105 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan dengan Modal Kecil

Vector character wearing glasses and working on his laptop in flat retro style
via youtube

Peluang bisnis modal kecil cocok untuk usaha yang menjanjikan masa depan cerah dan saat ini booming di tahun 2019. Usaha Masa kini tanpa modal pun bisa dijalankan, yang lagi booming sekarang ini adalah CrowdFunding. Simak ulasan beberapa jenis usaha yang menghasilkan dibawah ini :

usaha yang menjanjikan masa depan cerah dengan modal kecil

Lalu apakah bisa menjalankan bisnis dengan keterbatasan modal ? Tentu saja bisa, dengan mengumpulkan berbagai referensi peluang bisnis apa saja yang cocok untuk dijalankan.

Untuk riset jenis usaha kecil kecilan yang berpotensi besar, kami beberkan 100 ide peluang bisnis yang menjanjikan di mesa depan dengan modal kecil yang biasa dijalankan oleh calon pengusaha baru baik karyawan, ibu rumah tangga ataupun anak pelajar smp, sma dan mahasiswa.

Table of Contents

Usaha yang Menjanjikan

Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) adalah jenis bisnis atau sebuah usaha kecil dengan total kekayaan bersih paling banyak sebesar 200 juta, dari total tersebut tidak termasuk tanah dan bangunan yang dijadikan tempat usaha, menurut UU No. 9 tahun 1995 Tentang Usaha Kecil.

Selain itu usaha yang termasuk dalam kategori UKM, menurut undang-undang tersebut juga maksimal berpenghasilan dalam setahun tidak boleh melebihi 1 Miliar Rupiah. Serta UKM bisa dalam bentuk usaha perorangan berbadan hukum bahkan usaha yang tidak berbadan hukum.

Jenis usaha kecil menengah (UMKM) adalah usaha dengan modal dibawah 20 juta atau dibawah 10 juta. Berikut ini adalah beberapa contoh usaha yang menjanjikan dengan modal kecil di bidang jasa, ritel, kuliner, pertanian, dan peternakan untuk dijadikan referensi Anda sebelum memulai usaha.

Fakta Menarik UMKM

  • Hasil survei Badan Pusat Stastistik (BPS), Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah menguasai 96% unit usaha di Indonesia. Dengan kata lain, UMKM memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kemajuan industri bisnis di Indonesia.
  • Dikutip dari bappenas.go.id, pada tahun 2018, UMKM berhasil menyerap 97% tenaga kerja.
  • Nilai ekspor pelaku usaha kecil mencapai Rp.  210 Triliun tahun 2018 atau sekitar  78% dari total ekspor.
  • Kendala pelaku usaha kecil umumnya keterbatasan modal, strategi marketing tradisional, secara geografis terpelosok , kurang SDM, dan akses pendanaan sulit.

Bisnis Online yang Menjanjikan

Disruption sebuah buku karya Rheinal Kasali yang menyoroti perkembangan teknologi serta dampaknya dalam dunia industri dan bisnis yang akan menggeser jenis usaha konvensional.

Untuk itu Anda sebagai pelaku usaha kecil kecilan sudah saatnya ber-transformasi dan mensinergi-kan pola pikir mengikuti perkembangan jaman di era digital 4.0.

Berikut beberapa jenis usaha di bidang bisnis online yang dapat dijalankan tanpa modal :

Jasa Desain Grafis

Peluang Usaha Desain Grafis
jos.co.id

Bisnis usaha desain grafis untuk sekarang ini memiliki pangsa pasar yang sangat bagus, karena sekarang banyak perusahaan membutuhkan jasa desain untuk membuat logo perusahaan, cover akun sosial media ataupun desain iklan untuk promosi produk.

Selain perusahaan, banyak juga konsumen perorangan yang membutuhkan jasa desain grafis untuk mendesain kartu nama, undangan, kaos, mug, dll.

Selain itu sekarang Anda juga sudah bisa dengan mudah menjual jasa desain melalui marketplace indo seperti Projects.co.id, Sribulancer.com dan Freelancer.co.id.

Online Shop Reseller dan Dropshipping

Menjadi reseller sekarang sedang bagus-bagusnya untuk dijalankan, karena minat orang membeli produk melalui online sudah sangat tinggi. Apalagi bisnis online shop sekarang ini bisa dijalankan dengan modal awal yang kecil sekitar 50 ribu sampai 500 ribu untuk menjadi reseller atau dropshipping atau bahkan gratis.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mencari produk yang akan dijual di marketplace seperti tokopedia.com, bukalapak.com dan shoppe.com, kemudian menjualnya kembali melalui instagram, facebook, atau sosial media lain yang Anda miliki.

Bisnis Aplikasi Milik Pribadi Mirip Gojek dan Grab

Bisnis ojek online seperti gojek saat ini sedang trend di daerah-daerah tertentu yang belum tercover sepenuhnya dengan aplikasi Gojek, Grab dan taksi online lainnya.

Kelebihan dari usaha aplikasi ojek online didaerah antara lain :

  1. Belum ada saingan, bisa jadi Andalah yang pertama kali menjalankan bisnis ini di Kabupaten dan Kota Anda
  2. Modal yang dibutuhkan dibawah 10 juta
  3. Untuk menjalankan aplikasi ini diawal, hanya memerlukan 1 karyawan marketing untuk menawarkan produk Anda.
  4. Maintenance aplikasi dapat diserahkan ke pihak pengembang, dengan biaya service per 6bulan yang murah

Berikut informasi lebih lanjut mengenai bisnis aplikasi angkutan gojek dan grab.

usaha yang menjanjikan dengan modal kecil di Bidang Jasa

Usaha di bidang jasa merupakan usaha yang bisa dikatakan paling mudah dijalankan. Karena modal usaha di bidang jasa hanya di awalnya saja yang cukup besar dan bisa untung berkali-kali.

It’s not about ideas. It’s about making ideas happen Click To Tweet

Penyewaan Baju Adat untuk Anak

Peluang Usaha Sewa Baju Adat Anak
sumber : hipwee.com

Menyewajan pakaian anda untuk anak sangat cocok untuk dijalankan oleh ibu rumah tangga yang tidak mau ribet dan repot untuk menjalankan usaha. Karena waktu dan tenaga untuk menjalankan usaha ini sangat fleksibel.

Cara pemasaran yang termudah saat menjalankan usaha ini adalah dengan bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang sering mengadakan acara tahunan yang mewajibkan siswanya menggunakan baju adat. Sehingga untuk memasarkan usaha ini tidak lagi sulit untuk dilakukan.

Peluang Usaha Sewa Tanaman Hias

Jika Anda hobi atau suka merawat tanaman hias, manfaatkan hobi Anda ini sebagai peluang usaha yang sangat bagus.

Caranya adalah dengan menyewakan tanaman hias yang Anda rawat untuk dekorasi kantor, perusahaan atau acara yang membutuhkan dekorasi tanaman hias, seperti acara pernikahan.

Apalagi usaha ini bisa dimulai dengan modal kecil hanya 3 juta, dan jika dalam sebulan ada 4 perusahaan atau sebuah acara menyewa tanaman hias yang Anda miliki dengan asumsi harga sewa sebesar 500 ribu, maka dalam sebulan bisa menghasilkan keuntungan 2 juta.

Usaha Penyewaan Mainan Anak

Kebutuhan akan hiburan anak-anak semakin tinggi, apalagi sekarang banyak orang tua yang ingin anaknya lebih aktif bermain dan kreatif bukan hanya asyik dengan smartphone.

Jika Anda sering melihat youtube dengan konten permainan anak-anak, pastinya Anda akan melihat pontensi usaha ini.

Karena kabanyakan anak-anak akan meminta pergi ke tempat penyewaan mainan untuk mencoba mainan yang seperti anak tersebut lihat di youtube.

Jadi jangan lewatkan peluang usaha ini di tahun ini, sebelum banyak pesaing didaerah Anda.

Bisnis Sewa Sound System

Peluang Usaha Sewa Sound System
sumber : sewasound.id

Bisnis jasa yang mudah dijalankan lainnya dengan modal kurang dari 10 juta adalah sewa sound system. Untuk menjalankan usaha ini dengan modal 4 juta.

Anda sudah bisa mendapatkan Speaker 3 way, Subwoofer, Mic cable, dan Wirreless. Sehingga Anda sudah bisa mulai menyewakan sound system ke acara pernikahan, acara kantor, acara pesta ulang tahun atau acara lainnya.

Usaha ini biasanya akan mendapat keuntungan yang besar ketika masuk bulan agustus dan ketika banyak acara pernikahan.

Persewaan Tenda Kursi

Selain usaha sound system dengan modal kurang dari 10 juta, usaha lain yang berkaitan lainnya seperti penyewaan tenda dan kursi. Ternyata juga bisa dimulai dengan modal  15 jutaan.

Dengan modal tersebut ketika usaha ini dijalankan dengan harga sewa per hari 700 ribu. Maka dalam sebulan bisa mendapatkan keuntungan kotornya sebesar 21 juta, dan jika dikurangi biaya operasional dan lain-lainnya bisa untung bersih sebesar 8 juta.

Usaha Rental Genset

Usaha satu ini sangat berkaitan erat dengan usaha sebelumnya, karena terkadang dalam suatu acara seperti acara pernikahan akan membutuhkan daya listrik tambahan dan cadangan ketika listrik mati atau tidak kuat.

Dalam menjalankan usaha ini Anda juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, Anda cukup mengeluarkan modal awal sebesar 8 juta untuk membeli genset sebanyak 2 unit dan perkiraan harga sewa per hari 350 ribu. Maka jika dalam sebulan ada 20 orang menyewa, pendapatan perbulannya bisa 7 juta.

Usaha Sewa Alat Pesta

Peluang Usaha Sewa Alat Pesta
sumber : wisatabdg.com

Terakhir usaha alat sewa lainnya yang berhubungan dengan sebuah pergelaran acara adalah penyewaan alat pesta.

Usaha jasa persewaan peralatan pesta tidak membutuhkan banyak modal terlalu besar untuk biaya pengeluaran tiap bulannya.

Untuk mencoba menjalankan usaha ini, Anda hanya perlu menyiapkan modal sekitar 12 jutaan, untuk membeli peralatan dan perlengkapan alat pestanya.

Perkiraan harga sewa dari usaha ini adalah 1,5 juta sampai 2 juta, dan asumsi per bulan ada 3 orang menyewa. Maka pendapatan perbulan bisa sebesar 4,5 juta sampai 6 juta.

Usaha Rental Alat Band

Jika Anda memiliki hobi bermusik maka usaha rental alat musik atau rental band bisa seperti gital, suling, drum, keyboard bisa menjadi pilihan untuk memulai usaha kecil.

Karena usaha ini membutuhkan modal awal perkiraan sekitar 15 juta. Dengan modal tersebut Anda sudah bisa memiliki alat band yang lengkap dan sewa tempat.

Jika diasumsikan per hari bisa mendapatkan pendapatan 200 ribu, maka dalam satu bulan usaha ini berjalan bisa menghasilkan keuntungan sebesar 6 juta.

Usaha Rental Studio Musik

Peluang Usaha Rental Studio Musik
sumber : ngalam.co

Bisa dikatakan usaha ini hampir sama dengan peluang usaha sewa alat musik, yang membedakan usaha ini dengan usaha sebelumnya adalah sistem sewanya.

Untuk usaha rental studio musik, orang hanya diperbolehkan menggunakan alat musik di dalam studio saja dan durasi waktu penyewaan untuk usaha ini adalah per jam.

Jadi jika dalam 1 jam Anda mematok harga sewa sebesar 50rb dan dalam sehari ada 5 grup band yang menyewa dengan durasi minimal 2 jam, maka dalam sehari Anda bisa mendapatkan keuntungan 500 ribu.

Usaha Pengetikan dan Rental Komputer

Yang terakhir untuk peluang usaha di bidang jasa dengan modal kecil ada usaha rental komputer dan pengetikan.

Usaha ini sangat potensial jika Anda memiliki tempat tinggal di daerah kampus. Karena tingkat kebutuhan mahasiswa akan usaha ini sangat tinggi.

Jika Anda ingin mencoba memulai usaha ini dengan modal kecil, perkiraan modal yang harus dikeluarkan sebesar 15 juta dengan keuntungan 1,5 juta sampai 3 juta per bulannya.

Usaha Odong Odong

Apakah Anda memiliki anak atau seorang adik yang masih kecil? Apakah mereka ketika melihat odong-odong tertarik untuk menaikinya?

Kebanyakan anak-anak akan meminta orang tuanya untuk menaiki odong-odong, baik itu yang kelilingan atau berada di tempat permainan anak-anak.

Dilihat dari potensi ini, maka usaha memiliki odong-odong dengan target pasar anak-anak sangatlah bagus.

Asumsi dengan tarif sekali naik dikenakan 2 ribu dan dalam sehari ada 100 anak yang menaiki odong-odong. Maka dalam sehari bisa memiliki pendapatan 200 ribu.

Jasa Tambal Ban Tubles

Peluang Usaha Tambal Ban Tubles
sumber : youtube.com

Tambal ban adalah kebutuhan bagi kendaraan roda 2 ataupun roda 4, apalagi sekarang motor dan mobil baru sudah menggunakan ban tubles. Sehingga peluang usaha tambal ban tubles menjadi sangat menjanjikan.

Untuk menjalankan usaha ini modal awal juga kurang dari 10 juta loh, Anda hanya perlu mengeluarkan modal 7 juta untuk membeli Mesin kompresor, Alat press ban, Alat tambal ban dan Kunci-kunci.

Setelah itu Anda sudah bisa menjalankan usaha ini dengan modal tenaga dan pengetahuan tentang cara menambal ban tubles. Berdasarkan artikel Peluang Usaha Tambal Ban Tubles, usaha ini bisa mendapatkan untung 5 juta per bulan.

Usaha Kuliner yang Menjanjikan

Jika Anda sedang mencari peluang usaha yang menguntungkan dengan modal yang kecil di bidang kuliner, ada banyak usaha yang bisa Anda pertimbangkan untuk dijalankan seperti berikut :

Bisnis Frozen Food Rumahan

Siapa yang tak kenal merk Frozen Food seperti SoGood, Champ, Fiesta? Yups makanan dari olahan daging ayam, sapi  dan seafood ini terkenal dengan rasa yang enak dan bisa awet dan tahan lama.

Tahukah Anda bahwa makanan seperti merk terkenal tersebut bisa dibuat sendiri dengan modal kecil dan dijual dengan keuntungan yang besar.

Untuk Anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang cara membuat dan keuntungan usaha frozen food silahkan cek di artikel peluang usaha frozen food rumahan.

Jualan Bakso Keliling

Peluang Usaha Bakso Keliling
sumber : edorusyanto.wordpress.com

Bakso adalah salah satu makanan yang sangat nikmat disantap ketika cuaca dingin atau malam hari tiba.

Jadi bisa dikatakan ketika Anda berjualan bakso dengan sendirinya akan banyak orang mencari Anda.

Apalagi dengan model jualan keliling maka ketika Anda berjualan akan ditunggu-tunggu para pelanggan karena mereka tidak perlu keluar rumah untuk membeli bakso.

Apalagi modal awal untuk menjalankan usaha ini, jika Anda sudah memiliki motor sendiri maka hanya menambah gerobak, panci dan peralatan lainnya.

Bisnis Catering Anak Sekolah

Usaha Catering atau bisnis rantangan makanan sehat untuk anak sedang tren pada tahun 2018 lalu, karena modal yang dibutuhkan paling sedikit 500rb.

Jika Anda memiliki keahlian ini, maka menjalankan usaha catering untuk anak sekolah cocok untuk Anda jalankan.

Apalagi usaha rantangan ini bisa dijalankan di rumah tanpa menyewa tempat untuk berjualan, Anda hanya memerlukan alat transportasi untuk mengantar makanan saja.

Selain itu, agar usaha ini cepat laku, Anda harus bisa bekerjasama dengan beberapa sekolah.

Berjualan Es Krim Keliling

Saat cuaca panas, paling nikmat adalah menyantap es krim yang dingin dan lembut, bukan?

Karena itu banyak orang akan mencari orang yang berjualan es krim saat cuaca panas atau saat siang hari. Ketika Anda memiliki mental pembisnis, ini adalah peluang bagus untuk berjualan es krim.

Jika jualan ingin cepat laku, maka Anda harus berjualan model street food atau menjual makanan dan minuman di depan mini market seperti alfamart, indomart atau tempat wisata.

Lalu berapa modalnya? Silahkan simak di Peluang Usaha Es Krim.

Bisnis Waralaba Ayam Geprek Bensu

Peluang Usaha Ayam Geprek
sumber : idntimes.com

Siapa yang tak kenal ayam geprek bensu? Yups, ini adalah salah satu brand kuliner dari artis ruben onsu. Untuk itu, jika Anda ingin mencoba menjalankan usaha dengan modal kecil, usaha ini patut di coba. Karena dengan bermodalkan 10 juta saja bisa mendapatkan penghasilan 400-500 ribu setiap hari loh.

Apalagi jika rasa ayam gepreknya lebih enak dari yang lain, pastinya akan mendapatkan penghasilan perhari dengan lebih banyak lagi.

Untuk yang berniat mencoba usaha ini silahkan membaca Peluang Bisnis Waralaba Ayam Geprek Bensu, Harga Franchise, Modal Hingga Keuntungan.

Jualan Rempeyek Kacang Renyah dan Tahan Lama

Apakah Anda seorang ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk keluarga? Anda harus mencoba menjalankan usaha rempeyek. Karena usaha ini bisa langsung dijalankan karena perlengkapan dan peralatan untuk membuat rempeyek sudah tesedia di dapur sepert :

  • Kompor dan gas
  • Wajan
  • Peniris minyak
  • Spatula
  • Bahan dan Bumbu membuat rempeyek

Jadi dengan bermodalkan alat dapur yang mungkin sudah Anda miliki tersebut Anda bisa memulai usaha ini. Yang harus Anda lakukan setelah membuat rempeyek hanyalah menitipkan barang dagangan di warung warung.

Berjualan Sop Buah Segar

Jus buah adalah salah satu minuman menyegarkan dan menyehatkan bagi tubuh, karena itu banyak orang ketika cuaca panas akan mencari minuman satu ini.

Terutama ketika banyak orang berpergian ke luar rumah untuk berbelanja ataupun jalan-jalan dan merasa haus maka minuman ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang tidak suka dengan minuman kemasan.

Agar jus buah cepat laku, maka Anda harus berjualan di dekat pusat perbelanjaan, dekat tempat wisata ataupun yang sedang trend saat ini di depan minimarket indomart atau alfamart.

Jualan Egg Roll atau Sosis Telur

Peluang Usaha Egg Roll atau Sosis Telur
sumber : ramesia.com

Ada lagi peluang usaha kuliner yang menjanjikan di masa depan yaitu berjualan egg roll atau sosis telur. Karena cemilan satu ini sedang banyak diminati oleh kaum muda loh.

Jadi peluangnya sangat bagus untuk dicoba. Selain itu ternyata usaha ini termasuk usaha yang menjanjikan dengan modal kecil yang biasa dijalankan dengan modal sekitar 4 jutaan saja.

Dengan perkiraan pendapatan bisa sampai 90 ribu sampai 150 ribu per hari loh. Jadi keuntungan perbulan hanya dari berjualan egg roll dan sosis telur bisa sampai 2 juta sampai 4 juta.

Jika tertarik dengan usaha ini silahkan baca Peluang Usaha Egg Roll atau Sosis Telur.

Jual Martabak Bangka Gerobak

Siapa yang paling suka dengan cemilan yang bernama martabak bangka? Makanan satu ini biasa dijadikan makanan favorit keluarga saat waktu santai atau makanan yang biasa di bawa ketika berkunjung ke rumah orang tua, teman, kerabat ataupun pacar bukan?

Nah dilihat dari potensi yang bagus ini, makanan satu ini bisa dijadikan ide dan inspirasi bagi Anda yang akan menjalankan usaha yang menjanjikan dengan modal kecil di bidang kuliner.

Lalu, kira-kira berapa modal usaha berjualan martabak Bangka? Untuk menjawabnya silahkan simak pada artikel Peluang Usaha Martabak Bangka Gerobak.

Berjualan Gorengan 1000an

Apakah Anda sedang mencari usaha kuliner modal kecil dengan keuntungan yang besar dan bisa dijalankan dengan mudah? Jawabannya adalah berjualan gorengan.

Karena usaha kuliner satu ini Anda tidak perlu memiliki keahlian dalam memasak, asalkan Anda tahu resep membuat gorengan yang enak dan gurih maka gorengan yang Anda jual akan memiliki banyak pelanggan.

Kelebihan lain dari usaha ini, ketika Anda tidak memiliki tempat untuk berjualan, tetap biasa dimulai dari rumah terlebih dahulu loh.

Jual Nugget Ayam

Peluang Usaha Nugget Ayam

Kita tahu bahwa nugget ayam kemasan dengan merk seperti SoGood, Fiesta ataupun Champs memiliki harga yang mahal.

Tapi banyak orang menyukai makanan satu ini untuk dijadikan lauk ataupun cemilan. Karena itu, jualan nugget ayam bisa menjadi peluang usaha yang bagus ketika bisa membuatnya sendiri di rumah dan dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan nugget ayam bermerk.

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha ini dari rumah dengan modal awal 7 jutaan saja, bisa mendapatkan untung per hari 300 ribu. Maka Anda harus membaca Peluang Usaha Nugget Ayam.

Berjualan Es Dawet

Minuman yang menyegarkan akan menjadi pilihan banyak orang ketika cuaca panas atau siang hari, maka dari itu berjualan es dawet merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin memulai usaha. Apalagi usaha ini bisa dijalankan dengan modal awal hanya 4 juta bisa mendapatkan keuntungan per hari sampai 200 ribu sampai 300 ribu loh.

Untuk membuat es cendol atau dawet yang perlu Anda beli setiap hari seperti :

  • Tepung Beras
  • Tepung Tapioka
  • Daun Pandan
  • Es Batu Serut
  • Santan
  • Gula Merah

Jual Opak Singkong

Bagi Anda yang membutuhkan ide untuk usaha yang bisa dijalankan di rumah dengan modal kecil, kami menyarankan untuk berjualan opak singkong. Untuk usaha Anda hanya memerlukan perlatan dapur seperti :

  • Wajan besar
  • Spatula
  • Peniris minyak
  • Kompor beserta gas
  • Alat pengemas peroduk
  • Mesin pengaduk bumbu
Ide itu mudah. Implementasinya sulit, butuh kegigihan Click To Tweet

Jika peralatan tersebut sudah Anda miliki di rumah maka untuk menjalankan usaha ini, hanya memerlukan bahan untuk membuat opak singkongnya seperti : singkong, bumbu pedas dan minyak goreng. Jadi sangat mudah untuk mencoba usaha satu ini dari rumah.

Berjualan Mie Ayam Pangsit

Peluang Usaha Mie Ayam Pangsit
sumber : idntimes.com

Ketika Anda bertanya peluang usaha kuliner apa yang membutuhkan modal kecil dan mudah dijalankan? Kami menyarankan untuk mencoba berjualan mie ayam pangsit.

Kenapa? Karena modal awal untuk berjualan makanan satu ini hanya 4 jutaan dan bisa mendapatkan pendapatan per hari sampai 240 ribu sampai 300 ribu loh.

Tapi selain memikirkan modal saat menjalankan usaha ini, namanya usaha kuliner yang paling terpenting adalah rasanya.

Karena itu Anda harus bisa memasak dan menemukan resep mie ayam yang enak dan berbeda dengan penjual mie ayam lainnya.

Jualan Nasi Kuning

Usaha apa yang bisa dijalankan dengan modal 3 jutaan? Jawabannya adalah berjualan nasi kuning untuk sarapan pagi.

Karena usaha satu ini bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga yang sudah memiliki perlatan memasak yang lengkap. Sehingga untuk menjalankan usahanya hanya membutuhkan modal untuk membeli bahan baku membuat nasi kuning saja. Bahan yang dibutuhkan seperti :

  • Beras
  • Kunyit
  • Santan
  • Daun pandan
  • Garam
  • Serai

Jadi Anda hanya perlu membeli bahan tersebut sesuai dengan porsi nasi kuning yang akan dijual.

Berjualan Fried Chicken

Peluang Usaha Fried Chicken
sumber : kitchme.com

Siapa yang tak kenal dengan friend chicken yang dijual di KFC, McDonald, A&W dan rumah makan fast food terkenal lainnya?

Ketika kita melihat rumah makan tersebut berjualan friend chicken sabana dengan harga yang mahal, tapi orang tetap ingin membelinya, artinya usaha friend chicken menjadi makanan favorit banyak orang.

Jadi ketika Anda mencoba berjualan friend chicken dengan harga 5 sampai 8 ribu saja dan memiliki rasa yang enak, maka akan dengan mudah mendapatkan pelanggan dan penghasilan per hari jika laku 50 friend chicken maka mendapatkan pengasilan 250 ribu samai 400 ribu.

Jualan Bawang Goreng

Bawang goreng adalah salah satu pelengkap makanan yang sering digunakan ibu rumah tangga ataupun rumah makan dan restoran. Tapi untuk sekarang ini sudah banyak orang malas membuat bawang goreng sendiri dan lebih praktis membeli bawang goreng siap pakai.

Jika kita lihat di tokopedia.com, bukalapak.com atau toko online lainnya, harga bawang goreng kemasan dijual mulai 15 ribu sampai 60 ribu.

Jadi bisa dikatakan peluang usaha ini sangat menjanjikan untuk Anda yang ingin memulai usaha dengan modal kecil. U

ntuk mengetahui hitungan modal, pengeluaran dan pendapatannya bisa dilihat pada artikel Peluang Usaha Bawang Goreng.

Berjualan Es Coklat atau Nyoklat

Bisnis kuliner yang sangat menguntungkan dan menjanjikan saat ini, bisa dijalankan dengan modal kecil adalah usaha minuman es nyoklat.

Salah satu usaha miniman yang sedang menjadi trend saat ini adalah es coklat yang kekinian. Ketika menjalankan usaha ini, yang terpenting adalah lokasi berjualan yang tepat.

Untuk berjualan waralaba es nyoklat satu ini Anda harus berjualan disekitar sekolahan, kampus atau dekat pusat perbelanjaan.

Karena ditempat ini banyak kaum muda dan remaja yang akan membeli es, sehingga Anda tidak perlu promosi saat berjualan. Harga jual rata-rata es coklat adalah 10 ribu, jadi jika dalam sehari laku 50 es, maka bisa mendapatkan untung 500 ribu loh.

Jual Nasi Goreng

Peluang Usaha Nasi Goreng
sumber : smallconomic.wordpress.com

Dari berbagai macam kuliner, nasi goreng adalah salah satu makanan favorit banyak orang. Karena itu tidak heran jika banyak orang berjualan nasi goreng, karena selain banyak peminatnya. Keuntungan yang didapatkan cukup bagus, semisal harga per porsi 20 ribu dan dalam sehari bisa menjual 25 porsi maka pendapatan per harinya bisa mencapai 500 ribu loh.

Maka tidak heran jika banyak orang berjualan nasi goreng baik di kaki lima, warung atau rumahan. Untuk Anda yang tertarik untuk mengetahui modal, pengeluaran dan keuntungan usaha ini silahkan baca artikel tentang Peluang Usaha Nasi Goreng.

Jualan Onde-onde

Makanan tradisional sampai sekarang masih banyak penggemarnya, walaupun sekarang sudah banyak makanan dan cemilan dari luar negri yang masuk ke Indonesia.

Makanan atau kue tradisional yang sering dijual dipasar salah satunya adalah onde-onde.

Jika Anda adalah ibu rumah tangga, maka berjualan onde-onde merupakan pilihan yang tepat untuk dijalankan.

Karena hanya dengan bermodalkan peralatan yang sudah ada didapur dan beberapa bahan untuk membuat onde-onde seperti Minyak goreng, Tepung ketan, Tepung sagu, Biji wijen, Vanili, Garam dan Gula pasir. Anda sudah bisa menjalankan usaha ini dari rumah.

Berjualan Roti Bakar

Dengan modal usaha hanya 3 juta, apakah bisa membuka usaha dan bisnis kuliner? Yups, Anda masih bisa membuka usaha kuliner dengan berjualan roti bakar. Ketika memulai usaha ini peralatan yang dibutuhkan untuk dibeli seperti :

  • Mesin pemanggang roti
  • Dekelit
  • Toples untuk wadah toping roti bakar
  • Garpu dan pisau
  • Solet
  • Pelarut keju

Semua perlengkapan tersebut bisa dibeli dengan harga kisaran 1,5 juta sampai 2 jutaan. Sedangkan modal sisa 1 juta bisa untuk bahan roti bakar dan lainnya. Untuk lebih lengkap hitungan usaha ini bisa dibaca di Peluang usaha roti bakar.

Jualan Gado Gado

Peluang Usaha Gado Gado
sumber : Bangka.Tribunnews.com

Bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha paling mudah untuk dijalankan, karena usahanya bisa dimulai dari rumah. Salah satu usaha kuliner yang bisa dijalankan dari rumah adalah berjualan gado-gado.

Karena untuk membuat gado-gado tidak memerlukan perlengkapan dan peralatan masak yang banyak, cukup menggunakan barang yang ada di rumah seperti Pisau, Wadah, Cobek dan uleg, Wajan, Kompor, Gas LPG, Meja, Kursi, Piring, Sendok dan Garpu.

Selain peratan tersebut bahan untuk membuat gado-gado juga sangat sederhan seperti :

  • Tahu putih
  • Tempe
  • Telur
  • Tauge
  • Selada
  • Mentimun
  • Kol
  • Bawang
  • Kacang tanah sangrai
  • Cabai
  • Santan
  • Garam
  • Ketumbar

Berjualan Es Krim Rumahan

Peluang Usaha Es Krim Rumahan
sumber : mesineskrim.co

Jika sebelumnya kami menyarankan Anda menjual es krim di tempat keramaian maka untuk Anda yang tidak memiliki modal untuk menyewa tempat usaham

Maka tetap bisa menjalankan usaha berjualan es krim rumahan loh. Walaupun target pasar hanyalah orang sekitar rumah tapi jika dalam 1 cup es krim bisa dijual dengan harga 3 ribu dan dalam sehari bisa laku 50 cup, maka bisa mendapatkan penghasilan 150 ribu.

Apalagi modal awal untuk membuka usaha es krim rumahan juga kecil hanya 1 sampai 2 jutaan saja. Untuk lebih jelas tentang potensi usaha ini, silahkan baca Peluang Usaha Es Krim Rumahan.

Jual Es Krim Keliling

Masih sama dengan usaha sebelumnya yaitu berjualan es krim. Tapi untuk menjalankan usaha ini, Anda membutuhkan modal lebih besar karena membutuhkan biaya tambahan gerobak es krim untuk berjualan keliling.

Tapi jika dilihat dari segi target konsumen, jenis usaha ini lebih banyak konsumennya di bandingkan dengan es krim rumahan. Untuk lebih jelas membandingkan keuntungannya, Anda bisa membaca Peluang Usaha Es Krim Keliling.

Berjualan Tahu Tempe dengan Kedelai dan Jamur

Ada satu lagi usaha kuliner rumahan yang bisa dijalankan dengan modal kecil, salah satunya adalah berjualan tahu tempe. Bisa dikatakan industri makanan ini banyak diminati banyak kalangan, baik rumah tangga ataupun rumah makan.

Jadi ketika Anda mencoba memproduksi dan menjual tahu dan tempat, untuk pemasarannya tidaklah susah. Cara termudah adalah menjualnya ke pasar atau tukang sayuran.

Jika diasumsikan harga rata-rata tahun dan tempat per kantong 3 ribu dan dalam sehari bisa laku 100 kantong, maka pendapatan per hari bisa mencapai 300 ribu.

Tapi untuk lebih jelas tentang modal awal dan pengaluaran lainnya, bisa dibaca di Peluang Usaha Pembuatan Tahu Tempe dengan Kedelai dan Jamur.

Jual Otak Otak Ikan

Peluang Usaha Otak Otak Ikan
sumber : kaskus.id

Otak-otak ikan adalah salah satu makanan atau cemilan yang biasa kita beli di pedagang keliling, kaki lima ataupun di depan sekolah-sekolah. Ternyata berjualan otak-otak bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar loh.

Jika kita asumsikan harga 1 porsi otak-otak ikan dijual dengan harga 15 ribu dan dalam sehari bisa laku 30 porsi, maka pendapatan kotor per hari mencapai 450 ribu.

Nah dari situ sudah bisa melihat potensi keuntugan yang didapat per harinya, untuk lebih lengkap tentang modal awal dan pengaluaran bisa dibaca di Peluang Usaha Otak Otak Ikan, Modal Awal Kecil dengan Keuntungan Melimpah.

Jualan Sosis Bakar

Usaha ini biasa dijual di kaki lima ternyata mempunyai potensi penjualan yang sangat menguntungkan jika Anda berjualan di tempat yang tepat.

Karena dengan asumsi per hari ada 100 sosis terjual dengan harga 3 ribu, maka pendapatan per hari yang bisa didapatkan adalah 300 ribu.

Karena itu kami akan mengajak Anda untuk mencoba peluang usaha ini, terutama Anda harus mengetahui analisa usahanya melalui artikel Peluang Usaha Sosis Bakar Serba 2000, Jajanan Masa Kini.

Kedai Susu Sapi Murni

Susu murni adalah minuman yang menyehatkan dan menyegarkan, karena itu banyak orang setiap harinya meminumnya. Walaupun sekarang banyak susu murni dalam kemasan seperti merk terkenal susu murni bear brand.

Tapi masih banyak orang yang menganggap bahwa susu yang benar-benar murni dan lebih enak adalah yang dijual di kedai susu.

Karena selain lebih murah, susu murni yang dijual di kedai susu tidak mengandung bahan pengawet seperti susu dalam kemasan.

Melihat tingkat peminat susu murni yang semakin banyak, maka ini bisa dijadikan peluang usaha yang bagus bagi Anda yang ingin membuka kedai susu murni.

Jualan Nasi Bakar

Peluang Usaha Nasi Bakar
sumber : tokopedia.com

Nasi bakar adalah salah satu kreasi makanan yang berbahan dasar dari nasi yang ditambah dengan bumbu dan isian seperti tahu, tempat, telur, ikan asin, daging ayam dan sayuran lainnya.

Nasi Bakar dibalut dengan daun pisang, kemudian terakhir dibakar. Makanan ini selain mudah dibuat, juga memiliki rasa yang enak. Sehingga banyak orang yang beralih jualan nasih bakar.

Jika dilihat dari segi peluang usaha, berjualan nasi bakar bisa dijual denga harga 6 ribu sampai 10 ribu per porsinya loh, jadi jika dalam sehari ada 20 porsi terjual maka pendapatan harian bisa mencapai 200 ribu.

Berjualan Rujak Buah

Jika Anda ingin mencoba berbisnis kuliner tapi tidak ada modal cukup banyak dan pintar memasak, ada alternatif usaha yang tepat untuk dicoba yaitu berjualan rujak buah.

Karena saat menjalankan usaha jualan rujak buah, Anda bisa mencoba memulainya dari rumah terlebih dahulu.

Peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana seperti tenda untuk berjualan di depan rumah, meja dan kursi, cobek dan ulekan, peralatan masak dan peralatan makan dan minum.

Sisanya hanya membutuhkan modal untuk membeli aneka buah, kacang tanah, gula dan bumbu lainnya.

Jualan Susu Kedelai

Jika sebelumnya kita membahas ide dan peluang usaha kedai susu murni yang membutuhkan modal yang cukup besar, terutama untuk menyewa tempat usaha.

Untuk menjalankan usaha berjualan susu kedelai satu ini lebih kecil modalnya, hanya membutuhkan modal untuk membeli susu murni dengan stok yang lebih sedikit.

Serta cara pemasaran yang berbeda, karena Anda harus berkeliling untuk menjual susu murni atau menitip-nitipkan di warung-warung dengan harga per botol 5 ribu.

Warung Penyetan

Peluang Usaha Warung Penyetan
sumber : PergiKuliner.com

Usaha warung makan yang masih laris akhir-akhir ini adalah warung penyetan dengan menu seperti ayam penyet, tempe penyet dan tahu penyet.

Tapi untuk menjalankan bisnis kuliner yang sedang trend, agar bisnis Anda memiliki pelanggan baru dan setia.

Anda harus bisa memasak dengan rasa yang enak dan berbeda dengan penjual penyetan lainnya serta yang terpenting tetap mengutamakan sambal dengan level sesuai keinginan pelanggan.

Berjualan Pecel Lele

Pecel lele adalah salah satu makanan yang sering kita beli di kaki lima atau biasa juga terkenal dengan warung lamogan. Karena makanan satu ini memiliki harga yang murah dan membuat kenyang maka banyak dicari saat orang keluar malam.

Tapi berapa modal awal untuk berjualan pecel lele? Untuk Anda yang baru mulai menjalankan usaha ini, perkiraan modal awal sekitar 8 juta untuk menyewa tempat, membeli tenda, meja, kursi dan peralatan memasak serta bahan makanan dan minuman selama 1 bulan berjualan.

Warung Ikan Asap

Ikan Asap adalah salah satu olahan ikan laut yang dibuat atau diawetkan dengan cara pengasapan, sehingga memberikan rasa ikan yang enak. Untuk yang berniat menjalankan usaha makanan ikan asap ini sangatlah mudah, karena hanya diperlukan beberapa perlengkapan dan peralatan yang sudah ada di dapur.

Yang utama dari usaha ini adalah mencari tengkulak ikan yang menjual harga murah, sehingga nantinya dapat menghemat pengeluaran modal awal usaha.

Untuk gambaran harga jualnya, satu bungkus ikan asap bisa Anda jual 15 ribu. Resto Ikan Asap walau sederhana merupakan bisnis yang menjanjikan masa depat cerah.

Jual Santan Kelapa

Ibu-ibu pasti akan mengenal satan instan merk kara, santan satu ini adalah salah satu contoh santan kemasan yang laku dipasaran. Karena itu, artinya ketika Anda ingin mencoba membuka usaha santan kelapa peminatnya sangat tinggi. Apalagi santan merupakan salah satu kebutuhan untuk memasak harian setiap rumah tangga dan rumah makan.

Jika kita asumsikan saja per kemasan dijual dengan harga 4 ribu dan sehari bisa menjual 100 kemasan, artinya dalam sehari bisa mendapatkan omset 400 ribu. Untuk yang tertarik menjalankan usaha ini bisa membaca Peluang Usaha Santan Kelapa.

Usaha Budidaya dan Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan

Jika Anda suka dengan usaha seperti berternak atau berbudidaya, maka ada banyak peluang usaha yang bisa dicoba untuk dijalankan dengan modal kecil, seperti :

Budidaya Jamur Kuping

Peluang Usaha Jamur Kuping
sumber : indojamur.com

Tahukan Anda bahwa budidaya jamur kuping bisa menghasilkan pendapatan per hari sampai 500 ribu?  Lalu apa saja peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini? Untuk budidaya jamur yang harus dipersiapkan seperti Selang air,Timbangan, Bibit jamur, Pisau, Keranjang panen, Pompa air,Timba, Alat pembersih,Terpal dan serok.

Jika peralatan tersebut sudah Anda miliki yang selanjutnya, Anda harus mencari tahu teknik dan cara budidayanya. Untuk informasi lengkap silahkan baca di artikel Peluang Usaha Jamur Kuping.

Budidaya Jambu Air

Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas, maka peluang usaha budidaya jambu air bisa menjadi pilihan tepat untuk dijalankan.

Usaha ini memang membutuhkan waktu cukup lama sampai tanaman berbuah, tapi ketika sudah waktunya panen jambu bisa menghasilkan 450 KG per bulannya loh.

Dengan asumsi harga jual 10 ribu saja, artinya dalam 1 bulan sudah bisa mendapat keuntungan 4,5 juta loh.

Budidaya Ulat Jerman

Budaya ulat jerman sedang booming saat ini adalah salah satu jenis pakan burung atau ternak yang favorit, karena kandungan protein dan gizi yang baik didalamnya membuat burung cepat besar dan gacor. Karena itu tidak heran disetiap penjual pakan burung pasti menjual ulat jerman.

Melihat potensi dan peluang usaha budidaya yang banyak peminatnya ini, ternyata modal awal hanya sekitar 1 jutaan loh, dan keuntungan yang didapatkan bisa sampai 5 juta per panen.

Untuk yang penasaran bagaimana proses usaha ini dijalankan, silahkan simak pada artikel Peluang Usaha Ulat Jerman Modal 1juta dengan Keuntungan 5jt/panen.

Budidaya Jahe Merah

Peluang Usaha Jahe Merah
sumber : doktersehat.com

Tahukah kamu bahwa ada peluang bagus yang bisa Anda dapatkan dari membudidayakan jahe merah? Kanapa usaha ini dikatakan bagus?

Ya karena dengan modal yang kecil hanya sekitar 3 jutaan saja, dari usaha ini sudah bisa mendapatkan penghasilan 6 juta dalam sekali panennya. Untuk melihat analisa usahanya silahkan baca di Peluang Usaha Jahe Merah.

Budidaya Jamur Tiram

Jamur tiram adalah salah satu jamur yang sering dijadikan olahan makanan dan termasuk jamur konsumsi yang sangat laris dijual di pasar, baik untuk konsumsi rumah tangga ataupun rumah makan.

Jadi ketika melihat potensi ini, ketika Anda berniat menjalankan usaha budidaya jamur tiram. Anda tidak perlu khawatir untuk pemasarannya, karena kemungkinan hasil panen jamur Anda akan cepat laku dipasaran.

Usaha Ternak Domba

Usaha ternak apa yang menguntungkan dengan modal kecil? Jika Anda bertanya demikian, maka jawabannya adalah ternak domba. Karena usaha ternak domba dapat dijalankan dengan modal awal hanya sekitar 4 juta.

Dari modal tersebut Anda sudah bisa membeli perlengkapan seperti : Bibit domba, Kandang domba, Tempat minum domba, Tempat makan domba, Pembersihan kandang, Terpal, Selang air, Sekop, Mesin penggiling untuk makan dan Timba.

Untuk potensi penjualannya per ekor anakan domba bisa dijual 100 ribu dan setiap hari bisa menjual 10 ekor maka, pendapatan per hari bisa 1 juta.

Usaha Tani Jagung

Peluang Usaha Pertanian Jagung
sumber : elshinta.com

Jika Anda memiliki lahan yang nanggur dan sedang bingung ingin ditanami tanaman apa yang bisa menghasilkan keuntungan besar dan modal kecil?

Maka kami menyarankan untuk mencoba bertani tanaman jagung. Karena usaha ini dapat menghasilkan keuntungan 13 juta per bulan dari modal awal hanya 5 juta loh.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya silahkan baca 5 Langkah Mudah Memulai Usaha Tani Jagung dengan Proyeksi Keuntungan Sebesar 13juta/bln.

Produksi Gula Aren

Ingin memulai usaha dengan modal sekitar 5 juta sampai 6 juta? Kami menyarankan Anda untuk mencoba menjalankan usaha produksi gula aren.

Karena berdasarkan analisa usahanya, selain bisa mendapatkan keuntungan dari gula arennya.

Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lain dari Panen Nira dan Panen Ijuknya. Sehingga usaha ini, sekali jalan bisa 3 produk yang dijual. Untuk lebih lengkap tentang usaha ini simak di Peluang Usaha Produksi Gula Aren.

Budidaya Singkong

Singkong adalah salah satu hasil pertanian yang sangat mudah dijual dipasaran, karena makanan ini bisa dijadikan aneka makanan.

Karena itu, jika Anda bertanya usaha pertanian yang menguntungkan dengan modal kecil maka cobalah membudidayakan singkong.

Jika dalam satu kali panen hasilnya 3600 KG dengan harga jual per kg 5rb, maka sekali panen dapat untung sekitar 18 jutaan.

Sehingga jika Anda ingin tahu lebih detail tentang modal dan perhitungan lainnya silahkan baca pada artikel Peluang Usaha Budidaya Singkong.

Budidaya Ubi Jalar

Peluang Usaha Ubi Jalar
sumber : alamtani.com

Selain budidaya singkong jika Anda memiliki lahan yang luas, ternyata usaha budidaya ubi jalar bisa menjadi alternatif.

Karena usaha ini untuk modal awalnya hanya membutuhkan modal sekitar 5 jutaan dan bisa mendapat keuntungan sampai 7 juta per bulannya.

Budidaya Cengkeh

Cengkeh adalah salah satu rempah-rempah yang digunakan untuk memasak dan berbagai kebutuhan lainnya, sehingga peluang usaha untuk budidaya cengkeh masih sangat bagus dan potensial.

Apalagi usaha ini sudah bisa dijalankan dengan modal 7 juta dan bisa mengembalikan modal awal di bulan pertama.

Untuk analisa modal, pengeluaran dan pendapatan lebih detail simak di artikel Peluang Usaha Budidaya Cengkeh.

Tenak Lele Sangkuriang

Lele sangkuriang adalah salah satu jenis ikan lele yang laris dipasaran dan memiliki harga jual yang lebih mahal dari lele lainnya.

Karena harga pasaran per KG dari lele sangkuriang bisa mencampai 30 ribu sampai 50 rb per KG. Yang artinya jika Anda menjalankan usaha ini dengan sekali panen bisa mencampai 300kg.

Maka keuntungan yang didapatkan bisa 9 juta. Jika Anda tertarik untuk mencoba usaha ini silahkan simak artikel tentang Peluang Usaha Lele Sangkuriang.

Usaha Budidaya Pohon Nanas

Nenas adalah salah satu buah yang banyak dijual di pasar dan di toko buah.

Selain itu pembeli buah nanas juga sangat banyak, baik dari konsumen rumahan, toko buah, rumah makan ataupun penjual jus buah. Karena itu, jika Anda mencoba menjalankan usaha budidaya nanas tidak perlu khawatir tidak bisa menjualnya, karena target konsumen sangat banyak.

Untuk perkiraan keuntungan penjualan nanas dengan harga 6rb per kg dan setiap hari 40 KG nanas terjual, maka pendapatan perhari bisa mencapai 240 ribu.

Tambak Udang Vaname

Peluang Usaha Budidaya Udang Vaname
sumber : Tribunnews.com

Jika Anda tinggal didaerah dekat rawa, bendungan atau sungai. Maka kami menyarankan Anda yang ingin berbisnis di bidang budidaya, harus mencoba tambak udang vename. Karena di pasaran saat ini harga udang bisa dijual dengan harga rata-rata 80 rb per kg.

Jadi bisa dikatakan sangat menguntukan bukan?

Lalu berapa modal awal untuk usaha tambak udang vename? Silahkan temukan jawaban dari pertanyaan ini pada artikel Peluang Usaha Tambak Udang Vaname.

Budidaya Ulat Hongkong

Apakah Anda penggemar burung kicau? Jika iya pasti tidak asing lagi dengan yang namanya ulat hongkong. Pakan burung ini sangatlah disukai oleh burung kucauan, karena selain memiliki gizi yang bagus untuk burung, pakan ini juga bisa membuat burung cepat gacor. Sehingga tidak heran jika di penjual pakan burung selalu ada ulat hongkong.

Dilihat dari tingkat permintaan yang tinggi dari penjual pakan burung, maka budidaya ulat hongkong bisa menjadi alternatif usaha yang menjanjikan dengan modal kecil yang bisa Anda jalankan. Karena modal usaha ini sangatlah kecil hanya sekitar 1 juta sampai 2 juta saja.

Budidaya Maggot untuk Pakan Ternak

Selain ulat jerman, ulat hongkong ada lagi salah satu pakan burung yang bernama maggot. Untuk membudidayakan maggot juga sangatlah mudah, karena Anda tidak perlu tempat yang luas. Sehingga bisa dikatakan usaha ini bisa dijalankan di rumah tanpa menyewa tempat.

Kenapa usaha budidaya maggot bisa menguntungkan? Karena dilihat dari harga jual per kgnya.

Rata-rata per KG maggot dijual dengan harga 20 rb. Jika dalam setiap hari bisa panen 15 kg, artinya pendapatan perhari Anda bisa mencampai 300 ribu.

Ternak Burung Puyuh

Peluang Usaha Ternak Burung Puyuh
sumber : Solo.Tribunnews.com

Mengapa kami merekomendasikan Anda yang minim modal untuk tenak burung puyuh? Yang pertama Anda bisa menjual telur burung puyuh dan juga daging burung puyuh. Artinya dalam 1 proses bisnis Anda sudah bisa menghasilkan 2 produk untuk dijual.

Apalagi modal untuk usaha ini juga termasuk usaha UKM, modal awal untuk usaha ini hanya 2 jutaan dan bisa mendapatkan untung sampai 3 juta per bulannya loh. Untuk yang ingin mencobanya silahkan simak Peluang Usaha Ternak Burung Puyuh.

Budidaya Lada Perdu

Lada perdu merupakan salah satu bumbu masakan yang banyak dijual di pasar dan warung sayur. Karena bumbu masak satu ini setiap hari dibutuhkan konsumen rumah tangga dan restoran. Sehingga peluang usaha ini sangat bagus untuk dicoba.

Pertama yang harus diperhatikan untuk memulai usaha ini adalah lahan. Jika Anda tidak memiliki lahan luas, maka Anda harus menyewanya. Estimasi modal awal dari usaha ini adalah sekitar 6 juta, dan bisa menghasilkan omset penjualan sampai 13 juta per bulan berdasarkan artikel Peluang Usaha Lada Perdu.

Budidaya Kangkung Hidroponik

Sistem budidaya tanaman hidroponik sekarang telah menjadi trend baru di bidang pertanian. Karena itu sekarang menanam kangkung sudah bisa sistem hidroponik dengan menghemat lahan dan juga hasil panen yang lebih banyak.

Budidaya sayuran secara hidroponik selain cepat panen, di lahan sempit pun bisa di lakukan dan sedang menjadi usaha terbaik sepanjang masa.

Jika dilihat dari peluang usaha, maka budidaya kangkung hidroponik sangatlah menguntungkan. Pertama adalah dari modal yang hanya 1 juta.

Untuk mengetahui perhitungan pengeluaran dan keuntungan lengkapnya bisa simak pada artikel Peluang Usaha Kangkung Hidroponik.

Budidaya Udang Galah

Peluang Usaha Udang Galah
sumber : youtube.com

Selain udang vename, ada juga jenis udang lain yang memiliki peluang usaha yang bagus, yaitu udang galah. Karena harga udang ini dipasaran bisa mencapai 85 ribu sampai 120 ribu per kg.

Jadi Anda pasti akan tertarik untuk mencoba usaha ini bukan? Lalu berapa modal untuk menjalankan budidaya udang galah?

Berdasar artikel tentang Peluang Usaha Udang Galah, modal awalnya sekitar 12 juta. Dari modal tersebut potensi pendapatan per bulan bisa mencapai 7 juta loh.

Budidaya Ubi Cilembu

Ubi cilembu atau biasa kita kenal dengan ubi madu adalah makanan yang banyak dicari untuk bahan makanan atau cemilan disaat santai bersama keluarga.

Jadi tidak heran banyak orang dipasar dan warung-warung menjual ubi jenis ini, selain itu budidaya ubi culembu menjadi peluang usaha yang menjanjikan di kampung.

Tapi jika Anda ingin menjalankan usaha budidaya bukan berjualan langsung, maka bisa mencoba budidaya ubi cilembu dengan hanya bermodalkan sekitar 5 juta.

Bisa mendapatkan keuntungan per bulan sekitar 3 juta. Untuk lebih lengkap tentang usaha ini silahkan simak pada artikel Peluang Usaha Budidaya Ubi Cilembu.

Budidaya Pepaya California

Pepaya adalah salah satu buah yang murah meriah dan memiiki banyak konsumen. Sehingga tidak heran jika pepaya banyak dijual dipasar dan di toko buah dan cepat laku. Melihat potensi penjualan dan permintaan yang tinggi, budidaya pepaya California bisa menjadi pilihan yang tepat.

Karena pertama Anda hanya membutuhkan modal kecil sekitar 6 juta, kemudian kedua jenis pepaya ini cepat berbuah sehingga bisa dalam sekali panen menghasilkan 900 KG pepaya. Jadi bisa dikatakan jika harga per Kg pepaya adalah 10 ribu, maka dalam sekali panen Anda bisa mendapatkan keuntungan sampai 9 juta. Untuk analisa usaha lengkap bisa dilihat di Peluang Usaha Pepaya California.

Bisnis Retail

Usaha di bidang retail ada banyak macamnya seperti warung sembako, pakan ternak, pakan burung, toko bahan bangunan, toko alat listrik, toko plasti dan toko lainnya berikut ini :

Warung Sembako

Peluang Usaha Warung Sembako

Usaha di bidang retail pertama yang membutuhkan modal kecil yang bisa Anda coba adalah warung sembako. Berdasarkan 6 Tips Membuka Usaha Warung Sembako dengan Omset Puluhan Juta yang telah kami bagikan sebelumnya.

Usaha ini bisa Anda jalankan hanya dengan modal 3 sampai 5 jutaan sudah bisa membeli isi dagangan warung dan peralatan seperti etalase dan lainnya.

Bisnis Air Minum Isi Ulang

Kita tahu bahwa air isi ulang atau air galon merk Aqua, Ades, Cleo, dan lainnya sangatlah laris dipasaran, tapi produk tersebut memiliki harga yang cukup mahal sekitar 16 ribu sampai 18 ribu. Untuk itu, Anda harus bisa berpikir sebagai calon pengusaha bahwa produk satu ini sangat menguntungkan.

Jika Anda bisa menjual dengan harga kurang dari 16 ribu maka orang akan berpikir 2 kali untuk membeli produk air minum isi ulang yang akan Anda jalankan.

Untuk harga air minum isi ulang biasanya sekitar 5 ribu sampai 8 ribu, sehingga peluang orang membeli air isi ulang yang Anda jalankan akan sangat banyak. Untuk lebih jelas tentang modal, pengeluaran dan keuntungan silahkan simak Peluang Bisnis Air Minum Isi Ulang dan Analisa Usahanya.

Bisnis Batako (Batu Bata Ringan)

Peluang Usaha Batu Bata
sumber : arsitag.com

Seiring perkembangan jaman, produk batu bata merah untuk bahan bangunan telah terganti dengan batako atau batu bata ringan.

Karena itu, jika Anda sekarang melihat trend satu ini harus mencoba membuka usaha batako atau batu bata ringan.

Karena usaha ini bisa mendapatkan keuntungan per 1KG bata ringan dijual dengan harga 100rb. Jika dalam sehari bisa menjual 10 KG maka Anda bisa mendpat untung 1 juta. Untuk mengetahui modal awal dan pengeluaran lainnya, Anda harus membacanya artikel Peluang Bisnis Batako (Batu Bata Ringan) Modal 7Juta dengan Keuntungan 16jt/bln.

