Peluang Usaha Es Dawet

Peluang Usaha Es Dawet
sumber : idntimes.com

Minuman yang dingin dan juga manis satu ini memang sangat populer di Indonesia, tetapi sepertinya masih sedikit yang ingin memulai usaha menjual es dawet ini sebagai salah satu usaha yang hanya membutuhkan  modal yang kecil dengan potensi untung yang cukup besar. Usaha menjual es dawet ini masih dilihat sebagai usaha kecil-kecilan yang tidak banyak mendapatkan untung.

Peluang Usaha Es Dawet
sumber : idntimes.com

Justru dengan berpikiran seperti itu hal ini sangat disayangkan,, padahal es dawet sendiri memiliki potensi yang cukup besar dan juga populer diindonesia. Es dawet ini adalah suatu  minuman khas yang berasak dari Kabupaten Banjarnegara. Es dawe yang sering dikenal dengan sebutan dawet ayu ini memang sangat  mudah ditemukan  di berbagai pasar-pasar tradisional. Es dawet ayu khas banjarnega ini memang memiliki rasa yang segar dan juga enak diminum pada saat cuaca panas. Rasanya yang sangat segar, menjadi suatu kenikmatan serta keunikan dari minuman tradisional khas Banjarnegara yang satu ini.

1. Rincian Modal Awal

NoModal AwalBiaya
Biaya Variabel
 Tepung beras1,150,000
 Santan310,000
 Gula pasir400,000
 Gula merah 550,000
 Pewarna makanan90,000
 Perasa minuman265,000
 Biaya untuk promosi150,000
 Biaya sewa tempat430,000
 Biaya listrik dan juga air405,000
 Biaya lain-lain520,000
 Total Biaya Modal 4.270.000

 

Pendapatan per Bulan
40 Porsi x Rp.5,000 = Rp.200,000
200,000 x30 hr = Rp. 6,000,000

2. Perhitungan Keuntungan

Keuntungan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.   6,000,000 –  4.270.000 = Rp.1.730.000
RECOMENDED
Peluang Usaha Martabak Bangka Gerobak

3. Tips Menghemat Uang Modal

Untuk menghemat modal awal usaha harus menghemat dipengeluaran pembelian peralatan dan perlengkapan, jika ada barang yang sudah dimiliki dirumah tidak perlu membeli yang baru. Cari tempat sewa dengan harga yang murah.

4. Analisa SWOT

Strenght (kekuatan) : Modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan penghasilan yang diperoleh cukup bisa diandalkan. Buatlah dawet dengan rasa yang enak dan memiliki ciri khas.

Weakness (kelemahan) : Dawet jika tidak laku akan basi, terutama santannya.

Opportunity (peluang) : Banyak orang yang menyukai es ini saat cuaca sangat panas untuk melegakan dahaga.

Treath (ancaman) : Banyak pengusaha es lain yang mungkin lebih unggul dari usaha Anda.

5. Resep Membuat Es Dawet Ayu

– Tepung beras sebanyak 250 gram

– Tepung tapioka sebanyak 250 gram

– Air sari daun pandan sebanyak 100 ml

– Air matang sebanyak 600 ml

– Es batu serut (secukupnya)

Santan untuk es dawet ayu:

– Santan sebanyak 1 liter

– Daun pandan sebanyak 3 lembar

– Garam ½ sendok teh

Larutan gula merahnya :

– Gula merah aren sebanyak 500 gram, disisir

– Gula putih sebanyak 50 gram

– Air sebanyak 250 ml

Cara pembuatan es dawet ayu :

1. Yang pertama yautu campurkan bahan baku berupa tepung beras, daun pandan, dan juga tepung tapioka, dan  air lalau aduklah hingga  benar-benar rata. Setelah itu rebuslah hingga adonan mengental.

2. Setelah itu cetaklah adonan dawet dengan menggunakan alat cetak dawet. Kerjakan hak ini hingga adonan sampai habis. Siapkanlah wadah kemudian isi dengan menggunakan air hangat dibawah cetakan dawet agar nantinya hasil cetakan dawetnya bagus dan juga tidak menggumpal, setelah itu sisihkan.

RECOMENDED
Peluang Usaha Ikan Asap

3. Pada saat membuat kuah santannya, Anda bisa melakukannya dengan cara merebus santan, daun pandan juga garam sampai mendidih sambil terus diaduk-aduk agar santannya tidak pecah. Setelah itu angkat dan dinginkan. Kemudian sisihkan.

4. Larutkanlah gula merah dengan cara merebusnya dengan air, gula merah dan juga gula putih hingga mendidih. Kemudian aduk hingga merata dan angkat lalu dinginkan.

5. Siapkan gelas saji, kemuadian Anda bisa tambahkan dawet secukupnya, setelah itu kemudian di siram dengan menggunakan kuah santannya. Jangan lupa pula untuk tuangkan larutan gula merahnya tadi secukupnya. Kemudian tambahkanlah es batu yang telah di serut atau es yang telah di pukul hingga menjadi bongkahan kecil-kecil.

6. Setelah itu Es Dawet Ayu khas Banjarnegara siap untuk disajikan.

Demikianlah artikel mengenai peluang usaha Dawet Ayu khas Banjarnegara. Jika Anda ingin memiliki usaha yang tidak terlalu memakan banyak modal tetapi memiliki keuntungan yang cukup besar, maka Anda bisa saja memilih usaha Es Dawet Ayu ini sebagai usaha Anda yang menjanjikan, agar rasanya lebih menarik lagi maka Anda bisa mencoba inovasi yang baru dengan merubah Es Dawet ini menjadi memiliki berbagai macam rasa yang menarik untuk dicoba. Semoga bermanfaat!

[Total: 1    Average: 5/5]

Flirki Andek
About Flirki Andek 91 Articles
Hidupku selalu ingin berbagi, suka melakukan hal-hal diluar kewajaran.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*