Peluang Usaha Frozen Food

Peluang Usaha Frozen Food masih bisa dijalankan di tahun ini, karena bisnis satu ini bisa dijalankan dengan metode kemitraan atau reseller dengan penjual yang sudah ada atau membuat sendiri jika Anda bisa.

Peluang usaha Frozen Foods
sumber : hellosehat.com

Untuk menjalankan bisnis Frozen Food, Anda harus memperhatikan tips, analisa dan juga kentungannya melalui informasi yang lebih lengkap berikut ini.

1. Tips Mengembangkan Bisnis Frozen Food

Sayang sekali masih banyak pelaku usaha dalam bidang frozen food yang tidak tahu cara bagaimana mngembangkan bisnis frozen meskipun prospek bisnis Frozen food ini cukup besar.

Untuk itu, ada beberapa yang harus anda perhatikan agar usaha bidang bisnis Frozen food tidak sampai mengalami kerugian

– Pilihlah Produk yang Akan Anda Jual untuk memulai bisnis Frozen food

Produk Frozen food sendiri memiliki berbagai varian jenis olahan seperti dalam bentuk daging- dagingan, seafood, olahan dalam bentuk sayur maupun olahan daging.

Untuk itu sebelum anda membuka usaha bisnis Frozen food anda harus wajib menentukan jenis jenis produk frozen food apa saja yang ingin Anda pasarkan.

– Tentukan Metode Pemasaran

Bisnis Frozen food merupakan satu bisnis makanan yang memiliki kadaluarsa yang jauh sehingga Frozen food tersebut bisa tahan lama.

Untuk memanfaatkan keuntungan tersebut, para pelaku usaha dapat memperjual belikan tidak hanya lewat offline saya tetapi pelaku usaha juga dapat memperjual belikan lewat online seperti menjualnya lewat Facebook, Instagram, website maupun WhatsApp.

– Membuka distributor atau Reseller

Jika bisnis  Frozen food yang sudah mulai berjalan, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah anda mulai berani untuk mencari reseller atau membuat sistem distributor hal ini selain memanjakan Frozen food anda juga sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan kepada orang banya.

Agar semakin banyak orang yang mengetahui usaha bisnis Frozen food anda. Jika anda belum tahu siapa yang akan anda tawarkan untuk bekerja sama, yang pertama anda tawarkan adalah lingkungan keluarga terlebih dahulu.

2. Perkiraan Modal Awal

Bagi anda yang ingin membuat bisnis Frozen food tetapi masih bingung modal awal apa saja yang anda harus perlukan untuk memulai bisnis tersebut. Berikut ini saya akan memberikan gambaran mengenai usaha Frozen food.

Modal awal atau investasi awal

Mesin giling dagingRp 1.000.000
BlenderRp 500.000
CetakanRp 500.000
Lemari pendingin atau freezerRp 3.500.000
Maka total untuk modal awalRp 5.500.000

Biaya lainnya jika kita asumsikan untuk 3 hari

Daging ayam.Rp 50.000 x 3 kgRp 150.000
TelurRp 15.000 x 3 kgRp 45.000
SayuranRp 30.000
Listrik, gas, airRp 50.000
Lain- lainRp. 90.000
Total BiayaRp 365.000

3. Perhitungan Keuntungan Usaha Frozen Food

Jika dalam 1 hari Frozen food anda terjual hingga 20 bungkus, dengan perbungkus di jual dengan harga Rp 15.000 maka dalam 1 bulan omset yang anda dapatkan sebanyak Rp 9.000.000

Lalu jika kita hitung investasi awal Anda Rp 465.000 pertiga hari lalu dikali 10 hari maka totalnya sebanyak Rp 4.650.000.

Perkiraan perhitungan BEPnya (Break Even Poin):

Omzet selama 1 bulan : Rp 9.000.000,-

Total biaya operasional atau (TB) :Rp 465.000,-x10 hari = Rp.4.650.000

Kemudian jika anda ingin mengetahui labanya maka Rp 9.000.000 – Rp 4.650.000 maka diperoleh hasil Rp 4.350.000

Hal inilah yang membuat para pelaku usaha bidang bisnis Frozen food ini berjalan ditempat tidak mengalami maju, bahkan beberapa pelaku usaha tersebut bahkan mengalami kerugian.

Penjualan produk makanan frozen food pun dapat di pasarkan melalui media online, serta anda dapat mulai menawarkan kepada teman, sahabat, rekan, dan juga kenapa yang anda percaya untuk menjadi reseller atau distributor Frozen food anda.

4. Tips Menghemat Modal Usaha

Untuk meminimalisir pengeluaran modal awal, sebaiknya saat pertama menjalankan usaha tidak perlu membuat frozen food terlalu banyak, asalkan bisa untuk memutarkan modal awal yang kecil dahulu. Ketika penjualan meningkat, barulah menambah stoknya.

5. Analisis SWOT

Kekuatan dalam usaha dan bisnis Frozen food (Strength) :

– Jika anda bingung lokasi untuk memasaknya, anda dapat memasak Frozen food anda dirumah, tentunya dengan alat yang ada

– Frozen food ini dapat dibuat matang atau mentah. Tidak lupa Frozen food ini memiliki beraneka menu. Agar konsumen tidak bosan

– Harga dan bahan bakunya tentisaja mudah dan juga mudah ditemukan baik di Basar tradisional maupun pasar modern

– Modal awal tidak terlalu banyak

– Selain harganya yang terjangkau bisnis Frozen food juga praktis

Kelemahan dalam usaha (Weaknesses) :

– Sebelum benar- benar menggeluti bisnis Frozen food, pelaku usaha harus banyak belajar di bidang tersebut

– Kelemahan jika membuat Frozen food adalah belum memiliki pengalaman dalam bidang usaha apapun sebelumnya

Peluang untuk bisnis Frozen food (Opportunity)

– Frozen food tidak hanya berhenti di situ saja, tetapi bisnis Frozen food dapat berkembang hingga bekerjasama dengan warung-warung bahkan supermarket sekalipun.

– Saat ini konsumen Frozen food sangat banyak

Ancaman binsis Frozen food (Threat)

– Persaingan usaha dan bisnis Frozen food yang semakin meningkat maka tak heran akan ada usaha sejenis dengan modal yang besar dapat menyaingi anda

– Untuk membuat Frozen food tentunya memerlukan bahan baku. Sayangnya bahan baku untuk membuat Frozen food biasanya memiliki harga yang tidak stabil

[Total: 1    Average: 5/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Achmad Salim

Maaf jika belum bisa memberikan yang terbaik di tahun ini :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *