Peluang Usaha Penyewaan Tanaman Hias

Peluang usaha sewa tanaman hias memang menjadi salah satu peluang usaha yang belum banyak diketahui oleh para pelaku usaha biasanya usaha ini  cocok untuk anda ibu rumah tangga atau Anda yang memiliki hobi berhubungan dengan tanaman hias. Walaupun begitu usaha ini cukup memiliki keuntungan yang menggiurkan.

peluang usaha rental tanaman hias
sumber : Tribunnews.com

Rincian modal awal

Untuk anda yang mulai minat dengan usaha, berikut ini adalah gambaran mengenai rincian modal awal usahanya.

NoMembeli barang inventasi atau modal awalHarga
1Tanaman hias dengan berbagai macam jenis nyaRp 2.000.000
2Peralatan penunjang usaha rental dan sewa tanaman hias seperti pot bunga, alat menyiram tanaman hias dan lain lainRp 800.000
3Lain lainRp 70.000
4Outlet kecilRp 900.000
Total biaya untuk membeli modal awalRp 1.970.000

 

No Biaya yang harus anda keluarkan per bulanHarga
1Perawatan dengan pembelian sekam dan pupukRp 600.000
2TransportasiRp 200.000
3Biaya lainnya seperti air dan sebagainyaRp 300.000
Total biaya yang harus anda keluarkan per bulanRp 1.100.000

Menghitung keuntungan

Sebelum anda mengetahui keuntungan yang didapat, anda perlu tahu berapa banyak pendapatan yang diperoleh dari hasil usaha ini per bulannya. Jika kita asumsikan per bulannya terdapat minimal 10 konsumen yang ingin menyewa jasa untuk acara even kecil-kecilan dengan harga per event yakni Rp 100.000 maka dalam satu bulan untuk sewa event saja sudah menghasilkan Rp 100.000 x 30 hari = Rp 3.000.000.

Lalu jika sewa tanaman hias untuk acara seperti acara kantor ataupun pernikahan dalam 1 bulan minimal terdapat 4 konsumen dengan harga per acara besar adalah Rp 500.000 maka dalam satu bulan Rp 500.000 x 4 = Rp 2.000.000.

Jika semua konsumen baik per event maupun per acara digabungkan maka dalam satu bulan penghasilan kotor yang anda dapatkan mencapai Rp  5.000.000. Lalu jika pemasukan perbulan sudah ketemu maka untuk menghitung keuntungan adalah pemasukan yang di dapat per bulan sebanyak Rp 5.000.000 dikurangi biaya yang harus anda keluarkan per bulan sebanyak Rp 1.100.00 = Rp 3.900.000.

Analis SWOT :

  • Kekuatan (strenght) : Makin banyak minat orang untuk menyewa tanaman hias pada event- event tertentu maupun acara yang besar sekali pun.
  • Kelemahan (Weaknesses) : Masih susah mencari karyawan yang ahli merawat tanaman hias, lalu jika cuaca buruk maka perlu perawatan yang ekstra pada tanaman hias.
  • Peluang (opportunity) : Masih sedikit pelaku usaha yang mengetahui peluang bisnis sewa tanaman hias, maka dari itu pesaing pun tidak banyak.
  • Ancaman (Threats) : Jika sudah banyak pelaku usaha yang ngetahui peluang bisnis ini, maka tingkat persaingan semakin tinggi.

Tips Menghemat Modal Usaha

  • Beli tanaman dengan harga murah dan tidak usah membeli tanaman yang mahal-mahal terlebih dahulu.
  • Beli peralatan menanam yang murah dan tidak terlalu banyak terlebih dahulu.
  • Cari tempat usaha dengan harga sewa yang murah.

Langkah awal usaha dan tips  menghemat modal awal untuk usaha

  • Modal : Tak hanya memiliki modal berupa biaya untuk membeli bahan modal awal, ada aturan pelaku usaha yang ingin memulai usaha tanaman hias juga harus memiliki modal berupa keahlian dibidang tanaman hias. Anda harus dapat mengetahui bagaimana cara agar dapat merawat tanaman hias dengan benar. Tak itu sentuhan saja tidak tanpa alasan karena dapat menghemat modal awal anda, modal awal untuk membeli tanaman hias tidak akan sia-sia akibat tanaman hias mati karena salah perawatan.
  • Alat yang diperlukan : Jika anda ingin menghemat modal awal untuk usaha tanaman hias maka anda dapat menggunakan dengan cara menghemat barang yang akan anda beli untuk membuat usaha ini, seperti membeli jenis tanaman hias yang banyak dicari oleh para konsumen. Setelah usaha ini memiliki kemajuan, anda dapat mulai membeli keperluan untuk menunjang usaha.
  • Tempat : Seperti usaha lainnya usaha ini juga memerlukan tempat untuk usaha anda tersebut, maka dari itu anda anda perlu mencari tempat untuk meletakan berbagai tanaman hias dan merawat tanaman tersebut. Namun jika Anda yang ingin menghemat modal awal anda dapat menggunakan depan rumah anda atau belakang rumah untuk dijadikan tempat merawat tanaman hias.
  • Promosi : Agar banyak orang yang tahu usaha d anda tentunya salah satu cara yang digunakan adalah promosi. Namu promosi juga membutuhkan biaya, untuk itu agar promosi anda dapat berjalan tanpa biaya, Anda dapat memanfaatkan media sosial yang anda punya untuk mempromosikan usaha Anda.
[Total: 0    Average: 0/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Fikky Andika

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *