Peluang Usaha Otak Otak Ikan, Modal Awal Kecil dengan Keuntungan Melimpah

Salah satu makanan yang di olah dengan cara  ini biasanya banyak anda jumpai di pulau Jawa pantai Utara. Otak- otak ikan tenggiri ini di buat dengan cara digiling berbahan utama sendiri ikan tenggiri lalu dicampur menggunakan bumbu dengan aneka bahan lain yang kemudian dibungkus setelah itu dipanggang, biasanya membungkusnya dengan daun pisang agar memiliki aroma yang khas.

Aroma yang khas ini membuat banyak orang khususnya bagi pecinta kuliner menyukai makanan yang satu ini. Biasanya otak- otak ikan tenggiri ini dapat di makan sebagai cemilan yang berdampingan dengan saos sambal, atau dapat juga untuk lauk makan.

Karena penikmat makanan yang satu ini sudah banyak tidak heran jika para pelaku usaha mulai melirik usaha otak-otak ikan tenggiri  apa lagi dengan modal untuk memulai usaha otak-otak otak ikan tenggiri ini tidak terlalu banyak dan juga dapat dijalankan oleh siapa saja.

Peluang Usaha Otak Otak Ikan
sumber : kaskus.id

1. Rincian modal awal

Peralatan Harga 
 Etalase atau gerobak Rp.1,500,000
 Gas beserta kompor Rp.500,000
Alat untuk menghaluskan bumbu Rp.500,000
 Alat untuk menggiling daging ikan Rp.450,000
 Wajan besar Rp.175,000
 Panci besar Rp.175,000
 Baskom Rp.50,000
 spatula Rp.25,000
 talenan Rp.40,000
 Piring plastik atau dapat juga piring kaca Rp.160,000
 Spanduk Rp.100,000
 Meja dan tempat duduk Rp.410,000
 lain lain Rp.200,000
 Total semua modal awal atau barang inventasi  Rp.4,235,000

 

Biaya Variabel atau biaya yang harus anda keluarkan perbulan
 Ikan Rp.     3,000,000
 Telur Rp.         500,000
 Tepung sagu Rp.         700,000
 Bawang daun polong Rp.         250,000
 Bawang putih Rp.         700,000
 Santan kelapa Rp.     1,200,000
 Air untuk bahan membuat otak otak ikan Rp.         400,000
 Sambal kacang Rp.         690,000
 Kemasan Rp.         900,000
 Gas LPG Rp.           72,000
 Biaya listrik Rp.           75,000
 Biaya sewa tempat Rp.         800,000
 Biaya air untuk kebutuhan lain Rp.           50,000
 Promosi Rp.         100,000
Total biaya yang harus anda keluarkan perbulan Rp.   9,437,000

2. Perhitungan Keuntungan

Jika kita asumsikan dalam satu hari usaha otak otak ikan terjual hingga 30 porsi, dan 1 porsinya di jual dengan harga Rp 15,000 maka dalam satu hari bisa mendapatkan sejumlah Rp 450,000. Lalu jika satu bulan maka penghasilan kotor yang anda dapatkan mencapai Rp 13,500,000.

Lalu jika ingin menghitung keuntungan maka yang harus anda adalah jumlah pemasukan dikurangi jumlah pengeluaran maka Rp 13,500,000 – Rp 9,437.000 = Rp 4,063.000 . Karena rincian modal awal tadi belum termasuk dengan penyusutan alat, maka untuk menutup biaya untuk membeli barang inventasi memerlukan waktu hingga 2 bulan.

3. Tips menghemat modal usaha

– Modal awal
Jika anda ingin memulai usaha otak otak ikan ada beberapa alat yang perlu Anda beli untuk menunjang usaha anda. Namun jika anda ingin menghemat budget untuk modal awal, anda hanya perlu mempersiapkan bahan kebutuhan yang diperlukan untuk membuat otak otak ikan.

Setelah itu jika anda sudah siap dengan bahan yang diperlukan untuk membuat otak otak ikan maka usaha awal anda sudah siap dan dapat berjalan langkah selanjutnya. Untuk alat memulai usaha otak otak ikan anda dapat menggunakan alat dapur anda seadanya.

– Cara memilih Bahan
Pembuatan otak-otak yang anda inginkan sebagai pelaku usaha tentunya harus yang berkualitas agar tidak mempengaruhi kualitas otak otak ikan nya juga. Untuk itu memilih bahan untuk membuat otak otak ikan sangat diperlukan, pilih bahan utamanya ikan yang masih segar agar mudah di olah menjadi otak otak ikan.

Tidak hanya itu memilih bahan untuk membuat otak otak ikan juga diperlukan agar menghemat modal awal usaha anda. Dengan itu, dalam percobaan pertama membuat otak otak ikan tidak akan gagal dan modal awal anda digunakan sebaik mungkin.

Selain itu agar anda dapat menghemat modal awal juga bisa mencari supplier ikan yang mampu menyediakan ikan dengan harga yang terjangkau dan juga dalam jumlah banyak tidak lupa memiliki kualitas yang baik.

– Tempat Usaha
Agar usaha bisnis otak-otak ikan tidak sepi dari pengunjung maka anda perlu memilih tempat atau lokasi untuk usaha anda yang strategis. Selain itu anda juga perlu memilih tempat usaha yang mudah dijangkau oleh masyarakat sekitar.

Selain itu, untuk memulai menjalankan bisnis usaha otak-otak ikan anda juga harus memperhatikan kebersihan tempat usaha anda agar para pelanggan yang datang ketempat anda akan merasa nyaman saat memebeli otak otak ikan di tempat anda.

4. Analisa SWOT

Strength (kekuatan) : Karena bahan utama ikan yang sudah dipilih terlebih dahulu yang berkualitas maka dari itu produk yang dihasilkannya  bberkualita memiliki rasa yang gurih dan tidak memiliki aroma yang kurang sedap.

Weakness (kelemahan) : Daya simpan otak otak ikan relatif pendek jika dalam suhu kamar.

Opportunity (peluang) : Bahan baku ikan mudah di cari di perairan Indonesia, maka dari itu anda tidak perlu khawatir akan terjadi susah mendapatkan bahan utama untuk usaha otak otak ikan

Threat (ancaman) : Semakin banyak pelaku usaha otak otak ikan, maka pesaing pun juga semakin meningkat dengan harga yg bervariasi.

[Total: 3    Average: 4.3/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Yudha Pratama

Just a simple guy work for fun as Content & Copywriter. Graphic designer, Sketcher. Editor.

1 Comment

  1. dimana bisa mendapatkan bahan baku ikan untuk otak otak min, di berbagai tempat yg kami temui tidak ada ikan tengiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *