Press "Enter" to skip to content

Peluang Bisnis Jasa Rental Mobil Paling Laris di Daerah

Ahmad Salim 0

Mobil adalah kendaraan roda empat yang harganya masih terbilang malah, untuk itu biasanya orang yang ingin membawa mobil untuk kepentingan nya lebih memilih menyewa mobil pada usaha jasa rental mobil, karena mengingat harga sewa yang lebih murah jika dibandingkan dengan membeli mobil.

Melihat peluang tersebut, pelaku usaha banyak yang memanfaatkan peluang tersebut dengan mulai menggeluti dunia rental mobil. Biasanya pelaku usaha rental mobil adalah mereka yang memiliki mobil yang jarang terpakai, sehingga mereka gunakan untuk usaha rental mobil tersebut.

Selain menjadi usaha utama yang menguntungkan, rental mobil juga dapat sebagai usaha sampingan karena tentu saja tidak setiap hari mobil anda ada yang ingin merentalnya.

Peluang usaha jasa rental mobil
sumber : bwrentcarbatam.com

Rincian modal awal usaha

Untuk anda yang ingin memulai usaha, berikut ini adalah gambaran mengenai barang investasi dan biaya yang harus dikeluarkan per bulan

NoBarang inventasi atau modal awalHarga
12 unit mobil harga per unit Rp 196.000.000Rp 392.000.000
2Aksesoris mobil dan biaya lainnyaRp 7.000.000
Total biaya untuk membeli barang inventasiRp 399.000.000

 

NoBiaya operasional per bulanHarga
1Biaya perawatan untuk mobil untuk 2 unitRp 300.000
2Lain lainRp 200.000
Total biaya yang harus anda keluarkan per bulanRp 500.000

Menghitung keuntungan

Untuk mengetahui keuntungan yang anda dapatkan perlu mengetahui pendapatan perbulan. Jika usaha bisnis rental mobil anda memiliki 2 unit yang akan disewakan.

Kita asumsikan per bulan sewa mobil anda mencapai 15 kali mobil anda di rental dengan tarif persewa adalah Rp 500.000 maka dalam satu bulan pendapatan kotor yang anda dapatkan adalah Rp 7.500.000.

Kemudian jika pendapatan sudah diketahui untuk menghitung keuntungan anda perlu mengurangi total pendapatan yang anda apakah dengan biaya yang anda keluarkan per bulan. Jadi Rp 7.500.000 – Rp 500.000 = Rp 7.000.000.

Analisa SWOT

  • Strength (kekuatan) : Masih banyak masyarakat sekitar yang lebih memilih menyewa mobil karena mengingat harga sewa lebih murah dari pada membeli mobil.
  • Weakness (kekurangan) : Mobil biasanya mengalami kerusakan akibat para konsumen.
  • Opportunity (peluang) : Permintaan penyewaan mobil akan meningkat jika musim liburan sekolah, liburan hari raya maupun pernikahan.
  • Threats (ancaman) : Setiap tahunnya usaha penyewaan mobil semakin banyak, resiko mengalami pencurian sangat besar.

Langkah awal dan tips menghemat modal awal untuk usaha

– Pilih yang Banyak Diminati
Untuk memulai usaha penyewaan mobil tentunya yang harus anda miliki adalah sebuah mobil. Jika anda memiliki budget lebih, anda dapat membeli mobil baru. Namu jika anda ingin menghemat modal awal anda dapat menggunakan mobil yang anda punya urung dirental.

Untuk memilih sebuah mobil juga harus memiliki beberapa tips untuk membeli yakni beli mobil dengan harga yang sesuai isi kantong anda, dan pilihlah mobil yang sekiranya banyak Diminati oleh lingkungan anda.

Misalkan jika dilingkungan anda biasanya masyarakat sekitar menggunakan mobil untuk liburan keluarga, maka anda membutuhkan mobil dengan kapasitas penumpang yang banyak. Setelah anda sudah memiliki mobil, untuk harga sewa sendiri tentukan sesuai dengan tipe mobil yang anda gunakan untuk usaha penyewan mobil.

– Jangan membeli mobil bekas
Walaupun anda ingin menghemat modal awal usaha penyewaan mobil, namun anda jangan lupa untuk memberikan kepuasan bagi konsumen anda. Untuk itu agar konsumen merasa nyaman dan juga aman sebaiknya anda membeli mobil baru, atau memanfaatkan mobil yang anda punya yang masih terawat dengan baik.

– Beli mobil : Rental mobil termasuk usaha yang memerlukan modal awal untuk usaha yang tidak sedikit, untuk itu beberapa hal yang dilakukan untuk menghemat modal awal adalah dengan membeli mobil secara kredit.

Untuk cicilan perbulannya anda dapat menggunakan uang hasil pendapatan rental mobil tersebut. Kemudian jika ingin menghemat modal awal, anda cukup membeli 1 buah mobil terlebih dahulu, baru nanti jika usaha penyewaan mobil mengalami perkembangan dan mobil yang pertama sudah dibayar lunas anda dapat kembali memikirkan untuk membeli mobil lagi.

– Promosi
Seperti usaha yang lainnya rental mobil juga harus memikirkan strategi agar usaha anda dapat kenal oleh masyarakat luas, untuk itu anda dapat membuat brosur dan kemudian di bagikan.

Namun jika anda ingin menghemat modal awal anda dapat menggunakan media sosial seperti Twitter Instagram Facebook, tidak hanya itu anda juga dapat membuat website untuk mempromosikan usaha.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *