewa adalah Rp 2.100.000 jadi Rp 2.100.000 x 3 kali = Rp 6.300.000.

Jika pemasukan per bulan anda sudah ketemu yakni mencapai Rp 6.300.000, maka untuk menghitung keuntungan yang diperoleh adalah pendapatan per bulan anda dikurangi dengan biaya yang harus anda keluarkan per bulan maka dapat disimpulkan Rp 6.300.000 – Rp 2.410.000 = Rp 3.890.000 .

Rincian modal awal diatas belum termasuk penyusutan alat, maka dari itu jika keuntungan yang anda dapatkan mencapai Rp 3.890.000 maka dalam 3 bulan saja biaya untuk membeli barang inventasi sudah tertutupi.

Analisa SWOT

  • Strengths (Kekuatan) : Untuk memenuhi kebutuhan acara agar semakin lengkap. Makin banyak acara pesta  pernikahan yang membutuhkan jasa ini.
  • Weakness (Kelemahan) : Biasanya usaha ini hanya ramai ketika banyak orang menikah.
  • Opportunities (Peluang ) : Masih banyak masyarakat yang memiliki acara pesta namun tidak memiliki budget dan tidak mungkin membeli peralatan untuk pesta. Maka mereka lebih memilih untuk menyewa jasa peralatan pesta
  • Threats (Ancaman) : Jika salah satu konsumen kita tidak merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan maka mereka tidak lagi percayai. Bahkan mereka dapat memberi tahu orang lain agar tidak menyewa jasa alat pesta kepada anda. Lalu ancaman yang selanjutnya adalah mulai banyak pesaing yang memiliki bidang yang sama.

Tips Menghemat Modal Usaha

  • Belilah peralatan dan perlengkapan dengan harga yang paling murah.
  • Jika masih bisa dijalankan sendiri usaha ini tidak perlu menyewa karyawan.
[Total: 0    Average: 0/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Fikky Andika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *