Peluang Usaha Gypsum Plafon

Peluang Usaha Gypsum di tahun ini masih bagus, karana tingkat permintaan semakin tinggi dengan berkembangnya model desain rumah yang minimalis dan mewah. Apalagi sekarang orang sangat suka mendekorasi rumah agar terlihat indah dan nyaman. Salah satu dekorasi yang membuat berbeda adalah dengan menambahkan dekorasi interior dan eksterior berbahan gypsum. Karena itu usaha ini masih sangat menjanjikan.

Peluang Usaha Gypsum
sumber : Dekoruma.com

1. Persiapan Awal Usaha Gypsum

Untuk Anda yang berminat menjalankan usaha ini, silahkan simak beberapa hal penting berikut ini.

– Pelaku

Bisnis gypsum bisa dibilang cukup mudah dilakukan dan diproduksi, Anda yang belum memiliki pekerjaan bisa saja membuka usaha ini karena menghasilkan keuntungan yang bisa diandalkan per bulannya.

– Konsumen

Anda tidak perlu bingung lagi mencari konsumen, karena pada dasarnya gypsum ini banyak dicari oleh masyarakat untuk membangun rumah. Gypsum terkenal dengan unsur pembangun rumah yang kokoh dan banyak disukai oleh masyarakat.

– Strategi Pemasaran Gypsum

Dalam suatu usaha dan bisnis tentu Anda akan dikaitkan dengan strategi pemasaran dimana usaha Anda akan cepat laku dan banyak masyarakat yang tertarik dengan usaha Anda. Strategi pemasaran untuk usaha Anda dengan cara membuat banner di setiap tempat ramai dan bisa juga mempromosikan lewat online. Anda harus berlomba-lomba dalam merekrut banyak pelanggan.

– Karyawan bisnis gypsum

Usaha ini tidak bisa dilakukan sendiri karena membutuhkan waktu  yang lama dan proses yang cukup panjang. Dengan demikian usaha ini tentu sangat menguras tenaga Anda. Anda pasti memerlukan seseorang untuk membantu memproduksi gypsum.

2. Perincian Modal Awal

Biaya TetapPer Bulan
Biaya situs web dan blog + serverRp 166.666
Biaya administrasi dan pengelola webRp 3.300.000
Biaya listrik, telp dan internetRp 800.000
Biaya cetak flyer A5 per rimRp 225.000
Biaya penyebaran flyerRp 3.300.000
Biaya transportRp 3.000.000
Total BiayaRp 10.791.666

3. Perhitungan Keuntungan

Nilai
Papan Gypsum 36 x Rp 62.000Rp 2.232.000
Profil Gypsum 60 meter x Rp 20.000Rp 1.200.000
Rangka HollowRp 1.890.000
KomponRp 220.000
Tukang plafon Rp 35.000 per meter x 100Rp 3.500.000
Tukang profil Rp 75.000 x 60Rp 450.000
Total PenghasilanRp 4.588.000

Cara Membuat Gypsum

Alat dan Bahan :

– Cetakan gypsum

– Semen putih

– Casting

– Roving

– Air

– Minyak goreng

– Minyak tanah

– Tali plastik

– Ampelas

– Kuas

– Spons

Langkah-langkah :

– Buat adukan gypsum yang terdiri dari air dan casting dengan perbandingan 2:3. Kemudian tambahkan semen putih secukupnya ke dalam adukan tersebut.

– Untuk mencampur adukan tersebut disarankan memakai tangan kosong sehingga Anda dapat merasakan kalau adukan sudah benar-benar tercampur dengan rata.

– Setelah adukan gypsum sudah jadi, selanjutnya tuangkan adukan ke dalam cetakan gypsum yang sudah diolesi dengan minyak goreng dan minyak tanah. Tujuannya yaitu agar adukan tadi tidak menempel pada cetakan.

– Langkah berikutnya taburkan casting secukupnya di atas adukan yang ada di dalam cetakan gypsum tadi. Setelah itu, pasang tali plastik di ujung cetakan agar dapat merekat kuat. Jangan lupa untuk meratakan dengan menggunakan spons tipis biar hasilnya rapi.

– Tuangkan lagi adukan casting ke atas roving yang sudah diratakan sebelumnya. Lalu tunggu sampai adukan benar-benar kering, kurang lebih selama 5 sampai 10 menit.

– Setelah adukan gypsum tampak kering, langsung angkat gypsum tersebut dari dalam cetakannya. Hati-hati saat proses ini sebab jika timbul keretakan sedikit saja maka gypsum tidak layak untuk dijual.

– Gypsum yang sudah jadi berikutnya bisa Anda ratakan permukaannya dengan menggunakan amplas yang halus.

4. Tips Menghemat Uang Modal

Modal dalam menjalankan usaha ini bisa menjadi lebih hemat dengan mengurangi biaya server untuk website dan pengelolaan blog dengan alternatif dipasarkan dengan cara bekerjsama dengan developer perumahan atau kontraktor.

5. Analisa SWOT

Strenght (kekuatan) : Penghasilan yang didapat cukup menguntungkan dan bisa diandalkan untuk keluarga.

Weakness (kelemahan) : Jika terjadi kerusakan sedikit, gypsum tidak layak untuk dijual.

Opportunity (peluang) : Gypsum banyak dibutuhkan oleh masyarakat terutama yang ingin membangun rumah.

Treath (ancaman) : Banyak di luar sana yang juga memiliki usaha yang sama, dengan demikian Anda harus pandai bersaing.

[Total: 1    Average: 5/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Irfan Raditya

Mereka (Orang tua) #WORKINGSOHARD supaya saya menjadi orang luar biasa. That's why i'm so FU*KIN WEIRD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *