Press "Enter" to skip to content

Usaha Jualan DVD Drama Korea Drakor dan Analisa Usahanya

Jualan DVD Drakor – Beberapa tahun yang lalu, penggemar film tahu bagaimana mengejar ketinggalan dengan episode terbaru dari serial TV drama korea, dengan pergi ke penjual DVD menjamur di kota besar.

Sekarang, di era streaming, yang menawarkan cara yang lebih praktis untuk menonton film, toko-toko yang menjual DVD bajakan sedang berjuang untuk menarik minat pelanggan.

Hanya dua tahun yang lalu, toko-toko tersebut dapat ditemukan di seluruh kota, di pusat-pusat perbelanjaan seperti Glodok yang terkenal di Jakarta Barat, ITC Kuningan dan Mall Ambassador di Jakarta Selatan, Mangga Dua Square di Jakarta Utara serta terletak di dekat terminal bus dan di daerah perumahan.

Penjual DVD di pinggir jalan mulai redup, karena mereka berkembang pesat dengan pelanggaran hak cipta namun tetap berjalan secara terbuka meskipun sesekali terjadi penggerebekan polisi. Namun, beberapa vendor ini menutup pintu mereka sekarang, bukan karena status hukum mereka yang dipertanyakan, tetapi karena bisnis tidak lagi menjamin keuntungan besar seperti dulu.

Nonton Drama Korea Online

Andrian 27 tahun yang toko DVD Drakor nya masih bertahan di Jl. Palmerah Barat di Jakarta Barat, mengatakan sejumlah toko serupa di daerah itu telah tutup baru-baru ini. “Jumlah pesaing saya mungkin telah menurun, tetapi daya minat pembeli semakin menurun.

Pilihan Editor:

Peluang Bisnis Desain Grafis, Pembuatan Logo, Desain Kaos Online

Dia mengatakan dia telah melihat lebih sedikit pelanggan sejak 2017, karena orang-orang memilih untuk layanan streaming online, termasuk platform streaming legal Netflix, iFlix dan Viu, yang menyediakan beragam koleksi film dan serial TV dengan harga terjangkau sekitar Rp 150.000 per bulan.

Saat ini penonton setia drama korea (drakor) lebih sering nonton drama korea melalui zonadrakor.com, selain gratis mereka dapat menonton film korea full seharian dari tempat atau spot wifi gratis yang tengah manjamur saat ini.

Untuk mempertahankan pelanggannya saat ini, ia menjual DVD dengan harga yang sedikit lebih rendah, yaitu Rp 7.000 per buah, sambil mengadaptasi berbagai film dan acara TV sesuai keinginan pelanggan – yang berarti banyak aksi Hollywood dan seri Korea Selatan.

Suasana yang sama suram di pusat perbelanjaan ITC Kuningan, yang digunakan untuk menampung puluhan toko DVD tersebut. Banyak toko tutup baru-baru ini, hanya menyisakan empat toko terbuka, menurut penjaga toko salah satu toko, yang tidak mau disebutkan namanya.

Baca Juga :

Usaha Jualan Followers Instagram dengan Aplikasi Penambah Followers

Tokonya terutama menjual serial TV Korea Selatan, yang katanya adalah favorit di antara para pelanggannya dan membantu mempertahankan bisnisnya. Toko juga menerapkan penawaran khusus (beli delapan dan dapatkan dua gratis) untuk menarik pelanggan. Dia mengakui bahwa layanan streaming online telah memperlambat bisnisnya.

Penjaga toko lain yang menolak disebutkan namanya mengatakan banyak toko yang menjual DVD bajakan telah tutup di ITC Kuningan, karena mereka tidak lagi mampu membayar sewa yang lumayan.

Berita tentang toko-toko tutup datang sebagai kejutan bagi banyak pelanggan, yang mengatakan ITC Kuningan dulu memiliki banyak toko penjulan dvd di setiap lantai. Namun, layanan nonton film drakor membuat toko sepi pengunjung.

Peluang Usaha Warnet dan Game Online

Pelanggan Netflix lainnya, Dina Sulastri mengatakan dia juga biasa berburu DVD bajakan untuk menonton film atau serial TV terbaru. Namun, sekarang, layanan streaming online memberikan akses ke koleksi film dan serial TV yang lebih luas dengan harga terjangkau, katanya.

Kebanyakan dari mereka lebih suka menggunakan Netflix, karena koleksi film dan serial TV dikuratori dengan baik. Saya bisa menonton film dan film seri dari luar negeri yang tidak bisa saya temukan di siaran tv indonesia.