Peluang usaha rental alat berat

Di Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) 66 views

Peluang usaha rental alat berat adalah peluang usaha yang cukup memerlukan banyak biaya untuk modal awalnya bagai mana tidak harga 1 alat berat saja memiliki harga yang lumayan mahal. Untuk itu biasanya pelaku usaha rental alat berat adalah orang yang memiliki koleksi alat berat. Walaupun modalnya cukup mahal namun keuntungan yang akan diperoleh pun cukup menggiurkan karena masih jarang pelaku usaha yang dibidang rental alat berat.

Peluang usaha rental alat berat

sumber : bekaskomatsu.blogspot.com

Rincian modal awal

Untuk anda yang ingin memulai usaha rental alat berat, berikut ini adalah gambaran mengenai rincian modal awal untuk anda.

No Barang inventasi atau modal awal Harga
1 Excavator 1 unit Rp 160.000.000
2 Bulldozer 1 unit Rp 40.000.000
3 Wheel loader 1 unit Rp 16.000.000
Total biaya untuk membeli barang inventasi Rp 216.000.000

Biaya Operasional Per Bulan

biaya yang anda harus keluarkan per bulan, antara lain

  1. Sewa tempat untuk meletakan alat berat Rp 800.000
  2. Transportasi Memili biaya sebanyak Rp 1.500.000
  3. Upah untuk 1 orang karyawan sebanyak Rp 800.000
  4. Biaya lain lain sebanyak Rp 2.000.000

Maka total yang anda keluarkan per bulan adalah Rp 5.100.000

Menghitung keuntungan

Kita asumsikan jika dalam satu hari usaha sewa anda berhasil memiliki konsumen sebanyak 1 orang perhari dengan biaya persewa nya sebanyak Rp 1.000.000 maka dalam satu hari anda berhasil mendapatkan Rp 1.000.000 .

Lalu jika dihitung perbulan maka Rp 1.000.000 x 30 hari = Rp 300.000.000 . Untuk menghitung keuntungan maka pendapatan per bulan sebanyak Rp 300.000.000 dikurangi biaya yang harus anda keluarkan per bulan sebanyak Rp 5.100.000 = Rp 294.900.000.

Pengembalian Modal

Untuk menghitung penegmbalian modal adalah modal awal Rp 216.000.000 dibagi dengan keuntungan bersih perbulan Rp 294.900.000, maka rental alat berat ini dapat balik modal di bulan pertama. Dengan asumsi setiap hari ada 1 orang yang menyewa alat berat dengan harga sewa 1 juta per harinya.

Analisa SWOT

  • Strength (kekuatan) : Masih kurang banyak pelaku usaha yang sama dibidang rental alat berat
  • Weakness (Kelemahan) : Modal awal yang mahal, dan sulitnya mencari teknisi untuk memperbaiki alat berat jika terjadi masalah
  • Opportunity (peluang) : Kebutuhan mengenai alat berat semakin lama semakin meningkat
  • Threats (ancaman ) : Munculnya pesaing di bidang yang sama , selain itu karena ekonomi di negeri ini yang masih lesu.

Tips Menghemat Modal Usaha

  • Modal : Seperti yang saya katakan diatas usaha rental alat berat merupakan usaha yang memerlukan modal yang tidak sedikit . Maka dari itu anda perlu meriset apa saja yang perlu anda butuhkan untuk memulai usaha rental alat berat. Tidak hanya itu anda juga harus meriset berapa harga barang inventasi yang anda perlukan. Jika anda ingin menghemat modal awal untuk usaha anda dapat mengatasinya dengan cara meminjam modal kepada bank. Anda namun agar anda tidak terlalu beban dengan hutang kepada bank yang terlalu banyak, anda meminimalisir dengan meminjam 50 – 60 % dari modal awal yang dibutuhkan. Lalu sisanya anda dapat menggunakan tabungan anda untuk mencukupi biaya barang inventasi. Namun jika anda tidak ingin berhubungan dengan hutang kepada bang, anda dapat meminta kerja sama kepada saudara, teman untuk membuat usaha rental alat berat sama- sama.
  • Keahlian : Walaupun usaha anda rental alat berat anda juga harus memiliki keahlian dibidang alat berat hal ini tidak tanpa alasan karena dapat membantu anda untuk mengetahui tentang apa saja masalah yang akan dihadapi oleh pelaku usaha rental alat berat. Selain itu anda juga dapat menjawab beberapa pertanyaan yang nantinya akan ditanyakan oleh konsumen Anada yang ingin menyewa alat berat.
  • Membeli alat untuk usaha rental alat berat : Untuk membeli alat berat anda dapat bertanya kepada pelaku usaha yang lebih berpengalaman dari anda dan yang sudah sukses terlebih dahulu, anda dapat menyiapkan berbagai hal seperti mesin mana yang memiliki kualitas bagus, karena biasanya jika membeli yang berkualitas bagus maka alat berat tersebut lebih awet dari mesin yang lain, itu dapat menghemat biaya usaha rental anda ke depannya. Lalu jika anda ingin menghemat modal awal untuk usaha rental alat berat, yang pertama anda beli adalah alat yang menurut anda penting dan diperlukan oleh lingkungan sekitar anda. Jika usaha rental alat berat anda sudah maju anda dapat membeli alat lainnya dari keuntungan yang anda peroleh dari usaha tal alat berat.
  • Kerjasama : Jika usaha anda ingin maju anda maju selain dengan promosi yang gencar agar usaha anda dapat dikenal oleh banyak orang, anda juga perlu menjalin kerjasama dengan para pengusaha yang membutuhkan alat berat untuk kerja mereka seperti pengusaha di kalangan pemerintah, pengusaha pengembang, perusahaan kontraktor daln lain sebagainya. Karena hal tersebut dapat juga sebagai target anda untuk usaha rental alat berat, untuk itu anda tidak akan khawatir jika usaha anda sepi oleh konsumen yang akan mengakibatkan gulung tikar.
author
Penulis: 
    Just a simple guy work for fun as Content & Copywriter. Graphic designer, Sketcher. Editor.
    105 Ide Peluang Bisnis Modal Kecil
    105 Ide Peluang Bisnis Modal Kecil
    Sekarang ini kita sering mendengar dan melihat
    Peluang Usaha Pecel Lele
    Peluang Usaha Pecel Lele
    Peluang Usaha Pecel Lele apakah bisa diandalkan
    Peluang usaha jasa rental ac
    Peluang usaha jasa rental ac
    Sekarang AC atau kepanjangan dari Air Conditioner
    Peluang Usaha Rental Mobil Pick Up
    Peluang Usaha Rental Mobil Pick Up
    Jika Anda memiliki banyak mobil yang jarang
    Peluang Usaha Toko Pakan Burung
    Peluang Usaha Toko Pakan Burung
    Peluang Usaha Toko Pakan Burung apakah saat
    Peluang Usaha Warung Soto Ayam
    Peluang Usaha Warung Soto Ayam
    Soto ayam merupakan salah satu  jenis makanan
    Peluang Usaha Warung Sayuran
    Peluang Usaha Warung Sayuran
    Sayuran adalah makanan sehat yang harus anda

    Tinggalkan pesan "Peluang usaha rental alat berat"

    Baca Juga×

    Top