Langkah dan Syarat Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Lewat FIF

jurnal.id

Modal harus disiapkan sejak awal saat memutuskan untuk memulai usaha. Hanya saja, besarnya modal turut mempengaruhi eksistensi dan kelancaran dalam menjalankan usaha. Bagi anda yang ingin memulai usaha namun terhalang modal, ada baiknya anda mengajukan pinjaman modal usaha. Adapun salah satu pihak yang bisa membantu kebutuhan anda tersebut ialah Federal International Finance (FIF). Pinjaman modal usaha FIF bisa anda dapatkan secara mudah dengan syarat dan proses yang sederhana.

jurnal.id

Perlu diketahui, FIF tak hanya bergerak di bidang pembiayaan sepeda motor dengan merk Honda saja, akan tetapi juga bidang peminjaman beserta pembiayaan mikro. Dengan layanan selama 24 jam, FIF siap membantu anda yang membutuhkan pinjaman modal kapanpun itu. Untuk mendapatkan pinjaman modal pun, anda bisa melakukannya dengan agunan maupun tanpa agunan. Untuk lebih mengenal pinjaman modal FIF untuk kebutuhan usaha, anda simak saja ulasan yang kami bagikan berikut ini.

Langkah Pengajuan Pinjaman Modal Usaha FIF

Bagi anda yang membutuhkan modal usaha dan ingin mengajukan pinjaman ke FIF, ada baiknya anda ketahui bagaimana prosedurnya. Adapun prosedur pengajuan pinjaman modal FIF dimulai dengan anda mengisi form permohonan terlebih dahulu. Pastikan anda mengisinya secara lengkap dan benar. Setelah itu, anda perlu melampirkan semua berkas yang dibutuhkan. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui apa saja berkas dokumen yang perlu disiapkan dalam mengajukan pinjaman modal usaha.

Setelaha anda selesai dengan tahapan di atas, anda hanya perlu menunggu sampai petugas survey mengunjungi rumah anda. Servey ini dilakukan untuk verifikasi data diri yang anda masukkan. Jika permohonan anda sudah di terima, maka anda nantinya akan diundang kembali. Pertemuan ini memiliki tujuan untuk pencairan dana. Semua langkah pengajuan pinjaman modal usaha di FIF bisa berjalan lancar apabila anda memenuhi semua persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan.

Persyaratan dan Ketentuan Pinjaman Modal FIF

Syarat dan ketentuan yang diberlakukan pada pinjaman modal FIF dipengaruhi oleh jenis pinjamannya. Seperti yang diketahui, jenis pinjaman modal FIF terdiri dari pinjaman dengan agunan dan pinjaman tanpa agunan. Berikut ulasannya.

Pinjaman Dengan Agunan

Bagi anda yang memilih pinjaman dengan agunan, anda perlu menyiapkan barang berharga atau memiliki nilai tinggi untuk dijadikan sebagai jaminan. Adapun beberapa jaminan yang bisa anda pilih diantaranya yaitu BPKB kendaraan bermotor, sertifikat rumah/ruko, sertifikat tanah dan masih banyak lainnya. Meski dengan agunan, nyatanya semakin banyak orang yang memilihnya. Hal ini dikarenakan pengajuan pinjaman dengan agunan memungkinkan anda bisa memperoleh pinjaman dana tunai yang lebih besar jika dibandingkan pinjaman tanpa agunan. Untuk syarat dan ketentuannya ialah sebagai berikut.

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • STNK
  • Jaminan yang anda berikan

Pinjaman Tanpa Agunan

Layanan pinjaman modal usaha FIF sangat cocok untuk anda yang membutuhkan modal namun tak memiliki agunan untuk dijaminkan. Hanya saja, perlu untuk anda ketahui bahwa layanan ini tak memungkinkan anda untuk mendapatkan pinjaman dana tunai yang besar. Mengenai syarat dan ketentuannya, anda bisa simak ulasan berikut.

  • Kartu identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Legalitas usaha

Lain halnya jika anda meminjam dana untuk kebutuhan konsumtif, anda perlu memberikan uang muka atau DP. Dimana besarnya uang muka sama dengan sekali angsuran yang nantinya akan dibebankan kepada anda setiap bulannya.

Pinjaman Dana KUR FIF

Tak hanya dengan agunan dan tanpa agunan, FIF juga menyediakan layanan pinjaman dana Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dimana pinjaman ini bisa membantu anda untuk mendapatkan modal usaha yang lebih besar. Bahkan sampai dengan Rp. 25 juta. Meski begitu, bunga yang akan dibebankan kepada anda nantinya terbilang rendah, yakni hanya 9% setiap tahunnya. Adapun syarat dan ketentuannya ialah sebagai berikut.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Mempunyai usaha (minimal aktif selama 6 bulan)
  • Izin usaha yang masih berlaku
  • Tak sedang terima pinjaman dana untuk modal usaha dari bank lain namun diperbolehkan jika hal tersebut untuk pinjaman konsumtif
  • Laporan keuangan

Tips Agar Pinjaman Modal FIF Disetujui

Supaya pengajuan pinjaman modal usaha yang anda lakukan disetujui oleh pihal FIF, maka ada beberapa tips yang bisa anda perhatikan. Tips yang pertama ialah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan. Mulai dari isi formulir, berkas dokumen, agunan yang dijaminkan dan lain sebagainya. Perlu untuk anda ketahui bahwa tak sedikit pengajuan pinjaman modal usaha ditolak dikarenakan persyaratannya tak terpenuhi secara lengkap.

Tips agar pinjaman modal usaha FIF diterima selanjutnya ialah menjawab pertanyaan saat survey secara jujur dan logis. Adapun beberapa pertanyaan yang seringkali diajukan kepada peminjam modal usaha diantaranya yaitu legalitas usaha, kepemilikan agunan, hingga laporan keuangan. Pastikan juga anda menjawabnya secara jelas dan yakin nantinya.

[Total: 0    Average: 0/5]

Ahmad Salim
About Ahmad Salim 75 Articles
Maaf jika belum bisa memberikan yang terbaik di tahun ini :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*