Press "Enter" to skip to content

7 Tips Menjalankan Bisnis Salon Anak dengan Omzet Hingga 36jt/bulan

Flirki Andek 0

Last updated on Juni 5, 2019

Peluang bisnis salon anak atau barbershop khusus anak saat ini semakin banyak bermunculan, terutama di kota-kota besar. Salon ini hadir untuk membantu para orangtua dalam merawat penampilan sang buah hati. Misalnya saja, kebutuhan potong rambut.

Seperti yang diketahui, anak-anak cenderung kurang suka jika dipotong rambutnya. Namun, dengan membawa anak ke salon khusus anak yang memang memiliki suasana berbeda, anak akan merasa nyaman dan tak ragu untuk dipotong rambutnya.

Peluang Bisnis Salon Anak Barbershop Keuntungan 36jt sebulan

Analisa Bisnis Salon Anak

Usaha salon khusus anak mampu memberikan keuntungan yang besar. Terlebih jika anda menekuni bisnis ini sebaik dan semaksimal mungkin. Pastinya omzet yang akan anda peroleh nantinya kian besar. Sebelum memulai bisnis ini, ada baiknya anda simak ulasan yang kami bagikan berikut ini.

Rincian Modal Usaha

Ketika ingin menjalankan bisnis, modal tentu menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Mengenai besarnya modal yang dibutuhkan untuk usaha pangkas rambut khusus anak tentu bervariasi sesuai kebutuhan. Hal yang pasti, sebagian modal digunakan untuk mendesain interior ruangan. Berikut perkiraan rincian modal awal bisnis salon anak.

KebutuhanPerkiraan Pengeluaran (Rp)
Sewa Lahan/Tempat Usaha (1 Tahun)70.000.000
Belanja Peralatan Salon20.000.000
Perizinan Usaha7.000.000
Gaji Karyawan 2 Orang (1 Bulan)3.000.000
Biaya Air dan Listrik Bulanan1.000.000
Biaya Promosi1.000.000
Biaya Tak Terduga500.000
Total102.500.000

Perhitungan Keuntungan dan ROI

Keuntungan yang diperoleh dari usaha salon anak sangat menggiurkan. Jika dalam satu harinya ada 40 anak dengan tarif jasa Rp. 30.000 per anak, maka omset yang anda dapatkan sebesar Rp. 1.200.000 per hari. Penghasilan tersebut bisa anda kalikan sebulan, maka besarnya omset kotor sekitar Rp. 36.000.000 per bulan.

[bctt tweet=”“Waktu terbaik untuk investasi adalah 10 tahun lalu. Waktu terbaik kedua adalah sekarang.”” username=”raulhernandezcs”]

Analisis SWOT

Target market salon anak sangat besar, dan pesaing sedikit membuat potensi usaha ini sangat besar. Masyarakat di desa cenderung memilih mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan pokok daripada menunjang penampilan anak.

Masalah tersebut bisa anda atasi dengan menerapkan tarif jasa yang murah dan sesuai keuangan masyarakat. Bagi anda yang tak memiliki keterampilan dalam melakukan perawatan pun, anda tetap bisa membuka bisnis ini dengan memperkerjakan hair stylist atau spesialis salon anak lainnya.

Tips Berbisnis

Dalam membuka bisnis barbershop khusus anak, pastikan anda memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan. Anda harus melayani secara ramah, sopan, murah senyum dan bersahabat. Dengan begitu, anak akan merasa nyaman saat anda tangani.

Disamping itu, pastikan anda memberikan pelayanan yang lengkap. Selain potong rambut, anda juga bisa menyediakan layanan pedicure, manicure, stylist rambut, perawatan kuku, dan lain sebagainya. Lebih dari itu, pastikan tempat usaha anda selalu dalam kondisi bersih dan terawat supaya pelanggan yang datang merasa nyaman.

Strategi Pemasaran

Supaya usaha salon anak yang anda jalankan bisa dikenal banyak orang, pastikan anda melancarkan strategi pemasaran yang efektif. Dalam promosi usaha pun, anda tak hanya bisa melakukannya secara offline saja, akan tetapi juga online.

Untuk promosi offline, anda bisa lakukan dengan menyebarkan brosur, promosi dari mulut ke mulut, memasang spanduk atau banner dengan keterangan diskon dan lain sebagainya. Sementara untuk promosi secara online, anda bisa beriklan di media sosial, promosi di marketplace, membuat website, dan masih banyak lainnya.

[bctt tweet=”Takut mengambil resiko, ragu-ragu, dan alasan tak bermodal adalah ciri-ciri kegagalan seorang Pebisnis” username=”raulhernandezcs”]

Peluang bisnis salon anak akan memberikan omzet yang semakin menguntungkan apabila anda gencar melakukan promosi. Sebagai pemula, anda juga tak perlu ragu untuk memberikan diskon harga selama beberapa hari.

Selain itu, bisa juga anda menawarkan tarif gratis bagi pelanggan pertama. Demikian ulasan singkat analisa usaha dan perhitungan modal nya, jika membutuhkan contoh proposal usaha salon anak, silahkan ambil disini.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *