Peluang Usaha Jasa Rental Motor di Tempat Wisata Paling Menguntungkan

Peluang usaha jasa rental motor
sumber : nonatrans.com

Motor adalah kendaraan roda dua yang praktis karena bentuknya yang tidak selebar motor, jadi ketika dalam keadaan macet dapat dengan mudah menyalip kendaraan di depannya. Untuk itu sekarang hampir semua keluarga mempunyai 1 buah motor bahkan tidak sedikit yang memiliki lebih dari satu.

Walaupun begitu beberapa masyarakat membutuhkan kendaraan roda dua tersebut maka dari itu para pelaku usaha melihat peluang tersebut dengan memulai usaha sewa motor.

Walaupun sewa motor membutuhkan modal awal yang tidak sedikit namun keuntungan yang didapat dari usaha tersebut cukup menggiurkan, dan biaya perawatan per bulan pun tidak membutuhkan banyak pengeluaran.

Peluang usaha jasa rental motor
sumber : nonatrans.com

Rincian modal awal usaha jasa sewa motor

NoBarang inventasi atau modal awalHarga
12 unit sepeda motorRp 32.000.000
 Total biaya untuk membeli barang inventasiRp 32.000.000

 

NoBiaya operasional usaha sewa motor per bulanHarga
1Biaya perawatan untuk motorRp 400.000
2Lain lainRp 500.000
 Total biaya yang harus anda keluarkan per bulanRp 900.000

Menghitung keuntungan

Untuk mengetahui keuntungan yang anda dapatkan perlu mengetahui pendapatan perbulan. Jika usaha bisnis rental motor  memiliki 2 unit sepeda motor dan dalam sehari anda dapat menghasilkan pendapatan hingga Rp 100.000 maka dalam satu bulan ada dapat mengumpulkan hingga Rp 100.000 x 30 hari = Rp 3.000.000 .

Jika sudah diketahui pendapatan anda, untuk menghitung keuntungan yaitu pendapatan per bulan anda dikurangi biaya yang dikeluarkan oleh anda perbulan jadi Rp 3.000.000 – Rp 900.000 = Rp 2.100.000. Jadi usaha ini bisa mengembalikan modal di bulan ke 15.

RECOMENDED
6 Langkah Mudah Membangun Bisnis Rental Mobil yang Menjanjikan

Analisis SWOT

  • Strength (kekuatan) : Harga yang terjangkau membuat para konsumen lebih memilih untuk menyewa jasa sewa dan rental motor. Selain itu juga kendaraan sepeda motor dapat membuat asuransi dengan mudah.
  • Weakness (Kelemahan) : Modal awal yang tidak sedikit, harus rutin melakukan servis untuk keamanan konsumen anda.
  • Opportunity (peluang) : Jika lokasi anda strategis dapat dengan mudah mencari konsumen apa lagi di lingkungan tempat wisata.
  • Threats (ancaman) : Memiliki banyak pesaing baik sesama pelaku usaha rental motor maupun pesaing ojek motor. Lalu usaha rental motor memiliki resiko mengalami pencurian yang cukup tinggi.

Persiapan awal dan cara untuk menghemat modal awal untuk usaha

– Asuransi
Untuk memulai usaha rental motor tentu anda harus meng asuransikan semua motor yang digunakan untuk usaha agar ketika ada hal yang tidak diinginkan motor anda sudah tercover oleh jasa asuransi tersebut

– Menjalin kerja sama dengan bengkel
Setiap motor tentu saja perlu anda servis setiap beberapa bulan sekali tentu untuk membuat kenyamanan dan keselamatan para konsumen, untuk itu anda harus menjalin kerjasama dengan pemilik bengkel.

Karena biasanya jika anda sudah berhubungan baik dengan pemilik bengkel harga service motor akan lebih murah dari biasanya.

– Administrasi kepada konsumen
Beberapa pelaku usaha rental motor menganggap ini adalah hal yang enteng namun dengan anda melakukan administrasi yang baik dengan calon konsumen yang ingin menyewa jasa rental motor tentu saja akan berguna jika suatu saat terjadi masalah.

– Menentukan target pasar
Salah satu faktor yang mempengaruhi maju atau mundur usaha sewa motor tentu saja adalah para konsumen. Bayangkan saja jika usaha anda setiap harinya tidak memiliki konsumen untuk menyewa motor, maka anda akan mengalami kerugian.

Untuk menghindari dari hal tersebut tentu saja yang dapat anda lakukan adalah menentukan target siapa yang akan memiliki potensi untuk menjadi konsumen usaha sewa motor anda. Seperti di tempat kos yang banyak terdapat penghuni yang tidak memiliki motor, lalu tempat wisata karena biasanya mereka membutuhkan motor untuk berkeliling di sekitar tempat wisata.

– Membeli Motor yang Sesuai Target
Usaha rental motor tentu saja yang harus anda persiapkan adalah sepeda motor, untuk itu anda harus membeli beberapa buah sepeda motor agar usaha anda mendapat pendapatan yang lumayan.

Namun jika anda ingin menghemat modal awal usaha rental motor, anda cukup membeli beberapa buah motor sesuai target anda, lalu membeli jenis sepeda motor yang dibutuhkan lingkungan sekitar.

[Total: 1    Average: 5/5]

Ahmad Salim
About Ahmad Salim 75 Articles
Maaf jika belum bisa memberikan yang terbaik di tahun ini :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*