Peluang Usaha Roti John

Setelah es kepal Milo sekarang makanan yang sedang viral adalah roti Jhon, roti jhon ini buka dari nama merek atau brand melainkan adalah nama dari sebuah cemilan berupa roti yang sudah populer terlebih dahulu di Brunei, Malaysia dan juga Singapura.

Di negara kita Indonesia ini sendiri masih cukup baru, maka tak heran jika roti yang satu ini masih familiar di telinga warganet dan juga remaja milenial saja. Roti Jhon sendiri merupakan sandwich omelette yang berbahan dasar berupa roti dengan daging cincang, telur dan juga sayuran.

Maka tak heran jika roti Jhon ini selain dapat mengenyangkan juga menyehatkan. Kerena masih banyak pelaku usaha yang belum tahu tentang peluang bisnis ini, anda dapat mencoba usaha roti jhon ini.

PELUANG USAHA ROTI JHON
sumber : tokopedia.com
  1. Persiapan awal usaha roti jhon dan tips menghemat modal awal untuk usaha roti jhon

– Modal
Sama seperti usaha lainnya, usaha roti jhon ini tentu saja memerlukan modal untuk membuat usaha anda berkembang. Namu modal yang anda perlukan tidak cukup dengan berupa materi atau uang saja.

Namun anda juga harus memiliki modal berupa keahlian di budang memasak roti jhon. Walau ini terdengar remeh, namun jika anda tidak bakat dan tidak tahu bagai mana cara memasak roti jhon dengan benar tentu saja rasanya akan berbeda dan pelanggan kapok membeli roti jhon buatan anda

– Tempat
Jika anda ingin membangun usaha roti jhon namu dengan budget yang tidak banyak, maka anda dapat mengatasi hal tersebut dengan tidak menyewa tempat atau kios terlebih dahulu. Anda dapat menggantinya dengan membuat gerobak atau outlet kecil untuk usaha roti jhon.

– Riset lingkungan sekitar
Sebelum anda memulai usaha roti jhon, anda perlu meriset usaha roti jhon di lingkungan sekitar anda atau lingkungan yang akan anda gunakan. Sebagai tempat bisnis anda. Usahakan di lingkungan tersebut tidak memiliki usaha roti jhon lain agar pesaing Anda sedikit, atau bahkan tidak ada.

– Promosi
Untuk menghemat modal awal, dalam promosi anda dapat menggunakan lewat media sosial seperti grup WhatsApp di smartphone anda, Facebook, Twitter, Instagram atau bahkan website yang anda buat untuk mempromosikan produk anda.

  1. Resep membuat roti jhon

Bahan :
6 sendok makan Margarin atau secukupnya

250 gram daging anda dapat menggunakan daging ayang atau daging sapi sesuai selera anda

1 sendok teh Merica bubuk atau secukupnya

Garam secukupnya

6 buah telur  ayam

1 buah Bawang bombay, buang kulitnya

2 buah Cabai merah besar

5 buah Cabai rawit merah, bisa dikurangi atau ditambah sesuai dengan selera anda

3 potong Roti baguette

cara membuat roti jhon adalah sebagai berikut :

  • Bawang Bombay dan cabai merah yang sudah anda siapkan tadi di iris hingga halus. Sisihkan
  • Siapkan wajan panas beri 1 sendok makan margarin, lalu lelehkan
  • Setelah panas Kemudian tumis daging, dan tidak lupa beri garam dan juga merica secukupnya untuk seasoning. Aduk hingga bumbu merata ke seluruh daging
  • Matikan kompor jika daging sudah matang. Angkat lalu sisihkan
  • wajan panas kembali, lalu masukan margarin Kemudiann lelehkan
  • Siapkan roti baguette lalu tuang 1 buah telur dibagian atas roti. Setelah itu, masukan roti ke dalam wajan yang sudah panas tadi dengan posisi atas yang tadi sudah di beri telur berada bisa bagian bawah atau menempel ke permukaan wajan, bertujuan agar telur tersebut dapat matang. Masak hingga matang lalu angkat roti.
  • Setelah roti matang, masuk semua bahan seperti daging yang sudah dimasak tadi dan juga sayur, beri mayonaise dan saus tomat sambal agar lebih lezat.
  1. Modal awal

Bagi anda yang ingin memulai usaha roti jhon, berikut ini adalah gambaran mengenai rincian modal awal untuk anda :

NoBarang inventasiHarga
1Gerobak/outletRp 1.800.000
2Kompor gas kecilRp 120.000
3Alat perlengkapan lainnya seperti kursi dan mejaRp 500.000
Total biaya barang inventasiRp 2.420.000

 

NoModal awal yang harus anda keluarkan per bulanHarga
1MargarinRp 1.000.000
2Merica bubukRp 400.000
3Cabai merah dan cabai rawitRp 1.000.000
4TelurRp 900.000
5Gas LPGRp 140.000
6Listrik dan airRp 60.000
7RotiRp 1.500.000
8Daging sapiRp 1.350.000
9Bahan baku lainnyaRp. 500.000
10Kemasan produkRp 70.000
11Sewa lokasiRp 500.000
Total biaya yang harus dikeluarkan perbulannyaRp. 7.420.000
  1. Menghitung keuntungan

Jika dalam satu hari usaha roti jhon anda lakukan terjual hingga 30 potong perharinya, jika 1 potong ukuran besar di jual dengan harga Rp 20.000 maka dalam satu hari anda mendapatkan sekitar Rp 600.000.

Lalu jika dalam satu bulan maka penghasilan kotor yang anda terima sekitar Rp 600.000 x 30 hari = Rp 18.000.000. lalu bagaimana mana jika anda menghitung keuntungan dalam.

Usaha roti jhon anda? Maka anda dapat menghitung dengan penghasilan yang anda dapatkan per bulan Rp 18.000.000 dikurangi dengan biaya yang harus anda keluarkan perbulannya Rp. 7.420.000 maka keuntungan bersih yang anda dapatkan adalah Rp .10.580.000.

  1. Analisis SWOT
  • Strength (kekuatan) : belum banyak pelaku usaha yang tahu tentang peluang bisnis roti jhon ini. Selain itu dengan modal yang terbilang tidak banyak, dapat memiliki keuntungan yang menggiurkan
  • Weakness (Kelemahan) : masih sedikit yang belum tahu dengan apa itu roti jhon, sehingga mereka belum banyak yang tertarik
  • Opportunity (peluang) : warga net atau remaja milenial yang tertarik dengan viral nya roti jhon, sehingga mereka mulai penasaran ingin membeli produk ini
  • Threats (ancaman) : jika pelaku usaha sudah tahu peluang besar usaha ini, maka akan semakin banyak saingan
[Total: 0    Average: 0/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Fikky Andika

Hidupku selalu ingin berbagi, suka melakukan hal-hal diluar kewajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *