6 Tempat Wisata di Simeulue yang Menarik untuk Dikunjungi

Pantai Batu Alafan

Simeulue merupakan nama salah satu kabupaten di Aceh. Letak kabupaten yang satu ini sekitar 150 km dari lepas pantai di bagian barat Provinsi Aceh. Mungkin nama kabupaten ini masih kurang familiar di telinga banyak orang.

Namun meski begitu, jangan salah karena ada banyak tempat wisata di Simuelue yang menarik untuk dikunjungi. Selengkapnya tentang tempat wisata ini akan dibahas lebih lanjut dalam ulasan-ulasan berikut.

Pantai Siumat

Pantai Siumat

Salah satu wisata bahari di Pulau Simuelue datang dari Pantai Siumat. Tempat wisata yang satu ini siap menjanjikan keindahan yang mempesona dari deretan pasir pantai yang putih serta air laut yang biru. Bagi yang berburu wisata pantai indah tapi masih asri dan tenang nampaknya wajib berkunjung ke pantai yang satu ini.

Advertisement

Untuk sampai di pantai tersebut, pengunjung harus lebih dahulu menuju ke Pulau Siumat yang dapat ditemuh dengan menggunakan perahu nelayan maupun perahu motor yang banyak disewakan. Perjalanan kurang lebih membutuhkan waktu dua jam.

Meski fasilitasnya masih dapat dikatakan minim namun tidak mengurangi minat wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini. Biasanya salah satu yang diburu wisatawan ketika berkunjung ke sini adalah kegiatan snorkeling maupun diving. Lewat kedua kegiatan tersebut, pengunjung dapat menikmati keindahan bawah laut dari Pulau Simuelue yang tak ada duanya.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menuju ke sini mencakup biaya sewa kapal atau perahu nelayan. Untuk biaya tersebut dapat langsung dibicarakan dengan pihak nelayan. Lalu untuk yang ingin melakukan diving maupun snorkeling sebaiknya membawa peralatan sendiri, pasalnya di sini masih belum ada tempat persewaan alat-alat snorkeling maupun diving.

Pantai Batu Alafan

Pantai Batu Alafan

Tempat wisata di Pulau Simeulue yang selanjutnya akan dibahas masih seputar tempat wisata bahari. Kali ini datang dari Pantai Batu Alafan yang siap menawarkan keunikan pantai berbeda dari tempat lainnya.

Keunikan pantia yang satu ini datang dari batu besar yang letakknay menjorok ke laut. Kehadiran batu tersebut seolah memecah kedua sisi pantai menjadi dua bagian. Di batu itu juga pengunjung dapat menikmati deburan ombak dari Pantai Batu Alafan.

Untuk dapat menuju tempat wisata yang satu ini sebenarnya cukup mudah. Pasalnya pengunjung dapat menuju ke sana dengan mengendari motor maupun mobil dari pusat Kota Sinabang. Untuk medan pun tak perlu khawatir, karena medan yang dilalui adalah jalan beraspal mulus yang akan membuat perjalanan menjadi terasa nyaman.

RECOMENDED
Jelajahi 5 Tempat Wisata di Sabang ini Sampai Puas

Lalu bagaimana dengan fasilitas yang di sediakan tempat wisata yang satu ini? Untuk fasilitas dari pantai ini masih tergolong belum lengkap. Fasilitas umum seperti toilet maupun mushala masih belum dapat ditemukan. Pengunjung yang masuk ke sini pun tidak dikenakan biaya masuk.

Hanya saja di sekitar pantai banyak ditemukan warung-warung yang menyajikan berbagai kuliner, salah satu kuliner yang paling mudah ditemukan adalah seafood. Harga dari kuliner seafood yang dijajakan di sini pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp. 10.000 sampai dengan sekitar Rp. 25.000.

Danau Lawik Tawar

Danau Lawik Tawar
Danau Lawik Tawar

Selain menawarkan wisata bahari rupanya masih ada wisata lain yang dapat ditemukan di Pulau Simeulue, wisata yang dimaksud adalah Danau Lawik Tawar. Jadi Danau Lawik Tawar atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan Danau Teluk Dalam merupakan sebuah danau yang terletak di desa Kuala Bakti.

Bagi yang ingin berkunjung ke danau ini harus lebih dahulu menempuh perjalanan sepanjang 53 m dari Sinabang. Nantinya sepanjang jalan pengunjung akan disajikan pemandangan kebun kelapa sawit PDK serta pohon-pohon di hutan Pegunungan Teluk Dalam.

Danau dengan ukuran panjang 800 meter serta lebar 500 meter ini dapat dikatakan masih asri dan terjaga. Warga sekitar sendiri yang berperan serta menjaga keasrian serta kebersihan dari danau ini. Hal ini karena danau tersebut memiliki peran penting dalam menyuplai persediaan air bersih dari warga sekitar danau.

Tak hanya menikmati pemandangan indah di dari Danau Lawik Tawar. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah yang hadir dari hutan lebat yang mengelilingi danau. Untuk masuk ke kawasan danau ini pengunjung masih belum dikenakan tiket masuk.

Pantai Labuhan Bakti

Pantai Labuhan Bakti

Tempat wisata di Simuelue memang tak pernah habis, salah satunya datang dari pantai eksotis Labuhan Bakti. Pantai yang satu ini memang memiliki pemandangan menakjubkan yang siap memanjakan wisatawan.

Sesampainya di pantai nanti wisatawan akan disambut dengan laut biru yang menghampar luas. Selain itu di sekililing pantai juga dilingkupi oleh pepohonan yang membuat suasana semakin asri. Keindahan alam yang memukai ini hanya dapat ditemukan di Pantai Labuhan Bakti.

Letak pantai ini pun cukup dekat dengan pusat kota, yaitu hanya membutuhkan satu jam perjalanan saja. Tak Tak hanya tempatnya yang dekat, fasilitas di pantai ini juga sudah cukup memadai. Bagi wisatawan yang ingin menginap juga tak perlu khawatir. Hotel-hotel di Simuelue dapat ditemukan di sekitar pantai yang satu ini.

RECOMENDED
7 Tempat Wisata di Pidie Aceh yang Tak Pernah Sepi Pengunjung

Untuk biaya yang dikeluarkan di sini biasanya hanya seputar biaya parkir untuk kendaraan. Namun, selain itu biaya tambahan perlu dipersiapkan wisatawan yang ingin menikmati olahan makanan yang tersaji di warung-warung pinggir pantai.

Pantai Nancala

Pantai Nancala

Rupanya tempat wisata di Simuelue tidak terbatas pada wisata pantai yang dapat dinikmati dengan santai saja. Ada juga tempat wisata yang siap memacu adrenalin pengunjungnya, wisata yang dimaksud adalah Pantai Nancala.

Pantai yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan para penggemar olahraga surfing. Pasalnya ombak di pantai ini sudah banyak tersohor hingga ke seluruh mancanegara. Tak heran jika banyak yang mengunjungi pantai ini untuk melakukan surfing.

Selain melakukan surfing dengan ombaknya yang menantang, pengunjung juga dapat menikmati keindahan dari Pantai Nancala yang masih asri serta bersih. Untuk dapat menuju ke pantai ini lebih dahulu harus ditempuh perjalanan sepanjang 27 km dari pusat Kota Sinabang.

Harga tiket masuk ke pantai ini juga masih cukup murah, yaitu Rp. 10.000. Tentunya harga ini masih sangat terjangkau jika dibandingkan dengan berbagai hal menarik yang dapat ditemukan di pantai satu ini.

Teluk Sibigo

Teluk Sibigo

Menikmati keindahan sejarah sekaligus keindahan alam? Nampaknya hal ini mungkin akan sulit ditemukan. Namun, tak perlu khawatir karena kedua hal tersebut dapat ditemukan di Teluk Sibigo, salah satu destinasi wisata yang terletak di bagian barat Pulau Simeulue.

Tempat wisata di Simuelue yang satu ini siap menawarkan berbagai keindahan teluk yang hampir serupa dengan danau yang dilengkapi dengan deretan tanaman bakau. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati bangunan-bangunan bersejarah yang dapat ditemukan tak jauh dari daerah teluk tersebut.

Itulah beragam deretan tempat wisata di Simuelue yang wajib dikunjungi wisatawan ketika berkunjung ke Simeulue. Keindahan alam dari pulau yang satu ini memang sayang untuk dilewatkan. Tak ada salahnya menyempatkan waktu untuk menjelajah setiap sudut Simeulue. Jadi kapan akan mulai berkunjung ke pulau indah yang satu ini?

[Total: 0    Average: 0/5]

Fikky Andika
About Fikky Andika 91 Articles
Hidupku selalu ingin berbagi, suka melakukan hal-hal diluar kewajaran.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*