Omset Puluhan Juta Sebulan dari Peluang Bisnis Konveksi Paling Laris

Peluang Usaha Konveksi Pakaian
sumber : tokopedia.com

Tips untuk memulai peluang bisnis konveksi rumahan pertama kali harus memperhatikan beberapa hal penting. Karena itu Anda harus mempelajari beberapa tips berikut ini.

Peluang Usaha Konveksi Pakaian
sumber : tokopedia.com

– Cari modal yaitu sebagai modal awal berbisnis konveksi  ini. Modal bisa saja didapat dari diri sendiri atau pun juga kredit.

– Jika modal sudah ada di tangan, perlengkapan konveksi yaitu mesin jahit, mesin obras, gunting, meteran, benang, dan juga resleting akan segera dilengkapi sesuai dengan kebutuhan. Lalu saatnya Anda untuk merekrut karyawan.

– Ketika karyawan sudah direkrut, maka buatlah desain pakaian. Desain pakaian bisa dibuat yaitu dengan melihat tren pasar yang sedang terjadi atau pun juga dapat membuat desain sendiri. .

– Jika desain menurut keinginan Anda sendiri, berarti Anda dapat menciptakan pasar yang baru. Hal ini sangat bagus akan tetapi pembeli masih saja belum jelas.

– Pertimbangkan dengan benar mengenai masalah ini. Jangan sampai modal Anda terjebak dalam barang yang akan menumpuk dan tidak laku atau Anda akan merugi karena menjualnya dengan harga yang murah dengan prinsip asal menjadi uang.

– Jika desain sudah selesai, saatnya Anda berbelanja bahan bakunya. Pastikan bahan ini sesuai dengan desain yang akan Anda buat dan juga target pasar yang akan Anda bidik.

– Setelah bahan telah siap, potong sesuai desain dengan jumlah yang sudah dipertimbangkan terkebih dahulu. Kemudian proses jahit menjahit dilakukan oleh karyawan tetapi melalui pemeriksaan kualitas yang benar.

– Setelah semuanya telah siap, setrika, tidak lupa beri label baju dan juga ukuran untuk masing-masing pakaian yang sudah diselesaikan, dan kemudian packing

– Pakaian yang telah jadi dalam kemasan. Biasanya dlaam kemasan plastik transparan. Barang-barang pun telah siap untuk dipasarkan. Dalam memasarkan barang, pastikan harga barang mampu bersaing dengan barang sejenis tapi tetap harus ada keuntungan yang bisa akan menutupi biaya produksi.

1. Peralatan yang dibutuhkan

Sebelum memulai suatu Usaha konveksi pakaian Anda harus mempersiapkan beberapa peralatan yaitu seperti :

  • Mesin Jahit High Speed
  • Mesin Jahit High Speed Rante
  • Mesin Overdeck
  • Mesin Obras Jarum 4
  • Mesin Potong Kecil
  • Mesin Potong 10 inch
  • Benang, kain, dan lain-lain.
RECOMENDED
Peluang Usaha Butik Busana Muslim dan Analisa Usahanya

2. Perkiraan Modal Bisnis Konveksi

Untuk memulai suatu bisnis konveksi pakaian, yang Anda perlukan yaitu mengetahui modal awal yang akan Anda butuhkan nanti.

Berikut ini adalah beberapa gambaran mengenai modal awal usaha bisnis konveksi pakaian yang perlu Anda ketahui.

Modal peralatan dan juga perlengkapan konveksi pakaian:

NoModal AwalBiaya
1.Mesin Jahit High SpeedRp.2.500.000

 

2.Mesin Jahit High Speed RanteRp. 5.500.000

 

3.Mesin Obras Jarum 4Rp.7.000.000

 

4.Mesin OverdeckRp.20.000.000

 

5.Mesin Potong 10 inchRp.1.000.000

 

6.Mesin Potong KecilRp.500.000

 

7.Total investasiRp 36.500.000,-

 

8.Stok bahan kain Rp 4.000.000,-
9.Honor tenaga kerja Rp 1.500.000,-
10.Komunikasi, internet, dan transportasiRp 1.000.000,-
11.Listrik dan airRp 300.000,-
12.Brosur dan kartu namaRp 1.500.000,-
13.Biaya penyusutan peralatanRp 250.000,-
14.Biaya lin-lainRp 250.000,-
Total biaya oprasional (TB)Rp 8.800.000,-
15.Omzet 1 bulan Rp 30.000.000,-
Total biaya operasional (TB) Rp 8.800.000,-
16.Laba (Omzet-TB)Rp 21.200.000,-

Omset selama 1 bulan dengan asumsi penjualan atau omeset satu hari adalah sebesar 1 juta

Maka selanjutnya dikalikan 30 hari, Anda akan mendapat omeset selama 1 bulan adalah 30 juta.

Jika dikurangi dengan biaya operasional maka Anda akan mendapatkan keuntungan yaitu sebesar 21 juta.

Jika usaha modal kecil ini terus mendapatkan keuntungan yang stabil maka dalam bulan ke 2 Anda sudah bisa untuk mengembalikan modal awal yang telah Anda keluarkan sebesar 36 juta.

3. Tips Sukses Usaha Konveksi 

Dalam menjalani sebuah usaha pasti ada suatu strategi yang harus dilakukan agar usaha dapat berjalan dengan lancar dan juga sangat menguntungkan.

Begitu pula dalam suatu usaha konveksi kaos, kerudung, baju anak, pakaian dan  masih banyak lagi lainnya, ada beberapa strategi yang perlu Anda lakukan agar bisnis konveksi yang dijalankan bisa untung besar dan juga sukses.

Berikut ini suatu  strategi dan juga tips sukses cara buka bisnis konveksi  yang berhasil dan juga  perlu Anda lakukan, yaitu antara lain:

– Rumah Sebagai Pabrik Konveksi

Karena Anda telah memutuskan untuk membuka suatu usaha konveksi rumahan maka dengan sendirinya rumah yang Anda tempati menjadi sebuah pabrik untuk konveksi. Di rumah sebagai tempat produksi suatu barang-barang konveksi.

– Kerjasama dengan Perusahaan yang Besar

Selain itu, untuk mengembangkan suatu usaha konveksi rumahan maka Anda dapat melakukan suatu kerjasama dengan berbagai perusahaan konveksi besar. Anda bisa saja mendapatkan pesanan hijab, pakaian, kaos dan yang lainnya, dari perusahaan besar dalam jumlah yang banyak selain membuat produk sendiri.

4. Analisa SWOT

Strenght (Kekuatan) : Pengusaha mementingkan kualitas bahan pakaian dan hasil jahitan yang terbaik untuk diberikan pelanggannya.

Weakness (Kelemahan) : Memerlukan fisik yang tidak mudah lelah ketika harus menjahit baju sesuai dengan pesanan, dibutuhkan banyak tenaga kerja untuk membantu dalam memajukan usaha Anda jika terdapat banyak pesanan dalam jumlah besar.

Opportunities (Peluang) : Banyak yang membutuhkan jasa ini karena permintaan penjualan dan model baju yang semakin tahun berubah-ubah.

Threats (Ancaman) : Banyak pesaing yang memiliki kemampuan menjahit dengan mesin dan orang yang lebih ahli, sehingga kualitas pesaing bisa lebih bagus dan hasilnya cepat selesai.

5. Cara Menghemat Modal

Untuk menghemat pengeluaran modal awal, Anda bisa membeli mesin jahit bekas atau yang paling mudah dan hindari membeli barang baru dengan metode kredit karena bisa membebani pengaluaran setiap bulannya.

Jika Anda memiliki keahlian dalam menjahit, bisa memulainya dengan menggunakan tenaga sendiri daripada harus membayar karyawan sehingga bisa menghemat modal pengeluaran untuk karyawan diawal usaha ini bejalan.

Tips menjangkau konsumen yang lebih jauh bahkan hingga ke luar negeri sekalipun, buatlah toko online sendiri. Agar bonafid dan juga terpercaya, buat toko online dengan domain yang berbayar.

Bualah suatut program yang bisa mempromosikan produk konveksi Anda. Misalnya saja yaitu dengan mengikuti suatu bazzar, promosi melalui media cetak, stiker dan juga brosur.

[Total: 2    Average: 5/5]

Ahmad Salim
About Ahmad Salim 75 Articles
Maaf jika belum bisa memberikan yang terbaik di tahun ini :)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*