Jelajahi 5 Tempat Wisata di Sabang ini Sampai Puas

tempat wisata di Sabang

Berbicara tentang Sabang mungkin mengingatkan kita akan lagu Dari Sabang Sampai Merauke yang merupakan ciptaan R. Suharjo. Berbicara tentang Sabang rasanya kurang lengkap jika tidak membicarakan seputar wisatanya. Ada beragam tempat wisata di Sabang yang menarik untuk dikunjungi.

Ragam Tempat Wisata di Sabang yang Wajib Dikunjungi

Mengunjungi Sabang menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan. Pasalnya ada banyak objek wisata di Sabang yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antara objek wisata tersebut akan dibahas lebih lanjut diulasan berikut ini.

1. Pulau Klah Destinasi Wisata Cantik yang Sayang Dilewatkan

Salah satu destinasi wisata cantik di Sabang hadir dari pulau Klah yang letaknya dekat dengan Pulau Weh sebagai pusat kota Sabang. Pulau kecil tak berpenghuni ini letaknya persis di tengah Teluk Sabang.

Meskipun kecil dan tak berpenghuni namun, jangan salah pantai di pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ia menjadi tempat sempurna bagi yang ingin sejenak menghilangkan stress serta penat akibat tekanan pekerjaan.

Advertisement

Pulau Klah

Pemandangan alam yang luar bias ajuga dapat ditemui dari tempat yang satu ini. Ada pepohonan lebat yang siap menyambut pengunjung. Selain itu garis bebatuan karang yang tegas turut serta menambah kesan ‘unik’ yang ada di pantai pulau ini.

Selain menjelajah tepian pantai, pengunjung juga dapat menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling maupun diving. Perairan sekitar Pulau Klah menjadi rumah bagi ikan warna-warni serta terumbu karang yang menakjubkan. Tentu saja keduanya sayang untuk dilewatkan, bukan?

Bagaimana untuk menuju ke pulau ini? Pengunjung dapat langsung menuju ke Dermaga BPKS atau Krueng Raya. Nantinya sesampainya di sana kemudian harus menyewa perahu yang akan digunakan menuju ke Pulau Klah. Harga sewa perahu ini dapat bergantung dari kesepakatan yang dilakukan dengan pihak pemilik perahu.

2. Kampung Warna-warni Sabang

Tak hanya wisata pulau, rupanya ada tempat wisata di Sabang menarik lain yang dapat dikunjungi. Tempat wisata terebut adalah kampung warna-warni Sabang. Kampung warna-warni atau yang banyak dikenal sebagai kampung pelangi ini lahir saat akan diadakan event Sail Sabang di 2017 lalu.

RECOMENDED
30 Tempat Wisata di Banda Aceh yang Wajib Jadi Target Liburan Anda

Kampung Warna-warni Sabang

Pemerintah mengubah citra kampung yang semula kumuh menjadi cantik dengan hadirnya warna-warni menarik di setiap rumah penduduknya. Letak kampung warna-warni yang tepat di pinggir pantai membuat keindahannya semakin bertambah.

Gabungan pemandangan luar biasa dari biru air laut dan hijau hutan lebat yang berada pada bagian belakang kampung menghasilkan nuansa magis tersendiri. Apalagi akses untuk menuju kampung ini pun cukup mudah ditempuh dari pusat kota Sabang. Jadi bagi yang mencari wisata dengan akses mudah dan biaya terjangkau tak ada salahnya mencoba berkunjung ke tempat ini.

3. Bersantai Sejenak Pantai Sumur Tiga

Salah  satu pantai di Sabang yang wajib dikunjungi adalah Pantai Sumur Tiga. Sesuai namanya pantai ini memiliki tiga buah sumur yang letaknya tidak jauh dari pantai. Tetapi yang menarik, ketiganya sumur tersebut merupakan sumur air tawar dan airnya tidak asin. Ketiga sumur tersebut menjadi salah satu sumber kebutuhan air masyarakat setempat.

Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga juga terkenal dengan keindahan pantainya yang menawrik banyak wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahan pantai ini semakin lengkap dengan hadirnya fasilitas lengkap, salah satunya adalah persewaan peralatan diving dan snorkling. Bagi yang ingin menyewa peralatan ini cukup merogoh kocek mulai dari Rp. 45.000 rupiah saja.

Baca juga :

23 Tempat Wisata di Banda Aceh yang Wajib Jadi Target Liburan Anda

Tak hanya itu, di sepanjang pantai juga dapat ditemui banyak penginapan cantik yang menawarkan pemandangan lepas pantai. Penginapan dengan pemandangan cantik inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Sumur Tiga.

4. Daya Tarik Wisata Pemandian Air Panas Jaboi

Menikmati pemandian air panas di pegunungan mungkin sudah biasa. Tetapi, bagaimana dengan menikmati pemandian air panas di pinggir pantai dengan pemandangan laut yang memikat? Tentu saja hal ini menjadi pengalaman tersendiri.

Pemandian Air Panas Jaboi

Tempat wisata di Sabang yang akan dibahas di sini memberikan kedua daya tarik tersebut. Pemandian Air Panas Jaboi adalah salah satu wisata unik yang sayang untuk dilewatkan wisatawan saat berkunjung ke Sabang.

RECOMENDED
6 Tempat Wisata di Lhokseumawe yang Paling Nge-hits

Kolam air panas tersebut menghadirkan daya tarik tersendiri berupa panorama keindahan laut dan pantai Jaboi. Sebenarnya darimana sumber air panas ini berasal? Air panas yang ada pada kolam pemandian ini merupakan hasil mata air yang lewat di celah batu pada Gunung Api Jaboi. Letak gunung api ini tak jauh dari pemandian air panas.

Tak hanya dapat menikmati pemandangan pantai yang cantik dari kolam air panas, pengunjung juga dapat memperoleh beragam khasiat dari kolam air panas yang satu ini. Air panas yang mengandung belerang salah satunya dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Untuk menuju ke tempat ini dapat menggunakan transportasi lokal dari pusat kota. Jarak yang ditempuh kurang lebih 14,8 km yang dapat dilalui dengan waktu 30 menit. Bagaimana dengan tiket masuk menuju lokasi? Saat ini tiket masuk menuju lokasi masih gratis. Namun, pengunjung dapat memberikan biaya sukarela untuk kebersihan destinasi wisata di Sabang yang satu ini.

5. Monumen Nol Kilometer Indonesia

Rasanya tak lengkap berkunjung ke Sabang tanpa menjejakkan kaki di monumen nol kilometer Indonesia. Monumen yang satu ini menjadi titik dimana posisi geografis 0 kilometer di Indonesia. Peresmiannya pertama kali dilakukan pada 9 September 1997.

Monumen Nol Kilometer Indonesia

Letak monumen ini cukup jauh dari pusat kota Sabang, yaitu 30 km yang dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih selama 1 jam. Sepanjang jalan menuju ke lokasi monumen, pengunjung akan diajak untuk menikmati keindahan alam, serta rimbun pepohonan yang ada di Sabang.

Pada akhir pekan akan banyak yang berkunjung ke tugu yang satu ini. Tak hanya untuk melihat titik nul di Indonesia, namun juga untuk menyaksikan matahari terbenam dengan latar Selat Malaka. Berfoto selfie wajib di tugu Kilometer NOL. Pasalnya tidak hanya pemandangan sekitarnya yang menakjubkan, namun pemandangan tugu 0 km yang gagah juga menyajikan keindahan tersendiri yang sayang untuk dilewatkan.

Ada yang unik dari monumen 0 km ini. Keunikan tersebut hadir dari ‘penjaga monumen’ yang siap menyambut wisatawan. Penjaga monumen ini bukanlah seorang manusia, melainkan babi hutan yang jinak dan dijuluki Broni. Tak jarang pengunjung yang datang ke monumen 0 km menyempatkan diri untuk memberi makan Broni.

[Total: 1    Average: 5/5]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*