Peluang Usaha Online Shop Reseller dan Dropshipping

Di Kreatif 233 views

Semakin canggihnya teknologi di era modern ini sehingga banyak bermunculan perdagangan onliner, contohnya saja seperti online shop yang sedang ramai dijalani oleh anak usia remaja sampai dengan orang tua. Mengapa? Karena online shop merupakan usaha yang sangat mudah dan hanya memerlukan niat menjalankan saja. Sebelum memulai usaha online shop, ada hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu :

Peluang Usaha Online Shop

sumber : doofinder.com

1. Persiapan Awal Usaha 

– Target Konsumen

Anda bisa menarget konsumen dengan melihat gaya hidup masyarakat, contohnya saja sekarang lagi ramai penjualan dress, Anda juga bisa menjalankan usaha online shop dengan menjual barang-barang berupa dress. Dengan demikian usaha Anda akan menghasilkan keuntungan yang lumayan banyak.

– Strategi Promosi

Kebanyak online shop dipromosikan melalui media sosial seperti instagram, line, facebook dan lain sebagainya. Seperti yang Anda lihat banyak sekali penjual online di media sosial tersebut, lalu bagaimana caranya agar usaha Anda tetap bisa berkembang? Mudah, Anda cari suplier yang memiliki harga murah yang nanti akan dijual kembali oleh Anda dengan menambahkan harga jual sebagai penghasilan Anda.

RECOMENDED  50 Jenis Bisnis Paling Laku yang Dibutuhkan Setiap Hari

– Menentukan Barang

Barang apa saja bisa Anda jual melalui online, tetapi sebelum memuali usaha online shop Anda harus menentukan terlebih dahulu barang apa saja yang akan Anda jual, karena jka penentuan barang dilakukan secara mendadak terkadang itu gagal, Anda tentu harus mencari supier baru lagi untuk penentuan barang baru tersebut. Akan lebih rumit bukan? Jadi, sebaiknya sebelum memulai usaha Anda pastikan dulu barang apa yang akan Anda jual.

2. Rincian Modal Awal dan Analisa Pengeluaran Modal

Modal awal yang Anda keluarkan untuk membuka usaha online shop yaitu tergantung dari suplier yang Anda pilih, terkadang ada beberapa suplier yang menarget modal awal sebanyak ratusan ribu tetapi ada juga suplier yang tanpa meminta modal awal. Anda tentu harus selektif dalam memilih suplier, karena masing-masing suplier memiliki cara penjualan dan cara promosi yang berbeda. Ada yang langsung ready dan ada yang pre order, ada yang menggunakan pin konveksi ada juga yang langsung ditangani oleh suplier tersebut. Modal awal yang Anda keluarkan selain biaya admin atau biaya pendaftaran menjadi reseler, Anda juga harus menyiapkan berupa handphone android, atm, dan paket data. Umumnya biaya admin atau biaya pendaftaran menjadi reseler kisaran Rp 50.000 sampai dengan Rp 500.000.

RECOMENDED  50 Contoh Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

3. Perhitungan Pendapatan Usaha Online Shop

Pendapatan dari usaha ini berupa keuntungan dan balik modal, kebanyak online shop itu membeli pesanan pelanggan dengan uang Anda dan kemudian nanti diganti seharga barang tersebut ditambah dengan keuntungan yang berasal dari harga jual yang Anda targetkan untuk pelanggan Anda. Penghasilan dari usaha online shop tidak selalu berjalan lurus, pasti akan ada lika liku perdagangan seperti barang cancel atau blacklist pelanggan. Hal demikian tentu akan membuat Anda rugi, tidak mendapat penghasilan dan tidak mendapatkan balik modal yang ada malah Anda tekor bukan? Umumnya pendapatan dari usaha online shop per hari bisa mencapai kisaran Rp 100.000 atau bahkan lebih jika Anda rajin promosi dan pandai menarik perhatian pelanggan.

RECOMENDED  Peluang Bisnis Desain Grafis, Pembuatan Logo, Desain Kaos Online

4. Tips Menghemat Uang Modal

Cara menghemat uang paling mudah yaitu dengan membeli perlengkapan yang penting dan sangat dibutuhkan, selebihnya bisa Anda penuhi saat sudah mendapatkan hasil usaha yang memuaskan.

5. Analisa SWOT

Strenght (kekuatan) : Usaha online shop sedang booming terutama bagi anak usia remaja yang suka belanja brand kekinian.

Weakness (kelemahan) : Terkadang penghasilan yang didapatkan tidak sesuai dengan ekspetasi.

Opportunity (peluang) : Barang yang dijual di online shop merupakan kebutuhan masyarakat, dengan demikian menjadi peluang besar untuk Anda yang akan membuka usaha online shop.

Treath (ancaman) : Banyak sekali kasus penipuan online yang menjadi sasaran utama para penipu salah satunya yaitu pengusaha online shop. Kasus penipuan bisa berupa transferan kw dan lain sebagainya.

 

Tags: #bisnis online

author
Penulis: 
    50 Ide Usaha Modal Kecil untuk Pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa
    50 Ide Usaha Modal Kecil untuk Pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa
    Apakah Anda sekarang ini adalah seorang pelajar
    50 Jenis Bisnis Paling Laku yang Dibutuhkan Setiap Hari
    50 Jenis Bisnis Paling Laku yang Dibutuhkan Setiap Hari
    Untuk menjadi seorang wirausaha atau pembisnis baru
    50 Contoh Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga
    50 Contoh Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga
    Akhir-akhir ini kita sering mendengar banyak kisah
    5 Tips Bisnis Online Menjadi Asisten Virtual
    5 Tips Bisnis Online Menjadi Asisten Virtual
    Pernahkah Anda mendengar pekerjaan sebagai Virtual Assistant?
    Cara menjadi Penulis Artikel Freelance
    Cara menjadi Penulis Artikel Freelance
    Tahukan Anda bahwa diera digital seperti sekarang
    Peluang Usaha Warnet dan Game Online
    Peluang Usaha Warnet dan Game Online
    Peluang Usaha Warnet dan Game Online apakah
    Peluang Usaha Daur Ulang Sampah Plastik dan Analisis Swot
    Peluang Usaha Daur Ulang Sampah Plastik dan Analisis Swot
    Jika anda mendengar kata sampah pasti sangat

    Tinggalkan pesan "Peluang Usaha Online Shop Reseller dan Dropshipping"

    Baca Juga×

    Top
    error: ngapain kowe !!