Peluang Usaha Rempeyek

PELUANG USAHA REMPEYEK
sumber : olx.co.id

Rempeyek adalah cemilan tradisional yang masih banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Tidak heran karena cemilan tradisional yang satu ini memiliki cita rasa yang berbeda dari cemilan yang lain.

PELUANG USAHA REMPEYEK
sumber : olx.co.id

1. Rincian modal awal

Berikut ini adalah rincian mengenai modal awal usaha rempeyek :

NoBarang inventasiHarga
1EtalaseRp 1.200.000
2Kompor dan gasRp 300.000
3WajanRp 150.000
4Peniris minyakRp 1.500.000
5SpatulaRp 10.000
6Alat lainnyaRp 1.000.000
TotalRp 4.160.000

 

Biaya yang harus dikeluarkan per bulanHarga
tepung beras dan tepung kanji Rp.1,400,000
santan Rp.500,000
daun jeruk purut Rp.100,000
kacang Rp.500,000
udang kecil Rp.1,000,000
kedelai Rp845,000
bahan lainnya Rp. 2.100.000
pengemas Rp.150,000
gas lpg Rp.400,000
 sewa tempat dan upah 1 orang pegawai Rp.1.450,000
 air dan listrik Rp. 200,000
 Total Biaya Variabel Rp.8.645.000

2. Perhitungan Keuntungan

Jika dalam satu hari usaha rempeyek anda berhasil menjual 50 buah kantong dengan harga satuannya yakni Rp 10.000 maka dalam satu hari anda dapat Rp 500.000 lalu dalam satu bulan maka Rp 500.000 x 30 hari = 15.000.000 dengan demikian jika menghitung keuntungan dapat di lakukan dengan cara pemasukan perbulan yang anda terima Rp 15.000.000 dikurangi dengan biaya yang anda keluarkan perbulan sebanyak Rp 8.645.000 = Rp 6.355.000.

3. Menghemat Modal Awal

Modal awal : Sebelum memulai usaha rempeyek, anda perlu menganalisis modal agar anda dapat memperhitungkan strategi modal awal anda

Peralatan yang di perlukan : Agar menghemat modal awal untuk usaha rempeyek anda, sebaiknya membeli barang inventasi yang menurut anda penting untuk membeli. Jika dirasa anda masih memiliki barang tersebut pada dapur anda. Anda tidak perlu membelinya. Namun jika dirasa barang tersebut masih tradisional dan sudah tua. Anda boleh untuk membeli baru

RECOMENDED
Peluang Usaha Bengkel Modif Motor

Tentukan di mana letak produksi. : Jika anda ingin memulai usaha rempeyek namun dengan budget yang tidak banyak, anda dapat menjadikan rumah anda sebagai tempat untuk usaha rempeyek tersebut, hal tersebut juga dapat menguntungkan karena anda tidak perlu memikirkan biaya untuk sewa tempat, listrik dan juga biaya  Namu jika usaha rempeyek anda sudah mulai berkembang dan membutuhkan ruang yang luas, anda dapat menyewa tempat usaha.

Promosi : Usaha rempeyek juga sama seperti usaha makanan lainnya yang memerlukan strategi untuk pemasaran. Untuk itu anda dapat menggunakan cara untuk promosi namun dapat menghemat biaya modal awal anda seperti menggunakan jejaring sosial berupa Twitter, Facebook, maupun Instagram, anda juga dapat mencoba mempromosikan produk anda melalui situs jual beli online.

4. Analisa SWOT

Strength (kekuatan) : Usaha rempeyek memiliki beberapa keunggulan yakni modal yang tidak banyak, juga bahan baku yang mudah didapat.

Weakness (Kelemahan) : Usaha rempeyek ini memang memiliki beberapa kelemahan yakni, produk rempeyek yang renyah sehingga mudah rusak, lambat untuk menguasai pasar, dan juga makin banyak pesaing baik berupa pelaku usaha rempeyek, maupun usaha cemilan lainnya.

Opportunity (peluang) : Semakin banyak konsumen yang mencari cemilan bergizi dengan harga yang relatif murah. Dan juga masih cocok jika dimakan dengan nasi.

Threats (ancaman) : Harga bahan baku untuk membuat rempeyek tidak stabil. Maka dari itu dapat menjadi ancaman jika bahan baku sedang mahal.

6. Resep membuat rempeyek

RECOMENDED
Peluang usaha rental alat berat

Berikut ini adalah cara membuat rempeyek untuk anda yang membutuhkan :

Bahan bahan yang di perlukan antara lain :

  • Tepung rose brand atau tepung beras sebanyak 4 kg
  • Tepung kanji secukupnya
  • Daun jeruk sebanyak 1 ons, lalu iris iris hingga tipis
  • Kacang tanah sebanyak 2 kg, jangan lupa kacang yang sudah di pilih terlebih dahulu agar tidak ada kacang yang busuk masuk.
  • Minyak goreng secukupnya atau kurang lebih 2 ½ liter
  • Bawang putih sebanyak 1 ½ siung
  • Kemiri sebanyak 500 gram, sangrai terlebih dahulu
  • Ketumbar sebanyak 500 gram
  • Santan secukupnya
  • Garam secukupnya atau sekitar 250 gram
  • Plastik ukuran 1 kg untuk mengemas rempeyek

Langkah langkah membuat rempeyek :

  • Buat bumbu halus dengan menggunakan bahan berupa bawang putih, garam, dan juga kemiri. Ulek bahan tersebut hingga benar- benar halus. Sisihkan
  • Siapkan wadah, masukan tepung beras dan juga tepung kanji tidak lupa santan juga irisan daun jeruk. Aduk hingga rata, masukan bumbu halus tadi aduk kembali hingga benar benar merata
  • Tambahkan kacang tanah ke dalam wadah berisi adonan tadi
  • Siapkan wajan berisi minyak, lalu panaskan dengan api sedang
  • Masukan adonan ke pinggir wajan, dan Pastika agar rempeyek yang anda buat tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu tipis. Siram- siram adonan dengan minyak agar rempeyek dapat terlepas dari wajan.
  • Masak hingga matang, setelah itu tiriskan. Lakukan hal itu sampai semua adonan habis.
  • Masukan rempeyek kedalam plastik jika t’rempeyek sudah dingin. Lalu tutup hingga anda dapat memastikan bahwa tidak ada angin yang masuk kedalam kemasan produk rempeyek anda.

 

[Total: 1    Average: 5/5]

Andu Pratama
About Andu Pratama 86 Articles
Just a simple guy work for fun as Content & Copywriter. Graphic designer, Sketcher. Editor.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*