Peluang Usaha Rental Mainan Anak

Membuka usaha bukan hal yang mudah dijalankan, harus mempersiapkan segala hal yang digunakan untuk usaha. Sebelum memulai usaha Anda tentu memikirkan pekerjaan apa yang bisa dijalankan sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Sedikit saya bantu, bisa Anda lihat di lingkungan sekitar bahwa banyak sekali anak-anak yang masih suka bermain. Anda bisa membuka usaha rental permainan untuk anak-anak. Permainan apa saja yang dipersiapkan untuk anak-anak? Berupa ayunan, mandi bola dan wahana permainan lainnya. Lalu persiapan apa saja yang dipersiapkan sebelum memulai usaha? Simak ulasan berikut ini.

Peluang Usaha Rental Mainan Anak
sumber : kunangkunangshop.com

Tips Persiapan Awal Usaha

  • Target Konsumen

Usaha rental mainan anak tentu ditujukan untuk anak-anak bukan? Bisa Anda lihat bahwa dilingkungan sekitar Anda tentu banyak sekali orang yang memiliki anak kecil yang masih sangat suka bermain.

  • Pelaku Usaha

Siapa saja bisa membuka usaha ini tergantung niat dari hati dan minat untuk melakukannya. Selain itu orang yang akan membuka usaha ini harus memiliki biaya atau modal awal untuk membuka usaha. Modal awal digunakan untuk apa? Bisa digunakan untuk menyewa tempat, membeli wahana permainan dan jenis permainan kecil lainnya, dan bisa juga digunakan untuk membayar listrik di lokasi usaha Anda.

  • Tempat Strategis

Agar usaha Anda semakin banyak dilirik oleh masyarakat, salah satu cara yang cukup bisa diandalkan yaitu dengan cara mencari tempat usaha yang strategis atau yang memang ramai oleh masyarakat dan banyak orang.

  • Karyawan Usaha

Rental permainan untuk anak memang bisa dijalankan sendiri, tetapi bagaimana jika Anda sampai membuka toko? Tentu akan membutuhkan orang lain untuk meringankan beban Anda bukan? Jadi pada intinya karyawan untuk usaha ini bersifat opsional.

  1. Analisa Pengeluaran Modal Usaha
KebutuhanHarga
Sewa tempatRp 800.000
Pembelian barang mainanRp 1.000.000
Wahana permainan anakRp 1.500.000
Biaya peralatan lainnyaRp 100.000
Biaya perbaikanRp 300.000
Total pengeluaranRp 3.700.000
  1. Pendapatan Anda per Bulan

Misalkan Anda menarget harga penyewaan barang mainan Rp 5.000 per jam dan per barang mainan. Kemudian Anda menarget harga wahana permainan Rp 8.000 per jam dan per anak. Anda mampu melayani penyewaan barang 10 jam per hari, sedangkan untuk wahana permainan Anda mampu melayani 9 jam per hari. Maka, penghasilan Anda per bulan yaitu :

Barang mainan 13 jam x Rp 5.000 = Rp 65.000

Rp 65.000 x 30 hari = Rp 1.950.000

Wahana permainan 10 jam x Rp 8.000 = Rp 80.000

Rp 80.000 x 30 hari = Rp 2.400.000

Jadi, penghasilan Anda per bulan yaitu Rp 4.350.000

  1. Keuntungan Yang Didapatkan

Jika penghasilan Anda per bulan melebihi total pengeluaran maka bisa dibilang kalau Anda sudah mendapatkan balik modal. Lalu berapa keuntungan yang Anda dapatkan?

Total pendapatan – Total pengeluaran bulanan ( Sewa Tempat dan Perbaikan Mainan ) = Laba

Rp 4.350.000 – Rp 1.100.000 = Rp 3.250.000

Untuk menghitung pengembalian modal maka dihitung berdasarkan modal awal dikurangi dengan pendapatan bersih setiap bulannya. Rp.2.600.000 dibagi dengan Rp 3.250.000, maka dalam bulan pertama Anda sudah bisa mengembalikan modal awal usaha dan bisa digunakan keuntungannya untuk menambah wahana dan permainan lagi, agar tempat penyewaan mainan yang Anda jalankan semakin komplit.

  1. Analisa SWOT
  • Strenght (kekuatan) :

Modal usaha ini bisa dibilang cukup sedikit jika dibandingkan dengan usaha besar lainnya, selain itu penghasilan yang didapatkan juga cukup bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga Anda.

  • Weakness (kelemahan) :

Pasti akan ada beberapa anak yang usil yang mungkin bisa merusak fasilitas Anda, mungkin Anda bisa maklum tetapi untuk mengganti permainan tersebut tentu membutuhkan modal bukan?

  • Opportunity (peluang) :

Di dunia masih ada banyak anak kecil yang suka bermain, usaha Anda ini akan banyak berdatangan para pelanggan.

  • Treath (ancaman) :

Banyak permainan yang mungkin akan lebih menarik dibandingkan dengan permainan yang Anda sediakan di tempat penyewaan mainan yang Anda jalankan.

  1. Tips Menghemat Modal

Cara ampuh dalam menghemat uang yaitu Anda  harus pandai dalam mengelola keuangan dahulu, selain itu jika Anda akan membuka usaha alangkah sebaiknya menarget biaya pengeluaran dan Anda juga tidak diperbolehkan untuk mengeluarkan modal usaha yang melebihi target. Caranya seperti :

  • Membeli mainan yang paling disukai anak-anak.
  • Membeli mainan dengan harga murah.
  • Mencari tempat untuk lokasi usaha dengan harga murah.
[Total: 0    Average: 0/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Yudha Pratama

Just a simple guy work for fun as Content & Copywriter. Graphic designer, Sketcher. Editor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *