Kenali Metode Penipuan OVO, Modus Baru yang Menguras Saldo Anda

Modus baru penipuan yang diduga pelakunya adalah orang dalam alias developer OVO sendiri, terbukti dari beberapa testimoni korban yang mana ada kesamaan methode yang digunakan pelaku. Sebaiknya OVO berbenah dari pada kehilangan pelanggan.

Apa itu OVO

OVO merupakan aplikasi berbasis Android dan iOS, bagian dari Group Lippo yang bergerak di bidang finance yang menjanjikan beberapa keunggulan seperti :

1. MultiPayment
Memberikan kemudahan transaksi dan pembayaran finansial, belanja online dan mengisi saldo gojek, grab dan masih banyak lagi, sesuai dengan kebutuhan anda.

2. OVO Point
Memberikan Point dari hasil belanja atau jasa yang digunakan melalui OVO, point ini dapat ditukarkan dengan berbagai hadaiah, voucher dan item menarik lainnya.

3. Keanggotaan OVO seperti OVO silver dengan max saldo hingga Rp. 2.000.000 dan OVOPremier  max saldo Rp. 10.000.000.

4. Kelebihan OVO lainnya adalah sebagai jasa transfer antar bank tanpa pungutan biaya sepeserpun.
Jasa transfer inilah yang akhir melejitkan OVO sebagai aplikasi finance yang sangat di gemari generasi jaman now.

Penipuan Modus Baru yang Membobol Isi Saldo OVO

Penipuan OVO yang menguras habis uang Anda

Akun OVO kamu tidak lagi aman, karena kini dengan mudah di bobol dan menguras habis saldo anda dalam sekejap. Di sinyalir hal ini terjadi karena adanya inside job (pelaku kemungkinan bagian dari developer aplikasi).

Disini admin hanya mengingatkan bagi rekan2 dan saudara sekalian bahwa OVO sebagai alat pembayaran yang sedang booming saat ini tidak lagi aman.

Mengapa demikian ?

Pada hari  Senin, 70 mei 2019 saat itu admin tengah melakukan Top UP dana atau ngisi saldo sekitar Rp.5.000.000 ke akun ovo saya melalui Toped, mengapa isi saldo lewat tokopedia? Karena admin pernah dua kali (2) melakukan pengisian lewat Bank BCA dan BNI mengalami delay pengisian OVO hingga 3 hari baru masuk maka kali ini lewat Tokopedia sebagai perantara demi kelancaran transaksi.

Proses pengisian 5 menit kelar dan seperti biasanya setelah transfer, dana saldo telah masuk ke akun sejumlah Rp 5.000.000,- ceritanya mulai dari sini, karena ada kesibukan project baru di kantor, admin belum sempat menggunakan duit tersebut.

Kronologis Penipuan OVO

Seminggu kemudian ada SMS masuk ternyata Dari OVO yaitu meminta KODE VERIFIKASI, admin gak curiga karena ini SMSnya dari OVO dan nama sms/nama kontaknya OVO, saya juga berfikir ini hanya kesalahan system ada sms masuk, sempat berfikir mungkin karena applikasi OVO saya lagi online.

Beberapa saat kemudian, ada sms lagi meminta verifikasi Security Code ( kode ini digunakan kalau kita lupa pin dan pass OVO) saya pun masih santai karna berpikiran kalau pun ada yang mencoba masuk ke akun ovo saya, mereka membutuh kode ini sementara saya gak bakal ngeasi ke siapapun !

Tidak lama kemudian Saya cek applikasi ovo dan mendapati akun saya telah logout automatis
nah dsini kami mulai berasa gak nyaman dan mencoba masuk kembali ke akun ovo saya tsb,eh tiba-tiba pas coba login kode security atau pin SALAH!!!!

Karena salah saya secepatnya mereset PIN pada kolom bawah dan setelah berhasil reset, akhirnya bisa login dan mendapati saldo saya tersisa Rp.4.697.000 (sebelumnya saldo full 5juta dan belum dipakai dana nya).

Baca juga :

Syarat Pinjaman Uang di Pegadaian Untuk Ibu Rumah TanggaPinjaman Modal di BukaLapak Mudah Dengan Fitur BukaModal

Saya langsung mengkosongkan semua sisa saldo saya ke rekening bank. sehari berselang, pelaku berhasil login untuk kesekian kalinya ke akun saya, tapi saat mendapati sisa saldo Rp.4000 pelaku logout dan tidak pernah login lagi.

Kronologis Penipuan OVO dan jejak digital pelaku
via youtube.com

Jejak Digital Pelaku Penipuan OVO

Saya sempatkan cek notifikasi, pesan masuk, email dan histori transaksi, akhirnya ketahuan pelaku melakukan transfer ke rekening Bank Mandiri atas nama FUMECHINA.

Sebelum traking lebih jauh lagi, admin sempatin membuat leporan ke pihak OVO sampai 5 kali dan akhirnya mereka (OVO) menyatakan kepda saya untuk menjaga kerahasian kode security atau PIN.

Berikut balasan email dari OVO :

Terkait masalah Anda, dengan ini kami sampaikan bahwa pihak OVO sama sekali tidak bertanggungjawab atas kehilangan saldo Anda. Berdasarkan pengecekan dari history perangkat seluler tidak terjadi login akun OVO pada device lain. Agar keamanan akun OVO Anda aman, kami sarankan untuk mereset password akun OVO, ganti email dan gunakan login dengan sms dan email.

Baca juga :

7 Tips Menjalankan Bisnis Salon Anak dengan Omzet Hingga 36jt/bulan50 Ide Bisnis Unik yang Jarang Dilirik dan Belum Banyak Pesaing

Hasil Traking diBantu Rekan Rekan dari Xcode

Beberapa kesimpulan dari hasil traking, ada beberapa methode baru yang digunakan
1. ada 2 kode sms rahasia ( kode verifikasi dan Security code baru ) yang boleh tau cuma pelanggan (pemilik akun) dan pihak ovo sendiri kenapa bisa pihak ke 3 bisa login ?
2. pihak ovo tidak menemukan adanya login selain saya dari history device mereka, Kemungkinan besar pelaku bisa hapus data ini mengindefisikan bahwa pelaku orang dalam.
3. ketika hp saya tidak lagi ditangan saya kemudian ovo mengatakan akun saya dipakai orang lain saya mungkin bisa percaya namun hp saya ada ditangan saya pada saat kejadian

Pelaku menggunakan metode SMS Masking, adalah layanan berbayar SMS broadcast pengirim dapat merubah Identitas penerima seperti  yang muncul di layar Ponsel sesuai dengan nama corporate, perusahaan yang dijadikan target.

[Total: 1    Average: 5/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Achmad Salim

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *