Begini Cara Dapat Pinjaman Modal Usaha Kecil Dari Pemerintah

Apakah saat ini anda sedang ingin memulai usaha tapi masih bingung dapat modal dari mana? Bila ini sungguh-sungguh sedang anda alami, maka ada baiknya anda mencari pinjaman modal usaha kecil dari pemerintah. Sebab ternyata pemerintah memiliki gerakan kewirausahaan nasional yang tujuannya adalah meningkatkan jumlah kewirausahaan yang ada di Indonesia. Dengan demikian, ini dapat membantu memajukan perekonomian dari negara Indonesia.

salahucap.com

Para pebisnis khususnya mereka yang merupakan pengusaha kecil menengah, mendapatkan pinjaman modal usaha kecil dari pemerintah adalah sebuah hal yang sangat diharapkan. Tujuannya adalah untuk menunjang persiapan pelaksanaan usaha yang hendak dirintis. Berbagai macam program bantuan modal usaha sampai saat ini memang sudah berjalan. Tetapi masih banyak masyarakat yang belum paham bagaimana cara mendapatkan modal usaha tersebut.

Table of Contents

Cara Memperoleh Pinjaman Modal Usaha Kecil Dari Pemerintah

Berbagai macam program sudah dikeluarkan oleh pemerintah dari program tersebut terbagi dalam dua pilihan. Yakni modal yang diberikan dalam bentuk kredit dan non kredit.

Bantuan Modal Usaha Kredit Pemerintah

Merupakan salah satu program yang dikeluarkan pemerintah yang bertujuan memberikan dorongan aktivitas wirausaha yang berbentuk pinjaman modal dengan suku bunga yang rendah. Kredit ini khususnya ditujukan bagi pengusaha kecil menengah yang masih banyak membutuhkan suntikan modal. Pemerintah bekerjasama dengan beberapa bank untuk melaksanakan program bantuan kredit usaha tersebut. Diantaranya dengan mewujudkan KUR atau Kredit Usaha Rakyat, PNPM Mandiri dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

Kredit Usaha Rakyat

Bantuan modal berupa Kredit Usaha Rakyat bisa diajukan pemilik usaha pada bank pemerintah seperti BRI. Nominal kreditnya bisa mencapai batas maksimal hingga 500 juta. Syarat untuk mendapatkannya harus mempunyai usaha dengan prospek yang menjanjikan. Bentuk serta jenis usaha KUR merupakan usaha yang produktif dan layak namun belum terkait dengan agunan atau jaminan pada bank.

RECOMENDED
Dapatkan Uang Pinjaman untuk Modal Usaha dari Dana Hibah

PNPM Mandiri

Program yang bernama PNPM Mandiri juga punya layanan pemberian modal bagi usaha kecil menengah. Pihak yang diberi modal, mereka adalah warga yang termasuk ke dalam wilayah PNPM Mandiri. Warga yang mendapatkan bantuan adalah warga miskin di daerah tersebut. Tetapi penetapan tentang cara mendapatkan modal usaha program ini diserahkan dalam musyawarah warga.

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan

Peraturan menteri negara BUMN yang telah menyebutkan bahwa BUMN punya kewajiban melakukan kemitraan dengan masyarakat dan bina lingkungan. Namun sayang program ini sudah dialihkan ke PT.PNM karena pihak BUMN belum dapat mengelola PKBL dengan baik. Pada prinsipnya, untuk mendapatkan modal usaha PKBL sama dengan ketika melakukan pengajuan kredit di perbankan. Tetapi ada berbagai macam syarat administrasi tambahan seperti surat pernyataan anda tidak sedang menerima pinjaman dari BUMN lainnya.

Modal Usaha Non Kredit

Mendapatkan modal usaha dari pemerintah bisa lewat bantuan modal usaha non kredit. Ini merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk pelaku usaha kecil menengah dengan memberikan materi atau berbagai sarana penunjang untuk menjalankan usaha.

RECOMENDED
Prosedur Pinjaman Uang dengan Jaminan BPKB Motor Tanpa Ribet

Peralatan Usaha dari Pemerintah

Model seperti ini adalah cara untuk mendapatkan modal usaha bukan dalam bentuk uang tetapi berupa barang. Ada beberapa dinas pemerintahan yang berhubungan dengan kewirausahaan yang memiliki program mendorong wirausaha yang ada di Indonesia. Bantuan modalnya tidak berupa uang namun berupa barang seperti mesin untuk mendukung sarana usaha.

Ada salah satu dinas pemerintah yang memberikan bantuan modal seperti Disperindag. Bantuan yang diberikan berupa kulkas, tenda untuk kaki lima, mesin dan berbagai peralatan lain serta khusus bantuan pada wirausaha baru.

Jemput Bola

Di samping berbagai macam jenis pinjaman modal usaha kecil dari pemerintah yang berupa bantuan modal usaha. Anda juga bisa mendapatkan modal dari pemerintah dengan cepat, tetapi anda harus rajin-rajin untuk menerapkan metode jemput bola. Caranya adalah anda harus meluangkan waktu untuk datang ke instansi pemerintah seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan atau Dinas Kementerian Koperasi dan UKM. Di sana anda bisa bertanya langsung apakah saat ini ada dana hibah yang cocok bagi modal usaha anda.

RECOMENDED
Mengajukan Modal Usaha di Bank Syariah Tanpa Riba Banyak Pilihannya

Ikut Pameran

Mengikuti pameran yang diadakan oleh pemerintah juga menjadi salah satu cara agar anda bisa mendapatkan modal usaha dari pemerintah. Umumnya pemerintah rutin paling tidak setahun sekali akan mengadakan pameran bagi para pebisnis atau UKM. Moment dan event seperti ini dapat dimanfaatkan untuk memperoleh modal usaha dari pemerintah. Terlebih lagi bila ada banyak pejabat daerah yang datang ke stand pameran milik anda. Saat sedang berkunjung ke stan anda inilah kesempatan bagi anda memperkenalkan produk anda. Jangan lupa anda menyisipkan proposal untuk memperoleh modal usaha dari pemerintah.

Kunjungi Situs Pemerintah

Anda juga bisa mengunjungi situs-situs pemerintah terkait seperti Kemenperin.go.id yang merupakan milik dinas perindustrian dan perdagangan. Situs tersebut umumnya akan memberikan pengumuman hibah dari pemerintah. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan pinjaman modal usaha kecil dari pemerintah dengan cepat.

[Total: 0    Average: 0/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Achmad Salim

Maaf jika belum bisa memberikan yang terbaik di tahun ini :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *