Press "Enter" to skip to content

Begini Syarat dan Ketentuan Pinjaman Modal Bisnis dengan Jaminan Ijazah

Ahmad Salim 0

Last updated on Juni 7, 2019

Ijazah adalah salah satu sertifikat berharga yang bisa dijadikan sebagai jaminan. Sebagai bukti kelulusan dalam menempuh jenjang pendidikan, jaminan berupa ijazah telah diterapkan di berbagai kota besar yang ada di Indonesia.

Pengajuan pinjaman modal jaminan ijazah sangat diminati bukan tanpa alasan. Adapun beberapa alasannya yaitu syaratnya mudah dan prosesnya cepat. Untuk info lebih jelasnya, anda simak saja ulasan yang kami bagikan di bawah ini.

Inilah Syarat dan Ketentuan Pinjaman Modal Jaminan Ijazah
wichempedia.org

Syarat Pinjaman Modal Jaminan Ijazah

Sama halnya layanan pinjaman modal lainnya, meminjam uang dengan jaminan ijazah juga memiliki persyaratan tertentu. Namun anda tak perlu khawatir. Persyaratan yang dibutuhkan dalam pengajuan pinjaman uang dengan jaminan ijazah tidaklah sulit untuk ditemui. Adapun beberapa syaratnya diantaranya yaitu:

  • KK (Kartu Keluarga)
  • KTP (Kartu Tanda Pengenal)
  • KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) bagi mahasiswa
  • Ijazah sebagai jaminan

Dalam menggunakan ijazah sebagai jaminan, ada beberapa kriteria tertentu yang harus anda penuhi. Adapun salah satunya ialah berlaku ijazah SMA/S1 yang masih valid atau berlaku dalam kurun waktu tak terlalu lama dari tahun ketika pertama kali meminjam dana.

Ketentuan Pinjaman Modal Dengan Jaminan Ijazah

Selain syarat, pastikan anda juga mengetahui ketentuan yang diberlakukan. Adapun ketentuan pinjaman modal menggunakan jaminan ijazah diantaranya yaitu:

  • Usia 19-20 tahun
  • Berdomisili di kota yang berkaitan minimal 3 bulan
  • Diutamakan peminjam adalah mahasiswa atau pihak yang mempunyai ijazah
  • Ijazah milik pribadi
  • Ijazah dengan tahun terbit maksimal 3 tahun
  • Wajib memberikan setoran setiap bulannya sesuai dengan kesepakatan
  • Bunga atau angsuran sesuai dengan jumlah dana

Perlu untuk anda ketahui bahwa lamanya kurun waktu ijazah yang digunakan sebagai jaminan akan mempengaruhi pinjaman dana yang diberikan. Dengan kata lain, pinjaman dana menggunakan jaminan dengan ijazah tahun ini akan berbeda dengan jumlah pinjaman uang dengan jaminan ijazah tahun depannya.

Hal Penting Sebelum Pengajuan Pinjaman Modal Jaminan Ijazah

Ada banyak hal yang penting untuk anda perhatikan sebelum mengajukan pinjaman dana dengan jaminan ijazah. Dengan anda mengetahui beberapa hal tersebut, anda bisa memanfaatkan layanan pinjaman modal dengan jaminan ijazah secara optimal. Adapun beberapa hal penting tersebut diantaranya yaitu:

Mengenal Lembaga Pinjaman Modal

Sebelum anda mengajukan pinjaman duit jaminan ijazah, pastikan anda memahami lembaga pinjaman modal yang akan anda pilih. Dengan anda mengenal lembaga yang menyediakan pinjaman modal secara lebih detail, anda bisa terhindar dari penipuan maupun tidak kejahatan yang tak diinginkan terjadi.

Apalagi jika anda menggunakan lembaga pinjaman modal usaha tersebut via online. Maka anda jangan meremehkan hal ini sebagai bentuk antisipasi.

Dengan anda lebih mengenal lembaga pinjaman modal yang akan anda pilih, maka anda bisa terhindar dari resiko penyalahgunaan ijazah. Seperti yang diketahui, saat ini masih marak terjadi lembaga pinjaman modal yang meminjamkan ijazah yang dijadikan sebagai jaminan kepada pihak lain.

Maka dari itu, pastikan anda memilih lembaga pinjaman modal yang terbaik dan terpercaya. Anda juga harus memastikan bahwa legalitasnya jelas dan reputasinya bagus.

Ketentuan Bunga Pinjaman

Dalam mengajukan pinjaman modal dengan jaminan ijazah, pastikan anda mengetahui ketentuan dan besarnya nilai bunga yang akan anda tanggung nantinya. Alangkah baiknya jika anda menghindari lembaga pinjaman modal yang menerapkan bunga besar.

Hal ini dikarenakan akan terlalu membebani anda nantinya. Apalagi jika pinjaman modal tersebut anda gunakan untuk memulai usaha yang baru. Anda tentunya akan merasa kesulitan dalam mengembalikan pinjaman apabila bunganya terlalu besar.

Teliti Ijazah

Pastikan anda meneliti ijazah yang akan diberikan sebagai jaminan. Bahkan anda sangat disarankan untuk fotocopy dan melegalisir ijazah yang anda miliki. Hal ini dilakukan demi keamanan dan mengantisipasi berbagai hal yang tak diinginkan.

Dengan demikian, anda tak akan merasa kecewa atau dirugikan nantinya. Akan terasa lebih mudah apabila anda meneliti ijazah dengan orang terpercaya. Orang kepercayaan anda tersebut juga bisa berperan sebagai saksi apabila terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan nantinya.

Ketahui Syarat dan Prosedur Perjanjian

Supaya anda mendapatkan manfaat pengajuan pinjaman modal dengan agunan ijazah secara maksimal, ada baiknya anda mengetahui syarat dan prosedur perjanjian yang sudah disepakati di awal.

Dalam hal ini, anda juga bisa mempertanyakan mengenai syarat, batas maksimal pembayaran dan bahkan denda yang harus dibayarkan apabila telah membayar. Dengan anda mengetahui berbagai hal tersebut, anda bisa terhindar dari segala permasalahan yang merugikan diri anda.

Jangka Waktu Pengembalian

Sebelum anda mengajukan pinjaman modal jaminan ijazah, pastikan anda juga memperhatikan jangka waktu dalam meminjam modal. Pastikan anda tidak terlalu lama. Hal ini dikarenakan semakin lama anda meminjam modal, maka akan mempengaruhi segi keamanan ijazah yang anda jadikan sebagai jaminan.

Semakin pendek waktu yang anda pilih, maka tingkat keamanan ijazah anda semakin besar. Maka dari itu, pastikan anda tak mengabaikan jangka waktu peminjaman modal.

tags :

koperasi pinjaman uang jaminan ijazah,pinjaman dengan jaminan ijazah di surabaya, gadai ijazah di bank mandiri,gadai ijazah di bank bca,harga gadai ijazah di pegadaian,alamat tempat gadai ijazah di jakarta

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *