8 Tempat Wisata di Gayo Lues, Negeri Seribu Bukit nan Berbaris Rapi

Tempat Wisata di Gayo Lues

Gayo lues merupakan bagian kabupaten kota Aceh. Di daerah ini banyak sekali terdapat dataran tinggi seperti bukit dan juga pegunungan. Tempat wisata kuliner takengon  di Gayo Lues juga cukup beragam. Terkenal dengan tarian Saman, Gayo Lues ternyata memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Terdiri dari banyak pegunungan membuat daerah sekitar terasa sangat sejuk dan asri. Berikut beberapa tempat wisata di Gayo Lues yang wajib dikunjungi.

1. Air terjun kolam biru Rerebe

Air terjun kolam biru Rerebe

Peson tempat wisata di Gayo Lues memang tidak ada habisnya, mulai dari pegunungan, pemandian dan lain sebagainya. Kolam biru ini memiliki air yang jernih dengan kedalaman 2-8 meter. Ketika kesana, sangat seru jika Anda berenang.

Advertisement

Kolam ini memiliki luas 100 x 100 sehingga bisa menampung banyak orang. Untuk sampai ke tempat ini Anda harus melewati jalan setapak yang masih berbentuk tanah. Jalurnya cukup ekstrim dan berliku. Anda akan menyusuri tempat tinggal warga.

Meski membutuhkan perjuangan, namun setelah sampai Anda bisa menikmati cantiknya kolam ini. Selain kolam pemandiannya, Anda juga bisa menuju ke air terjun yang merupakan sumber airnya. Disana sangat sejuk dan menenangkan.

Lokasi

Air terjun ini terletak di desa Rerebe yang letaknya cukup jauh. Untuk sampai di tempat ini Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih selama 2 jam dengan kendaraan pribadi.

Fasilitas 

Letaknya yang jauh membuat tempat ini tidak menyediakan fasilitas yang memadai. Sekitar tempat wisata terdapat beberapa warung, namun hanya menjual roti, minuman dan beberapa cemilan lain. Jika Anda ingin makan berat, sebaiknya membawa bekal sendiri.

Biaya 

Ini merupakan tempat wisata gratis yang bisa diakses oleh siapa saja. Anda bisa menikmatinya sepuasnya. Anda hanya perlu membayar kontribusi untuk parkir saja.

2. Rumah pohon genting jalan Pining

Tempat wisata di Gayo Lues yang satu ini memiliki konsep rumah panggung yang berada di sebuah dataran tinggi. Anda bisa duduk sambil menikmati pemandangan. Apalagi jika ditemani oleh secangkir kopi dan juga cemilan tentu akan membuat betah dan terasa seperti rumah sendiri.

Tempat wisata yang satu ini masih terbilang baru, karena baru buka sekitar 3 tahun lalu. Konsep rumah pohon ini cukup sederhana, hanya terdiri dari kayu dan memiliki tangga untuk naik atas. Selain menikmati pemandangan yang asri, Anda juga bisa berfoto dengan latar pemandangan gunung di sekeliling.

Lokasi

Rumah pohon ini berada di daerah perbukitan yang berada di jalan Pining, Desa Gaja. Untuk bisa sampai ke rumah pohon ini Anda harus berjalan sejauh 15 km. Anda bisa memulai perjalanan dari kota Blangkejeren. Tidak ada angkutan umum untuk menuju daerah ini, sehingga Anda harus menggunakan kendaraan pribadi.

Fasilitas

Tidak banyak fasilitas yang disediakan oleh tempat ini, namun bagi Anda yang ingin bersantai sambil menyantap makanan dan minuman terdapat beberapa warung disana. Sebelum naik ke rumah pohon Anda bisa memesannya terlebih dahulu.

Biaya

Untuk masuk ke tempat wisata ini Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak karena gratis. Anda hanya perlu membayar makanan dan minuman yang dipesan saja.

3. Berawang pungkih

Berawang pungkih
Berawang pungkih

Tempat wisata di kabupaten Gayo Lues yang satu ini terkenal dengan pemandian alamnya. Terdiri dari bebatuan, membuat tempat ini sangat menarik dan nyaman dijadikan tempat pemandian. Selain tempat pemandian ini Anda juga bisa menikmati gunung dan pendakinya sedikit.

Untuk membuat sensasi liburan yang berbeda, Anda bisa berkemah di daerah sekitar kemudian melanjutkan lagi perjalanan untuk menikmati tempat wisata yang lainnya. Disana Anda bisa mendengar cuitan burung yang menandakan lokasi hutan yang dikelilingi pohon besar.

Lokasi

Tempat wisata di Gayo Lues yang satu ini terletak di daerah Uken. Tempat wisata ini berada di daerah kampung wisata. Sehingga ketika Anda kesana, bisa sekaligus menikmati wisata yang lainnya.

Fasilitas 

Berada di kampung wisata membuat tempat ini memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap. Terdapat warung yang menyediakan makanan dan juga minuman. Terdapat juga fasilitas toilet bagi pengunjung yang ingin buang air dan lain sebagainya.

Biaya 

Tempat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena gratis. Untuk menikmati pemandangan ini Anda tidak perlu membayar. Terdapat banyak spot foto gratis seperti di jembatan dan beberapa spot lainnya.

4. Agusen

Dinamakan Agusen karena ini merupakan nama desanya. Disana Anda bisa menghirup udara segar dari pepohonan. Selain itu, terdapat juga sumber air yang bisa Anda pakai untuk mandi.

Airnya yang sangat segar membuat banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini. Anda bisa mencoba bercocok tanam dan memetik kopi bersama dengan para petani. Jika kesana maka liburan Anda akan terasa berbeda dan menarik.

Lokasi

Desa wisata ini terletak di sebuah desa bernama Agusen. Desa ini merupakan bagian dari daerah kecamatan Blangkejeren.

Fasilitas 

Jika membahas tentang fasilitasnya, tempat wisata ini tidak banyak menyediakan fasilitas. Kebanyakan dari wisatawan yang berkunjung ingin berendam dan menikmati kesejukan air di daerah ini. Terdapat beberapa warung yang menjual minuman dan juga cemilan. Namun untuk bermalam, tidak banyak hotel murah di takengon. Untuk mendapatkan hotel Anda bisa ke pusat kota Blangkejeren.

Biaya 

Untuk masuk ke tempat wisata ini Anda tidak perlu mengeluarkan uang karena gratis. Dengan begitu Anda bisa lebih leluasa untuk menikmati liburan.

5. Bukit Cinta

Objek wisata di Gayo Lues yang satu ini cukup terkenal karena namanya yang unik. Dari namanya saja, pengunjung sudah mengetahui bahwa tempat ini sangat romantis dan cocok digunakan untuk berlibur. Aceh terkenal dengan biji kopinya yang memiliki aroma berbeda dan lezat.

Akan sangat menyenangkan menikmati pemandangan sejuk sambil menikmati secangkir kopi hangat. Tempatnya yang sangat mudah dijangkau membuat para wisatawan tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat wisata ini. Ketika sampai disana Anda akan melihat sawah yang terhampar luas dengan aliran sungai yang indah.

Lokasi

Terletak diatas bukit membuat pemandangan bukit ini semakin indah dan menawan. Wisata ini berada di Desa Penggalangan, daerah ini berjarak 5 km dari Gayo Lues. Lokasi wisatanya berada di kawasan yang sama dengan Taman Nasional Gunung Leuser.

Fasilitas

Memahami kebutuhan pengunjung, tempat ini memiliki berbagai fasilitas terlengkap. Mulai dari toilet hingga mushola. Disana juga terdapat pondok-pondok yang bisa digunakan untuk bersantai dan juga menikmati keindahan alam. Tempat ini juga menyediakan lahan parkir yang besar untuk para pengunjung.

Biaya 

Untuk bisa berlibur ke sana Anda tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Dengan modal yang minim pun Anda sudah bisa menikmati keindahan daerah ini.

6. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan tempat wisata di Gayo Lues yang dilindungi oleh pemerintah. Taman ini memiliki ekosistem alam yang lengkap sehingga harus dilestarikan untuk memelihara kehidupan disana. Banyak sekali ekosistem langka disana yang dilindungi seperti badak, harimau dan orang utan.

Selain menjadi tempat wisata, daerah ini juga cocok digunakan sebagai tempat penelitian hewan dan tumbuhan. Terdapat beberapa peraturan yang harus diikuti agar Anda tidak merusak ekosistem yang telah dilindungi. Tempat ini juga dijadikan sebagai jalur pendakian yang memiliki keindahan alam. Anda bisa berwisata sambil berfoto untuk mengabadikan momen.

Lokasi

Tempat ini digunakan untuk memelihara hewan dan tumbuhan dan letaknya berada di Gayo Lues.

Fasilitas 

Tidak banyak fasilitas yang terdapat di daerah ini karena memang daerah ini hanya berbentuk perbukitan dimana banyak makhluk hidup yang dilestarikan disini. Untuk itu ketika ingin kesana sebaiknya Anda membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup. Jangn lupa memakai alas kaki yang nyaman karena jalan cukup berliku.

Biaya 

Meski tidak perlu membayar, namun Anda harus mematuhi beberapa peraturan yang ada. Jangan sampai membuang sampah sembarangan atau merusak alam. Meskipun berlibur, Anda juga harus turut serta melestarikan lingkungan.

7. Kedah

Kedah gayo lues

Wisata kedah Gayo Lues merupakan tempat wisata yang banyak disukai oleh para turis mancanegara. Disana Anda bisa melihat berbagai tumbuhan khas yang indah. Wisata ini memang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan karena masih belum banyak yang mengetahuinya. Namun ketika berkunjung kesana Anda bisa melihat langsung hewan liar yang dilestarikan.

Lokasi

Hutan ini terletak di sebuah dusun bernama Kedah. Wisata ini merupakan bagian dari Desa Penosan Sepakat yang berada di daerah Blang Jerango.

Fasilitas

Berbentuk sebuah hutan yang terdiri dari pohon yang tinggi, membuat tempat wisata ini tidak memiliki fasilitas apa-apa. Anda diharuskan membawa bekal sendiri selama perjalanan.

Biaya 

Untuk bisa menikmati keindahan hutan ini Anda tidak perlu membayar. Namun yang harus diperhatikan adalah jagalah kebersihan dan jangan membuang sampah sembarangan.

Baca juga :

5 Tips Memulai Usaha Penyewaan Rental ATV di Tempat Wisata

8. Air terjun tujuh tingkat

Air terjun tujuh tingkat

Jika membahas tentang tempat wisata di Blangkejeren Gayo Lues memang tidak akan ada habisnya. Mulai dari pegunungan, wisata air dan bukit semuanya ada. Anda hanya perlu memilihnya sesuai dengan selera. Dinamakan air terjun tujuh tingkat karena bentuk air terjun ini sangat tinggi.

Untuk bisa sampai ke lokasi ini Anda harus melewati jalan yang sulit dan terjal. Memang tidak terlalu ramai pengunjung, namun Anda bisa menikmati keindahan air terjun dengan bebas. Sebelum pergi kesana sebaiknya Anda menyiapkan fisik dengan baik. Disana Anda bisa mengabadikan momen dengan berdiri di bebatuan yang dialiri air.

Lokasi

Air terjun ini terletak di sebuah desa yang berada di Kecamatan Pantan Cuaca.

Fasilitas

Keindahan air terjun ini memang sangat memikat dan berbeda. Namun ketika kesana Anda harus membawa peralatan dan bekal masing-masing, karena di sepanjang perjalanan tidak ada warung yang menjual makanan atau minuman.

Biaya 

Berwisata secara gratis tentu impian semua wisatawan. Bagi Anda yang ingin berlibur murah dan irit, maka bisa mengunjungi air terjun ini. Untuk masuk ke kawasan air terjun Anda tidak perlu membayar.

Demikianlah beberapa tempat wisata di Gayo Lues dan hotel murah di takengon. Tempat ini memiliki julukan seribu bukit karena terdiri dari banyak gugusan gunung dan dikelilingi oleh hutan.

Kota ini sangat tepat dijadikan tempat berlibur karena sangat asri dan tenang. Anda bersama rombongan bisa menikmati berbagai spot indah untuk berfoto dan juga bisa menikmati berbagai kegiatan seru saat berlibur.

[Total: 1    Average: 5/5]

Fikky Andika
About Fikky Andika 91 Articles
Hidupku selalu ingin berbagi, suka melakukan hal-hal diluar kewajaran.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*