Peluang Usaha Persewaan Tenda Kursi

Membuka usaha tentu membutuhkan pikiran yang benar-benar matang ingin menjalankan usaha tersebut. Membuka usaha tentu didasari dengan niat dan minat untuk melakukan usahanya. Sebelum memulai usaha tentu Anda harus mempersiapkan hal yang berkaitan dengan usaha ini.

Peluang Usaha Persewaan Tenda Kursi
sumber : sewatendamurah.net

Contohnya saja usaha yang mudah dan yang pasti mendapat pelanggan adalah usaha penyewaan tenda dan kursi yang biasa dipakai untuk acara hajatan. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjalankan usaha? Mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

  • Target Konsumen

Seperti yang sudah saya singgung tadi bahwa konsumen untuk usaha Anda yaitu orang yang sedang hajatan atau acara lainnya yang melibatkan banyak orang. Jadi, Anda sudah tidak perlu bingung lagi dalam mencari konsumen.

  • Strategi Promosi

Salah satu cara yang digunakan untuk memajukan usaha Anda yaitu dengan cara mempromosikan. Bagaimana cara mempromosikan usaha ini? Anda bisa melakukannya dengan cara membuat banner dan dipasangan di tepi jalan. Selain itu Anda juga bisa mempromosikan usaha Anda melalui media online. Mengapa demikian? Anda bisa melihatnya di sekitar Anda banyak orang yang menggunakan media sosial bukan? Dengan demikian usaha Anda akan banyak dilirk oleh masyarakat.

  • Target Harga

Anda bisa menarget harga sewa tenda kursi ini dengan ber macam – macam variasi ukuran Rp 300.000 – Rp 1.000.000.

1. Rincian Modal dan Analisa Pengeluaran Modal Usaha

PeralatanHarga
Tenda ukuran 2 x 2,5Rp 1.200.000
Tenda ukuran 3 x 3Rp 1.400.000
Tenda ukuran 3 x 4Rp 1.600.000
Tenda ukuran 4 x 4Rp 1.800.000
Tenda ukuran 4 x 5Rp 2.600.000
Tenda ukuran 4 x 6Rp 2.800.000
Meja dan kursiRp 500.000
PanggungRp 500.000
Total pengeluaranRp 12.400.000

Pendapatan Anda per Bulan

Misalkan Anda sehari mendapat job 2 x Rp 700.000. Maka pendapatan Anda per bulan yaitu :

Rp 700.000 x 30 hari = Rp 21.000.000

Jadi, penghasilan Anda per bulan yaitu Rp 21.000.000 ( penghasilan ini merupakan sebuah perumpaan saja, belum tentu menjadi realita ).

3. Perhitungan Keuntungan Yang Anda Peroleh

Total pendapatan – Total pengeluaran = Laba

Rp 21.000.000 – Rp 12.400.000 = Rp 8.600.000

Jadi bisa disumpulkan bahwa usaha ini sangat menguntungkan, karena untuk mengembalikan modal awal usaha, bisa terbayarkan setelah bulan ke 1 dengan asumsi pendapatan perbulan Rp 21.000.000 dengan modal awal yang hanya Rp 12.400.000. Dibulan ke 2 artinya Anda sudah bisa mengembalikan modal awal dan mendapat keuntungan bersih sekitar 21 jutaan.

4. Tips Menghemat Uang Modal Usaha

Uang modal awal yang dikeluarkan untuk membuka usaha persewaan tenda kursi dapat dibilang sangat banyak. Dan sehingga menguras banyak uang saat awal usaha. Sebenarnya tetap saja bisa menghemat anggaran belanja saat awal menjalankan usaha ini, salah satunya dengan cara membeli peralatan yang murah – murah dahulu, selanjutnya bisa Anda beli lagi peralatan yang lebih besar dengan penghasilan setelah usaha ini berjalan dengan lancar.

5. Analisa SWOT

Strenght ( kekuatan ) :

  • Usaha persewaaan tenda kursi sangatlah pasti dibutuhkan oleh para calon pengantin atau acara – acara khajatan lainnya, karena pasti setiap harinya ada pelanggan untuk menyewa persewaan tenda kursi Anda.
  • Mendekorasi tendang dan kursi agar terlihat rapi dan nyaman untuk digunakan.

Weakness ( kelemahan ) :

  • Usaha persewaan tenda kursi ini membutuhkan modal yang sangat besar karena membeli peralatannya cukup mahal. Dan juga saat pemasangan tenda juga cukup susah dan ribet.

Opportunity ( peluang ) :

  • Usaha persewaan tenda kursi memiliki banyak peluang, karena semua orang pasti membutuhkannya untuk urusan tertentu. Peluang bagusnya lagi, ini termasuk bisnis yang sekali modal dan untung berkali-kali.

Treath ( ancaman ) :

  • Jika terjadi kerusakan pada peralatan tenda, maka Anda harus menggantinya atau memperbaikinya, tetapi jadi terlihat jelek.
[Total: 0    Average: 0/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Yudha Pratama

Just a simple guy work for fun as Content & Copywriter. Graphic designer, Sketcher. Editor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *