50 Contoh Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Akhir-akhir ini kita sering mendengar banyak kisah sukses dari ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis rumahan yang dimulai dari usaha modal kecil untung besar.

Karena itu, jika Anda ingin memulai bisnis, maka tentukanlah jenis bisnis rumahan apa yang cocok untuk dijalankan?

50 Contoh Peluang Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Untuk memotivasi Anda untuk menjalankan usaha modal kecil, kami memiliki kisah sukses dari ibu rumah tangga, berikut ini kisahnya :

Kisah Sukses Bisnis Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

Ada banyak contoh kisah sukses ibu rumah tangga yang berhasil menjalankan usahanya dan bisa memiliki karyawan untuk membantu mejalankan bisnisnya.

1. Sambal Rudy dimiliki oleh Lanny Siswadi
Sambal kemasan yang mungkin sering Anda beli ketika berkunjung ke Surabaya ini ternyata dimiliki oleh seorang ibu rumah tangga. Berawal dari hobinya memasak makanan pedas dan membuat sambal, dan banyak teman yang suka dengan masakannya. Sampai sekarang sambal kemasan dari Ibu Lanny ini telah terkenal se Indonesia bahkan sampai luar negeri.

2. Yufeto Catering Bandung dimiliki oleh Wati Hendrawati

Ibu Wati Hendrawati adalah salah satu ibu rumah tangga yang kini telah sukses di dunia catering di Bandung. Jadi jika Anda orang Bandung dan sekitarnya pasti mengenal Yufeto Catering.

3. Pisang Madu Bu Nanik dimiliki oleh Nanik Soelistiowati

Kisah sukses ibu rumah tangga lainnya adalah dari Nanik Soelistiowati, seorang ibu rumah tangga yang memiliki banyak pisang goreng madu di daerah Jakarta Barat.

Ada banyak bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga loh. Misalnya saja dari hobi memasak dan mengolah makanan, ibu bisa membuka bisnis catering, berjualan kue ulang tahun, jajanan pasar atau kue tradisional.

Simak 50 contoh bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga berikut ini :

Bisnis Kuliner Untuk Ibu Rumah Tangga

wanita hebat adalah wanita yang bisa mandiri dalam segala hal

Untuk Anda yang memiliki keahlian di bidang memasak, kami memiliki beberapa rekomendasi untuk Anda yang ingin mencoba menjalankan bisnis modal kecil dan tentunya bisa dijalakan dari rumah :

Bisnis Makanan Beku atau Frozen Food

Peluang Usaha Frozen Food
sumber : hellosehat.com

Pertama yang kami rekomendasikan adalah usaha frozen food. Ini adalah bisnis cocok untuk ibu rumah tangga dan usaha makanan beku hanya membutuhkan modal kecil bisa untung besar dan konsumennya juga banyak. Apalagi jika di dapur Anda sudah memiliki Mesin giling daging, Blender, Cetakan dan Lemari pendingin atau freezer.

Maka membuat frozen food untuk dijual bisa langsung dimulai dengan membeli bahan dan bumbunya, tidak perlu membeli peralatan dan perlengkapan baru. Bahan yang dibutuhkan hanya bahan frozen foodnya seperti Daging ayam, Telur, Sayuran dan bumbu masak.

Catering Anak Sekolah

Jika Anda suka memasak bekal untuk anak di sekolah, maka bisnis catering anak sekolah mungkin cocok untuk dijalankan.  Karena usaha rantangan anak sekolah bisa dikatakan hanya membutuhkan modal kurang dari 10 juta loh.

Berdasarkan artikel Peluang Bisnis Catering Anak Sekolah yang pernah kami bahas sebelumnya, ternyata usaha ini bisa mendapatkan omset sampai 30 juta dengan modal awal hanya 8jt. Jadi Anda hanya membutuhkan teknik pemasaran yang tepat, jika ingin usaha ini untung besar.

Ayam Goreng dan Pecel Lele

Ayam goreng dan pecel lele adalah salah satu makanan favorit untuk lauk bagi banyak orang. Jadi ketika Anda mencoba untuk membuka usaha di rumah berjualan ayam goreng dan pecel lele bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jika asumsi pembeli ayam goreng dan pecel lele setiap hari ada 20 orang saja dengan harga per porsi adalah 10 ribu, maka dalam sehari bisa memperoleh keuntungan harian sebesar 200 ribu. Jika dikali selama 30 hari atau 1 bulan, maka pendapatan dari usaha ini bisa mencapai 6 juta loh. Bagaimana tertarik untuk mencobanya?

Jual Es Krim Rumahan

Peluang Usaha Es Krim Rumahan
sumber : mesineskrim.co

Es Krim merupakan makanan yang tidak hanya disukai anak-anak saja tetapi banyak orang menyukai makanan satu ini, karena itu peluang untuk membuat dan menjual es krim sendiri di rumah masih bisa dipertimbangkan, jika Anda ingin membuka bisnis tanpa modal.

Seperti pada artikel Peluang Usaha Es Krim yang pernah kita bahas, untuk menjalankan usaha es krim rumahan ternyata hanya membutuhkan modal kurang dari 2 juta.

Karena beberapa perlengkapan dan peralatan untuk membuat es krim pastinya sudah Anda miliki di dapur. Selain itu usaha ini juga bisa untung 1 sampai 2 juta per bulan loh.

Jual Rempeyek

Berjualan rempeyek adalah salah satu bisnis modal kecil untung besar yang bisa dijalankan ibu rumah tangga, karena tidak perlu membeli peralatan untuk memasak lagi. Anda tinggal membeli bahan untuk membuat rempeyeknya dan plastik untuk mengemasnya.

Jadi untuk memulai jualan rempeyek kecil-kecilan bisa memulai dengan modal 100-200 ribu dengan perkiraan menghasilkan 50 kemasan rempeyek dan harga jual missal 10 ribu, maka jika semua rempeyek laku terjual pendapatan per hari bisa 500 ribu.

Jus Buah

Jika Anda tidak pandai dalam membuat masakan yang enak, ada berjualan jus buah bisa menjadi alternatif bagi Anda yang hanya seorang ibu rumah tangga. Selain itu usaha ini juga bisa dimulai hanya dari rumah loh.

Untuk gambaran saja, jika dalam sehari Anda dapat menjual jus buah sebanyak 30 cup dengan harga per cup adalah 50 ribu, maka pendapatan perhari bisa mencapai 150 ribu.

Untuk modal awal sangatlah kecil bahkan bisa tanpa modal sepeserpun, apalagi jika Anda sudah memiliki blender, maka tidak perlu membelinya. Yang hanya perlu dibeli adalah aneka buah-buhannya saja.

Egg Roll atau Sosis Telur

Peluang Usaha Egg Roll atau Sosis Telur
sumber : ramesia.com

Salah satu jajanan yang disukai anak-anak dan juga para anak remaja adalah Egg Roll atau Sosis Telur.

Karena cemilan satu ini memiliki harga yang murah hanya 2 ribu sampai 3 ribu per batangnya. Tapi jika dilihat dari segi peluang usaha, maka jika dalam sehari bisa laku sebanyak 50 batang. Per hari pendapatannya bisa 100 ribu sampai 150 ribu.

Martabak Bangka

Martabak Bangka adalah salah satu makanan yang biasa dijual menggunakan gerobak di kaki lima, tapi usaha ini tetap masih bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga loh. Usaha ini membutuhkan modal awal sekitar 5 juta untung berlipat.

Tapi ketika dijalankan atau dilakukan di rumah artinya Anda bisa lebih menghemat modal pembelian gerobak, sewa tempat dan biaya lainnya. Jadi keuntungan yang didapatkan bisa lebih banyak.

Jual Gorengan

Untuk menjual gorengan 1000an, sangat cocok untuk dijalankan oleh ibu rumah tangga, tapi keahlian dalam memasak juga tidak terlalu banyak makanan yang bisa dibuat. Karena untuk membuat gorengan, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan saja dan cara memasaknya juga sangat simple.

Dengan modal awal 6 juta bisa mendapat untung per bulan sampai 3 juta. Jadi Anda bisa membacanya sebagai refensi ketika akan berjualan gorengan di rumah atau menyewa tempat.

Nugget Ayam

Peluang Usaha Nugget Ayam

Nugget ayam merupakan salah satu makanan olahan dari daging ayam yang sekarang banyak dijual oleh produksen rumahan yang lebih murah dibandingkan dengan merk seperti SoGood, Fiesta dan Champs.

Karena peluang usaha rumahan sangat menjanjikan, apalagi usaha chicken nugget bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga di rumah loh. Untuk membuatnya juga sangat mudah ditambah lagi peralatan memasak juga pasti sudah dimiliki semua di rumah.

Jika Anda menjual per kemasan isi 5 dengan harga 6 ribu dan dalam sehari bisa laku 50 kemasan, maka keuntungan per hari bisa 300 ribu.

Es Dawet

Selain makanan, ibu rumah tangga juga masih bisa mencoba berjualan minuman. Salah satu minuman yang banyak disukai adalah es dawet atau es cendol.

Minuman es cendol atau dawet cara membuatnya juga tidak terlalu susah, ditambah lagi bahan untuk membuatnya juga sangat murah. Jadi ketika akan memulai usaha ini modal awal sangat kecil tapi bisa sukses dan untung besar.

Untuk awal usaha jika Anda modal 100 ribu untuk menghasilkan 50 gelas es dawet dan menjualnya dengan harga per gelas 5 ribu maka pendapatannya bisa 250 ribu per hari.

Opak Singkong

Jika Anda mencari peluang usah yang cocok untuk ibu rumah tangga, kami menyarankan Anda untuk mencoba menjual opak singkong.

Jika modal per hari untuk membeli bahan membuat opak sebesar 200 ribu. Bisa mendapatkan pendapatan per hari 600 ribu, jika laku 60 kemasan dengan harga per kemasan 10 ribu.

Mie Ayam Pangsit

Peluang Usaha Mie Ayam Pangsit
sumber : idntimes.com

Jika Anda pernah mendengar berita heboh tentang orang yang berjualan mie ayam dengan harga 2 ribu apakah bisa untung?

Jika pada artikel yang pernah kita bahas tentang peluang usaha mie ayam dengan harga per porsi 12 ribu saja dan setiap hari ada 20 porsi terjual. Maka pendapatan yang didapatkan bisa sampai 240 ribu per hari loh. Jadi untuk yang berjualan mie ayam 2 ribu, bisa dikatakan tetap untung, jika pembelinya per hari sampai 100 porsi.

Nasi Kuning

Nasi kuning merupakan salah satu makanan yang mudah untuk dibuat dan banyak orang juga menyukai makanan ini untuk sarapan pagi.

Jika berbicara tentang artikel yang pernah kami bahas peluang usaha nasi kuning, ternyata usaha ini bisa untung sampai 2 juta sampai 3 juta per bulan loh. Jadi Anda sebagai ibu rumah tangga bisa mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan dari usaha satu ini.

Fried Chicken

Kita mungkin sering berkunjung ke KFC, MC Donald, A&W, CFC atau rumah makan yang menjual Fried Chicken. Jika Anda membaca Peluang Usaha Fried Chicken yang pernah kami bahas, ternyata usaha ini bisa mendapatkan keuntungan cukup banyak sekitar 3 sampai 4 juta loh.

Apalagi usaha ini juga tidak harus menyewa tempat untuk memulai, karena bisa berjualan di rumah dan dijalanan oleh ibu rumah tangga.

Bawang Goreng

Peluang Usaha Bawang Goreng
sumber : pinterest.com

Coba deh ibu mengunjungi toko online seperti tokopedia.com, bukalapak.com atau toko online lainnya dan coba mencari orang menjual bawang goreng online. Pasti Anda akan heran dengan harga bawang goreng per kemasan bisa 15 ribu sampai 60 ribu bukan?

Jadi jika dilihat dari segi peluang usaha, bisnis satu ini sangat cocok untuk dijalankan ibu rumah tangga. Karena modal awal usaha tidak terlalu besar dan penjualan juga bisa melalui toko online.

Es Coklat

Bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga lainnya adalah menjual es coklat. Karena usaha ini bisa dimulai berjualan dari rumah saja dengan mencari konsumen dari tetangga dan anak-anak.

Apalagi bahan untuk membuat es coklat dapat dengan mudah dibeli di toko bahan roti atau toko lainnya. Selain itu, per cup dari es coklat sekarang ini bisa dijual dari harga 3 ribu sampai 10 ribu per cup. Jadi sangat menggiurkan bukan potensi pendapatannya.

Nasi Goreng

Selain bahan baku untuk membuat nasi goreng sangat mudah dan murah, makanan satu ini juga bisa dikatakan paling banyak orang cari ketika lapar di malam hari. Jadi jika Anda terbatas modal untuk memulai bisnis, karena Anda adalah ibu rumah tangga. Jangan khawatir, manfaatkanlah peralatan di dapur untuk berjualan nasi goreng dari rumah.

Untuk gambaran saja, ketika Ibu berjualan nasi goreng dengan harga per porsi 10 ribu dan per hari ada 20 porsi terjual, maka pendapatan per hari bisa mencapai 200 ribu loh. Jadi bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba berjualan nasi goreng?

Onde-onde

Peluang Usaha Onde-onde
sumber : youtube.com

Onde-Onde adalah makanan atau kue tradisional indonesia yang biasa dijual dipasar. Tapi makanan satu ini juga menjadi makanan favorit bagi banyak orang saat waktu santai sambil minum teh dan kopi dipagi dan sore hari loh.

Jadi kalau kita lihat dari segi peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga, berjualan onde onde bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain konsumennya banyak, modal untuk memulai usah ini juga kecil dan setiap bulannya bisa untung sampai 3 juta.

Roti bakar

Jika rumah Anda memiliki lokasi yang strategis di pinggir jalan raya, maka menjual roti bakar bisa dijalankan dengan mudah, walaupu Anda adalah seorang ibu rumah tangga.

Dengan modal 3 juta sudah bisa peralatan untuk membuat roti bakar dan bahan roti bakarnya. Keuntungan yang dihasilkan per bulan bisa sampai 11 juta.

Gado Gado

Jika Anda sebagai ibu rumah tangga dan ingin memiliki usaha yang bisa dijalankan di rumah, bisa mencoba berjualan gado gado. Dengan mengunakan peralatan memasak yang ada didapur Anda dapat memulai menjalankan usaha ini.

Yang perlu dibeli untuk modal awal hanyalah bahan dan bumbu untuk membuat gado gadonya. Jika per hari ada 30 porsi terjual dengan harga 15rb, maka pendapatan bisa 450 rb per harinya.

Pembuatan Tahu Tempe dari Kedelai

Kita tahu bahwa tahu dan tempe merupakan makanan yang murah meriah dan sangat laku dijual di tukang sayur ataupun di pasar. Melihat potensi penjualan tiap hari yang cukup banyak, usaha ini cocok untuk dijalankan ibu rumah tangga.

Dengan modal awal 5 juta, Anda sudah bisa mulai menjalankan usaha ini. Dengan potensi pendapatan sampai 2 juta sampai 3 juta per bulannya.

Otak Otak Ikan

Peluang Usaha Otak Otak Ikan
sumber : kaskus.id

Otak-otak ikan merupakan makanan yang enak dan lezat untuk cemilan. Kita juga sering melihat otak otak dijual dalam bentuk kemasan dengan harga rata-rata adalah 15 ribu. Jadi misalkan per hari bisa menjual 30 kemasan, pendapatan per hari bisa 450 ribu.

Sosis Bakar

Apakah Anda sering membeli sosis bakar untuk cemilan dan sering melihat sosis bakar di warung kaki lima banyak menikmati hidangan renyah ini? Apakah berjualan sosis bakar bisa menguntungkan? Berapa modal untuk berjualan sosis bakar?

Modal awal untuk menjalankan usaha ini adalah 4 jutaan dan pendapatan per hari bisa sampai 50 ribu sampai 100 ribu tergantung penjualannya.

Nasi Bakar

Ada banyak bisnis kuliner yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga terutama dengan modal kecil loh. Salah satunya adalah berjualan nasi bakar. Apalagi jika peralatan memasak seperti :

  • Kompor
  • Etalase/gerobak
  • Gas
  • Penggoreng
  • Panci
  • Wajan
  • Wadah
  • Pengaduk
  • Cobek
  • Sendok dan garpu
  • Ulekan
  • Piring
  • Pisau
  • Meja dan kursi

Maka Anda hanya perlu membeli bahan untuk membuat nasi bakarnya dengan perkiraan pengeluaran harian untuk bahan dan bumbunya sekitar 150 ribu sampai 250 ribu tergantung porsi yang akan dibuat.

Rujak Buah

Untuk yang ingin bisnis modal kecil dan bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga berjualan rujak buah di komplek rumah bisa menjadi pilihan tepat. Karena banyak orang pasti ingin makanan yang segar, pedas dan manis di siang hari, salah satunya adalah dengan makan rujak buah.

Untuk memulai berjualan rujak buah Anda bisa menggunakan alat dapur terlebih dahulu untuk menghemat modal pengeluaran awalnya. Sehingga Anda hanya membeli buah dan bumbu rujaknya dengan modal 100 ribu sampai 200 ribu per hari. Jika per hari dapat menjual 30 porsi dengan harga jual per porsi 7500, maka pendapatan per harinya adalah 262 ribu.

Susu Murni

Peluang Usaha Kedai Susu Murni
sumber : kevinchristian21.blogspot.com

Jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang tidak pandai memasak tapi ingin bisnis kuliner, masih ada peluang berjualan minuman salah salah satunya adalah berjualan susu murni.

Dengan modal awal untuk membeli susu murni 2 juta sudah bisa berjualan 50 bungkus susu murni dengan harga 5 ribu per bungkus, maka pendapatan per harinya bisa 250 ribu.

Warung Sayuran

Bagi para ibu ibu rumah tangga pergi ke warung sayuran setiap hari adalah wajib, karena kebutuhan untuk memasak dilakukan setiap hari.

Jadi ketika melihat bahwa konsumen warung sayuran yang tidak pernah sepi. Maka berjualan sayuran di rumah bisa menjadi bisnis yang dijalankan oleh ibu rumah tangga dengan murah.

Pecel Lele

Selain ayam goreng, masakan yang menjadi favorit banyak orang adalah pecel lele. Karena harga pecel lele yang lebih murah dari ayam goreng, membuat banyak orang lebih memilih membeli makanan ini untuk lauk. Usaha ini membutuhkan modal 8 juta. Bisa mendapatkan keuntungan bersih sampai 6 juta per bulannya.

Warung Bakso Rumahan

Kemudian terakhir untuk Anda yang mencari peluang bisnis di bidang kuliner yang menjanjikan untuk dijalankan ibu rumah tangga adalah membuka warung bakso rumahan.

Dengan modal hanya sekitar 5 juta Anda sudah bisa berjualan bakso dengan menghasilkan 50 porsi bakso sehari dengan harga jual per porsi 10 ribu. Maka jika dalam sehari laku 50 porsi omset penjualan per hari bisa sampai 500 ribu.

Bisnis Retail Untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis retail ada banyak macamnya yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga dan usahanya juga bisa dijalankan dari rumah. Ditambah lagi modal usaha dan bisnis berikut ini hanya membutuhkan modal yang kecil.

Warung Sembako

Peluang Usaha Warung Sembako

Jika Anda ingin menjual barang retail yang bisa dijalankan di rumah dan cocok untuk ibu rumah tangga, jawabannya adalah membuka warung sembako.

Kami telah memberikan gambaran analisa modal dan keuntungan dari usaha ini melalui artikel peluang usaha warung sembako. Pada artikel tersebut menjelaskan bahwa warung sembako bisa dimulai dengan modal 2 jutaan dengan potensi pendapatan per harinya mencapai 500 ribu loh.

Jadi silahkan baca lebih lengkap pada artikel tersebut.

Butik Busana Muslim

Jika Anda suka dengan dunia fashion, maka membuka usaha di bidang butik busana muslim cocok untuk dijalankan. Yang terpenting dari usaha satu ini adalah pintar-pintar memilih model baju yang sedang trend dan terbaru. Sehingga penjualannya juga bisa cepat laku, ditambah lagi sekarang banyak kemudahan untuk menjual baju muslim bisa melalui media online seperti facebook, instagram ataupun toko online.

Jual Batik Tradisional Rumahan

Batik merupakan salah satu fashion tradisional asli khas Indonesia, yang pertama kali terkenal di pekalongan. Tapi untuk saat ini model baju batik mengalami peningkatan dengan desain lebih modern dan kekinian.

Sehingga ketika Anda berniat untuk menjual batik tradisional rumahan, konsumennya bukan lagi orang tua saja, tetapi kaum muda sudah mulai tertarik untuk memiliki baju batik.

Bisnis Florist

Kemudian bagi ibu rumah tangga yang suka menanam bunga di taman depan atau belakang rumah, maka usaha toko bunga cocok untuk dijalankan. Untuk menjalankan usaha ini hanya membutuhkan modal awal 2 juta sampai 3 juta loh.

Toko Plastik

Jika Anda sebagai ibu rumah tangga yang sedang mencari peluang usaha yang menguntungan, cobalah membuka toko plasti kecil-kecilan di rumah. Jika Anda sering membeli plastik pasti Anda akan sering melihat banyaknya pelanggan toko plastik bukan?

Jadi tahukah Anda berapa modal untuk menjalankan usaha ini jika dengan modal kecil? Usaha ini bisa dimulai dengan modal 6 juta dan bisa untung bersih sebulan sampai 2-3 jutaan.

Toko Buah Segar

Peluang Usaha Toko Buah Segar
sumber : Tribunnews.com

Jika rumah Anda terletak di dekat pusat pasar, pinggir jalan raya atau dekat tempat wisata maka membuka toko buah kecil-kecilan bisa dicoba. Karena puluang usaha ini sangat menjanjikan loh, dengan modal awal sekitar 8 jutaan untuk membeli aneka macam buah dan rak buah.

Jika dilihat dari analisa usahanya, usaha ini bisa mendapat keuntungan bersih sampai 4 juta per bulannya.

Toko Oleh-oleh Khas Daerah

Apakah ditempat tinggal Anda dekat dengan tempat wisata? Jika benar, maka peluang untuk membuka toko oleh-oleh di rumah. Lalu berapa modal untuk menjalankan usaha toko oleh-oleh? Berapa keuntungan dan pengeluaran bulanan usaha ini?

Jika setiap minggu banyak wisatawan yang dating ke tempat wisata di dekat rumah Anda maka bisa dikatakan keuntungan yang didapatkan 5 juta per bulan atau bahkan lebih.

Toko Parfum Minyak Wangi dan Refil

Sebagai ibu rumah tangga yang tentunya adalah seorang wanita pasti tidak akan melewatkan membeli parfum setiap bulannya. Kebutuhan akan parfum tidak hanya untuk wanita saja saat ini, banyak pria juga sekarang menggunakan parfum adalah hal yang wajib.

Ibu harus terinspirasi dengan toko parfum kecil-kecilan bernama uchi parfume yang sukses dan sekarang sudah membuka banyak outletnya di seluruh Indonesia loh. Untuk memulai usaha ini, Anda harus menyiapkan modal sebesar kurang dari 10 juta.

Perkiraan usaha ini bisa mendapatkan pendapatan per hari 300 ribu, dengan menjual 20 parfum hanya 15 botol saja.

Bisnis Jasa Untuk Ibu Rumah Tangga

Jika ibu rumah tangga ingin menjalankan usaha di bidang jasa yang membutuhkan modal kecil dan bisa untung berkali-kali, kami akan merekomendasikan beberapa jenis bisnis jasa berikut :

Penyewaan Pakaian Adat untuk Anak

Peluang Usaha Sewa Baju Adat Anak
sumber : hipwee.com

Untuk memulai usaha jasa yang bisa dijalankan di rumah untuk ibu rumah tangga bisa mencoba membuka usaha sewa baju adat anak-anak. Usaha ini sangat menguntungkan, karena sekarang banyak anak sejak sekolah paud, TK dan SD sering membutuhkan jasa sewa baju adat untuk acara yang mengharuskan mereka menggunakan baju adat.

Apalagi usaha ini tidak perlu perawatan yang terlalu ribet dan biaya untuk pengeluaran setiap bulan jika ada sangatlah kecil. Yang terpenting dari usaha ini adalah memiliki stok baju adat yang beragam dan memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Menyewakan Tanaman Hias

Sewa tanaman hias sebenarnya bisa dijalankan bersamaan dengan usaha jual tanaman hias loh. Jadi peluang menjalankan usaha ini untuk ibu rumah tangga yang suka berkebun maka sangatlah cocok, sambil menyalurkan hobinya, juga bisa mendapatkan penghasilan.

Modal usahanya hanya sekitar 3 jutaan. Tapi untuk sekali sewa tanaman hias minimal per harinya bisa 100 ribu sampai 500 ribu, tergantung dari jenis dan jumlah tanaman yang akan disewa.

Jasa Penyewaan Mainan Anak

Untuk Anda yang sering membawa anak ke timezone, funword atau tempat bermain untuk anak-anak lainnya, pernahkah Anda berpikir bahwa usaha penyewaan mainan anak seperti itu sangat menguntungkan?

Tenyata dengan menjalankan usaha rental mainan anak, Anda bisa mendapatkan keuntungan bersih per bulan sekitar 4 juta loh. Itupun dengan mainan dengan modal kecil-kecilan.

Usaha Warung Makan di Rumah

Pemanfaatan rumah sebagai tempat usaha lagi tren di tahun 2019 ini. Terdapat beberapa nilai plus yang bisa didapatkan seperti penghematan modal usaha yang dibutuhkan

Selain menghemat biaya untuk sewa tempat usaha, lokasi rumah yang dekat perkantoran, sekolah, kampus hingga didesa dengan pemandangan indah yang dikelilingi kebun dan sawah hijau sejauh mata memandang.

Warung Ayam Bakar

Peluang Usaha Ayam Bakar
sumber : dapurkobe.co.id

Jika rumah Anda memiliki lahan depan rumah sedikit yang bisa digunakan untuk berjualan, maka membuka usaha warung ayam bakar sederhana bisa menjadi pilihan usaha rumahan yang bisa Anda jalankan.

Apalagi hampir semua perlengkapan dan peralatan untuk membuka usaha warung ayam bakar sudah Anda miliki di rumah, jadi Anda hanya perlu mengeluarkan modal sekitar 100-200 ribu per harinya.

Untuk membeli bahan dan bumbu ayam bakarnya. Jika diasumsikan per hari bisa menjual 30 porsi dan harga satu porsinya 15 ribu, maka per hari pendapatan bisa sampai 450 ribu loh.

Warung Penyetan

Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang tidak akan pernah ada matinya, karena kebutuhan akan makanan dan lauk sangat tinggi setiap harinya. Salah satu yang sedang menjadi trend adalah warung penyetan.

Usaha warung penyetan bisa memiliki prospek bagus, jika rumah Anda berada di lokasi yang strategis di pinggir jalan raya atau dekat kampur atau perkantoran. Dengan asumsi penjualan setiap hari ada 50 porsi terjual dengan harga per porsi adalah 15 ribu, maka pendapatan per hari bisa mencapai 750 ribu.

Warung Soto Ayam

Untuk yang memiliki keahlian di bidang memasak terutama masak makanan berkuah seperti soto ayam. Membuka warung soto ayam di rumah bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena usaha ini bisa dijalankan dengan modal kecil dan untung besar.

Misalnya saja harga per porsi soto ayam adalah 15 ribu dan setiap hari laku 30 porsi maka bisa mendapatkan omset per hari sebanyak 450 ribu. Jadi jika Anda tertarik memulai usaha ini harus mengetahui perhitungan modal awal dan pengeluarannya.

Warung Soto

Peluang Usaha Warung Soto
sumber : parentingid.com

Selain berjualan soto ayam, Anda juga bisa membuka warung soto lainnya yang juga memiliki peluang bagus dan keuntungan yang menggiurkan loh.

Jika per hari Anda bisa menjual soto 50 porsi dengan harga per porsinya adalah 10 ribu, maka pendapatan per hari mencapai 500 ribu.

Warung Bebek Goreng

Selain ayam goreng, berjualan bebek goreng juga bisa menjadi alternatif ibu rumah tangga dalam menjalankan bisnis kuliner. Karena ketika sudah banyak orang bosan dengan daging ayam, banyak orang memilih untuk membeli bebek goreng.

JIka harga ayam goreng biasa dijual per porsinya adalah 10 ribu sampai 15 ribu, harga bebek goreng bisa lebih mahal sekitar 20 ribuan. Jika dalam sehari saja bisa menjual 20 porsi maka omset dari warung bebek goreng bisa mencapai 400 ribu per harinya.

Warung Indomie

Peluang usaha modal  kecil untuk dijalankan oleh ibu rumah tangga adalah membuka warung indomie. Jika rumah Anda berlokais didaerah dekat kampus, maka membuka warung indomie bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena mahasiswa jika ingin makan pasti mencari makanan murah tapi bisa mengenyangkan.

Selain itu untuk membuat indomie juga tidak seribet membuat masakan lainnya, Anda hanya perlu menambahkan telor dan sayuran untuk menu makanannya. Untuk gambaran harga per porsi Indomie yang dijual biasanya adalah 5 ribu per porsi.

Jika dalam sehari ada 50 porsi terjual maka dalam satu hari bisa mendapatkan omset 250 ribu. Belum ditambah minuman dan makanan lain yang dijual.

Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga

Untuk saat ini peluang bisnis online sangatlah menjanjikan untuk ibu rumah tangga, karena bisnis ini bisa dijalankan dari rumah saja sambil merawat anak-anak loh. Berikut ini beberapa bisnis online yang cocok untuk ibu rumah tangga.

Online Shop Reseller dan Dropshipping

Peluang Usaha Online Shop
sumber : doofinder.com

Kemudian ada bisa menjadi reseller dan dropshipping online tanpa modal sepeserpun. Apalagi jika Anda adalah ibu rumah tangga, usaha ini sangat mudah dijalankan tanpa perlu ribet packing dan kirim barang sendiri.

Anda hanya perlu menawarkan barang dagangan orang lain dan mengambil keuntungan dengan untung yang bisa ditentukan sendiri loh. Jadi usaha ini di tahun-tahun ini sangat potensial untuk dijalankan karena sudah banyak orang suka berbelanja online.

Menjadi Copywriter / penulis artikel

Untuk Anda yang memiliki keahlian dalam menulis sebuah artikel. Diera serba digital ini peluang untuk mendapatkan penghasilan dari menulis sangatlah bagus. Anda bisa menjalankan usaha ini dari rumah dan bermodalkan koneksi internet saja loh.

Jika berbicara pendapatannya, jika Anda bisa menjadi seorang penulis professional di online bisa dihargai per artikelnya dari 5 ribu sampai 50 ribu.

Profesi Virtual Assistant

Apakah Anda sudah tahu apa itu virtual assistant? Di dunia online ini, virtual assistant adalah sebuah pekerjaan yang bisa dikerjakan siapa saja yang memiliki keahlian misalnya sebagai penulis blog atau website, desain grafis, sekertaris virtual, dan memagement media sosial untuk orang lain atau sebuah perusahaan.

Jadi jika Anda memiliki salah satu keahlian tersebut, walaupun Anda adalah seorang ibu rumah tangga bisa menjadi asisten online. Untuk pendapatan bisa ratusan ribu sampai jutaan.

Jadi setelah membaca beberapa Bisnis Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga di atas, semoga Anda bisa memiliki gambaran bisnis apa yang akan Anda jalankan dengan kemampuan yang dimiliki dan budget modal Anda saat ini.

[Total: 0    Average: 0/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Yudha Pratama

Just a simple guy work for fun as Content & Copywriter. Graphic designer, Sketcher. Editor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *