Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Luar Negeri di Bank Asing

Banyak orang yang menganggap bahwa perusahaan adalah ladang investasi yang sangat menguntungkan bila dibandingkan dengan investasi lainnya. Tetapi untuk mengembangkan perusahaan, pastinya anda membutuhkan modal. Bila anda mencari sumber dana luar negeri, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengajukan pinjaman modal luar negeri.

Disamping mendapatkan sumber dana dari investor asing atau mengikuti ajang kompetisi bisnis. Mengajukan pinjaman modal luar negeri di bank asing menjadi salah satu cara untuk memperoleh dana segar. Bahkan dapat dibilang bahwa hutang menjadi salah satu cara yang paling tepat untuk memperoleh dana segar bagi bisnis yang anda jalankan.

uangindonesia.com

Cara Memperoleh Pinjaman Modal Luar Negeri

Tidak sedikit perusahaan yang akhirnya mencari pinjaman untuk menyegarkan kondisi bisnis yang sedang dijalankan saat ini. Yang perlu dipahami adalah hutang dapat saja mempunyai bunga yang tinggi. Sehingga perusahaan harus berhati-hati jangan sampai hutang tersebut membuat perusahaan bangkrut. Bila bunga terus naik, maka perusahaan mengalami kesulitan untuk melunasi hutang. Jadi anda harus memperhatikan dan mempertimbangkan dengan matang saat mengadakan pinjaman atau hutang.

Jika anda sudah mantap untuk mencari pinjaman modal, maka kami akan bagikan uang di bank luar negeri bagi kebutuhan usaha anda.

Gunakan Sertifikat Sebagai Agunan

Saat anda meminjam uang di bank asing, sama seperti saat anda meminjam uang di bank dalam negeri, baik itu bank konvensional ataupun bank syariah. Anda harus memberikan jaminan. Adanya jaminan menjadi hal utama karena inilah yang menjadi rasa aman dan nyaman untuk kedua pihak. Dapat dibilang ini adalah penyeimbangan jika hutang disertai dengan jaminan. Jadi saat pihak bank hutang tidak dapat membayar jaminan, itulah yang menjadi alat pembayaran nya. Bila ingin pinjam uang di bank luar negeri, maka anda harus menyiapkan jaminan sertifikat tanah yang sah atas nama anda.

IMB Untuk Tempat Usaha

Bank Luar negeri hanya memberi pinjaman untuk usaha. Bila anda meminjam untuk selain usaha tentu tidak akan diberikan. Oleh sebab itu, anda wajib menyertakan dan melampirkan dokumen perizinan mendirikan bangunan bagi tempat usaha. Dengan menyertakan hal ini, pihak bank luar negeri akan memberi kesempatan bagi anda meminjam uang.

Kelengkapan Dokumen Perizinan Usaha

Saat anda ingin melakukan pinjaman ke bank luar negeri bukan hanya surat izin mendirikan bangunan saja yang harus anda siapkan. Namun berbagai kelengkapan lain juga harus dipenuhi. Seperti dokumen resmi yang terkait dengan izin usaha yang dilakukan. Dengan adanya surat izin tersebut, membuktikan bahwa usaha yang dilakukan merupakan usaha atau bisnis yang legal dan telah disahkan oleh badan hukum.

Foto Lokasi Usaha

Kelengkapan dokumen selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah foto tempat usaha. Foto dari lokasi usaha ini menjadi salah satu dokumen pelengkap. Dimana akan memberikan informasi seperti apa kondisi real dari tempat usaha anda. Layak atau tidak memperoleh bantuan dana. Dengan melampirkan foto yang sebenarnya, pihak luar negeri sudah bisa menentukan apa langkah yang selanjutnya akan diambil. Apakah usaha anda layak atau tidak untuk memperoleh pinjaman dana.

Foto Produk Usaha Anda

Bukan hanya tempat usaha yang harus dilampirkan dalam dokumen persyaratan. Tetapi juga produk yang anda jual dan dipasarkan harus dicantumkan. Baik berupa barang maupun jasa. Foto barang atau jasa yang anda jadikan sebagai usaha harus dilampirkan mulai dari produksi sampai dengan distribusi dan pengantaran nya yang berupa kendaraan yang dijadikan sebagai operasional. Ini harus diambil fotonya ketika kegiatan atau pekerjaan jasanya dilakukan.

Daftar Pelanggan

Untuk daftar pelanggan yang diutamakan adalah pelanggan besar dengan sumbangsihnya untuk usaha yang anda miliki. Hal ini bertujuan untuk memastikan prospek usaha anda kedepan. Dengan adanya pelanggan dan juga prospek yang cerah, untuk itu akan memberikan kepercayaan dan rasa nyaman untuk pihak yang memberikan pinjaman.

Tidak Ada Blacklist Dalam Masalah Kredit

Pastikan anda tidak pernah mengalami kredit macet atau punya tempat pinjaman besar yang lain. Sebab pihak bank Indonesia tentu akan melakukan rekam jejak usaha anda dengan perbankan. Rekam jejak menjadi penentu kelayakan anda mendapatkan pinjaman dari bank luar negeri. Dengan rekam jejak yang baik, pihak asing tidak akan ragu untuk memberikan pinjaman pada anda. Tapi bila anda sudah menjadi blacklist bank Indonesia maka jangan berharap anda memperoleh pinjaman dari bank asing,

Survey dan Wawancara

Bila semua persyaratan sudah lengkap, dilanjutkan sesi wawancara dan survei. Ini bertujuan untuk melengkapi data serta memverifikasi data yang diberikan peminjam hutang. Interview diperlukan untuk mengetahui maksud dan motif peminjam hutang. Sementara survei dilakukan sebagai pemantapan di mana pihak pemberi pinjaman dapat melihat langsung kondisi serta keadaan rumah dan lingkungan dari peminjam.

Akad Kredit

Setelah semuanya layak dan memenuhi persyaratan, maka akan dilaksanakan kesepakatan atau akad. Anda sudah bisa menerima pinjaman modal luar negeri tersebut. Pelaksanaan akad ini dilakukan dihadapan notaris yang menjadi saksi antara kedua pihak bahwa sudah dilakukan kegiatan hutang piutang.

[Total: 0    Average: 0/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Yudha Pratama

Just a simple guy work for fun as Content & Copywriter. Graphic designer, Sketcher. Editor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *