Peluang Bisnis Pangan dan Resep Lengkap serta Analisis Bisnis

Peluang Bisnis Pangan dan Resep Lengkap serta Analisis Bisnis!

Salah satu jenis usaha yang paling banyak digeluti adalah makanan. Faktanya, saat ini banyak orang yang menjajal bisnis jenis ini, mulai dari artis, politisi, dan masih banyak lagi. Hal ini tentunya berkaitan dengan prospek peluang bisnis makanan yang sangat menggiurkan. Pasalnya, pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia.

Tentunya Anda pernah mendengar pengusaha makanan yang memiliki omzet harian hingga puluhan juta rupiah. Anda juga dapat mewujudkannya. Asalkan, Anda harus selalu kreatif, inovatif, dan pantang menyerah. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan peluang bisnis makanan ini. Apa sajakah itu? Mari kita bicara lebih jauh!

Kunci Kesuksesan Peluang Bisnis Pangan

Untuk bisa sukses membuka peluang bisnis makanan, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini!

Perhatikan kualitas makanan

Pastikan makanan yang Anda jual memiliki rasa yang enak dengan bahan kualitas terbaik. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan sudut pandang pengemasan dan pemrosesan. Bahan yang digunakan juga harus higienis dan tidak mengandung bahan berbahaya dan non halal.

Cara pengolahannya juga perlu diperhatikan. Dimana harus sesuai aturan seperti menggunakan untuk mengganti minyak goreng setiap kali mendung. Pengemasan tidak kalah pentingnya. Pasalnya, kemasan juga menjadi faktor utama yang akan menarik perhatian calon konsumen.

Penuh Inovasi

Pebisnis makanan juga harus punya inovasi yang tinggi. Anda harus membuat jenis makanan yang sedikit berbeda. Dengan demikian, produk Anda akan mudah dibedakan dan dicari konsumen. Inovasi di sini juga tidak hanya pada produknya. Tetapi juga dengan cara pemasaran.

Berbagai trik marketing bisa Anda manfaatkan seperti penawaran harga promo, diskon, dan lain sebagainya. Pelajari juga pemasaran digital untuk lebih memperluas pasar di dunia online.

Menciptakan Hubungan dengan Pelanggan

Agar pelanggan tidak lari ke tempat lain, Anda harus menjadi wiraniaga yang baik. Anda melakukan ini dengan menciptakan kesan yang mendalam pada pelanggan. Selain itu, pastikan Anda banyak menyapa dan tersenyum agar konsumen betah dan tidak ragu untuk kembali lagi.

Manfaatkan juga media sosial untuk membuat branding. Hubungan baik dengan pelanggan juga akan menjadi media pemasaran gratis. Dimana pelanggan akan merekomendasikan makanan Anda kepada orang lain. Sehingga bisa meningkatkan penjualan.

Menggunakan strategi penjualan yang sesuai dengan segmen pasar

Dengan menetapkan strategi penjualan yang baik maka perkembangan bisnis akan semakin maju. Tentu saja, Anda harus bisa membaca pasar untuk meningkatkan penjualan.

Menjadi Pengusaha Besar, Visioner, dan Berpikir Positif

Sebagai seorang wirausahawan, tentunya Anda harus berpikir jauh ke depan, matang, dan positif. Pikiran yang jernih akan membantu Anda menentukan strategi bisnis. Dan jauhkan dari pikiran sempit dan negatif karena apa yang Anda pikirkan bisa menjadi kenyataan.

Nah, jika Anda sudah memupuk sikap-sikap tersebut, maka sekarang saatnya melihat peluang bisnis makanan apa yang bisa Anda sentuh. Nah, sebagai rekomendasi berikut ini akan dibahas beberapa peluang yang dianggap paling prospektif. Berikut ini juga akan mencakup analisis bisnis lengkap, estimasi modal, dan rincian. Langsung saja berikut ulasan lengkapnya!

Peluang Bisnis Bakpou Roll Food

Bakpou roll tentunya bukan lagi nama makanan asing. Camilan khas China ini memang memiliki rasa yang enak dan menawarkan tekstur yang lembut. Penampilannya semakin beragam dan menarik.

Bahkan makanan yang semula mengandung daging, kini telah disulap dengan berbagai tambalan yang variatif dan modern. Mulai dari rasa blueberry, strawberry, anggur, coklat, kacang hijau, dan masih banyak lagi. Bakpou gulung ini juga cukup bersahabat di lidah orang Indonesia, tak heran keberadaannya bisa menemani secangkir kopi.

Nah, jika Anda tertarik menjalankan bisnis ini, yuk simak dulu cara membuatnya.

resep

Cara membuat bakpou roll cukup mudah, berikut ulasan lengkapnya:

Bahan:

350 g tepung

5 g ragi instan

10 g gulpa halus

200 gr air (disinilah bahan pembuatan starternya)

200 g tepung terigu

1 sendok teh baking powder

50 g gulpa halus

75 g air

50 g mentega putih

½ sendok teh garam (disinilah bahan untuk membuat adonan)

Isinya bisa bermacam-macam sehingga pembeli bisa memilih jenisnya.

Bagaimana membuat :

Buat starter dengan mencampurkan tepung, gulpa, dan ragi instan.

Tambahkan air sedikit demi sedikit, lalu uleni hingga halus, lalu diamkan selama 60 menit hingga mengembang dua kali lipat.

Campur starter dengan tepung, gulpa, baking powder, dan air. Uleni hingga rata, lalu tambahkan sisa air dan uleni hingga rata.

Tambahkan mentega putih dan garam, lalu uleni hingga elastis. Kemudian bagi menjadi 4 bagian. Bulat, lalu gulung adonan memanjang. Oleskan isiannya, lalu gulung membentuk bulatan dengan diameter 5 cm. Kemudian tutup dan potong berukuran 2 cm dan letakkan di atas kertas bakpou.

Diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang. Kemudian, kukus dengan api sedang selama 15 menit hingga benar-benar matang.

Analisis Keuangan Bisnis

Asumsi yang digunakan adalah penyusutan etalase dalam 3 tahun, meja dan kursi dalam 2 tahun, kompor dalam 2 tahun, dan peralatan lainnya dalam 2 tahun. Sehingga dapat dilihat sebagai berikut:

Biaya Investasi

Deskripsi Biaya

Tabel 922.000 kursi

654.000 etalase

Kompor 885.000

Perlengkapan lainnya 143.000

Jumlah 2.604.000

Biaya operasional

Biaya tetap

Etalase depresiasi 18.167

Depresiasi kompor 36.875

Penyusutan kursi meja 38.417

Penyusutan peralatan lainnya 5.958

Upah karyawan 5.000

Biaya pembersihan 58.000

Total biaya tetap 162.417

Biaya Variabel

52.000 tepung

Ragi Instan 7.00

Gulpas 91.000

Garam 7.000

BP 82.000

Bahan lainnya 20.000

Total biaya variabel 259.000

Jumlah Biaya Operasional 421.417

Asumsi Omset dan Manfaat Harian

Bakpou roll asumized dijual dengan harga 12 ribu rupiah per kotak, jadi jika sehari terjual 54 dus hasilnya 648 ribu rupiah. Dikurangi biaya operasional, keuntungan yang Anda dapatkan adalah 226.583. Jadi, dalam satu bulan, untung menjadi Rp 6.797.500. Dengan pengembalian modal mencapai 38%.

Wah, ternyata bisnis bakpou linting bisa jadi jenis usaha yang sangat menguntungkan ya! Jika anda berminat maka segera siapkan modal sesuai yang sudah dibahas diatas.

About the Author: William Hartjono

Leave a Reply