Peluang Usaha Minimarket

Peluang usaha minimarket
sumber : nettizen.com

Persiapan awal usaha minimarket harus diawali dengan pertimbangan berbagai aspek seperti dari lokasi, biaya pengeluaran, modal dan barang yang dijual. Untuk lebih lengkap mengenai hal tersebut silahkan simak tips berikut ini :

Lokasi :
untuk membuat minimarket yang perlu anda perhatikan andalah tempat atau lokasi untuk usaha anda harus strategis, seperti letaknya yang tidak jauh dari keramaian.

Namun tidak harus minimarket letaknya berada dikota, jika minimarket tersebut berada di lingkungan rumah penduduk pun sudah cukup.

Ruko :
jika anda tidak ingin menambah budget anda untuk menyewa ruko anda dapat menggunakan garansi rumah sebagai tempat minimarket anda terlebih dahulu. Kerena garansi adalah ruangan pada rumah yang memiliki luas yang cocok sebagai lokasi minimarket.

Biaya pengeluaran
Untuk anda yang ingin membuat minimarket yang juga anda perlu perhatikan adalah biaya untuk pengeluaran membuka minimarket anda harus sudah dianalisis dengan baik, hal itu tentunya tidak tanpa alasan karena menganalisis terlebih dahulu dapat menghemat biaya untuk menbuat tampilan pada warung agar terlihat menarik, dan rapi. .

Modal
setelah lokasi dan sasaran konsumen anda suda ditemukan, selanjutnya adalah memperhitungan modal. Hal ini berkaitan dengan barang- barang keperluan minimarket yang akan anda beli.

Selain anda harus menghindari membeli barang dari non supplier toko besar, untuk modal awal juga anda harus memperhatikan barang yang anda ingin beli sebagai modal awal dengan cara menghindari barang- barang yang dianggap kurang penting.

Atur barang yang dijual
untuk mendapatkan banyak barang yang berhasil di jual, yang harus anda lakukan adalah dengan cara memperlihatkan barang dagangan anda agar terlihat oleh konsumen, anda dapat menggunakan rak minimarket single atau double.

RECOMENDED
Peluang Usaha Toko Pertanian

Namun tak hanya agar terlihat oleh konsumen, barang yang anda jual juga harus tertata dengan rapih agar para konsumen lebih nyaman dan dapat meningkatkan keinginan untuk membeli. 

Peluang usaha minimarket
sumber : nettizen.com

1. Perincian Modal awal

Jika anda yang ingin memulai minimarket, yang harus anda ketahui adalah rincian untuk modal apa saja yang perlu anda siapkan. Dan berikut ini adalah gambaran dari minimarket dengan ukuran ruko selebar 60 m2 bagi anda yang minat dengan peluang usaha minimarket :

Modal awal :

Sewa tempat :Rp 900.000 perbulan
Barang dagangan :RP 105.000.000
Perlengkapan :Rp 93.000.000
Biaya listrik dan air :RP 170.000 perbulan
Upah pegawai untuk 1 orang :Rp 750.000 perbulan

Maka total keseluruhan yang anda keluarkan untuk membuat minimarket sebanyak Rp 199.820.000

Tak hanya itu menganalisis biaya pengeluaran juga menghemat anda untuk masalah biaya perawatan. Karena untuk membuat sebuah minimarket barang yang paling dasar dibutuhkan adalah rak, timbanga, meja, kursi, kalkulator dan lain sebagainya.

Tips untuk memilih barang untuk minimarket anda adalah pilih yang berkualitas bagus, walaupun harganya lebih mahal namun hal ini dapat menghemat minimarket untuk jangka panjang. Tak lupa anda juga menyediakan fasilitas perlengkapan lainnya seperti gantungan untuk barang, beberapa keranjang belanja, meja, kasir, rak untuk gudang dan lain lain.

2. Perhitungan keuntungan

Apabila dalam 1 hari bisnis minimarket anda terdapat 15 konsumen yang datang ke minimarket anda dengan membeli barang rata- rata adalah seharga Rp 30.000 maka dalan satu hari Rp 30.000 x 15 pendapatan yang ada peroleh sebanyak Rp 450.000. setelah itu jika anda ingin melihat keuntungan  minimarket perbulannya maka Rp 450.000 x 30 hari akan memperoleh hingga Rp 13.500.000 setelah itu anda perlu mengurangi dengan biaya yang harus anda keluarkan perbulannya sebanyak Rp 1.820.000 , maka biaya bersih yang anda dapatkan perbulannya sebanyak Rp 11.680.000.

RECOMENDED
Peluang Usaha Toko Komputer dan Service

3. ROI

Untuk menghitung ROI minimarket anda dapat menghitung dengan rumus sebagai berikut :

ROI minimarket = ( total penjualan-investasi : investasi ) x 100%

= (( Rp 13.500.000 – Rp 1.820.000 ) : Rp 1.820.000) x 100% = 6,5% hasil yang didapatkan tingkat ROI minimarket sebesar 6,5% *investasi=biaya yang dikeluarkan perbulan seperti sewa tempat, gaji pegawai dan lain- lain.

4. Tips Menghemat Modal

Anda yang ingin membuka suatu usaha tentunya tidak ingin jika uang Anda habis hanya untuk modal awal saja. Sedikit tips menghemat uang dari saya yaitu beli perlengkapan atau peralatan untuk usaha Anda yang memang sangat dibutuhkan.

Alat yang sudah ada di rumah bisa juga digunakan lagi, tidak harus beli yang baru. Dengan demikian uang Anda tidak cepat habis.

Dengan membeli barang- barang yang anda anggap penting saja, anda dapat menghemat modal minimarket anda.

5. Analisa SWOT

Strenght (Kelebihan) : Pengusaha harus melengkapi semua barang kebutuhan baik dari makanan, minuman, produk rumah tangga agar pelanggan bisa puas memilih semua kebutuhannya.

Weakness (Kekurangan) : Banyak produk yang harus dibeli agar dagangan terlihat lengkap dan sehingga membutuhkan modal yang besar.

Opportunities (Peluang) : Banyak orang lebih suka berbelanja di minimarket di bandingkan di warung, karena pelanggan bisa memilih dengan bebas barang yang dibeli. Sehingga barang yang dijual bisa lebih banyak.

Threats (Resiko) : Usaha minimarket memiliki tingkat persaingan yang tinggi dengan minimarket yang sudah terkenal, sehingga harus mampu bersaing pada harga dan promosi.

 

[Total: 1    Average: 5/5]

Ahmad Salim
About Ahmad Salim 75 Articles
Maaf jika belum bisa memberikan yang terbaik di tahun ini :)

2 Comments

  1. apakah biaya sewa tempat 900.000 untuk seluruh wilayah indonesia?
    karena untuk di jakarta, sewa perbulan 1.500.000 saja dengan perkiraan luas 5×7 m2
    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*