Peluang Usaha Gula Merah

Peluang Usaha Gula Merah
sumber : tokopedia.com

Peluang Usaha Gula Merah sangatlah bagus karena ini adalah barang yang sering dikonsumsi setiap hari. Sehingga ketika Anda mencari bisnis yang menjanjikan dan setiap hari ada pembeli usaha pembuatan gula merah bisa dicoba.

Peluang Usaha Gula Merah
sumber : tokopedia.com

1. Persiapan Memulai Usaha Gula Merah

– Pelaku

Usaha ini sangat mudah dilakukan dan diproduksi, Anda yang belum memiliki pekerjaan bisa saja membuka usaha ini karena menghasilkan keuntungan yang bisa diandalkan per bulannya.

– Konsumen

Anda tidak perlu bingung lagi mencari konsumen, karena pada dasarnya semua orang pasti membutuhkan gula untuk menambahkan cita ras. Terlebih lagi sekarang banyak warung makan dan restaurant yang tentunya akan menjadi pelanggan setia Anda.

– Peralatan

Dalam usaha ini membutuhkan beberapa peralatan yang penting diantaranya yaitu penyewaan lahan, pisau, wadah, gerobak dorong, penyaring, dan masih banyak lagi.

– Karyawan bisnis gula merah

Anda yang ingin membuka usaha memproduksi gula merah tentu akan sangat sulit jika melakukannya sendiri, Anda tentu memerlukan bantuan orang lain yang nantinya juga akan ikut memajukan usaha Anda.

2. Perincian Modal Awal

PeralatanHarga
Alat pengaduk gula merahRp 10.000.000
WadahRp 250.000
KomporRp 150.000
GasRp 50.000
Peralatan tambahan lainnyaRp 1.000.000
TotalRp 11.450.000

Biaya Variabel

Nilai
NiraRp 11.000.000
PDAM dan PLNRp 350.000
PlastikRp 250.000
TotalRp 11.600.000

Total Biaya Operasional

Total Biaya Tetap + Total Biaya Variable

RECOMENDED
Peluang Usaha Sosis Bakar Serba 2000, Jajanan Masa Kini

Rp. 11.450.000 + Rp. 11.600.000 = Rp. 23.050.000

Penjualan Gula Merah

Anda bisa mematok harga sesuai dengan keinginan misalnya Anda menjual gula merah dengan harga Rp 15.000 per kilogram sementara Anda bisa menjual gula merah 60 kg dalam sehari, maka penghasilan Anda dalam satu bulan yaitu :

60 kg x Rp. 15.000 = Rp 900.000

Rp 900.000 x 30 hari = Rp 27.000.000

3. Perhitungan Keuntungan Per Bulan

Total pendapatan – Biaya operasional = Laba

Rp 27.000.000 – Rp 23.050.000 = Rp 3.950.000

4. Tips Menghemat Uang Modal

Semua orang pasti ingin memiliki sisa dari modal yang digunakan untuk membuka usaha Anda. Dengan demikian saya akan memberikan tips untuk Anda yang ingin menghemat uang yaitu dengan cara membeli peralatan yang benar-benar dibutuhkan,  jika tidak dibutuhkan Anda bisa membelinya nanti sewaktu sudah memiliki banyak penghasilan.

5. Analisa SWOT

Strenght (kekuatan) : Usaha yang Anda lakukan saat ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang sebagai bumbu masakan, terutama dibutuhkan oleh rumah makan dan restaurant.

Weakness (kelemahan) : Memproduksi gula merah tidak semudah yang Anda bayangkan, produksi gula merah ini membutuhkan waktu dan tenaga yang kuat, sehingga tidak bisa dijalankan oleh orang yang lesu dan pemalas.

Opportunity (peluang) : Strategi pemasaran yang sangat mudah dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat dengan demikian Anda tentu memiliki peluang yang besar untuk membuka usaha gula merah ini.

Treath (ancaman) : Orang yang memproduksi gula merah di luar sana mungkin sangat banyak, sehingga Anda harus benar-benar bisa fokus terhadap kualitas yang Anda berikan untuk masyarakat.

RECOMENDED
Peluang Usaha Warung Bebek Goreng

6. Cara Membuat Gula Merah

– Langkah pertama yaitu membersihkan batang tebu

– Seletelah itu Anda giling batang tebu yang sudah dibersihkan tadi dengan alat penggiling, sehingga bisa menghasilkan air nira tebu yang berwarna keruh.

– Kemudian Anda salurkan nira melalui selang plastik, lalu tampung dalam drum atau wadah sembari disaring dengan penyaring.

– Selanjutnya Anda masukkan nira yang sudah bersih ke dalam wajan.

– Setelah itu Anda tambahkan 0,2% kapur ke dalam wajan untuk memisahkan zat-zat yang bukan gula dan biar gulanya jadi tidak lembek.

– Kemudian Anda panaskan lagi niranya agar airnya menguap. Pada proses ini, Anda buang buihnya yang mengapung di permukaan air nira.

– Langkah selanjutnya yaitu lakukan pengujian nira kental dengan cara meneteskan niranya ke dalam air dingin. Kalau tetesannya itu memadat di dalam air, berati pemanasannya sudah cukup. Tapi kalau tetesannya itu larut dalam air, berati pemanasannya harus tetap kita lanjutkan sampai mengental agar bisa dicetak.

– Angkat nira kental tersebut ke wadah besar sambil aduk-aduk selama kurang lebih 15 menit agar cepat dingin, tidak lengket, dan warnanya jadi lebih kuning.

– Masukkan nira kental ke dalam cetakan dan biarkan selama beberapa waktu sampai dingin menjadi gula merah.

 

[Total: 1    Average: 5/5]

Luna Kidia
About Luna Kidia 71 Articles
Mereka (Orang tua) #WORKINGSOHARD supaya saya menjadi orang luar biasa. That's why i'm so FU*KIN WEIRD.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*