Dapatkan Uang Pinjaman untuk Modal Usaha dari Dana Hibah

Keterbatasan modal adalah salah satu kendala yang sering dihadapi sebagian besar orang yang ingin mencoba membuka suatu usaha atau bisnis. Mengetahui kondisi seperti ini, pemerintah berusaha untuk memberikan solusi bagi warga masyarakat agar dapat memperoleh modal dalam menjalankan usaha.

Tujuannya tak lain supaya bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat. Pemerintah juga sudah menyiapkan dana hibah untuk para pelaku UKM. Cara mendapatkan uang pinjaman untuk modal usaha dari dana hibah harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan pemerintah serta kementerian ekonomi.

Dana hibah ini juga termasuk bentuk bantuan sosial yang bisa dipergunakan dan dimanfaatkan sebagai modal usaha.

Dapatkan Uang Pinjaman untuk Modal Usaha dari Dana Hibah
datanol.com

Dana hibah ini termasuk proses pemberian dengan sukarela yang asalnya dari pihak tertentu untuk si penerima. Pada umumnya dana hibah ini diberikan untuk penerima tanpa meminta imbalan sedikitpun. Kementerian UKM juga telah menyiapkan dana hibah gratis.

Kemudian, dana tersebut akan diberikan secara gratis untuk para pemuda yang hendak mencoba membuka usaha baru. Selain itu, pemerintah dan kementerian nantinya juga akan memberikan pelatihan menejemen usaha dengan gratis. Dana hibah ini akan diberikan khusus untuk usaha kecil serta perorangan.

Cara Mendapatkan Uang Pinjaman Untuk Modal Usaha dari Dana Hibah

Hibah memang bisa diperoleh dari berbagai sumber. Diantaranya seperti pihak pemerintahan, pihak swasta, dan bisa juga diperoleh dari pihak perseorangan. Sedangkan untuk pemanfaatan dana hibah juga berbagai macam. Semuanya akan disesuaikan dengan syarat serta ketentuan yang telah ditetapkan oleh para pemberi dana hibah. Sebagian ada yang memberikan dana hibah untuk yayasan maupun lembaga lainnya. Aka tetapi, dana hibah ada yang memberikannya sebagai bantuan modal awal dalam mendirikan suatu usaha, dan bahkan ada sejumlah pihak pemberi dana hibah sebagai pinjaman untuk modal awal suatu usaha.

Dana Hibah dari Pemerintah

Pemerintah pusat memberikan dana hibah biasanya melalui Kementerian. Diantaranya seperti bantuan dari Kementerian Koperasi serta UKM lewat program wirausaha pemula. Untuk syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

  • Secara individu sudah merintis usaha yang produktif atau paling tidak sudah berjalan selama enam bulan atau maksimal tiga tahun.
  • Usaha juga belum pernah menerima bantuan semacam ini dari Kemenkop dan UKM.
  • Maksimal usia 45 tahun.
  • Sedangkan untuk masalah pendidikan minimal SLTP atau sederajat dan harus punya KTP elektronik yang berlaku.
  • Ada legalitas usaha serta surat keterangan dari kelurahan.
  • Persyaratan yang selanjutnya yaitu anda pernah mengikuti pembekalan kewirausahaan dengan bukti sertifikat maksimal 2 tahun sebelum tahun anggaran berjalan.
  • Anda juga harus mempunyai rencana usaha serta rekening tabungan yang masih kondisi aktif.

Syarat Hibah Kepada Masyarakat

Hibah untuk masyarakat diberikan memiliki syarat seperti harus mempunyai kepengurusan yang jelas. Selain itu juga harus berkedudukan di dalam wilayah administrasi pemerintah daerah yang berkaitan.

Syarat Hibah Untuk Organisasi

Hibah yang diberikan untuk organisasi kemasyarakatan denga persyaratannya yaitu;

  • Anda harus sudah terdaftar di pemerintah daerah setempat paling tidak 3 tahun, kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan.
  • Selain itu memiliki kedudukan pada wilayah administrasi pemerintah daerah yang berkaitan dan juga mempunyai sekretariat tetap.

Dana Hibah dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Tak hanya dari Pemerintah Daerah, dana hibah ini juga diberikan dari BUMN yang punya program dalam membantu UMKM atau PKBL. Bantuan dari PBKL ini paling banyak sebesar Rp.200.000.000. Dana hibah tersebut disalurkan lewat Bina Lingkungan untuk Program Kemitraan bentuknya berupa dana pinjaman.

Dana Hibah dari Perusahaan Swasta

Perusahaan swasta juga sering memberi dana hibah dari program CSR atau Corporate Social Responsibility (CSR). Pada perusahaan tak hanya memperoleh hibah modal usaha, namun pelaku UMKM juga akan memperoleh pembinaan dari suatu perusahaan. Selain memperoleh modal, juga bisa mendapatka pembinaan. Supaya bisa menerima pinjaman atau hibah modal usaha, pelaku UMKM harus mempunyai bisnis yang jelas dulu. Yang mana, usahanya sudah terbukti menghasilkan untung.

Pinjaman Dana Hibah Untuk Modal Usaha

Dana hibah ini seperti halnya dana cuma-cuma yang diperoleh oleh pengusaha. Maka dari itu, sebaiknya tetap selalu waspada. Dari pada memperoleh pendanaan dari berbagai sumber yang lain, pinjaman dana hibah ini jelas dinilai lebih menguntungkan. Sebab, untuk pemberi dana tidak banyak meminta upah atau imbalan sama sekali. Biasanya hanya akan meminta perusahaan mereka agar bisa ikut serta dipromosikan atau pemberian logo di barang usaha yang anda jalankan.

Untuk masyarakat yang sedang berusaha ingin merintis suatu usaha akan tetapi belum memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan usaha anda, dana hibah ini dapat menjadi solusi terbaik untuk anda. Masyarakat dapat mencari tahu informasi serta ikut dalam program dana hibah untuk modal usaha dari beragam pihak. Cara mendapatkan uang pinjaman untuk modal usaha dari dana hibah pastinya harus bisa memenuhi persyaratan dan juga berbagai ketentuan yang berlaku.

[Total: 0    Average: 0/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Achmad Salim

Maaf jika belum bisa memberikan yang terbaik di tahun ini :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *