Peluang usaha rental excavator

Di Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) 378 views

Excavator adalah salah satu alat berat yang harganya tidak murah. Bayangkan saja jika anda membeli 1 unit excavator saja harganya mencapai lebih dari Rp 150 juta, tentu saja mahal bukan? Untuk itu mengingat harga nya yang malah masyarakat yang membutuhkan alat berat excavator ini biasanya lebih memilih untuk menyewa pada jasa rental excavator. Karena harganya yang mahal, para pelaku usaha melihat peluang usaha ini tidak memiliki banyak pesaing, walaupun modal awalnya saja tidak murah namun pendapatan yang akan diperoleh tidak sedikit yang tentunya menggiurkan.

Peluang usaha rental excavator

sumber : budgetexcavatorrental.com

Rincian modal awal

Untuk anda yang ingin memulai usaha rental alat berat, berikut ini adalah gambaran mengenai rincian modal awal untuk anda.

No Barang inventasi atau modal awal Harga
1 Alat berat excavator 1 unit Rp 165.000.000
  Total biaya untuk membeli barang inventasi Rp 165.000.000

 

No Biaya yang perlu anda keluarkan per bulan Harga
1 Sewa lokasi untuk meletakan alat berat excavator Rp 750.000
2 Transportasi Rp 1.100.000
3 Perawatan untuk excavator Rp 1.750.000
4 Biaya tak terduga lainnya Rp 400.000
  Total biaya operasional atau biaya yang harus anda keluarkan per bulan Rp 4.000.000
RECOMENDED  peluang usaha roti bakar

Menghitung keuntungan

Jika anda ingin memulai sebuah usaha tentunya anda ingin mengetahui berapa banyak keuntungan yang akan didapatkan pada bisnis usaha tersebut, hal tersebut juga berlaku pada usaha rental alat berat excavator. Namun sebelum anda Menghitung keuntungan yang akan diperoleh, terlebih dahulu anda harus mengetahui berapa banyak pendapatan kotor yang anda dapatkan per bulan.

Untuk itu, jika kita asumsikan per bulannya terdapat 20 kali konsumen yang menyewa alat excavator anda dengan tarif per sewa adalah Rp 900.000 maka Rp 900.000 x 20 hari pendapatan yang anda peroleh mencapai Rp 18.000.000 .

Setelah pendapatan per bulan sudah anda ketahui selanjutnya anda dapat menghitung keuntungan dari usaha rental alat berat excavator dengan cara jumlah pendapatan per bulan anda dikurangi dengan biaya yang anda keluarkan per bulan, jadi Rp 18.000.000 – Rp 4.000.000 = Rp 14.000.000.

Karena pada rincian modal awal yang saya berikan diatas belum termasuk penyusutan alat, maka agar biaya untuk modal awal anda tertutupi anda memerlukan waktu hingga 12 bulan/ 1 tahun.

RECOMENDED  Peluang Usaha Toko Plastik

Analisa SWOT

  • Strength (kekuatan) : masih kurang banyak pelaku usaha yang sama dibidang rental alat excavator.
  • Weakness (Kelemahan) : sulit nya mencari orang yang memiliki keahlian untuk membetulkan alat berat excavator jika excavator anda mengalami masalah, tidak setiap hari mendapatkan konsumen yang akan menyewa alat excavator anda.
  • Opportunity (peluang) : masyarakat lebih memilih untuk menyewa alat excavator dari pada harus membelinya. Kebutuhan masyarakat mengenai excavator setiap tahunnya terus meningkat.
  • Threats (ancaman ) : selain sebaiknya banya pesaing di bidang penyewaan excavator ancaman lainnya adalah jika alat excavator anda mengalami kerusakan.

Cara menghemat modal awal untuk usaha

  • Modal : sama seperti usaha lainnya yang memerlukan modal, usaha sewa excavator juga d memiliki modal awal. Namu dalan usaha dibidang ini modal awal untuk membeli alat berat excavator tidak lah sedikit. Jika anda sudah memiliki budget untuk  membeli excavator, anda dapat langsung membelinya. Namun jika tidak, anda dapat mulai menabung untuk membeli excavator mulai dari sekarang. Tetapi untuk anda yang ingin  menghemat modal awal anda dapat membeli excavator 1 unit terlebih dahulu dengan cara mengkredit, atau meminjam uang sebanyak 50 % – 60 % kepada bank.  selain modal berupa materi untuk membeli barang inventasi berupa excavator, anda juga harus memiliki modal lain berupa keahlian dibidang alat berat excavator. Ini bertujuan agar anda dapat mengetahui sedikit mengenai cara merawat excavator maupun masalah yang biasa muncul pada alat berat excavator.
  • Kerjasama : agar usaha anda mengalami perkembangan anda perlu menjalin kerjasama yang baik dengan para pengusaha yang biasa membutuhkan alat excavator untuk kerja mereka seperti pengusaha perusahaan pengembang, perusahaan kontraktor daln lain sebagainya. Jika anda dapat menjalin kerjasama dengan mereka maka anda tidak perlu khawatir usaha penyewaan excavator anda tidak ada yang menyewa jasanya. Selain itu untuk mempromosikan usaha rental excavator dengan hemat anda dapat melakukan promosi melalui teknik mulut ke mulut atau memanfaatkan media sosial anda.
RECOMENDED  Peluang Usaha Ikan Nila
author
Penulis: 
    105 Ide Peluang Bisnis Modal Kecil
    105 Ide Peluang Bisnis Modal Kecil
    Sekarang ini kita sering mendengar dan melihat
    Peluang Usaha Pecel Lele
    Peluang Usaha Pecel Lele
    Peluang Usaha Pecel Lele apakah bisa diandalkan
    Peluang usaha jasa rental ac
    Peluang usaha jasa rental ac
    Sekarang AC atau kepanjangan dari Air Conditioner
    Peluang Usaha Rental Mobil Pick Up
    Peluang Usaha Rental Mobil Pick Up
    Jika Anda memiliki banyak mobil yang jarang
    Peluang Usaha Toko Pakan Burung
    Peluang Usaha Toko Pakan Burung
    Peluang Usaha Toko Pakan Burung apakah saat
    Peluang Usaha Warung Soto Ayam
    Peluang Usaha Warung Soto Ayam
    Soto ayam merupakan salah satu  jenis makanan
    Peluang Usaha Warung Sayuran
    Peluang Usaha Warung Sayuran
    Sayuran adalah makanan sehat yang harus anda

    Tinggalkan pesan "Peluang usaha rental excavator"

    Baca Juga×

    Top