Analisa Usaha Budidaya Kapulaga Agar Cepat Panen dan Menghasilkan

Peluang Usaha Budidaya Kapulaga
sumber : mitalom.com

Analisa Usaha Budidaya Kapulaga biar cepat panen setiap tahun semakin bagus, karena tingkat permintaan yang tinggi dan jenis tanaman ini dibutuhkan setiap hari. Karena itu Anda wajib tahu cara menanam kapulaga agar berbuah lebat.

Anda harus lebih memahami langkah persiapan awal usaha, analisa usaha dari modal dan keuntungan serta resiko dan kekurangannya. Untuk mengetahui semua hal tersebut silahkan simak penjelasan berikut ini.

Peluang Usaha Budidaya Kapulaga
sumber : mitalom.com

Analisa Usaha dan Contoh Proposal Usaha Budidaya Kapulaga

Untuk mempersiapkan perencanaan awal bisnis pertanian ini, Anda harus memperhatikan beberapa poin penting berikut ini :

Lahan Tanam

Tahukah Anda bahwa tanaman kapulaga tidak membutuhkan sinar matahari yang penuh, sehingga cara membudidayakannya adalah dengan cara atau teknik tumpang sari pada tanaman lainnya. Untuk mengolah lahan dan tanah untuk menanam kapulaga juga harus dicangkul dan dibajak dengan kedalaman tanah sekitar 30 cm sampai 40 cm.

Advertisement

Selain tanah harus digemburkan, ada perhitungan lain seperti pH tanah yang harus 5,6, sehingga membutuhkan obat seperti dolomit untuk tanahnya. Sistem menanamnya juga membutuhkan jarak 1×1,5 meter atau 1×2 meter, kemudian tambahkan pupuk disetiap lubang yang akan ditanami kapulaga.

Pembibitan

Untuk pembibitan tanaman ini, biasanya dilakukan menggunakan 3 metode sperti memperbanyak anakan, dengan menggunakan biji, menggunakan rizoma atau akarnya.

Untuk memperbanyak anakan tanaman kapulaga  atau tunas, maka tanaman harus dirawat dengan baik sehingga dapat memiliki tunas baru yang banyak, biasanya untuk mendapatkan anakan yang banyak tanaman ini tidak tumbuh melebihi dari 50 cm.

Untuk metode biji, Anda harus bisa memilih biji yang sudah tua, sehingga Anda harus menyemainya terlebih dahulu bijinya, baru setelah tumbuh tanaman sekitar 40 cm bisa dipindahkan ke lahan penanamannya.

Untuk metode rhizoma atau akar, Anda harus bisa memilih akar kapulaga yang remaja, atau tidak terlalu muda dan tidak tua. Sehingga mendapatkan bibit yang bagus untuk ditanam di lahan perkebunannya.

Cara menanam kapulaga yang baik dengan pupuk nasa

Masuk ke teknik penanaman, untuk menanam kapulaga, saat menanam bibit pada lubang tanamnya, setiap lubang harus dimasukan 2 bibit kapulaga. Kemudian ditimbun dengan tanah yang padat agar bibit tidak rusak atau roboh.

Untuk penanaman budidaya kapulaga yang terbaik adalah pada bulan sepetember sampai bulan oktober, karena di bulan ini masih awal musim hujan. Sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik dan lebih subur.

Kebutuhan Bibit

Setiap satu hektar dibutuhkan 2.142 pohon dengan jarak tanam per 14 m² adalah 3 pohon, untuk sistem tumpang sari.

Harga bibit Rp. 3000 1 Ha = 2142 x 3 x Rp 3000= Rp 19.278.000

Biaya Penanaman Awal

Pembuatan lubang10 x Rp 25.000= Rp 250.000
Pembuatan ajir2142 x Rp 200= Rp 428.400
Penanaman per Ha10  x Rp 25.000= Rp 250.000
Biaya pupuk per- Ha4 kg x 7 x Rp 100.000  = Rp 2.800.000= Rp. 3.728.400
TotalRp 19.278.000 + Rp 3.728.400 = Rp 23.006.400

Pemeliharaan

Untuk pupuk organik dilakukan 1 bulan sekali selama 7 bulan, untuk lahan 1 Ha x 4 kg x 7 kali pemupukan, maka yang dibutuhkan untuk per Ha = 4 x 7 x 100.000 = 2.800.000. (Rp 2.800.000)

Analisa SWOT

Strenght (kekuatan) : Penghasilan yang didapatkan dari usaha ini cukup banyak dan bisa diandalkan untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Weakness (kelemahan) : Modal awal yang dikeluarkan cukup menguras dompet.

Opportunity (peluang) : Kapulaga banyak dicari masyarakat untuk menambah rasa dan aroma masakan.

Treath (ancaman) : Banyak pesaing yang mungkin akan lebih unggul dari Anda.

Untuk menghemat biaya atau pengeluaran modal awal usaha yang pertama dilakukan adalah dengan mencari harga bibit yang murah. Yang kedua untuk menghemat biaya lagi, Anda juga bisa membeli pupuk yang murah tapi tetap memiliki kualitas yang bagus untuk tanaman.

[Total: 1    Average: 5/5]

Achmad Salim
About Achmad Salim 73 Articles
Maaf jika belum bisa memberikan yang terbaik di tahun ini :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*