Press "Enter" to skip to content

Peluang Usaha Rental Studio Musik

Ahmad Salim 0

Last updated on Februari 17, 2019

Keberadaan musik kini semakin mendunia. Contohnya di negara kita sendiri banyak sekali grup band musik yang sangat populer. Dengan demikian banyak orang juga yang memiliki mimpi ingin menjadi musisi. Selain itu ada juga orang yang hanya sekedar menjadikan musik sebagai hobby. Dari beberapa orang yang hoby dengan hal yang berbau musik seperti band, bernyanyi dengan instrumen dan lain sebagainya tetapi tidak memiliki perlengkapan yang mendukung. Lalu bagaimana caranya agar semua impian Anda terwujud?

Peluang Usaha Rental Studio Musik
sumber : ngalam.co

Jangan khawatir, semakin berkembangnya teknologi semua orang pasti akan sangat mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu alternative yaitu dengan mengunjungi rentalan studio musik. Anda yang mungkin minat dengan usaha ini tentu sangat mudah  dilakukan. Tetapi sebelum memulai usaha Anda harus menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan usaha ini. Apa saja yang perlu dipersiapkan? Mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

1. Rincian Modal dan Analisa Pengeluaran Modal Usaha

PeralatanHarga
Sewa tempatRp 600.000
GitarRp 950.000
DrumRp 1.000.000
BassRp 950.000
KeyboardRp 1.200.000
MicrofonRp 500.000
SpeakerRp 300.000
KabelRp 150.000
ListrikRp 100.000
Biaya tambahan lainnyaRp 100.000
Total pengeluaranRp 5.850.000

Pendapatan Anda per Bulan

Misalkan Anda menarget harga rental studio musik Rp 50.000 per jam dan Anda mampu melayani 5 grup masing-masing 2 jam. Maka penghasilan Anda per bulan yaitu :

5 grup x Rp 100.000 = Rp 500.000

Rp 500.000 x 30 hari = Rp 15.000.000

2. Perhitungan Keuntungan Yang Anda Dapatkan

Total pendapatan – Total pengeluaran = Laba

Rp 15.000.000 – Rp 5.850.000 = Rp 9.150.000

Jadi untuk menjalankan penyewaan studio musik bisa mendapatkan omset dalam sebulan 15 juta dan ketika dikurangi modal awal usaha 5,8 juta artinya usaha ini sudah bisa mengembalikan modal di bulan pertama. Jadi bisa dikatakan bisnis ini berpeluang bagus dan bisa cepat mengembalikan modal usaha. Setelah itu di bulan ke 2 dan seterusnya Anda sudah bisa mendapatkan utung 15 juta per bulannya.

3. Analisa SWOT

Strenght (kekuatan) :

  • Studio musik memiliki alat band yang berkualitas bagus.
  • Speaker dan Audio memiliki kualitas bagus.
  • Tempat nyaman untuk bermain musik.

Weakness (kelemahan) :

  • Kebanyakan orang bermain drum dengan cukup keras sehingga usaha Anda akan rugi jika drummer tidak bisa menjaga alat musik yang ada di rental musik.

Opportunity (peluang) :

  • Banyak orang terutama anak usia muda yang hoby bermain musik.

Treath (ancaman) :

  • Ada banyak orang juga yang sudah memiliki alat musik sendiri.

4. Tips Menghemat Modal Usaha

Salah satu cara yang mudah dilakukan untuk menghemat uang yaitu dengan cara menarget modal pengeluaran dan Anda diharapkan untuk tidak melebihi dari target yang sudah Anda tentukan seperti :

  • Membeli alat musik dengan harga murah tapi kualitas bagus, atau membeli alat musik bekas.
  • Tidak usah menyewa karywan ketika Anda bisa menjalankannya sendiri pada awal usaha.

5. Tips Menjalankan Usaha

  • Target Konsumen

Seperti yang sudah saya singgung tadi, bahwasannya sekarang banyak orang yang memiliki mimpi ataupun hoby yang berkaitan dengan musik. Anda tentu akan sangat mudah dalam hal ini.

  • Strategi Pemasaran

Sekarang banyak orang yang memiliki akun media sosial, dari anak-anak bahkan sampai orang tua semua sudah memiliki akun media sosial. Dengan demikian Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk mempromosikan usaha Anda. Justru ini akan semakin mudah dan tidak memerlukan biaya untuk promosi, hanya membutuhkan paket data untuk terhubung ke media sosial.

  • Lokasi Strategis

Selain promosi, lokasi yang strategis juga perlu diperhatikan agar usaha Anda semakin maju dan banyak orang yang mengenal usaha Anda. Dimana lokasi yang strategis untuk usaha rental studio musik? Contohnya saja seperti di tepi jalan, di dekat sekolah dan tempat lain yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

  • Karyawan Usaha

Untuk usaha rental studio musik, karyawan usaha bersifat opsional. Mengapa demikian? Karena usaha rental musik tidak memberatkan, jika dijalankan sendiri tentu akan sangat mudah dan menghemat pengeluaran untuk menggaji mereka.

  • Target Harga

Anda bisa menarget harga sesuai dengan keinginan Anda tetapi Anda juga harus memperhatikan harga pasaran. Untuk usaha rental studio musik umumnya kisaran Rp 30.000 sampai dengan Rp 80.000 tergantung kelengkapan alat musik dan juga kenyamanan ruangan.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *