Peluang usaha rental band

Perkembangan jaman, sekarang anak muda banyak yang memiliki hobi bermain musik, namu mereka tidak memiliki alat yang lengkap untuk itu para pelaku usaha memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka jasa usaha rental band.

Peluang usaha rental band
sumber : bamboe-musikstudio.blogspot.com

Analisa Usaha Rental Band

Rincian modal awal usaha 

Untuk anda yang ingin memulai usaha bidang rental band, sebagai pemula tentunya anda membutuhkan gambaran mengenai apa saja yang harus anda selipkan baik modal awal maupun biaya operasional per bulan. Berikut ini adalah gambaran rincian modal awal dengan harganya

NoBiaya modal awal atau barang inventasi untuk usaha Harga
1DrumRp 3.500.000
2GitarRp 1.500.000
3MicRp 200.000
4Peralatan lainnyaRp 8.000.000
Total yang harus anda keluarkan untuk membeli barang inventasiRp 13.200.000

Baca juga :

Peluang usaha jasa rental acPeluang usaha rental genset

 

NoBiaya operasional untuk per bulanHarga
1Sewa tempatRp 500.000
2Biaya perawatan untuk alat musikRp 450.000
3TransportasiRp 200.000
4Lain lainRp 250.000
Biaya yang harus anda keluarkan untuk usaha per bulanRp 1.400.000

Menghitung keuntungan

Sebelum anda Menghitung keuntungan yang akan anda dapatkan, anda perlu mengetahui terlebih dahulu pendapatan perbulan dari usaha jasa ini.

Jika kita asumsikan dalam satu bulan anda berhasil mendapatkan pelanggan hingga 20 kali untuk menyewa rental band.

Yang jika dalam satu kali sewa tarif yang anda berikan adalah Rp 200.000 perhari maka Rp 200.000 x 20 hari dalam 1 bulan tersebut anda dapat mengantongi 4.000.000.

Setelah itu anda dapat menghitung keuntungan dengan cara jumlah pendapatan per bulan Rp 4.000.000 -Rp 1.400.000 : Rp 3.600.000.

Analisa SWOT

Strength (kekuatan) : Harga rental band yang terjangkau untuk semua kalangan bahkan anak sekolah sekalipun. Alat musik memiliki kaulitas yang bagus.

Weakness (Kelemahan) : Jika rental band anda tidak memiliki perlengkapan alat musik yang lengkap biasanya mengakibatkan usaha anda sepi dari pelanggan yang ingin menyewa jasa rental band anda.

Opportunity (peluang) : Semakin tinggi anak muda yang memiliki hobi atau bahkan membuat band kecil-kecilan namun belum mampu untuk membeli alat musik sendiri. Maka biasanya mereka lebih memilih menyewa alat musik.

Threats (ancaman) : Semakin banyak pelaku usaha yang mulai membangun usaha di bidang yang sama.

Persiapan awal dan cara menghemat modal awal usaha 

Strategi lokasi :
Menentukan usaha anda agar mengalami kemajuan hal harus anda lakukan pertama adalah menentukan lokasi yang dipilih nanti. Hal itu tidak tanpa alasan karena dapat membuat rental band anda tidak sepi dari pengunjung, untuk menentukan lokasi yang cocok sebelumnya anda harus menentukan sasaran dari usaha anda.

Jika sasaran anda udah ketahui kemudian anda mulai membangun bisnis di lingkungan sekitar sasaran usaha anda. Tidak hanya itu untuk menentukan lokasi usahakan lokasi tersebut tidak jauh dari keramaian dan juga mudah di jangkau oleh para konsumen yang ingin menyewa jasa rental band anda.

Karena target untuk usaha ini biasanya kalangan anak muda maka anda dapat mencari lokasi dilingkungan sekolah, atau lingkungan kampus.

Baca juga :

Peluang usaha rental excavatorPeluang Usaha Rental Kamera

Perlengkapan alat musik untuk
Untuk memulai usaha jasa rental band tentu yang harus anda persiapkan adalah modal awal atau dapat juga disebut barang investasi. Modal awal atau barang inventasi dalam usaha  ini berupa perlengkapan alat musik .

Untuk menarik para pelanggan adat mau menyewa rental band di tempat usaha anda, maka biasnya anda perlu memiliki kelengkapan pada alat musik anda mulai dari drum, gitar, hingga amplifier nya .

Namun jika anda pelaku usaha yang ingin menghemat modal awal untuk usaha sewa alat band anda cukup memiliki 3 jenis alat musik terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu dan usaha anda mengalami kemajuan anda dapat mulai menambah alat musik.

Promosi :

Setelah dirasa anda sudah memenuhi beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mulai usaha ini, yang harus anda lakukan selanjutnya adalah memikirkan bagaimana  agar usaha anda dapat diketahui oleh masyarakat khususnya target pasar anda.

Maka anda mulai melakukan promosi, namun agar promosi anda lebih menghemat biaya juga lebih efisien dan efektif yang pertama promosi anda tunjukan adalah kepada target pasaran anda.

Baca juga :

Peluang Usaha Sewa TrukPeluang Usaha Sewa Alat Pesta

Selain itu agar menghemat modal awal usaha anda dapat mempromosikan lewat media sosial yang anda punya seperti sering posting tentang usaha pada Instagram, Facebook, maupun Twitter. Tidak hanya itu anda juga dapat mempromosikan lewat website ataupun Grup WhatsApp atau line yang anda miliki.

[Total: 1    Average: 5/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Fikky Andika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *