Press "Enter" to skip to content

Peluang usaha rental genset

Flirki Andek 1

Genset adalah barang penting yang harus ada di setiap acara penting seperti pernikahan, pagelaran seni, atau acara penting lainnya yang biasanya membutuhkan aliran listrik yang lumayan banyak, hal tersebut dapat terbantu oleh genset, apa lagi jika dalam sebuah acara tiba – tiba aliran listrik padam, genset dapat sebagai penolong. Melihat peluang usaha genset yang semakin dibutuhkan oleh masyarakat, para pelaku usaha mulai melirik usaha rental genset.

Peluang usaha rental genset
sumber : teknika32.blogspot.com

Rincian modal awal usaha

Agar anda mendapat gambaran mengenai apa saja modal dan biaya operasional yang harus anda keluarkan untuk usaha sewa genset, berikut adalah contoh rincian modal awal dan juga harga nya

NoBiaya untuk membeli keperluan untuk modal awal usahaHarga
1Membeli genset sebanyak 2 unitRp 6.300.000
2EtalaseRp 1.800.000
Total Modal AwalRp 8.100.000

 

NoBiaya operasional untuk dikeluarkan per bulanHarga
1Sewa tempat untuk meletakan genset andaRp 500.000
2Transportasi untuk membawa genset andaRp 900.000
3Listrik dan biaya promosiRp 600.000
4Lain lainRp 200.000
Total biaya yang harus anda keluarkan per bulanRp 2.200.000

Perhitungan keuntungan

Dalam usaha tentu saja yang menjadi tujuan Anda adalah keuntungan yang diperoleh dari hasil usaha rental, tidak terkecuali usaha rental dan sewa genset. Maka dari itu anda perlu tahu cara menghitung keuntungan dari sebuah usaha. Sebelum anda memulai menghitung keuntungan yang akan didapatkan, anda perlu mengetahui pendapatan kotor yang akan anda peroleh per bulannya.

Karena usaha ini tidak selalu terdapat pelanggan yang ingin menyewa alat genset anda, maka kita asumsikan dalam 1 bulan terdapat 20 kali pelanggan menyewa alat genset di tempat anda dengan tarif per sewa ialah seharga Rp 350.000, maka Rp 350.000 x 20 hari = Rp 7.000.000.

Jika anda sudah mengetahui pendapatan kotor per bulan selanjutnya anda dapat menghitung keuntungan yang diperoleh dengan cara pendapatan per bulan pada udah rental genset dikurangi dengan biaya yang anda keluarkan per bulan, sehingga Rp 7.000.000 – Rp 2.200.000 = Rp 4.800.000.

Dengan demikian karena rincian modal di awal belum termasuk penyusutan alat maka anda dapat melihat jika usaha anda minimal jumlah konsumen setiap bulannya terdapat 20 kali orang yang menyewa genset anda, maka hanya dalam waktu 2 bulan saja biaya untuk modal awal membeli 2 unit genset sudah tertutupi.

Analisa SWOT

  • Strength (kekuatan) : Masyarakat banyak yang memerlukan genset untuk menopang listrik pada acara penting seperti acara nikahan, event- event kecil, maupun acara lainnya yang membutuhkan banyak energi listrik.
  • Weakness (Kelemahan) : Borosnya bahan bakar minyak untuk sumber tenaga genset. Konsumen yang ingin menyewa genset tidak banyak, bahkan dalam satu sama sekali tidak ada yang menyewa jasa rental genset.
  • Opportunity (peluang) : Masyarakat sekitar lebih memilih menyewa genset karena harganya yang terjangkau dari pada harus membeli alat tersebut.
  • Threats (ancaman) : Pesaing di bidang rental genset semakin banyak, naiknya harga bahan bakar minyak.

Persiapan awal dan cara untuk menghemat modal awal usaha 

  1. Modal awal : Yang perlu anda miliki untuk memulai usaha ini tentunya anda harus membutuhkan beberapa genset, karena dalam usaha rental semakin banyak barang inventasi yang dimiliki maka peluang untuk mendapatkan keuntungan banyak semakin besar. Namun jika anda ingin menghemat modal awal anda dapat membeli genset sesuai dengan budget yang anda miliki.
  2. Keahlian : Selain modal berupa materi agar untuk memulai usaha, anda juga perlu memiliki keahlian dibidang alat genset, minimal anda dapat mengetahui bagaimana cara membetulkan genset jika genset anda mengalami kerusakan. Hal tersebut juga dapat menghemat biaya anda karena anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk pergi ke tempat servis jika genset anda mengalami kerusakan.
  3. Pelayanan lainnya : Jika anda memiliki keahlian dibidang alat genset yang dapat membetulkan jika genset mengalami kerusakan. Anda dapat memanfaatkan keahlian tersebut untuk membuka usaha reparasi genset juga.
  4. Menentukan lokasi : Untuk anda yang ingin memulai usaha ini, anda harus menentukan lokasi yang strategis agar usaha anda dapat mengalami kemajuan.
  5. Perlengkapan : Biasanya pelaku usaha tersebut memiliki kendaraan untuk membawa genset ketempat dimana pelanggan anda berada. Namun jika anda ingin menghemat modal awal anda tidak perlu membeli kendaraan untuk transportasi, anda dapat mengatasi dengan merental kendaraan.
  1. sindi sindi

    Salam Hormat,
    Perkenalkan Kami perusahaan GENSET SILENT SURABAYA Distributor Genset Silent Dan Open type Harga Murah dan terlengkap dengan Pilihan merk Engine ;
    – Perkins
    – Yanmar
    – Lovol
    – Volvo penta
    – Isuzu
    – Fawde
    – Cummins
    – Honda dll
    – Kapasitas daya mulai 5 kva – 2000 kva.
    – Berkualitas
    – Harga Terjangkau
    – Garansi Mesin 1 Tahun

    Untuk Info Lengkap harga Dan Diskon hubungi segera :
    Genset Silent Surabaya
    Kedurus, Karangpilang, Kota Surabaya 60233

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *