Peluang Usaha Pembuatan Tahu Tempe dengan Kedelai dan Jamur

Siapa yang tak kenal makanan tradisional tahu dan tempe? Semua orang khususnya masyarakat Indonesia pasti sudah tahu dan pernah mencicipi makanan ini.

Apa lagi makanan yang banyak mengandung protein ini mulai menyebar hingga negara- negara lain Bahakan hampir ke seluruh dunia. Maka tidak heran, jika sudah banyak pelaku usaha yang menggeluti di bidang pembuatan tahu tempe ini.

Makanan yang cara membuat nya hanya berupa kedelai yang di fermentasi ini memang memiliki harga yang murah, selain itu cocok sebagai pengganti daging.

Peluang Usaha Pembuatan Tahu Tempe

sumber : kompas.com

Cara mengolah tahu tempe pun mudah dan juga banyak macamnya seperti dengan cara ditumis, di buat semur, dikelola dengan bumbu Penas manis, atau hanya digoreng biasa.

1. Rincian modal awal

No Modal perbulan Biaya
1 Untuk membeli bahan baku Rp 2.600.000
2 Upah 2 orang karyawan Rp 1.800.000
3 Lain lain Rp 1.400.000
Total yang harus anda keluarkan per bulan Rp 5.800.000

2. Perhitungan Keuntungan

Jika ingin memulai usaha pembuatan tahu tempe atau usaha apapun tentu saja mengetahui keuntungan yang nanti akan kita terima juga penting sebagai gambaran untuk anda yang akan memulai usaha pembuatan tahu tempe.

Untuk itu jika kita asumsikan. Pendapatan perhari anda untuk produk tahu terjual sampai 50 kantong dengan harga perkantong adalah Rp 2.500 maka dalam satu hari produk tahu dapat mengantongi Rp 125.000

Jika dalam satu bulan maka penghasilan kotor yang anda dapatkan sebanyak Rp 3.750.000. lalu untuk produk tempe anda terjual dengan sama seperti tahu yakni 50 buah dan jika 1 buah tempe di jual dengan harga Rp 3.000 maka dalam satu hari akan menghasilkan Rp 150.000.

Jika dalam satu bulan maka anda bisa mengantongi Rp 4.500.000. setelah diketahui maka usaha pembuatan tahu tempe dalam satu bulan adalah Rp 3.750.000 + Rp 4.500.000 = Rp 8.250.000.

Untuk menghitung keuntungan dapat diketahui dengan cara jumlah penghasilan yang anda dapatkan dikurangi dengan jumlah yang anda keluarkan per bulan, yaitu Rp 8.250.000 – Rp 5.800.000 = Rp. 2.450.000.

3. Tips menghemat modal awal

– Memperhatikan Persaingan Bisnis Tempe

Sebelum Anda menjalankan bisnis tempe Anda harus memperhatikan dari segi persaingan dari bisnis usaha pembuatan tahu tempe karena bisnis  e ini memang cukup banyak diminati oleh para pelaku usaha.

Maka dari itu sebelum memulai usaha pembuatan tahu tempe sebaiknya anda perlu mengecek terlebih dahulu lingkungan sekitar yang akan anda jadikan sebagai tempat untuk usaha pembuatan tahu tempe. Lebih baik lagi juga lingkungan tersebut belum memiliki pelaku usaha pembuatan tahu tempe karena dapat menguntungkan anda.

– Cara Memilih kedelai yang berkualitas

Agar pembuatan tahu tempe produk anda menghasilkan tahu dan tempe yang berkualitas maka yang harus anda perhatikan adalah bahan utama yang berkualitas. Bahan utama berupa biji kedelai ini memang harus bagus dan tidak boleh biji kedelai yang tidak layak pakai.

Pemilihan biji kedelai yang bagus biasanya bercirikan kedelainya masih utuh tidak  pecah. Memiliki kedelai yang berkualitas juga tidak tanpa alasan, pemilihan biji kedelai dapat juga menghemat modal awal anda. Jadi tidak khawatir jika pembuatan tahu tempe anda akan gagal pada percobaan pertama.

– Mendapatkan Kedelai Dari Supplier

Untuk menghemat modal usaha pembuatan tahu tempe tentunya juga berhubungan dengan modal awal untuk membeli bahan untuk pembuatan pembuatan tahu tempe. Untuk itu jika anda ingin memulai usaha tersebut, anda perlu mencari supplier kedelai yang mampu menyediakan kedelai untuk anda setiap bulan nya. Tak sembarangan supplier anda juga harus memperhatikan harga yang dia tawarkan. Nego jika harga yang supplier kedelai tawarkan sedikit mahal.

4. Analisa SWOT

Kekuatan (Strength) : selain harga yang terjangkau, tahu tempe juga produk yang menguasai pasar khususnya di Indonesia. Selain itu gizi yang dihasilkan dari tahu tempe juga banyak disukai.

Kelemahan (Weakness) : karena tidak menggunakan bahasa pengawet, produk tahu tempe hanya dapat bertahan hingga 3 hari saja di suhu ruangan, namun jika diletakkan di lemari pendingin dapat bertahan sekitar 1 Minggu saja.

Opportunity (Kesempatan) : memiliki banyak konsumen, khususnya mereka yang vegetarian

Ancaman (Threats): bahasi utama yang semakin mahal namun harga harus dapat terjangkau untuk semua kalangan. Dan juga pesaing usaha pembuatan tahu tempe semakin banyak.

author
Penulis: 
    Just a simple guy work for fun as Content & Copywriter. Graphic designer, Sketcher. Editor.
    105 Ide Peluang Bisnis Modal Kecil
    105 Ide Peluang Bisnis Modal Kecil
    Sekarang ini kita sering mendengar dan melihat
    Peluang Usaha Pecel Lele
    Peluang Usaha Pecel Lele
    Peluang Usaha Pecel Lele apakah bisa diandalkan
    Peluang usaha jasa rental ac
    Peluang usaha jasa rental ac
    Sekarang AC atau kepanjangan dari Air Conditioner
    Peluang Usaha Rental Mobil Pick Up
    Peluang Usaha Rental Mobil Pick Up
    Jika Anda memiliki banyak mobil yang jarang
    Peluang Usaha Toko Pakan Burung
    Peluang Usaha Toko Pakan Burung
    Peluang Usaha Toko Pakan Burung apakah saat
    Peluang Usaha Warung Soto Ayam
    Peluang Usaha Warung Soto Ayam
    Soto ayam merupakan salah satu  jenis makanan
    Peluang Usaha Warung Sayuran
    Peluang Usaha Warung Sayuran
    Sayuran adalah makanan sehat yang harus anda

    Tinggalkan pesan "Peluang Usaha Pembuatan Tahu Tempe dengan Kedelai dan Jamur"

    Baca Juga×

    Top