Bisnis Warung Sembako Modern

Kita tahu bahwa warung sembako sekarang haruslah membutuhkan tampilan yang lebih menarik dimata konsumen, karena sekarang banyak orang sudah beralih membeli kebutuhan sembako di minimarket seperti alfamart dan indomart. Jadi ketika Anda ingin mencoba membuka usaha warung sembako, harus mendesain warung agar telihat lebih modern.

Agar Anda bisa menjalankan usaha warung sembako modern kami juga telah memberikan 6 Tips Membangun Bisnis Warung Sembako Modern Modal 5 Juta yang wajib Anda baca, jika ingin sukses berjualan sembako di jaman sekarang.

Agen Distributor Pakan Ternak

Pakan ternak adalah kebutuhan harian yang banyak dicari oleh peternak ayam, bebek, sapi, kambing dan hewan ternak lainnya.

Karena itu, peluang bisnis menjalankan usaha agen distributor pakan ternak sangatlah bagus. Ditambah lagi banyak orang berjualan pakan ternak, sehingga jika Anda menjadi agen distributor, dagangan akan cepat laku.

Menurut artikel yang diupdate sebelumnya tentang Peluang Usaha Agen Distributor Pakan Ternak dan Analisis Swot, modal usaha ini hanya 10 juta.

Butik Busana Muslim

Peluang Usaha Busana Muslim
sumber : pinkkorset.com

Untuk Anda yang suka dengan dunia fashion dan memahami trend busana muslim yang sedang laris dipasaran, maka membuka usaha butik busana muslim bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena, jika dilihat trend wanita menggunakan hijab dan baju muslim setiap tahunnya bertambah banyak.

Jadi jika Anda tertarik membuka usaha ini, kami sebelumnya telah menginformasikan tentang modal awal, pengeluaran dan potensi pendapatannya pada artikel peluang usaha butik busana muslim. Dimana usaha ini jika berjalan dengan lancar bisa mendapatkan keuntungan bersih sampai 4 juta per bulannya.

Toko Sembako Tanpa Modal

Apakah bisa membuka toko sembako tanpa modal? Sebenarnya Anda tetap harus modal untuk membeli peralatan dan perlengkapan warung sembako seperti Etalase, Rak, Timbangan, Kalkulator dan Kebutuhan sembako lainnya.

Berdasarkan artikel Cara Memulai Usaha Toko Sembako Tanpa Modal, Anda tetap harus mengeluarkan modal sekitar 5 juta untuk membeli perlengkapan seperti disebutkan diatas.

Sisanya yang dikatakan tanpa modal, isi dari toko sembako yang Anda miliki, ketika sudah berjalan. Maka akan ada sales berbagai macam produk yang menawarkan produk mereka untuk dititipkan untuk dijual di warung sembako yang Anda miliki.  Sehingga untuk menambah barang yang dijual lainnya, Anda tidak perlu mengeluarkan modal lagi.

Jual Batik Tradisional dari Rumah

Jika Anda ingin mencari ide usaha fashion dengan modal kecil yang bisa dijalankan di rumah, kami sarankan untuk menjual batik tradisional.

Usaha satu ini bisa dikatakan sangat potensial, karena batik jaman sekarang sudah memiliki model yang keren dan modern.

Sehingga pelangganya tidak hanya dikalangan orang tua saja, tetapi kaum muda sudah tertarik untuk memakainya.

Ketika Anda tertarik untuk menjalankan usaha ini, Anda harus membaca 5 Langkah Mudah Memulai Usaha Batik Tradisional dari Rumah.

Toko Plastik

Usaha retail lain yang bisa dijalankan dengan modal kecil kurang dari 10 juta adalah bisnis toko plastik. Berasarkan analisa usaha dari artikel Peluang Usaha Toko Plastik.  Di bulan pertama Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan sekitar 2 jutaan. Maka jika modal awal 10 juta, artinya usaha ini bisa mengembalikan modal usaha selama 5 bulan saja.

Toko Peralatan Listrik

Peluang Usaha Toko Alat Listrik
sumber : Ftbtajir.blogspot.com

Jika Anda sedang mencari ide dan peluang bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil, Anda bisa mencoba membuka toko alat listrik kecil-kecilan terlebih dahulu.

Jika dilihat dari potensi berjualan alat listrik sangat menguntungkan, karena pada analisa usaha di artikel Peluang Usaha Toko Alat Listrik, Anda hanya perlu mengeluarkan modal 6 juta saja dan bisa untung sampai 14 juta setiap bulannya loh.

Toko Pakan Burung

Apakah sekarang ini Anda memelihara burung kicau? Jika iya pastinya berapa hari sekali Anda akan membeli pakan burung bukan? Nah dilihat dari kebiasaan Anda memelihara burung, artinya orang yang berjualan pakan burung memiliki peluang usaha yang sangat bagus.

Apalagi sekarang trend orang memilihara burung juga sedang naik daun, sehingga Anda harus mempertimbangkan membuka usaha satu ini.

Berapa modal awal untuk menjalankan usaha toko pakan burung? Untuk tahu jawabannya, kami telah memberikan analisa usaha bisnis ini pada artikel Peluang Usaha Toko Pakan Burung.

Toko Bangunan

Ternyata untuk membuka toko bahan bangunan bisa dijalankan dengan modal kecil-kecilan loh. Menurut artikel yang kami berikan sebelumnya tentang Peluang Bisnis Toko Bahan Bangunan Kecil-Kecilan. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal 5 juta.

Dengan modal tersebut sudah bisa mendapatkan Penyewaan tempat, Batu bata, Pasir, Besi, Paku, Cat minyak dan Cat air, Kawat, Semen dan Bahan tambahan lainnya. Dengan barang dagangan tersebut pendapatan dihasilkan bisa 2 juta per bulannya.

Bisnis Florist

Peluang Usaha Toko Bunga
sumber : miner8.com

Apakah Anda suka atau hobi memelihara tanaman berbunga, jika ini adalah hobi Anda. Maka Anda harus mempertimbangkan berjualan bunga. Karena modal usaha toko bunga bisa dengan modal kecil-kecilan terlebih dahulu.

Karena itu, jika Anda tertarik menjalankan usaha ini harus membaca 5 Cara Membuka Bisnis Florist Toko Bunga untuk Pemula. Untuk mengetahui analisa modal usaha, pengeluaran dan juga pendapatan per bulan dari toko bunga.

Toko Alat Pancing

Jika Anda hobi memancing, maka akan tahu apakah menjalankan usaha alat pancing menguntungkan atau tidak. Jika dilihat dari banyaknya penghobi memancing, peluang usaha berjualan alat pancing akan sangat menguntungkan.

Karena berdasarkan artikel Peluang Usaha Toko Alat Pancing, dengan modal awal 15 jutaan, di bulan pertama perkiraan pendapatan bisa sampai 3 jutaan. Toko peralatan pancing sangat cocok di jalankan di daerah sepi, karena banyak yang hobi memancing.

Jadi dapat disimpulkan jika pendapatan per bulannya stabil di angkat 3 juta, maka untuk mengembalikan modal 15 juta membutuhkan waktu selama 5 bulan saja.

Toko Cake and Bakery

Kemudian kita akan menginformasikan pada Anda uang ingin mengetahui bisnis peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil, dan Anda memiliki keahlian untuk membuat kue yang enak. Maka berjualan kue atau membuka toko kue sangat potensial untuk dijalankan.

Berdasarkan Peluang Usaha Toko Kue yang telah kami berikan, usaha ini memerlukan modal awal sekitar 12 juta. Dengan perkiraan pendapatan perharinya 200 ribu sampai 400 ribu loh.

Toko Obat Herbal

Toko Obat Herbal
sumber : khalizhaherbal.com

Apakah Anda ketika tidak enak badan atau sakit lebih memilih membeli obat herbal di banding obat yang dijual diapotek atau dari dokter? Jika Anda menjalankan kebiasaan ini, artiknya banyak orang lebih percaya dengan khasiat dari obat herbal dan merasa lebih aman dikonsumsi.

Dengan persepsi ini, maka biasa diartikan bahwa peluang bisnis toko obat herbal sangat bagus dan dibutuhkan banyak orang. Jika Anda tertarik untuk mencoba usaha toko obat herbal, Anda harus membaca Peluang Bisnis Toko Obat Herbal dan Analisa Usahanya.

Toko Buah

Buah adalah salah satu makanan enak, sehat dan bergizi yang banyak dicari orang setiap hari. Selain dimakan langsung buah-buahan sekarang ini, juga dijadikan olahan makanan dan minuman. Karena itu, jika peluang untuk menjalankan usaha toko buah-buhan sangat potensial.

Selain dari pemasaran yang mudah dijalankan, jika Anda mencari usaha yang menjanjikan dengan modal kecil. Maka toko buah bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Berdasarkan artikel Peluang Usaha Toko Buah Segar, modal awal untuk memiliki buah yang lengkap adalah sebesar 15 jutaan dengan potensi keuntungan per bulan sebesar 3 juta sampai 5 juta.

Toko Oleh-oleh

Toko oleh-oleh ternyata bisa dijalankan dengan modal kecil loh, apalagi jika Anda bisa memproduksi makanan atau makanan khas daerah Anda sendiri ataupun kerajinan tangan. Sehingga modal untuk membeli dagangan oleh-oleh untuk toko tidak terlalu besar.

Jika dilihat berdasarkan artikel Peluang Usaha Toko Oleh-oleh, modal awal dari usaha ini sekitar 20 juta dan perkiraan pendapatan per bulan 5 juta. Sehingga modal usaha 20 juta bisa balik odal di bulan ke 4.

Toko Parfum Minyak Wangi

Peluang Usaha Parfum Minyak Wangi
sumber : tokomabrukperfume.wordpress.com

Terakhir ada peluang usaha dengan modal kecil atau kurang dari 20 juta yang bisa Anda jalankan adalah menjual parfum minyak wangi.  Salah satu toko parfum yang terkenal dan memiliki otlet terbanyak di Indonesia adalah uchi parfum. Ini menandakan bahwa bisnis parfum refill di Indonesia sangat menjanjikan.

Berapa modal untuk menjalankan usaha parfum minyak wangi? Berapa keuntungan per bulannya? Untuk mengetahui jawabannya kami telah memberikan analisanya pada artikel Peluang Usaha Parfum Minyak Wangi.

Sudahkah Anda menemukan peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil yang akan Anda jalankan? Silahkan pilih dari 100 contoh bisnis diatas, manakah yang cocok dengan budget modal usaha dan keahlian serta ketrampilan yang Anda miliki.

Peluang Usaha Bidang Warung Makan

Warung Angkringan Dengan Desain dan Konsep Kekinian

Banyak orang sekarang mencari makanan di malam hari dan tempat untuk nongkrong bersama teman dan keluarga. Sehingga peluang menjalankan usaha warung angkringan sangat bagus, untuk melayani orang keluar malam mencari makanan yang murah.

Selain hanya menyajikan makanan dan minuman murah, agar angkringan berbeda dengan yang lain. Anda harus bisa mendesain dengan konsep kekinian dengan menyajikan fasilitas seperti WiFi, TV atau proyektor untuk nonton bareng.

Warung Lalapan Ayam Goreng dan Pecel Lele

Peluang Usaha Pecel Lele
sumber : bisnistasik.com

Apakah Anda sering keluar malam untuk mencari makanan di warung ayam goreng dan pecel lele? Jika iya, maka hal ini juga dilakukan banyak orang. Artinya usaha ini sangat menjanjikan untuk dijalankan, karena makan adalah sebuah kebutuhan harian setiap orang.

Tahukah Anda bahwa modal awal untuk menjalankan usaha ini tidak terlalu besar. Hanya bermodalkan sekitar 13 jutaan saja, Anda sudah bisa membuka warung lalapan ayam goreng dan pecel lele, dengan pendapatan perhari bisa mencapai 500 ribu loh. Jadi bagi yang ingin tahu lebih lanjut tentang usaha ini silahkan membaca Peluang Usaha Warung Lalapan Ayam Goreng dan Pecel Lele.

Warung Ayam Bakar

Apakah berjualan ayam bakar masih bisa menguntungkan? Karena jika dilihat dari tingkat persaingan sekarang banyak orang berjualan ayam bakar. Jangan salah, usaha kuliner dengan olahan yang terbuat dari daging ayam adalah makanan favorit kebanyakan orang.

Jadi peluang untuk orang membeli ayam bakar sangat tinggi, yang perlu Anda perhatikan adalah masalah kreasi dan rasa masakan yang berbeda dari yang lain agar lebih laku. Untuk mengetahui modal, keuntungan dan resep usaha ini, Anda bisa membaca pada artikel Peluang usaha warung ayam bakar.

Warung dengan Wifi Gratis

Peluang Usaha Warung Wifi
sumber : youtube.com

Anak muda jaman sekarang mana yang tidak senang dengan tempat yang memiliki Wifi? Dengan mencoba membuka usaha warung wifi, Anda bisa mendatangkan banyak anak remaja dan orang yang senang nongkrong sambil ngopi, makan indomie atau cemilan lainnya sampai berjam-jam loh.

Sekarang misal diasumsikan ada 50 pelanggan dengan memesan makanan dan minuman rata-rata 10 ribu, maka didapatkan pendapatan harian sebesar 500 ribu. Jadi selama satu bulan bisa mendapatkan omest 15 juta. Untuk lebih mengetahui tentang analisa usahanya silahkan baca disini.

Warung Soto Lamongan

Warung makan lamongan terkenal dengan makanan seperti soto lamongan, pecel lele, ayam goreng dan juga bebek gorengnya.

Warung makanan satu ini biasa kita temui di pinggir jalanan atau kaki lima ketika hari mulai gelap dan kita juga sering mengunjunginya ketika lapar di malam hari.

Tapi, tahukah kamu bahwa usaha warung lamongan ternyata bisa dijalankan dengan modal awalnya hanya 5 juta dan mendapat keuntungan sampai 3-4 juta perbulan? Jika Anda mencari ide bisnis kuliner harus membaca Peluang Usaha Warung Lamongan.

Warung Indomie dan Bubur Kacang Ijo

Peluang Usaha Warung Indomie
sumber : magazine.job-like.com

Ingin mencoba bisnis kuliner tapi tidak pandai memasak? Maka ada peluang usaha kuliner yang cocok untuk Anda yaitu membuka warung indomie. Karena usaha ini, Anda tidak perlu banyak keahlian dalam memasak. Cara membuat mie seperti membuat mie instant pada umumnya, yang membedakan hanyalah toppingnya, pelanggan minta di tambah telor atau tidaknya.

Untuk menjalankan usaha warung Indomie ini, Anda harus membukanya di tempat yang dekat dengan kampus. Karena ditempat ini banyak mahasiswa yang ketika malam hari lapar dan ingin makan makanan murah.

Warung Bakso Rumahan

Jika Anda ingin menjalankan usaha dari rumah, maka warung bakso rumahan bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena selain dapat menghemat modal awalnya, Anda juga tidak perlu repot untuk membawa barang dagangan dari rumah ke kios atau tempat usaha.

Lalu berapa modal awal usaha ini? Modal awal untuk berjualan bakso rumahan hanya membutuhkan modal awal 4 jutaan. Dengan asumsi penjualan per porsi 10 ribu dan dalam sehari ada 30 porsi terjual maka pendapatan harian Anda bisa mencapai 300 ribu. Untuk lebih jelas tentang analisa modal, pengeluaran dan pendapatan silahkan baca pada artikel Peluang Usaha Warung Bakso Rumahan.

Warung Soto Ayam

Apakah Anda suka membuat soto ayam di rumah? Dan bagaimana pendapat keluarga atau teman ketika mencicipi soto ayam yang Anda buat? Jika komentar dari mereka sangat baik maka, Anda bisa mencoba untuk menjalankan usaha warung soto ayam.

Berapa keuntungan yang didapatkan perhari dari berjualan soto ayam? Jika satu porsi soto ayam dijual dengan harga 10 ribu per porsi, dan setiap hari bisa menjual 30 sampai 50 porsi. Maka setiap hari Anda bisa mendapatkan omset penjualan sebesar 300 ribu sampai 500 ribu. Lalu berapa modal usahanya? Silahkan simak lebih lengkap di artikel Peluang Usaha Warung Soto Ayam.

Warung Bebek Goreng

Peluang Usaha Warung Bebek Goreng
sumber : bebekkaget.blogspot.com

Mungkin dari kita banyak yang tahu warung bebek goreng H. Slamet. Bebek goren H. Slamet adalah salah satu warung bebek goreng yang terkenal dan paling laris di Indonesia. Tapi, tahukah kamu berapa modal untuk membuka usaha warung bebek goreng? Ternyata jika Anda mulai dari modal kecil sekitar 4 juta sampai 5 juta sudah bisa memiliki usaha ini.

Karena warung bebek goreng yang akan dijalankan belum seterkenal bebek goreng H.Slamet, maka diasumsikan 1 porsi dijual dengan harga 10 ribu saja, dan setiap hari ada 20 orang yang makan. Artinya penjualan per hari bisa mencampai 200 ribu.

Warung Makan Padang

Masakan padang adalah salah satu makanan yang menjadi pilihan banyak orang ketika ingin makan makanan enak dengan harga yang murah. Karena warung nasi padang dimanapun berada akan ramai pelanggannya.

Ketika selama ini Anda menjadi konsumen, dan sekarang sedang mencari ide bisnis kuliner. Maka Anda harus melihat peluang membuka usaha warung padang.

Karena ternyata untuk modal awal usaha ini tidaklah besar, hanya sekitar 15 jutaan sudah bisa membuka usaha warung padang. Untuk mengetahui analisa keuntungan, pengaluaran dan kelemahannya silahkan baca pada artikel Peluang usaha warung Padang.

Usaha Jualan Sayur Mayur

Sayuran adalah salah satu kebutuhan yang setiap hari di butuhkan oleh setiap rumah tangga. Sehingga ketika kita berbicara peluang usaha, maka usaha berjualan atau membuka warung sayuran memiliki potensi penjualan yang bagus.

Jika usaha warung jual sayur belum ada di daerah Anda maka akan sangat bagus, karena tingkat persaingan akan lebih rendah dan Anda bebas menjual sayuran dengan harga yang menguntungkan.

Yang paling utama untuk menjalankan usaha ini adalah mencari kulakan sayuran dengan harga yang murah, sehingga dapat menambah keuntungan dan mengurangi kerugian akibat sayur busuk.

[Total: 1    Average: 5/5]

Andu Pratama
About Andu Pratama 86 Articles
Just a simple guy work for fun as Content & Copywriter. Graphic designer, Sketcher. Editor.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*