Peluang Usaha Ikan Asin

Untuk memulai sebuah usaha ikan asin ini. menjual ikan asin yang memiliki cita rasa asin dan nikmat serta gurih ini merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Ikan asin yang banyak di germari oleh masyarakat ini sebagai salah satu menu pelengkap makan di tambah dengan sambal goreng ini, menu masakan ikan asin ini juga banyak digemari oleh para masyarakat lokal dan bahkan mancanegara, untuk di santap dengan menggunakan nasi liwat yang hangat, pastinya sangat nikmat.

Peluang Usaha Ikan Asin
sumber : Tribunnews.com

Tentunya dengan adanya hal itu maka permintaa terhadap ikan asin sendiri dari segala penjuru ini bisa terus meningkat dan juga omset penjulan ikan asin yang Anda dapatkan juga akan semakin meningkat.

1. Tips usaha ikan asin

Melakukan Riset Pasar : Saat pertama kali akan menjalankan usaha ini, Anda harus melakukan riset pasar. Karena hal ini sangat penting untuk mengetahui jenis ikan apa saja yang sering dibeli oleh pelanggan. Sehingga ketika akan menjalankan usaha ini sudah tidak asal-asalan menjual jenis ikan yang belum diketahui laku atau tidaknya.

Mencari pemasok ikan : Selain riset pasar untuk mengetahui tingkat permintaan konsumen, Anda juga harus mencari informasi tentang pemasok ikan. Karena pemasok ikan adalah salah satu kunci penting dan utama saat Anda ingin menjalankan bisnis ikan asin. Jika Anda tidak memiliki pemasok ikan, bisa jadi ketika Anda membeli ikan untuk dijual akan mendapatkan harga yang lebih mahal. Karena itu Anda harus mencari minimal 2 sampai 3 orang sebagai pemasok ikan yang akan Anda jual.

Menyiapkan modal : Seteleh mendapatkan informasi pelanggan, pemasok ikan, maka yang terakhir Anda harus mempersiapkan modal awal untuk menjalankan bisnis ikan asin ini. Modal adalah faktor penting lainnya bagi siapa saja yang akan menjalankan suatu usaha atau bisnis. Karena itu mencari pemasok ikan dengan harga yang murah nantinya akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran modal untuk berbelanja ikan. Sehingga modal tidak akan keluar terlalu besar yang belum tahu tingkat penjualan ikan asin saat pertama kali Anda memulai bisnis ini.

2. Rincian Modal Awal

No.Modal AwalBiaya
Biaya Tetap
 Total Biaya Tetap               21,875
Biaya Variabel
1.Biaya untuk Ikan       10,600,000
2.Biaya untuk  Garam             700,000
3. Air             450,000
4.Biaya untuk  Plastik kemasan             400,000
5. Biaya air                65,000
6. Biaya tambahan lain          3,100,000
 Total Biaya Variabel       15,315,000
Total Biaya Operasional
7. Biaya tetap + biaya variabel15,936,875

3. Perhitungan Keuntungan

Pendapatan per 30 hari atau per 1 Bulan :
 Penjualan rata – ratanya =
     125 kemasan x Rp.       5.000 = Rp.            625,000
Rp.       625,000 x     30 hr = Rp.      18,750,000
Keuntungan Ayang didapatkan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.     18,750,000 –      15,936,875 = Rp.    2.813.125

Apabila bisnis ikan asin ini mampu dijalankan dengan baik maka maka akan mampu menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan. Saat Anda memilih usaha ikan asin ini maka perlu membutuhkan ketlatenan dan kesabaran agar hasil yang Anda dapatkan juga menjadu maksimal.

4. Tips Menghemat Uang Modal

Untuk menghemat modal pada awalnya harus menghemat anggaran belanja untuk perlengkapan dan peralatan dengan membeli barang-barang yang murah.

Kemudian untuk mendapatkan ikan murah, Anda harus mencari nelayan langsung agar bisa mendapatkan harga kulakan ikan asin dengan lebih murah.

5. Analisa SWOT

Strenght (kekuatan) : Modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan penghasilan yang diperoleh cukup bisa diandalkan.

Weakness (kelemahan) : Ikan asin sangat berpengaruh pada cuaca saat penjemuran.

Opportunity (peluang) : Banyak orang yang menyukai ikan asin untuk lauk karena memiliki harga yang murah.

Treath (ancaman) : Banyak pengusaha ikan asin lain yang mungkin lebih modern dan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang Anda jual.

Demikianlah artikel mengenai peluang usaha ikan asin. Jika Anda ingin mencoba usaha ikan asin ini maka Anda harus mempersiapkan segala hak mulai dari modal hingga mencari pemasok ikan yang cukup murah, serta pada saat proses pembuatannya juga memerlukan ketelatenan dan juga kesabaran agar hasil ikan asinnya juga memiliki kualitas yang bagus. Gunakanlah media sosial sebagai media untuk mempromosikan usaha ikan asin Anda agar lebih dikenal oleh masyarakat luas dan omset yang Anda dapatkan juga sangat menjanjikan. Semoga bermanfaat!

[Total: 1    Average: 5/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Fikky Andika

Hidupku selalu ingin berbagi, suka melakukan hal-hal diluar kewajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *