Tutorial Cara Menggunakan Kamera Canon DSLR

Turorial Cara Menggunakan Kamera Canon Pocket hingga DSLR

Kamera DSLR Canon memang sudah lama menjadi piranti terfavorit pagi para penggemar fotografi. Tidak hanya dilengkapi beragam fitur canggih, kamera Canon juga terbukti mampu menghasilkan gambar yang jernih berkualitas tinggi.

Sejauh ini, perusahaan Canon sudah memproduksi banyak jenis kamera berbagai tipe dan ukuran. Untuk mengetahui beragam spesifikasi beserta cara menggunakan kamera Canon terpopuler, berikut uraian selengkapnya untuk Anda.

Kamera Canon EOS 1100D atau yang dikenal dengan nama EOS Rebel T3
Camera DSLR Canon 1100D

Cara Mengatur Kamera DSLR Canon EOS 1100D untuk Pemula

Kamera Canon EOS 1100D atau yang dikenal dengan nama EOS Rebel T3 di Amerika Serikat dan Kanada, merupakan jenis kamera DSLR dengan fitur sederhana yang cocok untuk pemula. Kamera DSLR ini memiliki layar LCD seluas 2,7 inci dengan resolusi mencapai 230 ribu piksel.

Kamera ini hadir dalam empat pilihan warna, yaitu hitam, cokelat, merah, serta abu-abu metalik. Bobotnya tergolong cukup ringan, yakni hanya 496 gram. Kamera Canon EOS 1100D ini juga dibekali dengan lensa kit 18-55 mm f/3.5-5.6 IS II dengan kualitas optik yang memadai. Untuk Anda yang ingin belajar fotografi, kamera DSLR ini bisa menjadi pilihan karena tidak terlalu berat, namun mampu menghasilkan gambar yang bagus.

Canon EOS 1100D memiliki sensor CMOS 12,2 MP dan prosesor 14-bit DIGIC IV. Kamera ini memiliki kecepatan bidikan (burst mode) 3 frame per detik. Performa kamera ini semakin maksimal dengan adanya 9 titik Auto Fokus (AF) dan ISO yang tinggi, yakni mencapai 6400 sehingga minim noise. Jadi, meskipun digunakan di lokasi dengan pencahayaan yang kurang, kamera ini tetap mampu membidik objek dengan cukup jelas.

Kamera DSLR Canon EOS 1100D mampu menghasilkan video berkualitas HD 1280×720. Untuk merekam gambar, Anda hanya perlu memutar tombol di sisi atas kamera sehingga posisinya berada pada sisi gambar rekaman. Setelah itu, tekan tombol merah Live View untuk memulai dan mengakhiri rekaman.

Menu lain di sisi belakang kamera ini adalah menu cepat yang dalam wujud tombol Q. Selain itu, ada juga empat tombol empat arah, yakni atas, bawah, kanan, dan kiri. Tombol panah atas berfungsi sebagai pengganti menu ISO. Tombol bawah menggantikan pilihan White Balance (WB). Tombol kanan menggantikan mode AF, sementara tombol kiri menggantikan drive mode.

Ada banyak fitur yang cukup menarik di kamera Canon seri EOS 1100D ini. Salah satunya adalah Feature Guide. Fitur tersebut berfungsi untuk memberikan panduan dalam pengoperasian menu-menu dan seluruh fitur yang ada di kamera ini. Dengan demikian, Canon EOS 1100D sangat cocok digunakan oleh pemula untuk bisa menghasilkan foto-foto terbaik layaknya hasil jepretan para fotografer profesional.

Cara Menggunakan Kamera DSLR Canon EOS 700D
Canon EOS 700D Full Kit

Cara Menggunakan Kamera DSLR Canon EOS 700D

Kamera Canon EOS 700D atau yang memiliki nama lain EOS Rebel T5i merupakan salah satu jenis kamera DSLR terbaik yang banyak digunakan oleh para profesional. Kamera ini memiliki bobot seberat 580 gram dengan permukaan yang tidak licin sehingga tampak lebih elegan dan terasa nyaman saat digenggam.

Kamera DSLR ini dikenal mampu menghasilkan foto yang sangat jernih karena sudah dibekali lensa kit EF-S 18-135 mm f/3.5-5.6 IS STM dengan sensor CMOS APS-C dengan resolusi mencapai 18 MP. Sementara itu, prosesor yang digunakan juga merupakan yang terbaik di kelasnya, yaitu DIGIC V.

Canon EOS 700D mampu meminimalisasi noise saat digunakan untuk memotret atau merekam di ruangan minim cahanya. Pasalnya, sensor cahaya pada lensa kamera ini memiliki sensitivitas yang tinggi dengan tingkatan ISO 12800 dan dapat ditingkatkan hingga ISO 25600. Hal tersebutlah yang menjadikan gambar tetap bagus meskipun tidak menggunakan bantuan flash.

Kamera ini juga mempunyai fitur AF, dengan 9 titik silang, yang mampu bekerja dengan cepat, akurat, dan berkesinambungan. Kecepatan bidikannya bahkan mencapai 5 frame per detik dengan kecepatan sensor cahaya (shutter speed) hanya 1/4000 detik.

Salah satu fitur paling menarik yang ada pada kamera ini adalah pilihan efek visual yang dapat digunakan saat Live View. Dengan Canon EOS 700D, Anda dapat menambahkan beberapa efek kreatif, seperti: Soft Focus, efek Miniatur, Fish-Eye, Art Bold, Toy Camera, Grainy Black and White, serta efek Water Painting.

Layar kamera DSLR ini sudah menggunakan teknologi layar sentuh capacitive LCD bertipe flip dengan luas layar 3 inci. Jadi, pengguna dapat membentangkan layar ke samping dan berswafoto atau merekam video sambil melihat layar dari arah depan.

Untuk merekam gambar, kamera ini mampu menghasilkan kualitas video Full HD. Kamera ini juga sudah dilengkapi dengan colokan untuk mikrofon eksternal. Tidak mengherankan, ada banyak YouTuber yang menggunakan kamera ini untuk membuat video-video mereka.

Kamera ini juga memiliki slot kartu. Dengan demikian, Anda dapat memperluas kapasitas memorinya menjadi lebih besar sehingga bisa digunakan untuk membuat lebih banyak gambar dan video.

Buku manual Kamera DSLR Canon EOS 1200D
kelite Canon EOS 1200D Rebel T5 Underwater Housing

Cara Setel Kamera DSLR Canon EOS 1200D

Canon EOS 1200D atau Rebel T6 merupakan kamera DSLR dengan sensor APS-C CMOS 18 MP. Layarnya berukuran 3 inci dengan resolusi LCD 460.000 titik. Kamera DSLR ini ditawarkan bersama dengan lensa kit EF-S 18-55 mm f/3.5-5.6 IS II.

Kamera ini memiliki bobot yang cukup ringan, yakni hanya 485 gram. Ukurannya pun tidak terlalu besar sehingga tetap nyaman saat digenggam, terutama bagi para fotografer pemula yang belum terbiasa membawa kamera berat.

Kamera ini dioperasikan dengan menggunakan prosesor DIGIC IV yang mampu menghasilkan gambar mumpuni. Kecepatan bidikannya adalah 3 frame per detik. Canon EOS 1200D memiliki 9 titik fokus AF dengan satu titik fokus silang yang berada di tengah. Sensitivitas sensor terhadap cahaya pada kamera ini pun cukup tinggi, yakni mencapai ISO 6400 dan dapat diekspansi hingga ISO 12800.

Kamera Canon EOS 1200D mampu membuat rekaman video Full HD 1080 piksel serta video snapshot berkualitas tinggi. Selama merekam dengan kamera ini, Anda dapat mengubah frame ratenya, antara 25, 30, atau 40 frame per detik. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah menggunakan kontrol eksposur secara manual, mengatur fokus, dan Live View sehingga dapat melakukan edit langsung pada kamera ini.

Untuk fotografer pemula, kamera DSLR ini cukup mudah dioperasikan karena fitur-fitur yang tersedia pun tergolong cukup sederhana dan mudah dipahami. Terlebih, sudah ada fitur User Guides yang akan membantu pengguna dalam mengoperasikan dan memaksimalkan seluruh fitur yang ada di kamera ini.

Kamera ini juga dilengkapi berbagai fitur berupa mode dan efek yang atraktif. Dengan demikian, Anda pun bisa membuat gambar yang menarik untuk diunggah di media sosial.

Ada beberapa tombol yang tersedia di sisi belakang kamera ini, seperti D-Pad untuk mengontrol ISO, mode AF, White Balance, dan mode Drive. Ada juga menu cepat, Playback, Exposure, dan Display. Jika ingin mentransfer data dari Canon EOS 1200D ke ponsel, Anda dapat menggunakan fitur wireless kartu memori Eye-Fi.

Cara Menggunakan Kamera DSLR Canon EOS 600D Secara Manual
Complete Accessory Kit Canon EOS 600D atau Rebel T3i

Cara Menggunakan Kamera DSLR Canon EOS 600D Secara Manual

Canon EOS 600D atau Rebel T3i yang ditawarkan bersama dengan lensa APS-C CMOS 18 MP merupakan pilihan kamera DLSR dengan kualitas sensor yang mumpuni serta sensitivitas cahaya yang cukup tajam. Kamera ini memiliki ISO 100—6400 yang dapat ditingkatkan hingga ISO 12800. Dengan kemampuan tersebut, kamera ini dapat meminimalisasi adanya noise saat digunakan untuk memotret di tempat redup tanpa harus menggunakan flash.

Kamera DSLR Canon EOS 600D memiliki bobot 570 gram dengan desain permukaan yang tidak licin. Untuk orang-orang yang memiliki tangan besar, kamera ini tentu sangat nyaman karena terasa solid dan tidak mudah jatuh saat digenggam.

Kamera ini memiliki layar LCD dengan ukuran seluas 3 inci. Layar tersebut mampu menampilkan gambar dan warna yang tajam karena memiliki resolusi mencapai 1.040.000 titik. Layar kamera ini juga dapat dilipat sehingga Anda dapat memotret sekaligus melihat gambar dari berbagai arah.

Kamera ini dapat digunakan bersama dengan berbagai jenis lensa. Jadi, Anda dapat menambahkan lensa kit, baik lensa fix, maupun lensa wide, sesuai kebutuhan. Untuk yang gemar membuat Vlog, kamera ini juga cocok Anda gunakan karena sudah dilengkapi dengan fitur colokan mikrofon (port mic) eksternal.

Dibandingkan dengan seri-seri terdahulu, kamera DSLR ini mampu menghasilkan gambar dengan warna-warna yang lebih jernih. Pasalnya, prosesor yang digunakan untuk mengolah gambar adalah DIGIC IV 14-bit.

Apabila ingin merekam video, Anda dapat memadukan frame rate-nya. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan video snapshot agar film yang Anda buat menjadi semakin atraktif. Di samping itu, manfaatkan juga fitur zoom saat merekam untuk menghasilkan gambar layaknya profesional.

Bagi para fotografer pemula, cara memakai kamera Canon ini menjadi semakin mudah karena adanya Scene Intelligent Auto Mode. Fitur tersebut mampu mendeteksi konfigurasi yang tepat pada saat pengambilan gambar sehingga dapat membantu pengguna yang belum terbiasa dengan konfigurasi manual. Selain itu, ada juga On Screen Feature Guide yang membantu pengguna untuk menjelaskan fungsi-fungsi dalam penggunaan kamera DSLR Canon EOS 600D.

Canon EOS 550D atau Rebel T2i
Canon EOS 550D atau Rebel T2i

Cara Menggunakan Kamera Canon 550D

Canon EOS 550D atau Rebel T2i merupakan kamera berdesain elegan dengan bobot 530 gram. Kamera DLSR ini sudah dibekali dengan sensor APS-C 18 MP dan didukung oleh prosesor DIGIC IV sehingga mampu menghasilkan gambar yang jernih dengan warna-warna tajam yang alami. Melalui Canon EOS 550D, Anda dapat memotret secara berturut-turut dengan kecepatan bidikan 4 frame per detik.

Kamera ini memiliki layar LCD yang cukup besar, yakni seluas 3 inci. Layar tersebut mampu menampilkan gambar dengan warna yang detail karena memiliki resolusi mencapai 1,04 juta titik. Sementara itu, jendela bidiknya (optic viewfinder) juga cukup besar, yaitu 95% dengan pembesaran 0,87 kali.

Kamera ini dapat digunakan bersama dengan lensa kit berukuran 18-55 mm IS maupun 18-135 mm. Jadi, Anda menggunakan lensa yang sesuai dengan kebutuhan pengambilan gambar. Jika membutuhkan zoom yang besar, Anda dapat memilih lensa dengan rentang yang lebih panjang. Namun apabila hanya perlu memotret objek-objek berjarak dekat, lensa dengan rentang yang lebih pendek tentu lebih cocok untuk Anda.

Kamera Canon EOS 550D dapat digunakan untuk membuat video berkualitas full HD dengan resolusi mencapai 1920×1080 pada frame rate 24, 25, dan 30 frame per detik. Sementara jika ingin membuat video lain dengan resolusi 1280×720 atau 640×480, frame rate-nya ditingkatkan menjadi 50 dan 60 frame per detik.

Untuk merekam gambar, Anda hanya perlu mengaktifkan tombol perekam.Secara otomatis juga mengaktifkan fitur Live View dan mode Movie Crop akan aktif sehingga Anda dapat mengatur tampilan video agar menghasilkan rekaman yang lebih atraktif. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sensor resolusi penuh untuk memperbesar gambar hingga 7 kali pembesaran untuk memperoleh gambar berkualitas tinggi.

Meskipun sudah dirilis cukup lama, kamera ini ternyata juga sudah dibekali dengan colokan mikrofon eksternal. Tidak mengherankan jika ada banyak YouTuber yang memilih untuk menggunakan kamera ini untuk membuat vlog. Sebab, dengan harga yang cukup terjangkau, pengguna sudah bisa menghasilkan video dengan gambar dan audio yang berkualitas.

Cara Setting Kamera DSLR Canon EOS 800D

Canon EOS 800D atau EOS Rebel T7i merupakan salah satu kamera terpopuler dengan teknologi termutakhir. Kamera ini dibekali dengan sensor CMOS APS-C24,2 MP serta prosesor gambar terbaik di kelasnya, yaitu DIGIC 7. ISO kamera ini juga sangat tinggi, yakni mencapai ISO 25600. Kamera ini juga mampu membidik dengan Auto Fokus yang sangat cepat hanya dalam 0,03 detik pada mode Live View.

Canon EOS 800D mempunyai berat 532 gram dengan desain ramping dan genggaman yang lebih lebar. Hal tersebut menjadikan kamera ini sangat nyaman saat digenggam. Selain itu, tata letak tombol-tombol pada kamera ini juga sederhana sehingga mudah dioperasikan hanya dengan satu tangan. Untuk jendela bidiknya, kamera ini memiliki bingkaian yang akurat karena mencakup 95% optik viewfinder dengan 0,82 kali pembesaran.

Kamera DSLR ini memiliki frame rate yang tinggi, yaitu 6 frame per detik. Jika ingin membidik objek bergerak, Anda tidak perlu khawatir hasilnya akan buram. Kamera ini memiliki 45 titik silang Auto Fokus yang membuat bidikan tepat sasaran.

Untuk merekam video, sudah ada teknologi Movie Digital IS dan dukungan sensor gyro yang mampu menghasilkan gambar yang stabil dan berkualitas full HD, sekalipun dalam kondisi kamera bergerak. Teknologi Movie Digital IS hadir dalam dua pilihan mode, yaitu mode normal untuk situasi perekaman yang stabil, serta mode maksimal untuk situasi perekaman yang rentan guncangan.

Untuk konektivitas, kamera ini sudah dilengkapi dengan koneksi nirkabel melalui fitur Wi-Fi, NFC, dan Bluetooth yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer data dengan lebih mudah. Dengan Wi-Fi, Anda dapat segera mengunggah foto hasil jepretan atau video dari Canon EOS 800D ke media sosial. Sementara dengan fitur NFC, Anda dapat mencetak gambar menggunakan printer yang didukung teknologi NFC. Sementara itu, fitur Bluetooth dapat Anda gunakan untuk menghubungkan remot kontrol wireless BR-E1 dengan kamera DSLR Canon EOS 800D.

Kamera DSLR Canon EOS 800D banyak digunakan oleh para fotografer profesional. Meskipun demikian, cara menyetel kamera Canon ini juga tidak terlalu sulit apabila digunakan oleh fotografer pemula karena posisi tombol, menu, serta antarmukanya (user interface) cukup familier dan sederhana. Apalagi, kamera ini juga dilengkapi dengan fitur panduan yang dapat memudahkan pengguna mengoperasikan kamera DSLR ini.

Cara Menggunakan Kamera Canon 60D

Kamera Canon EOS 60D merupakan kamera DSLR berbobot 755 gram dengan desain yang cukup mewah dan menawan. Kamera ini memiliki permukaan yang tidak rata dengan desain kokoh sehingga meskipun berukuran cukup besar, kamera ini tetap nyaman untuk digenggam. Untuk menghindari risiko cuaca buruk, terdapat segel khusus yang dapat mencegah air masuk ke dalam kamera.

Kamera Canon 60D dilengkapi dengan sensor APS-C CMOS 18 MP serta LCD layar lipat dengan tipe vari-angle berukuran 3 inci yang beresolusi 1,04 juta titik. Kecepatan foto (frame rate) kamera ini pun cukup tinggi, yaitu 5,3 frame per detik.

Kamera ini dapat membidik objek dengan jelas dan detal karena memiliki 9 titik Auto Fokus. Canon 60D memiliki optik jendela bidik yang besar, yakni seluas 96% dengan pembesaran 0,95 kali. Biasanya, kamera ini dihadirkan bersama dengan lensa kit EF-S 18-55 mm f/3.5-5.6 IS II.

Canon 60D dioperasikan dengan menggunakan prosesor gambar DIGIC IV. Dengan prosesor tersebut, gambar yang dihasilkan pun menjadi tampak jernih dan tajam. Di lokasi pengambilan gambar yang minim cahaya, seperti saat matahari mulai terbenam di tepi pantai, kamera ini pun tetap mampu memotret dengan hasil yang bagus tanpa bantuan flash sekalipun. Pasalnya, kamera ini sudah dibekali dengan ISO yang tinggi, yakni ISO 100-6400 dan dapat ditingkatkan hingga ISO 12800.

Apabila ingin menghasilkan gambar terbaik dengan cepat, pengguna juga dapat mengedit langsung gambar melalui kamera DSLR Canon EOS 60D. Di kamera ini, sudah ada beberapa fitur, seperti pengatur kecerahan, Picture Style, White Balance, pereduksi Noise, pengaturan pencahayaan otomatis, Color Space, dan rasio, yang dapat menjadikan gambar lebih indah.

Untuk Anda yang gemar membuat vlog, kamera ini juga cocok Anda gunakan karena sudah dilengkapi dengan colokan untuk mikrofon eksternal. Untuk membuat rekaman video, hasilnya pun berkualitas sempurna, yakni video full HD dengan resolusi 1920×1080 piksel.

Kamera Canon EOS 60D juga dikenal memiliki baterai ion litium dengan daya tahan yang lama. Dalam kondisi penuh, baterai kamera ini dapat digunakan untuk memotret lebih dari 1000 gambar selama sehari penuh.

Cara Menggunakan Kamera Canon 70D

Kamera DSLR Canon EOS 70D merupakan salah satu jenis kamera yang paling populer di kalangan videografer. Kamera ini memiliki sensor 20,2 MP serta kecepatan bidikan mencapai 7 frame per detik. Kamera ini mengusung prosesor DIGIC 5+ yang mampu menghasilkan gambar secara detail dan tajam.

Jangkauan sensitivitas cahaya pada kamera ini juga tergolong tinggi. Dengan ISO 100-12800 dan dapat ditingkatkan hingga ISO 25600, kamera ini mampu menangkap objek dengan jelas meskipun berada di ruangan atau lokasi yang minim pencahayaan.

Kamera Canon EOS 70D memiliki berat 755 gram. Kamera DSLR ini didesain dengan bodi yang kokoh dan tata letak tombol yang mudah dijangkau sehingga lebih nyaman saat digunakan. Pada sisi belakang kamera, terdapat sebuah layar sentuh LCD berukuran 3 inci bertipe vari-angle dengan resolusi 1,04 juta titik.

Canon 70D memiliki 19 titik silang Auto Fokus sehingga mampu menghasilkan gambar dengan warna dan tampilan yang sangat detail. Kamera ini juga memiliki jendela bidik dengan keakuratan yang tinggi mencapai 98% dengan pembesaran 0,95 kali.

Salah satu keunggulan lain yang dimiliki Canon EOS 70D adalah adanya fitur teknologi videografi yang terdapat pada sistem AF Dual Pixel CMOS AF dan Movie Servo AF. Teknologi tersebut diklaim mampu melakukan Auto Fokus dengan cepat dan mulus. Bahkan, dalam mode Live View, kamera ini dapat melakukan Auto Fokus 5 kali lebih cepat daripada seri-seri terdahulu.

Selain memiliki performa yang bisa diandalkan, kamera ini juga mampu menghasilkan video full HD. Pada bagian atas kamera juga terdapat tempat colokan untuk mikrofon eksternal untuk memaksimalkan audio pada saat pengguna membuat rekaman video.

Ada dua jenis lensa kit yang ditawarkan bersama dengan Canon 70D, yaitu lensa EF-S 18-55 IS STM dan EF-S 18-135 IS STM. Untuk menunjang konektivitas, pengguna juga dapat menambahkan fitur Wi-Fi built-in. Dengan Wi-Fi tersebut, Anda tidak hanya dapat mengirim gambar dengan cepat dari kamera ke ponsel pintar (smartphone), tetapi juga bisa mengontrol penggunaan kamera melalui ponsel pintar Anda.

Cara Menggunakan Kamera DSLR Canon EOS 1000D

Canon EOS 1000D atau Rebel XS merupakan salah satu pilihan kamera DSLR dengan fitur sederhana yang cocok untuk para fotografer pemula. Kamera ini memiliki bobot yang cukup ringan, yakni hanya 0,5 kg. Sementara itu, displai layar LCD-nya pun cukup luas, yaitu 2,5 inci dengan resolusi mencapai 230 ribu titik.

Meskipun sudah dirilis cukup lama, kamera ini tetap memiliki beragam keunggulan yang tidak kalah dengan seri-seri berikutnya. Canon 1000D mempunyai kepekaan cahaya yang cukup tinggi dengan ISO 100-12800. Kamera ini mampu digunakan untuk memotret di ruangan redup dan terang. Sementara itu, hasil gambar dari kamera ini dapat berupa format JPG maupun RAW.

Kamera ini menggunakan sensor kamera 10,1 MP yang mampu menghasilkan gambar bagus untuk kebutuhan fotografi Anda sehari-hari. Sementara itu, prosesor yang disematkan untuk mengolah gambar pada kamera ini adalah DIGIC III. Untuk mengisi feed Instragram atau media sosial lain, hasil foto ini jelas dapat diandalkan.

Jika ingin membuat video, Anda juga tidak perlu ragu dengan kualitas gambar yang dihasilkan. Pasalnya, kamera ini mampu menghasilkan video dengan resolusi yang tinggi, yakni HD 720 piksel. Jika ingin merekam video dengan durasi yang lebih lama, Anda dapat menambahkan kartu memori pada slot yang tersedia.

Beberapa fitur penunjang yang tersedia di Canon EOS 1000D, antara lain: Auto Lighting Optimizer, 7 titik AF, pengaturan Picture Style, serta sensor pusat silang. Kamera DSLR Canon EOS 1000D memiliki kecepatan bidikan 3 frame per detik. Sementara itu, jenis lensa yang disertakan bersama dengan kamera ini adalah lensa EF-S 18-55 mm dengan apertur f/3.5-5.6 IS.

Trik mengatur Efek Kamera Canon EOS 1300D

Jenis kamera DSLR lain yang juga cocok digunakan oleh pemula adalah Canon EOS 1300D atau Rebel T6. Meskipun fitur-fitur yang tersedia cukup sederhana, kamera ini memiliki beragam teknologi yang lebih mutakhir sehingga dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang mumpuni.

Kamera ini memiliki bobot yang cukup ringan, yakni hanya 485 gram. Sementara itu, layarnya memiliki luas 3 inci dengan resolusi 920.000 titik. Jumlah Auto Fokus pada kamera ini sebanyak 9 titik. Sementara untuk kecepatan bidikannya adalah 3 frame per detik.

Canon EOS 1300D hadir dengan sensor CMOS APS-C 18 MP. Prosesor pengolah gambarnya pun terbaik di kelasnya, yaitu DIGIC 4+. Itulah mengapa, kamera ini mampu menghasilkan gambar dengan berkualitas tinggi dan tidak pecah saat diperbesar.

Kamera Canon 1300D memiliki fitur khusus yang bernama White Priority. Fitur yang terdapat pada menu White Balance tersebut berfungsi untuk menghasilkan warna yang netral saat digunakan untuk memotret di lokasi dengan cahaya lampu berwarna kuning.

Fitur lain yang juga tidak kalah menarik adalah Food Mode. Fitur ini cocok untuk digunakan oleh Anda khususnya yang gemar memotret makanan. Dengan fitur tersebut, beragam potret makanan, termasuk buah-buahan, minuman, dan aneka kuliner, akan terlihat lebih nyata dan tampak menggugah selera.

Untuk kebutuhan membuat vlog atau merekam video, kamera ini juga dapat diandalkan. Kualitas gambar yang dihasilkan adalah Full HD. Sementara untuk menunjang konektivitas, sudah ada Wi-Fi dan NFC untuk memindahkan hasil rekaman dan jepretan ke ponsel pintar, serta mencetaknya melalui printer tanpa harus menggunakan bantuan kabel data.

Cara Memotret yang Baik dengan Kamera Canon 500D

Kamera Canon EOS 500D atau Rebel T1i merupakan kamera DSLR yang memiliki sensor CMOS APS-C 15 MP. Pada bagian sensor tersebut terdapat sistem antidebu yang mampu membuat sensor kamera tetap bersih dan mampu menghasilkan gambar terbaik. Kamera ini dilengkapi dengan LCD berukuran 3 inci dengan resolusi 920.000 titik sehingga dapat memberikan tampilan yang tajam. Sementara itu, jenis prosesor yang digunakan untuk mengoperasikan kamera ini adalah 14-bit DIGIC IV.

Canon 500D memiliki bobot yang cukup ringan, yakni hanya 475 gram. Dengan berat tersebut, pengguna dapat dengan mudah membawa kamera ini ke mana saja. Terlebih dengan permukaan genggaman yang ramping dan tidak licin, kamera ini tidak akan mudah jatuh saat digunakan untuk memotret.

Tingkat kepekaan terhadap cahaya pada kamera ini juga cukup tinggi karena memiliki ISO 100-3200 dan dapat diekspansi hingga ISO 12800. Kamera ini sudah dibekali dengan teknologi Noise Reduction sehingga mampu meminimalisasi noise pada saat digunakan untuk memotret pada tempat dengan sedikit cahaya.

Jendela bidikan pada kamera ini pun cukup akurat dengan pembesaran mencapai 0,87 kali. Canon EOS 500D biasa digunakan bersama dengan lensa kit EF-S 18-55 mm IS. Meskipun demikian, kamera ini juga kompatibel dengan berbagai jenis lensa lain, seperti lensa EF.

Untuk memaksimalkan kualitas gambar yang dihasilkan, Anda dapat memanfaatkan beragam fitur yang tersedia di bagian menu kamera. Beberapa fitur penting yang perlu Anda gunakan, antara lain: Image Stabilization, Auto Lighting Stabilizer, Wide Angle, dan fitur Movie.

Untuk memenuhi kebutuhan membuat video, kamera ini juga dapat diandalkan. Pasalnya, hasil rekaman gambar menggunakan Canon 500D mampu menghasilkan video beresolusi Full HD 1920×1080 piksel 20 fps dengan  dalam durasi rekaman mencapai 18 menit.

Cara Memfokuskan  Kamera Canon 650D

Canon EOS 650D atau Rebel T4i merupakan kamera DSLR dengan sensor 18 MP CMOS. Sensor tersebut sudah dibekali dengan teknologi koreksi lensa otomatis, yaitu Hybrid CMOS AF. Fitur tersebut berfungsi untuk menyempurnakan fokus pada saat sensor mendeteksi objek.

Kamera ini memiliki LCD layar sentuh berukuran 3 inci. Layar tersebut bertipe vari-angle 3 yang dapat diputar hingga 360 derajat. Untuk menentukan fokus secara manual, Anda hanya perlu menyentuh fokus objek foto. Namun apabila ingin melakukan jepretan langsung melalui layar sentuh tersebut, terlebih dahulu Anda harus mengaktifkan menu “Touch Shutter”.

Resolusi pada layar kamera ini juga sangat tinggi, yaitu mencapai 1,04 juta titik sehingga dapat menampilkan gambar yang tajam dan jernih. Kamera DSLR ini dapat dipasangkan dengan lensa kit EF-S 18-135 mm f/3.5-5.6 IS STM.

Canon EOS 650D juga memiliki sensivitas cahaya yang tinggi dengan ISO 100-12800 dan masih bisa ditingkatkan hingga ISO 25000. Dengan rentang ISO yang sedemikian panjang, kamera ini dapat memotret objek di tempat yang agak gelap tanpa harus menggunakan flash. Terlebih, kamera ini juga menggunakan prosesor 14-bit DIGIC V sehingga hasil foto dalam situasi apa pun akan tetap bersih dan minim noise.

Untuk mempermudah penggunaan seluruh fitur, Anda dapat memanfaatkan Quick Menu. Sementara untuk membidik secara tepat, Anda dapat memperbesar Live View dan mengaktifkan beberapa fitur penunjang untuk mendapatkan gambar yang lebih menarik.

Kamera Canon EOS 650D mampu menghasilkan video berkualitas full HD. Jika ingin membuat audionya lebih kencang, Anda dapat menambahkan mikrofon eksternal yang dihubungkan melalui colokan yang terletak di sisi atas kamera.

Cara Pengaturan Kamera Canon Analog

Sejak hadirnya era digital, kamera film analog atau kamera SLR atau yang lebih dikenal sebagai kamera analog mulai banyak ditinggalkan. Para fotografer kemudian beralih menggunakan kamera digital karena dirasa lebih praktis dan mampu menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.

Namun di kala teknologi kamera digital sudah semakin maju, sebagian orang memilih untuk kembali menggunakan kamera analog. Pasalnya, kamera tersebut dianggap mampu menghasilkan gambar yang unik dan terkesan antik yang tidak bisa dihasilkan oleh kamera digital.

Namun meskipun sudah dirilis puluhan tahun yang lalu, beberapa jenis kamera Canon dengan lensa 35 mm masih memiliki performa yang mumpuni. Berikut adalah cara menggunakan kamera analog Canon.

  • Buka Penutup Belakang

Langkah pertama sebelum mengoperasikan kamera analog adalah membuka penutup bagian belakang dengan menarik knop yang terletak di bagian atas kamera.

  • Masukkan Rol Film

Setelah penutup terbuka, masukkan rol film di sebelah kiri sambil menarik knop ke atas dan kembali menekannya saat film sudah masuk ke tempatnya. Selanjutnya, tarik film hingga ujungnya memasuki kumparan sisi kanan. Jika sudah, segera tarik tuas rana di bagian atas kamera agar rol film berputar di sisi kumparan.

  • Tutup Kembali Penutup Belakang

Apabila bagian film sudah terpasang, segera tutup penutup belakang kamera dan menguncinya dengan menekan knop sampai bawah.

  • Perhatikan Penghitung Gambar (Picture Counter)

Sebelum menggunakan kamera tersebut, pastikan agar penghitung gambar berada pada posisi 0. Tarik tuas rana setiap Anda memajukan film. Apabila kamera berada pada kondisi normal, knop akan ikut berputar pada saar tuas rana ditarik.

  • Atur Pengambilan Gambar Sebaik Mungkin

Seluruh proses pengambilan gambar dengan menggunakan kamera analog Canon harus dilakukan secara manual. Untuk memastikan bahwa objek terbingkai sempurna, Anda dapat mengatur eksposur dan ISO dengan memutar menu-menu manual yang tersedia pada kamera.

  • Gunakan Film Sampai Habis

Sebelum memasuki proses berikutnya, pastikan bahwa film yang Anda gunakan sudah habis. Pasalnya, jika masih ada, film dapat terbakar oleh cahaya matahari sehingga gambar bisa hangus.

  • Putar Knop untuk Menyimpan Film

Sebelum membuka penutup belakang kamera, putarlah knop ke arah kanan untuk menggulung film sehingga film dapat kembali tersimpan dalam wadahnya.

  • Buka Penutup Belakang dan Ambil Film

Jika film sudah selesai digulung, Anda dapat membuka kembali knop belakang dan mengambil film tersebut. Akhirnya, film siap dicetak untuk menghasilkan gambar yang antik dari kamera analog Canon.

Demikianlah uraian mengenai cara menggunakan kamera Canon, baik itu kamera DSLR maupun SLR. Semoga bermanfaat.

[Total: 1    Average: 5/5]

Ahmad Salim
About Ahmad Salim 75 Articles
Maaf jika belum bisa memberikan yang terbaik di tahun ini :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*