Peluang Usaha Martabak Bangka Gerobak

Ada makanan yang sering dicari ketika malam hari untuk cemilan besama keluarga, teman dan kerabat yang bernama martabak. Makanan satu ini menjadi cemilan favotir bagi banyak orang karena memiliki 2 varian rasa dari rasa manis yang biasa orang sebut dengan nama kue terang bulan dan rasa asin dengan nama martabak telur. Jadi ketika Anda mencoba ingin membuka usaha kuliner, jenis cemilan ini cocok untuk Anda coba.

Peluang Usaha Martabak Bangka
sumber : Jitunews.com

Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan analisa usahanya berikut ini dari modal awal, persiapan awal dan keuntungan yang didapatkan per bulannya.

1. Tips Awal Membuka Usaha

Untuk memulai usaha ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini, agar saat memulai usaha bisa lebih matang.

– Memilih tempat usaha

Untuk pertama hal yang harus diperhatikan saat akan membuka usaha ini adalah dengan memperhatikan tempat usaha atau lokasi untuk berjualan. Karena Anda harus mencari lokasi berjualan yang ramai. Sehingga secara tidak langsung tempat yang strategis bisa membantu promosi awal usaha Anda tanpa  perlu mempromosikan dengan biaya yang besar. Biasanya untuk tempat berjualan martabak yang stategis berada di dekat rumah sakit, dekat pusat perbelanjaan, dekat perkantoran, dekat tempat wisata ataupun di Mall.

– Perlengkapan usaha

Kita berbicara terntang perlengkapan untuk menjalankan usaha ini, paling utama adalah gerobaknya atau etalase, tergantung dimanan nantinya Anda akan berjualan bisa di kaki lima atau menyewa kios. Selain itu perlengkapan yang dibutuhkan adalah kompor, tabung gas, wajan dan spatula serta perlengkapan lainnya.

– Promosi

Pertama kali memulai suatu usaha Anda harus rajin untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Misalnya uaitu dengan menggunakan spanduk, tidak hanya dipasang ditempat usaha Anda tetapi juga diberbagai tempat yang ramai dilewati oleh banyak orang. Selain itu Anda juga bisa mempromosikannya lewat media sosial, media promosi ini terbilang cukup terjangkau dan juga gratis.

– Menentukan harga martabak

Mengenai harga dari martabak terbaru di tahun ini, umumnya banyak yang menjualnya berdasarkan ukuran dan toping serta isiannya. Karena beda ukuran, topping dan isian akan mempengaruhi harganya. Biasanya untuk harga termurah martabak manis sekitar 15.000 dan untuk tambahan toping dan isian lainnya bisa sampai 40.000. Sedangkan untuk martabak asin tergantung dari banyaknya daging dan telurnya.

2. Rincian Modal Usaha

NoModal AwalBiaya
 Biaya Tetap
 Total Biaya Tetap1,057,303
Biaya Variabel
1. Tepung terigu900,000
2. Gula pasir60,000
3. Baking powder 370,000
4. Ragi instan280,000
5. Garam45,000
6. Air putih220,000
7. Telur ayam355,000
8. Susu cair420,000
9. Keju cheddar450,000
10. Meses300,000
11. Pengemas240,000
12. Biaya sewa tempat465,000
13. Biaya air dan listrik432,000
14. Biaya lain-lain469,000
 Total Biaya Variabel5,006,000
Total Biaya Operasional
15. Biaya tetap + biaya variabel =           5,563,303

 

Pendapatan per Bulan
25 Biji x Rp.15,000 = Rp.    375,000
375,000 x30 hr = Rp.  11,250,000

3. Perhitungan Keuntungan

Keuntungan per Bulan
 Laba    =  Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.11,250,000 –    5,563,303 = Rp.5,636,697

4. Tips Menghemat Modal Awal

Untuk menghemat modal awal saat berjualan martabak, Anda harus menjalankan usahanya sendiri tanpa karyawan. Selain itu membeli peralatan dengan harga yang murah dan jika sudah ada peralatannya di rumah jangan membeli baru terlebih dahulu, gunakan saja yang sudah ada. Serta untuk menghemat modal awalnya, carilah tempat dengan harga sewa yang murah.

5. Analisi SWOT

Strenght (Kekuatan) :

– Produk yang dijual memiliki berbagai macam varian rasa

– Bahan produk yang digunakan higienis

– Harga yang terjangkau

Weakness  (Kelemahan) :

– Produk yang tidak tahan lama

– Produk mudah untuk ditiru

Opportunity  (Peluang) :

– Tempat yang strategis sehingga dapat dijangkau oleh konsumen

– Fasilitas yang memadai

Threath  (Ancaman) :

– Banyaknya kompetitor yang menjual produk berupa martabak bangka dengan harga yang lebih rendah.

6. Resep Membuat Martabak Bangka

Bahan-bahan :

– 200 ml susu cair atau 2 sdm susu bubuk ditambah air menjadi 200 ml

– 125 gr tepung terigu serbaguna

– 1 /2 sdt soda kue

– 3 sdm gula pasir

– 1 butir telur

– 1 /2 sdt vanili bubuk

– 1 /2 sdt garam

– Toping : margarin, kental manis, meses,  gula pasir atau sesuai selera

Langkah Membuatnya :

1. Langkah pertama adalah mencampur semua bahan adonannya kecuali soda kuenya, kemudian aduk menggunakan whisk sampai adonannya bergerindil atau jika lebih cepat gunakan mixer.

2. Setelah adonan jadi baru masukan soda kuenya, lalu diaduk-aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.

3. Kemudian Anda menyiapkan teflon dan panaskan, tuangkan adonan jika teflon sudah panas dan kecilkan api dan gunakan api sedang.

4. Ketika adonanan pada teflon sudah mengeluarkan gelembung sarang, maka Anda taburi dengan gula pasir secukupnya sampai merata, lalu ditutup dan biarkan sampai matang, lalu diangkat.

5. Terakhir mengolesi martabaknya dengan margarin dan ditambah topingnya, lalu dipotong menjadi 2 bagian dan dilipat. Martabak siap dibungkus atau dihidangkan langsung.

[Total: 0    Average: 0/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Fikky Andika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *